Pantai Delegan Gresik: Tiket, Daya Tarik, dan Rute 2023

Pantai Delegan merupakan salah satu obyek wisata andalan di Kota Gresik. Pesonanya sukses memikat perhatian banyak wisatawan, bahkan hingga wisatawan luar kota. Tempat wisata ini diresmikan untuk umum sejak tahun 2003. Sebelumnya, pantai ini belum pernah dikelola, hanya sebagai tempat bermain anak-anak. 

Akan tetapi, lambat laun pengunjung yang datang semakin banyak, sehingga untuk kenyamanan dan keamanan pengunjung, kemudian dikelola oleh desa setempat. Mau tahu apa saja informasi seputar pantai ini? Simak artikel ini sampai akhir untuk mengetahui tentang daya tarik, harga tiket, hingga rute menuju pantai.

Sekilas Tentang Pantai Delegan Gresik

Pantai ini lebih dikenal oleh masyarakat setempat dengan nama Pantai Wisid (Wisata Segoro Indah Delegan). Terbentang di area seluas 2,5 hektar, pantai ini termasuk pantai berpasir putih yang ada di Gresik. 

Ombak yang ada di sini pun cukup stabil, sehingga banyak pengunjung yang menikmati pantai ini dan banyak di antara mereka yang berenang atau bermain di pantai. Memasuki kawasan pantai, kamu akan disambut bangunan gerbang berwarna biru yang berhiaskan lukisan pantai dan tulisan “Welcome to Wisata Pasir Putih Delegan”.

Selanjutnya, kamu akan menemukan pantai pasir putih dengan ombak yang tenang, meski airnya tidak terlalu jernih. Selain bermain di pantai, kamu juga bisa menikmati hidangan ikan asap khas yang dijual warga setempat, ditemani es kelapa muda yang menyegarkan.

Keindahannya membuat destinasi ini punya daya tarik tersendiri. Berbagai aktivitas seperti bermain pasir putih yang lembut, membangun istana pasir, atau mengubur kaki ke dalam pasir jadi momen paling ditunggu anak-anak. Selain itu, anak-anak juga bisa bermain air dan berenang di pantai, karena ombaknya yang tidak terlalu besar.

Sebagai penunjang, banyak ban bekas yang bisa kamu sewa sebagai pelampung oleh pengelola. Tak perlu khawatir dengan durasinya, karena pengunjung bisa bermain ban apung sepuasnya tanpa batasan jam.

Banyak kegiatan mengasyikkan yang bisa kamu lakukan di Pantai Delegan. Misalnya kalau kamu mencari aktivitas air yang lebih menantang, kamu bisa mencoba bermain banana boat atau donut boat untuk memacu adrenalin. 

Namun, jika ingin permainan yang lebih santai, kamu bisa menaiki perahu bebek dan mengayuhnya sambil menyusuri pantai. Nggak cuma itu, kamu juga bisa menikmati perjalanan singkat ke tengah laut dengan menyewa perahu. 

Daya Tarik Pantai Delegan

Berikut adalah beberapa daya tarik pantai ini yang patut kamu masukkan ke list travel itenary kamu di Gresik:

1. Ramah Untuk Wisata Keluarga dan Anak-Anak

Ramah Untuk Wisata Keluarga dan Anak-Anak
Pinhome

Karakteristik pantai yang landai dan luas dengan ombak yang tenang membuat pantai ini menjadi salah satu destinasi di Gresik yang cocok untuk wisata keluarga, khususnya anak-anak. Anak-anak bisa leluasa bermain pasir atau berenang di bibir pantai, asalkan tetap diawasi oleh orang dewasa.

Kamu diperbolehkan membawa mainan dari rumah untuk digunakan anak-anak bermain pasir. Di sekitar pantai juga banyak toko-toko yang menjual mainan untuk bermain pasir pantai, seperti sekop, ember, cetakan pasir, dll. Kalau ingin berenang, kamu bisa menyewa ban pelampung untuk anak-anak. 

2. Banyak Kegiatan Seru yang Bisa Dilakukan

Banyak Kegiatan Seru yang Bisa Dilakukan
Sanjaya Tour

Untuk membuat pengunjung betah, pihak pengelola pantai menyediakan berbagai aktivitas dan permainan seru yang bisa dicoba, baik itu untuk orang dewasa maupun anak-anak. 

Pertama, ada banana boat atau donut boat yang memacu adrenalin kamu. Karena termasuk kegiatan yang cukup ekstrim, pastikan kamu memakai pelampung saat menjajal permainan ini, ya.

Kedua, kamu bisa menyewa perahu bebek untuk kamu naiki bersama teman atau anak-anak dan mengayuhnya berkeliling pesisir pantai. Untuk mendapatkan foto pemandangan yang lebih menarik, kamu juga bisa menyewa kapal bareng keluarga atau rombongan kamu ke tengah lautan dan mengabadikan momennya.

Setelah mencoba berbagai kegiatan di atas, kamu bisa lanjutkan dengan bersantai di tepi pantai sambil minum air kelapa dan menyantap aneka kuliner khas Gresik. Banyak warung dan kedai makan di sekitar pantai ini yang menyediakan berbagai menu makanan maupun minuman khas dengan cita rasa yang lezat.

3. Banyak Spot Foto yang Menarik

Banyak Spot Foto yang Menarik
IDN Times

Berlibur ke pantai tak lengkap rasanya jika tak mengabadikan pemandangannya melalui foto atau video. Nah, kalau kamu berkunjung ke Pantai Delegan, ada banyak spot foto menarik, salah satunya berupa ayunan di tepi laut. 

Dengan background pantai pasir putih dan deburan ombak yang menyapu kaki kamu, bakal membuat hasil jepretan kamu jadi makin estetik. Spot foto menarik lainnya adalah dermaga yang berupa jalan beton kecil yang menjorok ke laut.

Tak jarang perahu nelayan terlihat bersandar di dermaga. Bahkan di malam hari, dermaga ini terlihat indah, karena lampu-lampu yang menghiasinya, sehingga sangat cocok untuk dijadikan background foto yang Instagramable.

4. Sangat Cocok Untuk Menerbangkan Layang-Layang

Sangat Cocok Untuk Menerbangkan Layang-Layang
IDN Times

Selain bisa mencoba berbagai kegiatan air yang seru, angin laut di Pantai Delegan juga bisa dimanfaatkan untuk bermain layang-layang. Jika tidak membawa layang-layang, kamu bisa membelinya di toko terdekat.

5. Tempat yang Bagus Untuk Menikmati Sunset

Tempat yang Bagus Untuk Menikmati Sunset
iNews

Pantai ini berada di area seluas 1,5 hektar dengan garis pantai yang tidak terlalu panjang. Jadi, kalau kamu ingin berjalan santai menyusuri bibir pantai, rasanya tidak akan terlalu melelahkan. Terlebih lagi sore hari menjadi waktu yang tepat untuk menikmati pemandangan sunset yang indah.

Fasilitas di Sekitar Pantai Delegan

Sebagai destinasi wisata pantai yang cukup mapan di Gresik, pihak pengelola pantai ini telah menyediakan dan mengembangkan berbagai fasilitas untuk kenyamanan dan keamanan para pengunjung. Mulai dari area parkir yang luas, gazebo, perahu wisata, kamar mandi, tempat bilas, hingga mushola. 

Untuk memperketat keamanan, area pantai juga turut dijaga oleh aparat kepolisian dan tentara untuk menjaga agar situasi tetap kondusif, terutama saat masa liburan. Di sekitar pantai juga banyak tersedia warung dan toko makanan yang menjajakan aneka menu makanan berat hingga ringan untuk mengisi perut pengunjung.

Lokasi dan Rute Menuju Pantai Delegan

Pantai ini terletak di desa Delegan kecamatan Panceng kota Gresik berjarak sekitar 40 km dari pusat kota dengan waktu tempuh sekitar 1 ½ jam. Meski secara administratif masuk dalam wilayah Gresik, Pantai Delegan juga tidak jauh dari Lamongan. 

Jalan menuju pantai ini cukup bagus. Buat kamu yang berangkat dari pusat kota Gresik bisa mengambil arah menuju Kec. Sidayu. Saat melewati Hutan Jati Panceng, ikuti plang petunjuk arah menuju lokasi Wisata Segoro Indah Delegan. 

Dari pertigaan jalan terakhir, ambil jalur ke utara sejauh satu kilometer, maka kamu sudah sampai di lokasi pantai ini. Kalau kamu berangkat dari Lamongan, kamu bisa ikuti jalur menuju Wisata Bahari Lamongan (WBL), kemudian ambil jalan menuju ke arah timur. 

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk

Pantai Delegan Gresik buka antara pukul 07.00 WIB – 17.00 WIB setiap hari dalam seminggu dan biasanya akan lebih ramai pengunjung di hari weekend atau hari libur. Kalau kamu tidak terlalu suka keramaian, maka disarankan untuk datang ke sini saat pagi-pagi sekali atau datang pada hari biasa. 

Sementara itu, untuk harga tiket masuk kawasan pantai termasuk sangat ramah di kantong, yakni Rp10.000,00 per orang untuk dewasa dan Rp6.000,00 untuk anak-anak. Selain tarif tiket, kamu juga perlu membayar retribusi parkir, yaitu Rp3.000,00 (motor), Rp5.000,00 (mobil), dan Rp10.000,00 (bus pariwisata).

Bagi kamu yang ingin mencoba permainan yang telah disebutkan di atas, maka kamu juga harus membayar tiket wahana, misalnya:

KegiatanHarga
Sewa kapalRp10.000,00 per orang
Penyewaan ban untuk berenangRp10.000,00 (ban kecil) dan Rp20.000,00 (ban besar)
Memancing di perahu Rp50.000,00 PP (minimal 6 orang)
Perahu bebek atau mendayung sampanRp10.000,00 per orang

Rekomendasi Penginapan Terbaik Dekat Pantai Delegan

Agar pengalaman liburan kamu ke pantai ini lebih berkesan, berikut ini beberapa penginapan yang recommended buat kamu dan jaraknya dekat dengan kawasan pantai:

Nama PenginapanHargaJarak / Waktu ke Pantai DeleganFasilitas
OYO 3710 Izzi HotelRp150.000,00/ malam5 menit Ruang bersantai, area bermain anak, restoran, spot foto
Tanjung Kodok Beach Resort LamonganMulai dari Rp490.000,00/ malam13 menitAC, TV, wifi, mini bar, taman, kafe, fitness centre, kolam renang
Anggun Homestay SyariahMulai dari Rp300.000,00/ malam14 menitArea makan, ruang bersantai, tempat bermain anak, AC, TV

Yuk, Saksikan Sendiri Pesona Pantai Delegan Gresik!

Itulah beberapa informasi seputar Pantai Delegan yang bisa jadi pandungan kamu kalau tertarik berkunjung ke sana. Semoga berguna, ya!

SHARE:

Salahsatu SEO Expert dan Punya Layanan digital marketing agency Indonsia terbaik yang dapat membantu meningkatkan traffic dan penjualan produk pada bisnis online.

Tinggalkan komentar

Konten dengan Hak Cipta Dilarang Copy-Paste