911 Nomor Apa? Nomor Darurat Apa, Ini Penjelasan Lengkapnya

Pasti kamu sering mendengar nomor panggilan 911 saat menonton acara TV luar negeri atau menonton film luar negeri. Lantas kamu bertanya, 911 nomor apa, 911 nomor darurat apa, apakah 911 berlaku di Indonesia? Kami akan berikan penjelasan lengkap terkait nomor tersebut. Dan juga akan kami jelaskan terkait pertanyaan apakah nomor 911 ini berlaku di Indonesia atau tidak.

Nomor telepon yang terdiri tiga angka seperti 911 biasanya merupakan nomor telepon layanan pelanggan atau Call Center. Namun, terkait dengan pertanyaan nomor 911 nomor apa, 911 nomor telepon apa, nomor 911 untuk apa, itulah yang akan kami jelaskan kali ini.

Beberapa layanan darurat yang kita tahu dan mirip dengan angka ini adalah layanan darurat 119. Llayanan darurat ini ditujukan untuk darurat kesehatan dan untuk meminta ambulans. Layanan ini digunakan saat kamu menghadapi situasi darurat dan membutuhkan tenaga medis, seperti kecelakaan atau kondisi kesehatan darurat.

Namun, terkait dengan nomor 911 yang akan kami bahas, kami akan membahasnya secara runtun dan jelas sehingga memudahkan kamu untuk memahaminya. Melalui penjelasan kami, kamu akan lebih mudah mengidentifikasi nomor tersebut.

911 Nomor Apa?

Terkait dengan pertanyaan nomor 911 nomor apa,  kami akan menjawabnya. Setiap negara memiliki kontak darurat masing-masing untuk memudahkan warganya dalam melaporkan peristiwa darurat yang terjadi di sekitar. Sehingga bantuan akan lebih cepat datang karena mendapatkan informasi dari warga di tempat kejadian.

Nomor 911 memiliki fungsi sebagai kontak darurat. Dimana para warganya bisa melaporkan peristiwa darurat yang terjadi dan mendatangkan bantuan. Misalnya jika terjadi kebakaran, dengan menelepon panggilan 911, warga akan mendapatkan bantuan dari unit pemadam kebakaran terdekat.

Jadi, 911 nomor apa dan 911 nomor telepon apa, 911 merupakan nomor panggilan darurat untuk setiap kondisi darurat yang terjadi. Namun, nomor ini hanya berlaku di luar negeri saja, tepatnya di North America.

Nomor 911 merupakan nomor telepon darurat untuk North American Numbering Plan (NANP), dan merupakan salah satu dari delapan kode N11. Sesuai dengan yang kami jelaskan, nomor 911 hanya berlaku di negara yang sudah yaitu North America atau Amerika Utara dan nomor ini tidak berlaku di Indonesia.

Nomor 911 Untuk Apa

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, nomor 911 memiliki fungsi sebagai nomor telepon darurat yang berlaku di Amerika Utara. Artinya, hanya warga Amerika yang tinggal di wilayah tersebut yang bisa menggunakan nomor panggilan darurat ini.

Panggilan darurat ini akan dibutuhkan jika kamu menghadapi situasi darurat saat sedang berada di wilayah tersebut. Situasi dan kondisi darurat tersebut bisa berbagai macam, di antaranya perampokan, kebakaran, kecelakaan, gempa bumi, dan kondisi darurat lainnya.

Jadi, nomor 911 untuk apa? Nomor 911 adalah nomor layanan panggil untuk kondisi darurat. Namun, nomor layanan darurat ini hanya dapat digunakan di wilayah Amerika Utara. Dengan kata lain, nomor ini tidak dapat digunakan dengan fungsi yang sama di Indonesia.

Di Indonesia sendiri memiliki nomor layanan panggil yang mirip dengan nomor layanan panggil 911 yaitu nomor 112. Nomor ini dapat digunakan untuk melaporkan situasi darurat sehingga masyarakat dapat langsung mendapatkan penanganan dari unit terkait.

911 Nomor Darurat Apa?

Untuk menjawab pertanyaan 911 nomor darurat apa? Sesuai dengan penjelasan di atas, 911 merupakan nomor panggilan darurat atau yang biasa kita sebut Call Center 1 atap. Melalui nomor ini, kita dapat melaporkan situasi darurat apa pun yang sedang terjadi di sekitar kita.

Situasi darurat tersebut meliputi, kecelakaan lalu lintas, kebakaran gedung atau rumah, perampokan, bencana alam, darurat kesehatan atau peristiwa dan kondisi darurat lainnya yang harus segera membutuhkan pertolongan. Unit-unit terkait dengan kondisi darurat tersebut akan didatangkan ke lokasi yang sudah di informasikan oleh pelapor.

Namun, seperti yang sudah disebutkan, nomor panggilan darurat atau Call Center 911 tidak berlaku di Indonesia. Nomor ini hanya berlaku di wilayah Amerika Utara saja. Sedangkan di Indonesia sendiri, sudah memiliki nomor panggilan darurat atau layanan darurat 1 atap khusus, yaitu 112. Nomor layanan 112 ini sudah dapat digunakan sejak 2015.

Dengan fungsi yang sama, layanan 112 ini diperuntukkan untuk memberi bantuan darurat dengan menerjunkan langsung unit-unit terkait ke lapangan. Unit-unit tersebut di antaranya adalah Dinas Kesehatan atau Rumah Sakit Umum Daerah,  Dinas Perhubungan, Pemadam Kebakaran atau Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Polres, dan lembaga atau instansi lainnya yang ada di daerah.

Cara Menggunakan Layanan Darurat Indonesia

Seperti yang sudah dijelaskan, bahwa layanan darurat yang berlaku di Indonesia bukanlah 911 melainkan 112. Penggunaan layanan 112 ini pun sangat mudah, hanya dengan beberapa tombol saja. Nomor darurat ini mudah diingat karena terdiri dari 3 angka saja.

Namun ada hal yang perlu diperhatikan saat menggunakan layanan darurat 112. Kamu harus bisa mengontrol diri untuk tidak panik saat sedang menelepon. Sehingga petugas yang melayani kamu di seberang telepon akan lebih mudah mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berikut langkah-langkah penggunaan nomor layanan darurat 112:

  1. Pastikan perangkat kamu tersambung ke jaringan telepon
  2. Buka menu “panggil” atau “call”
  3. Ketik 112 lalu klik panggil dan tunggu hingga tersambung
  4. Operator akan menjawab panggilan kamu dan menanyakan situasi darurat apa yang sedang terjadi
  5. Jelaskan secara rinci mengenai situasi darurat apa yang sedang kamu hadapi atau yang ingin kamu laporkan
  6. Operator akan mengarahkanl lebih lanjut jika memang diperlukan dan operator juga akan meneruskan laporan ke unit terkait
  7. Tetap tenang saat menelepon layanan darurat agar informasi yang dibutuhkan oleh operator dapat tersampaikan dengan baik
  8. Jika terdapat petunjuk lanjutan dari operator, ikuti petunjuk tersebut dan tetap kontrol diri agar tidak panik

Nomor Darurat Lainnya yang Berlaku di Indonesia

Program layanan 12 sudah diprogram menjadi layanan situasi darurat yang bekerja sama dengan semua unit layanan. Seperti, unit penanggulangan bencana, ambulans, kebakara, kantor polisi, dan lainnya. Namun, kamu juga boleh menghafalkan nomor-nomor layanan darurat untuk masing-masing unit sebagai pegangan.

Di bawah ini kami buatkan daftar tabel nomor telepon darurat untuk unit penanggulangan kondisi darurat yang sudah disebutkan di atas. Dengan tabel yang kami buat, diharapkan kamu bisa lebih mudah menghafal nomor telepon darurat dikala dibutuhkan.

NoNomor Telepon DaruratKeterangan
1118 dan 119Nomor telepon ambulans
2113 dan 1131Nomor telepon pemadam kebakaran
3110Nomor telepon polisi
4115Nomor telepon Basarnas
5129Nomor telepon posko bencana alam
6123PLN
7112Layanan panggilan darurat 1 Atap

Kesimpulan

Untuk menjawab beberapa pertanyaan terkait nomor 911, seperti 911 nomor apa, 911 nomor darurat apa, nomor 911 untuk apa, 911 nomor telepon apa, dan nomor 911 nomor apa. Semua jawabannya sudah dibahas secara jelas di atas.

Namun dapat disimpulkan bahwa 911 merupakan nomor layanan darurat untuk wilayah Amerika Utara. Dimana kita dapat melaporkan situasi darurat apapun yang sedang dihadapi atau yang sedang terjadi di sekitar kita dan bisa dengan segera mendapatkan bantuan.

Di Indonesia sendiri, nomor layanan serupa 911 adalah 112. Dimana memiliki fungsi yang sama yaitu melaporkan situasi darurat guna mendapatkan bantuan dengan segera agar situasi segera teratasi dan normal kembali.

SHARE:

SEO Specialist di bidangnya. Mempunyai team yang punya pengalaman sebagai akademisi maupun praktisi.

Tinggalkan komentar

Konten dengan Hak Cipta Dilarang Copy-Paste