Apa Itu Nomor Virtual Account? Simak Penjelasan Lengkapnya

Saat ini banyak orang yang telah memanfaatkan virtual account untuk melakukan transaksi secara online. Metode pembayaran yang satu ini memang terus berkembang beberapa waktu belakangan karena dianggap efektif dan mudah digunakan. Lantas apa itu nomor virtual account hingga manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari?

Metode pembayaran dengan virtual account ini berkembang pesat seiring dengan tingginya persaingan industri e-commerce. Pasalnya, metode pembayaran dengan menggunakan nomor virtual account dapat digunakan kapan pun dan di mana pun hanya dalam hitungan detik. Karenanya virtual account disebut-sebut sebagai metode pembayaran yang baik dalam memudahkan transaksi keuangan.

Berkat adanya virtual account kamu tidak perlu repot menyalin atau memasukkan nomor rekening maupun informasi pelengkap lainnya hanya untuk melakukan pembayaran. Namun demikian, sebagian orang mungkin masih belum begitu memahami mengenai apa itu nomor virtual account sehingga mereka membutuhkan penjelasan yang lebih mendetail.

Apa Itu Nomor Virtual Account?

Seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa saat ini dunia e-commerce kian berkembang pesat. Bahkan proses pembayaran transaksi pun turut mengalami perubahan dan perkembangan, salah satunya dengan menggunakan virtual account atau VA. Lantas apa itu nomor virtual account?

Virtual account adalah nomor rekening virtual yang dapat digunakan sebagai rekening tujuan penerima. VA atau Virtual Account ini termasuk salah satu metode pembayaran otomatis lewat akun yang dibuat khusus bagi setiap pelanggan. Metode pembayaran ini juga terbilang populer selain menggunakan e-Wallet ataupun dompet digital.

Ketika ada sebuah transaksi, maka perusahaan tertentu akan memberi pelanggannya virtual account yang berbentuk nomor ID. Sehingga pelanggan yang bersangkutan dapat menggunakan nomor ID itu untuk menyelesaikan transaksi.

Dengan demikian, setiap transaksi yang masuk akan lebih mudah teridentifikasi secara otomatis. Bahkan, pelanggan juga tidak perlu mengirimkan bukti transfer setelah melakukan transaksi tersebut, sebab secara otomatis pihak penerima akan mendapatkan laporan bahwa pelanggan (customer) telah melakukan pembayaran melalui metode virtual account.

Jadi sudah jelas bahwa virtual account ini berupa sebuah nomor ID customer yang dibuat untuk memudahkan toko online atau perusahaan tertentu untuk melakukan identifikasi atau pencatatan transaksi yang terjadi. Sedangkan untuk setiap transaksi, maka customer akan diarahkan untuk membayarnya ke ID virtual account yang kemudian disebut sebagai nomor virtual account.

Meski demikian kamu tidak perlu khawatir transaksi yang dilakukan akan salah atau tidak tepat. Hal ini dikarenakan dalam setiap kali transaksi, masing-masing pelanggan atau customer akan mendapatkan ID yang berbeda-beda untuk melakukan pembayaran. Bahkan, nomor ID tersebut bisa saja berubah untuk setiap transaksi yang berbeda pula.

Setelah mengetahui apa itu nomor virtual account, mungkin kamu masih merasa bingung mengenai perbedaannya dengan metode transfer Bank. Pada dasarnya virtual account memang hampir sama seperti transfer Bank. Perbedaan sederhananya yakni nomor virtual account lebih singkat atau ringkas dibandingkan dengan nomor rekening Bank, sedangkan proses verifikasi pembayaran yang lebih cepat.

Disebut sebagai “virtual” sebab nomor rekening virtual account memang tidak nyata alias bukan rekening asli. Nomor virtual account sendiri dibuat secara otomatis yang di dalamnya terdapat berbagai data penting seperti nomor telepon, ID pelanggan, kode unik, dan lain sebagainya. Dengan hadirnya nomor virtual account pelanggan bisa melakukan transaksi dengan mudah.

Perbedaan Virtual Account dengan Transfer Bank

Meskipun nyaris sama, tetapi ada beberapa perbedaan yang cukup signifikan. Dalam hal ini ada beberapa perbedaan yang bisa ditemukan dalam cara penggunaan, fungsi, hingga informasi yang diperlukan dalam melakukan transaksi. Agar kamu tak merasa bingung setelah mengetahui apa itu nomor virtual account, silakan cek beberapa perbedaan virtual account dengan transfer Bank berikut ini.

Virtual Account

  1. Biasanya virtual account digunakan dalam melakukan pembayaran secara online
  2. Pada virtual account terdapat informasi berupa nomor ID pelanggan yang dibuat oleh Bank
  3. Virtual account juga bisa digunakan dalam melakukan pembayaran tagihan secara otomatis
  4. Saat menggunakan virtual account kamu tidak perlu pergi ke mana pun karena pembayaran bisa dilakukan secara online hanya dengan memasukkan kode atau ID yang diberikan oleh toko online atau suatu perusahaan
  5. Setiap virtual account memiliki kode unik yang tidak pernah sama antara satu orang dengan lainnya, kode tersebut juga hanya dapat digunakan oleh yang bersangkutan saja. Bahkan kamu tidak perlu lagi mengirimkan bukti transaksi karena sistem secara otomatis akan memberikan informasi mendetail kepada penerima.

Transfer Bank

  1. Bank Transfer hanya bisa dilakukan secara langsung melalui mesin ATM, rekening ke rekening, mobile banking, hingga internet banking
  2. Melakukan pembayaran dengan transfer Bank membutuhkan data ataupun informasi yang detail dan lengkap, seperti nomor rekening, jumlah yang hendak ditransfer, nama pemilik rekening, tujuan transaksi (misalnya untuk pembelian atau investasi)
  3. Transfer Bank dikenakan biaya administrasi tergantung dari jenis bank dan layanan transfer yang dipakai oleh pengguna
  4. Ketika kamu menggunakan rekening biasa, kamu perlu melakukan setor – tunai melalui teller atau mesin ATM, yang artinya kamu harus langsung datang ke Bank terdekat
  5. Bukti pembayaran biasanya berbentuk fisik (struk) atau justru berupa riwayat transaksi yang perlu ditunjukkan atau dikirimkan kepada penerima sebagai barang bukti bahwa kamu telah melakukan transaksi pembayaran.

Sebenarnya kedua metode pembayaran ini secara prinsip sama-sama berkaitan dengan kegiatan perbankan. Hanya saja cara pembayaran yang harus dilakukan antara virtual account dengan bank transfer memang berbeda. Apabila virtual account dinilai lebih praktis, cepat, dan mudah untuk diverifikasi, bank transfer justru membutuhkan bukti transfer untuk memvalidasi.

Alur Pembayaran Menggunakan Virtual Account

Sebenarnya setelah mengetahui nomor virtual account itu apa dan sperti apa perbedaannya dengan bank transfer, kamu pasti akan lebih mudah untuk menemukan gambaran mengenai alur pembayaran menggunakan metode virtual account ini. Namun, agar tak muncul keraguan kamu perlu menyimak alur sederhana ketika melakukan pembayaran dengan virtual account.

  1. Penjual akan memberikan nomor ID virtual account kepada customer sebagai nomor tujuan transfer
  2. Kemudian customer dapat menggunakan nomor ID tersebut untuk melakukan pembayaran karena setiap nomor virtual account akan langsung terhubung dengan pelanggan
  3. Apabila pelanggan atau customer sudah melakukan pembayaran (pembayaran diterima oleh penjual), maka secara otomatis informasi mengenai transaksi akan langsung dikirim (diterima) oleh penjual sehingga mereka dapat mengidentifikasi siapa pembeli yang telah melakukan pembayaran tersebut.

Jenis-Jenis Virtual Account yang Perlu Dikenali

Setelah memahami apa itu nomor virtual account, kamu juga perlu mengenali jenis-jenis dari virtual account ini, yang di antaranya sebagai berikut:

1. Non-Fixed Virtual Account

Nomor akun virtual dengan jenis non-fixed virtual account ini ditentukan secara acak. Pada umumnya nomor tersebut hanya dapat digunakan satu kali transaksi saja. Misalnya ketika kamu melakukan pembayaran melalui akun virtual di salah satu e-commerce, maka nomor ID yang kamu terima tidak dapat lagi dgunakan untuk melakukan transaksi lainnya.

Dengan kata lain, kode virtual pada jenis non-fixe virtual account ini tidak bisa kamu tentukan sendiri. Nomor yang muncul pada jenis virtual account yang satu ini telah tergenerate secara acak oleh sistem. Pada umumnya kamu dapat menjumpai jenis nomor virtual account ini ketika melakukan transaksi di e-commerce.

2. Fixed Virtual Account

Jenis fixed virtual account ini memungkinkan pelanggan dalam menentukan kode virtualnya sendiri. Dengan demikian pengguna tidak perlu menggenerate kode baru setiap hendak melakukan transaksi pembayaran. Misalnya ketika kamu ingin melakukan top-up saldo untuk aplikasi e-wallet tertentu, maka kamu bisa dengan mudah menggunakan kode yang sama tanpa harus menggunakan atau membuat kode baru.

Dengan arti lain, jenis fixed virtual account ini memudahkan pengguna agar bisa melakukan transaksi pembayaran secara berulang. Bahkan, kamu juga tidak perlu memasukkan nomor ID lagi untuk setiap transaksi yang akan dilakukan.

Jenis Virtual Account Berdasarkan Tipe Penggunaannya

Ada dua tipe virtual account yang bisa kamu pahami setelah mengetahui virtual account itu untuk apa.

1. Multiple Use Virtual Account

Jenis Multiple-Use Virtual Account ini dapat kamu gunakan secara berulang sebelum expired atau kedaluwarsa. Dalam hal ini kamu bisa melakukan transfer sejumlah nominal yang ditentukan kepada akun virtual yang sama hanya dengan memakai nomor telepon pengguna. Biasanya Multiple Use Virtual Account ini merupakan Statis Virtual Account.

2. Single Use Virtual Account

Berbeda dari Multiple Use Virtual Account, jenis virtual account yang satu ini mempunyai jangka waktu penggunaan yang pada umumnya hanya bisa dipakai hingga 24 jam. Selain itu juga hanya dapat digunakan satu kali transaksi saja.

Manfaat Menggunakan Virtual Account

Tentunya ada berbagai manfaat yang bisa diperoleh dengan menggunakan virtual account sehingga metode pembayaran yang satu ini lebih disukai oleh pembeli maupun penjual. Berikut ini beberapa manfaat yang ditawarkan dengan menggunakan virtual account.

1. Catatan Transaksi Lebih Jelas dan Praktis

Ketika menggunakan virtual account sebagai metode pembayaran, kamu tidak perlu lagi repot menunjukkan bukti transaksi. Pasalnya, catatan transaksi dengan metode virtual account ini lebih praktis karena kamu hanya perlu mencari nomor virtual account-nya saja untuk melakukan pembayaran.

Dalam hal ini kamu juga tidak perlu melakukan pelacakan atau tracking transaksi secara manual, misalnya dengan memeriksa informasi waktu transaksi, nama pengirim, nominal uang yang harus dibayarkan, dan lainnya. Sebab dengan pembayaran virtual account penjual bisa langsung menerima laporan transaksinya secara otomatis.

2. Proses Transaksi yang Lebih Cepat

Proses transaksi keuangan melalui virtual account akan lebih cepat dan efisien. Transaksi dapat dilakukan secara otomatis. Tentunya informasi mengenai transaksi juga bisa diperoleh secara real time sehingga risiko kehilangan uang atau kesalahan transaksi pun akan semakin minim.

3. Lebih Aman

Transaksi dengan menggunakan virtual account dinilai lebih aman. Hal ini dikarenakan nomor virtual account bersifat unik dan dapat disesuaikan kapan waktu kedaluwarsanya. Bahkan, ada pula nomor virtual account yang hanya satu kali pakai. Hal ini akan mencegah terjadinya tindak penipuan atau justru disalahgunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Penutup

Mengetahui apa itu nomor virtual account akan membantu kamu lebih mudah menentukan metode pembayaran yang diinginkan. Selain itu metode pembayaran virtual account juga akan menghindarkan kamu dari kemungkinan terjadinya penyalahgunaan transaksi karena nomor virtual account dapat ditentukan masa berlakunya.

SHARE:

SEO Specialist di bidangnya. Mempunyai team yang punya pengalaman sebagai akademisi maupun praktisi.

Tinggalkan komentar

Konten dengan Hak Cipta Dilarang Copy-Paste