Arti FOH dan BOH dalam Perhotelan

Bagi orang-orang yang berkecimpung di industri hospitality pasti sudah tidak asing lagi dengan arti FOH dan BOH.

Dalam sebuah hotel, istilah FOH dan BOH ini digunakan untuk menyebut Front of House dan Back of House.

Kedua istilah ini diterapkan sebagai bentuk pelayanan terbaik dari karyawan hotel kepada tamu melalui pemahaman menyeluruh tentang bagian-bagian hotel.

Nah, berikut ini pembahasan detail mengenai arti FOH dan BOH dalam perhotelan beserta lokasi area masing-masing.

Arti FOH dan BOH dalam Perhotelan

Memiliki pengetahuan tentang bagian-bagian dari hotel yang meliputi rincian bagian depan dan belakang yang spesifik tentu menjadi kewajiban seluruh karyawan hotel.

Oleh karena itu, penting bagi pekerja di industri hospitality untuk mengetahui apa arti FOH dan BOH dalam perhotelan berikut ini.

Front of House (FOH)

Arti dari FOH atau Front of House mengacu pada semua fasilitas dalam kegiatan hospitality yang langsung berhubungan dengan tamu sekaligus mewakili citra hotel.

Lokasi FOH sendiri meliputi bagian depan hotel yang umumnya merupakan public area, di antaranya sebagai berikut.

1. Entry

Entry merupakan bagian krusial dari FOH yang akan menjadi first impression tamu terkait kesan yang ditangkap saat masuk pertama kali.

Pintu masuk ini akan menggambarkan tema dan nuansa yang ingin disampaikan hotel sebagai gambaran umum fasilitas lainnya.

2. Waiting Area

Waiting area atau ruang tunggu menjadi area khusus yang disediakan untuk tamu saat terpaksa menunggu mendapat pelayanan.

Umumnya, waiting area dibuat dengan suasanya yang membuat tamu nyaman dengan sambil menyediakan kursi dan bangku untuk beristirahat.

3. Hostess Station

Agar tamu tidak merasa jenuh atau bosan saat menunggu, biasanya hotel menyediakan hostess station dengan petugas bagian FOH yang responsif dan cekatan.

Para petugas ini akan menyapa tamu dengan segera dan selalu berjaga untuk memastikan waktu menunggu tidak berlangsung terlalu lama.

4. Restroom

Fasilitas restroom di area FOH menjadi cukup krusial mengingat kemungkinan besar tamu membutuhkan toilet dan ruang cuci tangan yang bersih.

Kondisi toilet akan menjadi bagian dari pengalaman tamu hingga kebutuhan mendasar di ruangan kecil ini harus terpenuhi, seperti sabun dan tisu toilet.

Biasanya, pengelola hotel akan memastikan pembersihan menyeluruh agar tamu merasa nyaman saat menggunakan toilet.

5. Bar

Hotel yang menyediakan area penjualan minuman, baik cocktail maupun mocktail, umumnya memiliki fasilitas bar.

Area FOH yang satu ini difungsikan sebagai lokasi alternatif untuk tamu yang ingin menikmati aneka minuman dan makanan ringan.

Bukan hanya areanya harus nyaman dan bersih, bartender dan staf yang bertugas juga wajib memberikan pelayanan terbaik kepada semua tamu yang berkunjung.

6. Dinning Room

Dinning room merupakan area utama restoran hotel dimana tamu bisa menghabiskan waktu untuk menikmati makanan.

Ruang makan yang ditata dan diatur sesuai konsep yang diinginkan hotel harus dipastikan memenuhi semua kebutuhan tamu, termasuk akses tempat duduk yang nyaman.

7. Outdoor Seating

Lokasi FOH juga mencakup outdoor seating yang menjadi tempat duduk di luar ruangan sebagai area duduk tambahan.

Beberapa hotel memanfaatkan outdoor seating ruang makan luar dengan pelayanan yang sama dengan restoran utama.

Biasanya, area ini dihiasi dengan furnitur dan pencahayaan outdoor serta disediakan payung atau kanopi agar tamu terlindung dari terik matahari.

Back Of House (BOH)

Pengertian Back Of House mengarah pada area di belakang ‘layar’ tempat berlangsungnya seluruh aktivitas hotel dan tidak terlihat langsung oleh tamu hotel.

Area BOH di hotel sendiri mlilputi beberapa tempat, antara lain sebagai berikut.

1. Dapur/Kitchen

Area dari BOH yang pertama adalah dapur yang umumnya dibagi lagi menjadi beberapa bagian, seperti area penyimpanan makanan, persiapan makanan, jalur memasak, area penahan, area cuci piring dan sanitasi.

2. Area Pegawai

Selanjutnya, area BOH juga meliputi area pegawai berupa ruang istirahat dan kamar mandi karyawan.

Ruangan ini menjadi tempat untuk menyimpan barang-barang, beristirahat sejenak, dan melihat jadwal kerja serta catatan dari para manajer.

3. Kantor

Dalam BOH, ada area kantor yang menjadi pusat pekerjaan administratif hotel dan umumnya jauh dari keramaian dapur atau ruang makan.

Di dalamnya tersedia peralatan kantor lengkap seperti alat tulis, komputer, printer dan lain sebagainya untuk menunjang pekerjaan tim manajemen.

4. Gudang dan MEP

Hampir setiap hotel memiliki area BOH berupa gudang yang berfungsi untuk menyimpan cadangan kursi, meja, perabotan, hiasan dan sejenisnya.

Ada juga area MEP yang meliputi kelistrikan, pipa-pipa, CCTV dan lainnya yang meski tidak ada hubungannya dengan tamu tetapi berpengaruh pada kenyamanan selama berada di hotel.

Demikianlah penjelasan mengenai arti FOH dan BOH dalam perhotelan beserta lokasi area masing-masing yang sudah kami rangkum untuk memudahkan pemahaman.

Melalui informasi arti FOH dan BOH di atas, kamu akan lebih mengenal area hotel secara menyeluruh, terlebih jika ingin bekerja di industri perhotelan.

SHARE:

SEO Specialist di bidangnya. Mempunyai team yang punya pengalaman sebagai akademisi maupun praktisi.

Tinggalkan komentar

Konten dengan Hak Cipta Dilarang Copy-Paste