source: freepik.com

Buffet adalah salah satu penyajian menu makanan yang di hidangkan di atas meja dengan rapi dan tamu yang datang tinggal mengambilnya saja sesuai dengan selera mereka. Pernah menghadiri sebuah pesta resepsi pernikahan? Itu dia salah satu contoh buffet service atau di Indonesia kita mengenal dengan nama prasmanan. Ada berbagai pilihan hidangan makanan yang disajikan pada menu Buffet, mulai dari appetizer, main course sampai makanan dessert.

Penyajian hidangan sistem buffet ini biasanya bisa kita temui pada restoran kelas menengah atas atau hotel berbintang karena memang terbilang lumayan praktis. Bagi kamu yang mungkin belum paham lebih jauh apa itu buffet service mari kita bahas.

Pengertian Buffet

Kita sudah bahas di atas bahwa secara umum definisi buffet adalah salah satu sistem penyajian makanan secara prasmanan yang dihidangkan dalam mangkuk, nampan atau tempat makan lain yang disusun secara rapi dan menarik dalam meja buffet panjang berdasarkan kelompoknya. Menu dari makanan buffet ini umumnya beraneka macam dan merupakan kombinasi dari makanan panas, dingin, baik hidangan pembuka, makanan berat, maupun makanan penutup.

Dalam sebuah restoran atau acara jamuan misalnya, makan dengan konsep buffet service, biasanya ada seorang pramusaji yang ditugaskan untuk melayani tamu dan menginformasikan jika ada makanan yang perlu di isi ulang yang biasanya berdiri di belakang meja buffet selama acara berlangsung. Kelebihan sistem buffet service ini adalah tamu tidak perlu menunggu terlalu lama dan juga dari pihak restaurant atau hotel tidak perlu banyak tenaga waiters atau waitress untuk bertugas disana.

Apa yang harus diperhatikan dalam buffet service?

Tentunya ketika akan memilih buffet service sebagai sistem pelayanan dalam sebuah event, ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh pihak hotel atau restaurant. Apa saja?

buffet-service
source : freepik.com

Kebersihan meja buffet

Ini menjadi poin penting karena menyangkut tentang kebersihan. Sebaiknya memang waiter/waitress yang bertugas harus rajin-rajin mengecek kebersihan dari meja buffet ini. Apakah ada saus / kecap bahkan sambal yang tercecer tidak sengaja yang di jatuhkan oleh tamu. Apakah ada lalat yang berkeliaran di sekitar meja, ini sangat penting di perhatikan untuk memberikan nuansa bersih atau steril ke tamu yang akan datang untuk mengambil makanan. Kebersihan meja buffet adalah hal mutlak yang harus di cek.

Menu Buffet

Seperti penjelasan di atas, pastikan menu-menu yang dihidangkan di meja buffet tidak ada yang kosong atau menipis. Waiters yang bertugas wajib keliling untuk mengecek menu mana yang sudah mulai menipis dan perlu diisi ulang.

Perlengkapan Alat Saji

Biasanya yang sering terjadi adalah ada saja satu atau dua perlengkapan yang kurang. Misalnya, Sendok sayur yang di gabung dengan sendok daging karena kurangnya perlengkapan. Pastikan sebelum acara semua menu sudah ada alat saji dan perlengkapan lainya. Ini penting untuk menghindari kesan ketidaksiapan panitia.

Pengaturan Letak Menu

Penataan menu yang cantik dan menarik kabarnya bisa membuat tamu semakin ingin mencicipi menu-menu yang ada di meja buffet. Jadi alangkah baiknya tidak menaruh sembarangan setiap makanan yang ada.

Jenis-jenis Buffet

Buffet dibagi menjadi beberapa kelompok hidangan berdasarkan dari masing-masing aspek, secara umum sebagai berikut :

Berdasarkan asal Negara dan Makanan Khas

buffet-service
source : freepik.com

Chinesse Buffet

Dari namanya sudah bisa ditebak bahwa jenis prasmanan ini yang menghidangkan makanan-makanan khas dari negeri China serta Tionghoa, dengan ciri khas menonjol adalah rasanya yang segar, banyak hidangan seafood dan berbagai jenis sayur.

Penyajian dari chinese buffet ini biasanya dalam jumlah yang besar lengkap jadi para tamu bisa mengambil nasi dan lauk pauk yang disukai yang telah diletakkan di meja buffet.

American Buffets

American Buffet merupakan jenis prasmanan yang menghidangkan makanan-makanan khas Negara Amerika yang mana banyak menggunakan olahan kentang, ayam, serta bahan-bahan lain sesuai dengan lidah orang Amerika.  Awalnya, sistem penyajian American buffet ini digunakan oleh pengusaha di Las Vegas yang mana saat itu mereka menyediakan aneka makanan low cost seperti daging iris tipis dan salad untuk para tamu yang datang.

Indian Buffet

Siapa yang tidak familiar dengan Indian Buffet? jenis prasmanan ini tentu saja menyajikan makanan khas Negara India termasuk juga dengan bahan dan bumbu-bumbunya yang sangat khas. Disamping itu, India sudah sejak lama  dikenal karena memiliki tradisi makan bersama dengan banyak piring-piring makanan yang tersaji yang sangat identik dengan sistem buffet.

Pizza Buffet

Jenis buffet ini banyak dihidangkan di Amerika dan Eropa sehingga para tamu bisa dengan bebas memilih pizza yang disukai. Pizza buffet merupakan jenis prasmanan yang menyajikan berbagai macam olahan pizzat dalam meja hidang panjang. Selain itu, sebagai makanan pelengkap biasanya turut dihidangkan olahan seperti sup, salad, dan juga pasta yang diolah dengan rempah khas Italia.

Sushi Buffet

Last but not least, Sushi Buffets. Dari namanyan ini adalah jenis prasmanan yang menyediakan berbagai makanan khas Negara Jepang tidak terkecuali berbagai macam Sushi. Umumnya, makanan ini akan disajikan secara cantik dalam piring-piring kecil berwarna gelap dalam meja panjang. 

Tapi tidak jarang pula di berbagai restoran terkenal yang menyediakan sushi buffet ada chef  di belakang meja yang secara llive mempertontonkan keahliannya dalam menciptakakan hidangan sushi yang lezat.

Berdasarkan Bagaimana Cara Penyajiannya

hidangan-buffet
source : freepik.com

Simple Buffet

Simple buffet merupakan jenis prasmanan yang menyajikan beraneka macam makanan dan minuman di atas meja saji besar dan para tamu nanti bisa mengambil sendiri makanan yang mereka suka. Buffet ini biasanya sangat cocok untuk acara jamuan makan ataupun resepsi pernikahan

Station Type Buffet

Hampir sama dengan simple buffet tapi bedanya hanya  masih ada beberapa orang staf, koki atau bartender yang bertugas untuk melayani sajian atau minuman di luar hidangan utama. Buffet jenis ini masih banyak di terapkan pada restoran hotel-hotel berbintang untuk menambah nilai pelayanan yang diberikan kepada para tamunya.

Modified Deluxe Buffet

Sama halnya dengan buffet lainnya namun yang membedakan adalah pada setiap meja makan tamu sudah dilengkapi dengan peralatan makan seperti sendok, pisau dan garpu. Selain itu  untuk makanan penutup atau dessert dan minumannya biasanya akan langsung disajikan oleh pelayan ke meja makan. Jadi, ini merupakan perpaduan prasmanan tapi tetap mendapatkan pelayanan dari pramusaji.

Deluxe Buffet

Prasmanan ini menyajikan makanan di meja besar panjang, tapi untuk hidangan pembuka atau appetizernya (biasanya salad dan sup) akan dihidangkan pramusaji langsung di meja makan. Jadi, tamu undangan ke meja buffet untuk mengambil hidangan utama setelah menyantap hidangan pembuka.

Etika Mengambil Menu Buffet

Nah sebagai tamu atau undangan yang akan mengambil makanan di meja buffet, ternyata ada etikanya lho. Menurut thespruce.com ini dia etika saat ada di meja buffet di restaurant atau di pesta :

  • Berkelilinglah terlebih dahulu untuk sekedar melihat jenis makanan yang disajikan, tentunya agar kita bisa memilih makanan yang akan diambil.
  • Jangan pernah menyerobot antrean walaupun orang di depan kita orang terlihat masih ragu dengan pilihannya.
  • Kalau kamu masih ragu ingin mengambil makanan yang mana, jangan masuk antrean dulu. Lebih baik pilih dulu, baru ikut antrean.
  • Jangan pernah menyentuh makanan yang disajikan dengan jari seolah ingin mencicipi
  • Jangan penuhi piringmu dengan  semua makanan yang dipilih. 
  • Ketika mengambil makanan dan kamu ingin batuk atau bersin, jauhkan tubuhmu dari meja saji makanan.
  • Jika kamu sudah duduk di meja dan kemudian ingin kembali mengambil makanan di buffet, letakkan serbetmu pada kursi untuk memberi tahu bahwa kamu masih kembali.
  • Sebagian besar restoran memiliki aturan tidak memperbolehkan tamu untuk membawa pulang sisa makanan. Jadi kalau bisa jangan dibungkus ya, makanannya.

Baca Juga : Mengenal Posisi Butler. Apa Saja Tugasnya di Hotel?