Jenis Jenis Plate yang Biasa Digunakan di Restoran

Dalam table manner yang banyak diterapkan di restoran, ada jenis jenis plate yang umum digunakan dengan berbagai ukuran dan fungsi.

Berbeda dengan penggunaan di lingkup rumah tangga, restoran menerapkan ragam piring sesuai jenis hidangan yang disajikan.

Bukan hanya berlaku untuk pelaku di dunia Food and Baverage, tamu restoran juga harus mengenali macam plate agar tidak keliru dalam menggunakannya.

Jika kamu tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan tentang jenis jenis plate yang biasa digunakan di restoran berikut ini untuk menghindari kesalahan penggunaan.

Bahan Plate di Restoran

Bahan Plate di Restoran

Sebelum membahas tentang jenis plate di restoran, penting juga untuk mengenali bahan apa saja yang digunakan untuk peralatan makan di restoran.

Umumnya, berbagai jenis plate, bowl, cup hingga jug atau teko di restoran banyak yang menggunakan bahan keramik atau porselin.

Hal ini dikarenakan bahan keramik mempunyai dinding yang tebal yang meski permukaannya sedikit kasar tetapi memiliki ketahanan yang tinggi.

Namun, ada juga jenis plate di restoran yang menggunakan bahan dari logam yang dilapisi perak atau stainless steel.

Bahan ini umum digunakan untuk jenis plate tertentu seperti butter plate meski pada umumnya lebih banyak dipakai untuk peralatan makan lainnya.

Mulai dari sendok, garpu, cutlery, sauce boat atau gravy boat, water pitcher, pots, hingga sugar bowl dan finger bowl.

Jenis Jenis Plate yang Biasa Digunakan di Restoran

Menerapkan konsep table manner saat menikmati hidangan di restoran memang membutuhkan ilmu dan pemahaman menyeluruh, terlebih soal penggunaan piring sesuai fungsinya.

Beberapa piring yang ada di restoran dibuat dalam beragam bentuk dan ukuran serta kegunaan yang berbeda-beda menyesuaikan menu atau hidangan yang disajikan.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui dan memahami berbagai jenis plate di restoran dan fungsi-fungsinya.

Jangan sampai salah ambil atau keliru menggunakannya, pastikan untuk mengenali jenis jenis plate yang biasa digunakan di restoran berikut ini.

1. Appetizer Plate

Jenis plate yang umum digunakan di restoran adalah appetizer plate yang berfungsi untuk menempatkan hidangan yang tidak terlalu banyak atau dalam porsi kecil.

Ukuran appetizer plate sendiri cukup bervariasi karena menyesuaikan jenis hidangan mulai dari diameter 17 cm dengan bentuk yang memiliki ujung lengkung tanpa lekukan.

Hal ini dikarenakan appetizer dihidangkan hanya sebagai pembangkit selera makan tamu sebelum beralih ke hidangan utama atau main course.

Biasanya, menu appetizer atau hidangan pembuka yang disajikan antara lain seperti canape, quiche, kroket, risol, hingga lumpia dan bakwan.

2. Dinner Plate

Selanjutnya, ada dinner plate yang merupakan sebuah piring ceper berbentuk lingkaran dengan ukuran besar berdiameter sekitar 26 cm yang banyak dijumpai saat fine dining.

Namun, variasi ukuran dinner plate juga bisa sangat beragam, mulai dari 8 inch, 9 inch, 10 inch , 11 inch ,hingga 12 inch.

Namun, umumnya beberapa restoran cenderung menggunakan dinner plate dengan ukuran standar 9 inch.

Perbedaan ukuran ini berkaitan dengan porsi dari hidangan utama yang umumnya memiliki porsi besar atau lebih banyak dibanding appetizer.

Selain ragam ukuran, jenis plate ini juga terbagi lagi dalam dua jenis, yaitu dinner plate datar dan cekung dengan fungsi yang sama.

3. Dessert Plate

Sesuai namanya, dessert plate lebih sering digunakan untuk menyajikan hidangan penutup meski sebenarnya cukup multifungsi.

Jenis plate di restoran yang satu ini memiliki bentuk bulat dan bisa juga difungsikan untuk menghidangkan menu appetizer hingga menjadi alas appetizer/dessert.

Ukuran piring untuk dessert ini juga tergolong kecil dengan diameter sekitar 18 cm dan banyak dijumpai dalam acara meeting, pesta hingga resepsi pernikahan.

Mengingat fungsinya yang beragam, dessert plate juga disediakan untuk tamu di restoran maupun undangan acara tertentu saat ingin mengambil buah dan cake.

4. BnB Plate

BnB plate atau bread and butter plate banyak digunakan untuk menghidangkan berbagai jenis roti dan pelengkapnya, seperti mentega dan lainnya.

Jika bicara ukuran, tentu saja BnB plate menyesuaikan dengan fungsinya, yaitu diameter sekitar 5 inch sampai 6 inch atau kurang lebih 15 cm.

Bentuknya bulat dan sering dikenal sebagai seperempat piring atau pelat samping karena letak BnB plate berada di sebelah garpu.

Piring jenis ini juga dilengkapi dengan pisau kecil yang digunakan untuk mengoles mentega ke permukaan roti agar tamu tidak kebingungan dan menggunakan sendok lain di meja.

Konsep piring ini umum digunakan untuk sarapan ala western yang biasanya hanya menginginkan menu berupa roti dan mentega atau bahan pendamping lainnya.

5. Soup Plate

Sesuai namanya, soup plate difungsikan untuk menyajikan berbagai jenis hidangan sup dan makanan berkuah lainnya.

Jadi, bisa dibilang kegunaan utama piring jenis ini memang sebagai wadah sup dimana bentuknya cekung di bagian tengah agar hidangan tidak tumpah

Dalam penggunaannya, ada dua macam soup plate untuk makanan formal dan informal dengan perbedaan ketinggian.

Umumnya, soup plate untuk makan malam yang sifatnya formal memiliki ukuran yang lebih pendek dibanding acara makan informal.

6. Salad Plate

Jenis plate selanjutnya yang dinamai sesuai dengan fungsi utama adalah salad plate yang digunakan untuk menyajikan hidangan salad.

Meski beberapa restoran ada yang menggunakan dessert plate dalam menyajikan salad, tetapi sebenarnya ada piring khusus untuk hidangan ini.

Salad plate memiliki bentuk bulat dengan dua jenis ukuran, yaitu diameter sekitar 22 cm untuk yang besar dan diameter sekitar 20 cm untuk yang kecil.

Jadi, bisa dibilang jika ukurannya jauh lebih besar dibanding dessert plate hingga tamu akan lebih leluasa saat mengambil makanan dan tidak takut akan tumpah.

7. Saucer Plate

Dalam table manner, ada juga jenis plate di restoran yang tidak digunakan untuk menyajikan makanan hingga tidak tergolong dalam kelompok piring utama.

Jenis piring tersebut adalah saucer plate yang biasa dipakai sebagai tatakan dan memiliki ukuran yang lebih kecil dibanding jenis plate lainnya.

Diameter plate jenis ini hanya sekitar 14 cm hingga lebih umum dijumpai sebagai alas untuk mangkuk, soup plate, atau soup cup agar hidangan yang disajikan tidak tumpah.

8. Charger Plate

Jenis plate selanjutnya yaitu charger plate yang memiliki model pinggir dekoratif dengan diameter sekitar 33 cm hingga menjadikannya piring paling besar di antara lainnya .

Serupa dengan saucer plate, fungsi dari charger plate juga tidak berkaitan langsung dalam menyajikan makanan karena hanya digunakan sebagai dekorasi meja makan plate lain.

Namun, fungsi lain dari jenis plate ini juga sebagai alas hingga sering dijumpai untuk mengalasi salad plate, appetizer plate, atau dessert plate.

9. Oval Plate

Jenis plate selanjutnya yang juga umum digunakan di restoran untuk jamuan makan adalah oval plate yang memiliki bentuk sesuai dengan namanya.

Penggunaan oval plate sendiri banyak dimanfaatkan dalam menyajikan menu dengan bahan utama ikan hingga sering disebut sebagai fish plate.

Tidak heran jika tamu akan mudah mengenali jenis piring ini karena bentuknya yang lonjong dengan ukuran yang tidak kalah beragam sesuai ukuran ikan.

10. Coupe Plate

Berikutnya, ada jenis plate di restoran bernama coupe plate yang memiliki fungsi yang sama dengan dinner plate tetapi berbeda bentuk dan ukuran.

Banyak orang menyebut piring yang fungsi utamanya untuk menyajikan menu-menu utama ini sebagai piring bulan.

Hal ini dikarenakan bentuk dari coupe plate yang ceper dan memiliki lengkungan ke atas di bagian tepinya.

11. Breakfast Plate

Sesuai namanya, breakfast plate memang umum digunakan untuk hindangan makan pagi atau sarapan karena biasanya restoran menerapkan piring berbeda saat makan siang dan makan malam.

Jenis plate ini memiliki bentuk ceper dengan ukuran sedang dan disajikan bersama breakfast cup atau cangkir untuk kopi/teh saat waktu sarapan di restoran.

Dengan mengetahui penjelasan lengkap tentang jenis jenis plate yang biasa digunakan di restoran beserta fungsinya, kamu akan semakin mudah membedakannya.

Terlebih jika kamu termasuk pelaku di dunia Food and Baverage, pastinya pengetahuan tentang jenis jenis plate wajib dikuasai dengan benar.

Pemahaman yang tepat terkait penggunaan piring di restoran juga akan meminimalisir kesalahan dan terhindar dari kekeliruan penggunaannya untuk berbagai jenis hidangan.

SHARE:

SEO Specialist di bidangnya. Mempunyai team yang punya pengalaman sebagai akademisi maupun praktisi.

Tinggalkan komentar

Konten dengan Hak Cipta Dilarang Copy-Paste