Umbul Nilo: Daya Tarik, Fasilitas, Harga Tiket Masuk, dan Lokasi

Menjelajahi wisata air alami di daerah Klaten, Jawa Tengah, tidak akan lengkap jika belum berkunjung ke Umbul Nilo.

Pemandangan alam yang indah dan menyejukkan serta dukungan fasilitas yang ditawarkan menjadi daya tarik tersendiri untuk mengisi liburan dengan pengalaman berkesan.

Nah, sebagai gambaran umum, simak ulasan tentang Umbul Nilo yang meliputi daya tarik, fasilitas, harga tiket masuk, dan lokasi berikut ini.

Mengenal Umbul Nilo

Umbul Nilo adalah salah satu destinasi wisata air dengan nuansa alam yang kental di kawasan Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Usut punya usut, nama Umbul Nilo berasal dari kata “umbul” yang berarti mata air dan “nilo” yang berasal dari pohon Nila besar yang ada di dekat mata air.

Wisata populer dari “Kota 1000 Mata Air” ini menyuguhkan kolam pemandian terbuka dari sumber air alami yang sejuk dengan beragam daya tarik lain.

Mulai dari pemandangan sawah yang indah, pohon besar yang rindang, dan bebatuan alam yang unik hingga pengalaman rekreasi air yang tidak kalah seru dari wisata kekinian.

Tidak heran jika Umbul Nilo Klaten sering dijadikan tujuan wisata keluarga yang hampir selalu ramai setiap hari, terlebih saat momen libur akhir pekan.

Daya Tarik Umbul Nilo

Daya tarik Umbul Nilo antara lain pesona alam, pemandian umum, hingga spot foto Instagramable yang banyak diburu wisatawan.

1. Pesona Alam

Daya tarik utama dari Umbul Nilo tidak lepas dari pesona alam yang tersaji di kawasan wisata ini, mulai dari sumber mata air hingga pemandangan indah.

Pengunjung wisata dapat menikmati sumber mata air alami yang benar-benar jernih dan menyatu dengan alam.

Bukan hanya itu, bebatuan alam yang masih dipertahankan dan area persawahan yang menghampar di depan mata juga menambah kental nuansa pedesaan yang ada.

Ditambah lagi dengan banyaknya pepohonan hijau yang besar dan rindang juga semakin membuat suasana sejuk serta nyaman bagi wisatawan.

Tentunya pesona alam di Wisata Umbul Nilo ini cukup jarang ditemukan di kawasan perkotaan dan menjadi pemandangan yang ‘mahal’ untuk dinikmati.

2. Pemandian Umum

Sesuai konsep wisata mata air, pemandian umum juga menjadi daya tarik lain dari Umbul Nilo yang banyak menyita perhatian wisatawan dari berbagai kalangan.

Di sini terdapat dua area kolam, yaitu kolam umbul dan kolam renang buatan yang terbagi menjadi kolam dewasa serta kolam anak.

Bagi pengunjung yang ingin merasakan sensasi berendam dengan nuansa pedesaan, kolam alami di tengah area persawahan akan menjadi pilihan yang terbaik.

Di sini wisatawan dapat berenang dan bermain air di kolam yang terpisah oleh pembatas batu alam hingga terasa seperti berendam di sungai.

Sambil bersantai untuk rekreasi air, pengunjung juga bisa menikmati pemandangan indah lengkap dengan udara yang sejuk.

Sedangkan bagi pengunjung keluarga, area kolam buatan berdasar keramik wajib menjadi tujuan utama karena di sini ada kolam dewasa dan kolam anak.

Kolam berukuran 50×20 meter ini memiliki kedalaman air yang bervariasi, mulai dari 80 cm untuk area anak dan 160 cm untuk area dewasa.

Di area kolam ini juga dilengkapi dengan seluncuran air dalam berbagai bentuk dan ketinggian serta wahana ember tumpah yang jadi favorit anak-anak.

3. Spot Foto Instagramable

Umbul Nilo Klaten juga menarik minat wisatawan dengan adanya spot foto Instagramable yang menawarkan lanskap alami.

Selain latar pemandangan pedesaan dan bebatuan alam, pengunjung Wisata Mata Air Nilo juga bisa berfoto underwater.

Hanya saja, jika ingin mengambil foto di dalam air perlu berhati-hati agar tidak tergelincir mengingat banyaknya bebatuan dan pasir dari kolam umbul.

Fasilitas di Umbul Nilo

Fasilitas di Umbul Nilo meliputi kolam pemandian, kamar mandi, kamar bilas, toilet, warung makan, gazebo, musala, penyewaan pelampung, spot foto, hingga area parkir yang luas.

Dengan adanya dukungan fasilitas umum tersebut, bisa dipastikan jika kebutuhan pengunjung wisata akan terpenuhi dengan baik hingga merasa nyaman menikmati momen rekreasi.

Harga Tiket Masuk Umbul Nilo

Harga tiket masuk Umbul Nilo yaitu Rp 6.000 per orang saat hari biasa dan Rp 10.000 per orang pada akhir pekan maupun hari libur nasional.

Bagi pengunjung yang membutuhkan ban atau pelampung untuk berenang, bisa menyewa dengan tarif Rp 5.000 saja.

Sedangkan untuk biaya parkir, pengunjung akan dikenakan tarif sebesar Rp 3.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

Jam Buka Umbul Nilo

Jam buka Umbul Nilo berlaku selama 24 jam setiap hari, hanya saja waktu kunjungan terbaik mulai dari pukul 07.00 – 17.00 WIB.

Di waktu-waktu tersebut, wisatawan akan bisa menikmati keindahan pemandangan di tempat wisata ini dengan lebih jelas.

Lokasi Umbul Nilo

Lokasi Umbul Nilo terletak Dusun Margusuko, Desa Daleman, Kecamatan Tulung, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Untuk menjangkau lokasi wisata mata air ini, kamu bisa mengambil rute dari arah Solo maupun arah Boyolali.

Jika berangkat dari arah Solo lewat jalur Jalan Jogja – Solo, arahkan kendaraan menuju simpang tiga Tegalgondo, Kecamatan Wonosari.

Kemudian, ambil arah ke kawasan wisata Janti, Kecamatan Polanharjo yang nantinya searah dengan jalur menuju Umbul Manten.

Setelah melewati Pasar Ngendo di kanan jalan, ambil belokan ke kiri dan ikuti arah petunjuk jalan menuju Dusun Margusuko hingga ke lokasi umbul.

Namun, jika berangkat dari arah Boyolali melalui jalur Jalan Klaten – Boyolali, dari simpang tiga Tulung ambil arah ke timur menuju Jalan Tulung – Daleman.

Lalu, arahkan kendaraan menuju kawasan wisata air Janti, Kecamatan Polanharjo hingga sampai ke lokasi wisata.

Kamu juga bisa menggunakan Google Maps jika dirasa membutuhkan panduan arah terbaik agar sampai ke tujuan dengan cepat.

Demikianlah ulasan tentang ulasan tentang Umbul Nilo yang meliputi daya tarik, fasilitas, harga tiket masuk, dan lokasi yang bisa kamu jadikan panduan umum.

SHARE:

SEO Specialist di bidangnya. Mempunyai team yang punya pengalaman sebagai akademisi maupun praktisi.

Tinggalkan komentar

Konten dengan Hak Cipta Dilarang Copy-Paste