Jika kamu pernah menginap di hotel, tentu sudah tidak asing lagi dengan perbedaan check-in dan check-out dalam proses reservasi kamar sejak awal hingga akhir.
Hotel yang merupakan penyedia hunian sementara bagi wisatawan saat liburan tentunya memiliki aturan tertentu terkait pemesanan kamar, termasuk perihal check-in dan check-out.
Nah, untuk mengetahui lebih lanjut, berikut ini perbedaan check-in dan check-out hotel beserta kebijakan dan prosesnya yang akan memudahkan pemahaman.
Daftar ISI
Pengertian Check-in dan Check-out Hotel
Agar lebih dapat memahami dengan baik, penting untuk mengetahui pengertian check-in dan check-out hotel terlebih dulu.
Check-in hotel adalah proses awal saat seseorang baru saja tiba di hotel dan menjalani tahapan pendaftaran diri untuk menginap di bagian resepsionis.
Umumnya, proses ini akan melibatkan tahapan penyerahan identitas, pembayaran, hingga penerimaan kunci kamar yang direservasi.
Sedangkan check-out hotel adalah proses di mana tamu mengakhiri masa menginap melalui tahapan pengembalian kunci kamar serta pembayaran tagihan yang belum dilunasi.
Jadi, dapat disimpulkan jika check-in merupakan awal dari masa menginap dan check-in adalah masa akhirnya.
Kebijakan Waktu Check-in dan Check-out
Dalam proses reservasi kamar untuk menginap di hotel, terdapat aturan waktu check-in dan check-out yang secara umum diberlakukan dalam dunia bisnis perhotelan.
Biasanya, hotel dengan jenis maupun kelas apa pun mengatur kebijakan waktu check-in pukul 14.00 dan waktu check-out pukul 12.00 keesokan harinya.
Bukannya tanpa alasan, pengaturan jam check-in dan check-out tersebut berkaitan erat dengan proses pelayanan terbaik bagi tamu yang menginap.
Aturan check-in pukul 14.00 akan memungkinkan petugas housekeeping memiliki waktu untuk membersihkan dan merapikan kamar setelah ditinggal tamu check out.
Dengan jeda waktu yang cukup, tamu baru yang akan menempati kamar tersebut bisa menempati ruangan yang bersih, nyaman, serta wangi.
Selain itu, petugas hotel juga bisa memastikan jika tidak ada barang milik tamu sebelumnya yang tertinggal di dalam kamar.
Sedangkan alasan waktu check-out pukul 12.00 lebih kepada bentuk pelayanan kepada tamu agar mendapat kualitas tidur yang cukup.
Di samping itu, tamu yang akan mengakhiri masa menginap juga memiliki waktu untuk mengemasi barang dengan leluasa.
Istilah Khusus Check-in dan Check-out
Meski sudah ada kebijakan dan aturan yang diberlakukan secara umum, tetapi dalam praktiknya muncul istilah khusus check-in dan check-out yang sering dijumpai.
Ada early check-in dan late check-out yang juga sudah tidak asing lagi dalam dunia perhotelan di mana tamu tidak mengikuti kebijakan waktu yang berlaku.
Secara harafiah, early check-in diartikan sebagai kondisi di mana tamu yang menginap masuk kamar sebelum waktu check-in.
Sedangkan late check-out merupakan situasi saat tamu tidak meninggalkan kamar hotel sesuai waktu yang telah ditentukan karena alasan tertentu.
Biasanya, tamu akan diminta melakukan konfirmasi terlebih dahulu kepada pihak hotel jika berada dalam kondisi yang memaksa melakukan early check-in atau late check-out.
Kondisi ini sebenarnya cukup berdampak pada sistem pengaturan kamar hotel, terutama late check-out yang mengakibatkan penundaan proses check ini tamu selanjutnya.
Bahkan early check-in sendiri juga berpotensi membuat tamu yang akan masuk tidak segera mendapat kamar apabila tingkat okupansi tinggi dan terjadi fully booked.
Pihak hotel kemudian akan membebankan biaya tambahan dengan tarif sesuai kebijakan manajemen sebagai solusi atas situasi early check-in dan late check-out tersebut.
Proses Check-in dan Check-out Hotel
Terkait proses check-in dan check-in hotel sebenarnya tidak sulit dan cukup mudah dilakukan secara mandiri sebab staf front desk akan membantu dan memandu setiap tahapannya.
Untuk proses check-in hotel, kamu bisa mengikuti panduan langkah berikut ini agar tidak merasa canggung saat akan memesan kamar.
- Datangi resepsionis di front desk saat memasuki lobby hotel.
- Lakukan pendaftaran dan serahkan data-data yang dibutuhkan petugas untuk proses identifikasi.
- Staf front desk akan memberikan pengantar tentang hotel dan menjelaskan fasilitas serta peraturan hotel.
- Jika sudah mendapat kamar sesuai pilihan, tamu akan mendapat kunci kamar dan barang-barang bisa dibawa ke kamar oleh tamu atau staf hotel.
Sedangkan untuk proses check-out hotel, langkah-langkah mengakhiri masa menginap bisa dilakukan sebagai berikut.
- Datangi resepsionis untuk melakukan proses check-out.
- Setelah itu mendapat informasi ini, tamu akan diminta membayar tagihan yang belum dilunasi, termasuk biaya tambahan seperti laundry, minibar, dan lainnya.
- Jika proses pembayaran sudah lunas, petugas front desk akan mencetak billing dan tamu siap untuk check-out.
Demikianlah penjelasan tentang perbedaan check-in dan check-out hotel beserta kebijakan dan prosesnya yang kami rangkum untuk memudahkan pemahaman.
Setelah mengetahui perbedaan check-in dan check-out, kamu akan bisa mengikuti tahapan-tahapannya sesuai aturan yang diberlakukan pihak hotel.
Pastikan juga untuk memperhatikan waktu check-in dan check-out yang ditetapkan agar tidak perlu membayar biaya tambahan.