14 Rekomendasi Destinasi Wisata Pangalengan Paling Hits

Bandung Selatan memang kaya akan tempat wisata menarik dan berbau alam. Salah satunya yang paling populer ada di daerah Pangalengan. Terdapat begitu banyak wisata Pangalengan yang menarik untuk dikunjungi.

Apalagi bersama dengan orang-orang terdekat, entah itu keluarga, sahabat, maupun pasangan.

Selain kaya dengan keindahan alamnya, kamu juga dapat menjumpai wisata budaya, sejarah dan sebagainya di Pangalengan.

Maka dari itu, saat kamu singgah ke Bandung Selatan Provinsi Jawa Barat, sebaiknya jangan lupa mengunjungi Pangalengan dan berwisata di tempat tersebut.

Baca juga: 15 Rekomendasi Tempat Wisata di Puncak Terbaru Tahun Ini

Pilihan Tempat Wisata Pangalengan Terbaru dan Lagi Hits

Destinasi wisata yang berada di Pangalengan memang sungguh tiada duanya. Keindahannya benar-benar mampu memikat perhatian setiap mata yang memandangnya.

Lalu, apa saja tempat wisata yang ada di Pangalengan terbaik dan terpopuler untuk dikunjungi? Mari simak daftar selengkapnya dibawah ini.

1. Sunrise Point Cukul Pangalengan

Wisata Pangalengan - Cukul Sunrise Point
@titanradnan23

Saat singgah ke Pangalengan dan ingin melihat pemandangan sunrise yang luar biasa indahnya, maka sebaiknya mengunjungi destinasi wisata ini. Sunrise Point Cukul Pangalengan akan membuatmu seakan-akan tengah berada di negeri di atas awan.

Kamu dapat dengan mudahnya menikmati pemandangan alam yang begitu elok bak lukisan sembari menikmati kesegaran udara di atas ketinggian.

Sudah banyak wisatawan yang singgah kemari dari berbagai sudut kota Indonesia untuk membuktikan keindahannya.

Untuk menikmati Sunrise, kamu bisa camping disini. Bagi kamu yang tidak memiliki peralatan camping, ada tempat penyewaan yang menyediakan tenda lho.

Tertarik? Hubungi langsung ke pengelolanya melalui link berikut: CukulSunrisepoint

2. Perkebunan Teh Malabar

Wisata PangaLengan Perkebunan teh malabar
@13lacktoner_5150

Jawa Barat memang kaya akan perkebunan teh yang menyuguhkan pemandangan super indah. Salah satu yang wajib dikunjungi adalah Perkebunan Teh Malabar.

Perkebunan ini mampu memberikan pesona keindahan perkebunan teh dengan luas 2000 hektar setinggi 1550 mdpl.

Kamu tentu bisa membayangkan betapa indahnya pemandangan dari tempat wisata tersebut, bukan? Wajar sekali rasanya jika tempat ini banyak dikunjungi oleh wisatawan bahkan dari luar Jawa Barat sekalipun.

Harga tiket masuknya juga sangat terjangkau dan tidak akan memberatkan kantongmu.

3. Situ Cileunca

Wisata Pangalengan Situ Cileunca
@fathiauqim

Sebetulnya Situ Cileunca merupakan danau buatan yang memiliki luas 1440 hektar. Meskipun demikian, namun pada kenyataannya tempat wisata yang berada di Desa Wanasari Pangalengan ini tetap mampu menyuguhkan keindahan luar biasa bagi para pengunjungnya.

Tempatnya benar-benar instagramable sehingga membuat banyak muda-mudi singgah kemari untuk berswafoto bersama.

Di samping itu, kamu juga bisa menikmati momen sunset dan sunrise di tepian danau dengan panorama yang sangat indah.

4. Pemandian Air Panas Cibolang

Pemandian Air Panas Cibolang pangalengan

Jika kamu sedang merasa penat maupun jenuh dengan berbagai rutinitas harian, maka sebaiknya singgahlah sejenak ke pemandian air panas yang berada di Cibolang ini. Dijamin, semua rasa penatmu akan hilang seketika saat mandi dengan air panas di tempat ini.

Rekomendasi wisata Pangalengan ini mengalir dari Gunung Windu. Jadi, airnya mengandung mineral serta belerang yang sangat bagus untuk kesehatan kulit dan tubuhmu.

Tempat wisata yang dibuka 24 jam ini juga menyediakan tiket masuk sangat terjangkau.

5. Penangkaran Rusa Kertamanah

Wisata Pengangkaran Rusa Kertamanah Pangalengan
@herii28_•

Untuk berwisata di tempat terbuka yang asri sembari melihat rusa, maka kamu bisa datang ke Penangkaran Rusa Kertamanah.

Tepat lokasinya berada di Taman Hutan Raya Juanda yang merupakan habitat rusa berkumpul dan berkembang biak dengan baik di Jawa Barat.

Bukan hanya melihat-lihat rusa saja, namun kamu juga bisa langsung berinteraksi dengan hewan-hewan tersebut.

Kamu diperkenankan untuk memberi rusa-rusa tersebut makan sampai kenyang dan puas. Tentu saja ini akan membuat liburanmu semakin menyenangkan.

6. Wayang Windu Panenjoan 1800 Sky Park

Wayang Windu panenjoan

Wisata ini menghadirkan pesona dataran tinggi pegunungan serta perkebunan teh yang benar-benar asri dan sejuk. Pastinya sangat cocok dijadikan tempat melepas penat setelah berkecimpung dengan padatnya rutinitas harian.

Bukan hanya indah saja, namun kamu juga bisa melakukan berbagai macam kegiatan saat berada di Wayang Windu Panenjoan ini.

Misalnya, bersepeda di Bike Park dan hiking. Bahkan kamu juga bisa melihat keindahan sunset di tempat ini bersama orang-orang terdekatmu.

7. Hutan Pinus Rahong

Wisata hutan Pinustilu Rahong

Untuk menikmati panorama alam yang begitu indah dan menyejukkan mata, maka kamu bisa berkunjung ke Hutan Pinus Rahong. Nuansanya benar-benar segar sehingga bisa membuat siapa saja merasa nyaman ketika berada di tempat ini.

Di destinasi wisata Pangalengan ini, kamu juga bisa menikmati berbagai macam fasilitas yang disediakan.

Salah satunya adalah fasilitas berkemah yang begitu seru di rimbunnya hutan pinus ini. Tenang saja, tiket masuk ke tempat ini sangat murah.

8. Peternakan Ultra Milk

Pbrik Ultra jaya Milk

Pangalengan memang sudah dikenal sebagai pusat penghasil susu terbaik di Indonesia. Salah satunya tentu yang berada di Pangalengan ini. Tempat wisata ini dikelola oleh PT. Ultra Milk Industri atau Ultra Peternakan Bandung Selatan.

Kamu bisa dengan mudahnya melhat berbagai sapi dari yang berukuran kecil sampai dewasa. Bukan hanya sekedar itu saja, kamu juga bisa mendapatkan berbagai macam ilmu pengetahuan khususnya tentang proses produksi susu. Menarik sekali, bukan?

9. Gunung Artapela

Gunung Artapela

Untuk kamu yang hobi mendaki, tampaknya Gunung Artapela bisa menjadi destinasi wisata berikutnya yang harus dikunjungi.

Ketinggian gunung ini hanya 2194 meter sehingga sangat direkomendasikan untuk acara hiking santai bersama teman-teman. Bahkan sangat cocok untuk pemula sekalipun.

Meskipun tidak terlalu tinggi, namun kamu bisa menikmati suguhan pemandangan yang sangat memukau. Tidak akan membuatmu menyesal ketika singgah ke tempat wisata ini. Jangan lupa ajak serta orang-orang terdekatmu untuk berwisata kemari.

10. Curug Penganten

Wisata Curug Penganten Pangalengan
@fadliasss_

Tempat wisata yang bisa kamu kunjungi selanjutnya di Pangalengan adalah Curug Penganten. Ini adalah wisata air terjun yang mempunyai dua aliran air terjun yang berdampingan baik sepasang pengantin manusia. Pemandangannya benar-benar sangat indah.

Bukan hanya itu saja, kamu juga dipersilahkan untuk berendam di dalam air sembari menikmati suguhan kesegaran air terjun.

Kamu bisa kapan saja mengunjungi tempat wisata ini. Namun, lebih disarankan ketika berkunjung di musim kemarau.

11. Villa Putih Cukul

Wisata Cilla Cukul Pangelangan
@zoom_juice

Destinasi wisata ini sebetulnya adalah villa dengan gaya arsitektur khas Jerman. Kabarnya villa ini sering digunakan untuk syuting berbagai macam judul film horor Indonesia. Tentu kamu sudah pernah menonton salah satu judulnya.

Bukan hanya sekedar itu saja. Kamu juga bisa menjumpai perkebunan teh Cukul yang terletak tidak jauh dari lokasi rumah tersebut. Bahkan juga terdapat danau yang bisa kamu lihat tidak jauh saat berada di Rumah Putih Cukul tersebut.

12. Wisata Kampung Singkur Pangalengan

Wisata Kampung Singkur Pangalengan
@agylggwp

Kampung Singkur memberikan pemandangan alam yang sangat indah dan memikat mata. Pastinya akan membuatmu benar-benar takjub. Selain itu, juga terdapat berbagai macam wahana yang siap dinikmati oleh pengunjung. Mulai dari flying fox, paintball, tubing trip sampai arung jeram.

Di tempat ini, kamu juga diperkenankan untuk mengambil foto karena memang ada begitu banyak spot foto keren. Pastinya bisa kamu unggah di berbagai macam sosial media yang dimiliki. Dijamin akan memberikan feed terbaik.

13. Nuansa Riung Gunung

Nuansa Rung Gunung
@lukman_euy1

Wisata Pangalengan memang tidak jauh dengan nuansa sejuk dedaunan teh yang menghijau. Selanjutnya ada Nuansa Riung Gunung.

Nuansa Riung Gunuung memang sekilas mirip dengan Wayang Panenjoan, namun bedanya, ketinggian Nuansa Riung Gunung tidaklah sama. Jembatan yang dibuat di atas perkebunan teh, menjadikan tempat wisata yang satu ini sangat cocok untuk dijadikan spot foto.

  • Alamat: Pulosari, Kec. Pangalengan, Kabupaten Bandung Selatan, Jawa Barat 40378
  • Jam: Buka 24 jam

14. Situ Cihaniwung

Situ Cihaniwung Pangalengan
@riandianp_

Butuh spot foto yang Instagramable? Kamu bisa mencoba Situ Cihaniwung. Berlokasi di Wanasuka, Pangalengan, tempat wisata yang sejuk di kelilingi kebun teh dan indahnya sungai Cihaniwung akan membuat sesi berfotomu semakin mempesona.

Selain berfoto, kamu juga bisa menikmati minuman panas di sekitar area. Jangan khawatir panas, meski sedang terik udara di sini masih sangat terasa sejuk.

Wisata Pangalengan memang sangat beragam. Minimal salah satunya harus kamu kunjungi ketika berada di tempat tersebut.

Jangan lupa ajak serta orang-orang terdekatmu untuk berwisata dan bersenang-senang bersama.

SHARE:

Seorang traveller, penyuka dunia perhotelan dan pariwisata Indonesia. Ingin berbagi inspirasi melalui tulisan.

Tinggalkan komentar