20 Tempat Wisata di Bandung Selatan yang Murah dan Bagus

Bandung memang terkenal dengan sebutan Paris Van Java karena menjadi kota pusat belanja terutama fashion. Walau begitu, Bandung juga memiliki banyak wisata alam, dan salah satunya yang paling terkenal adalah daerah Bandung Selatan. Berikut rekomendasi tempat wisata di Bandung Selatan yang murah, mulai dari wisata sunrise, pemandian air panas, sampai penginapan outbond.

Semua rekomendasi yang ditulis dalam artikel ini berlokasi di kabupaten Bandung selatan. Hal akan memudahkan Anda dalam merencanakan liburan. Karena banyaknya tempat rekreasi di bumi pasundan ini.

Rekomendasi Tempat Wisata di Bandung Selatan

Yuk simak tempat wisata yang paling direkomendasikan ketika berkunjung ke Bandung Selatan.

1. Cukul Sunrise Point

Cukul Sunrise Point

Jika ingin tempat wisata yang bagus tapi murah, apa lagi kalau bukan wisata alam yang dengan nuansa pedesaan yang masih kental?

Berada di Pangalengan, Cukul Sunrise Point menjadi tempat sempurna bagi orang-orang yang ingin menyingkir dari bisingnya perkotaan.

Dengan harga Rp10.000 saja, pengunjung bisa menikmati pemandangan pegunungan yang indah.

Pengunjung juga bisa camping semalaman memandang langit berbintang sambil menunggu matahari terbit.

Biaya parkir adalah Rp5.000 untuk motor dan Rp10.000 untuk mobil, tetapi bila menginap ongkos parkirnya dua kali lipat.

Transportasi terbaik untuk ke kebun teh cukul ini hanyalah menggunakan kendaraan pribadi maupun mobil. Gar lebih leluasa dalam mobilitas.

2. Danau Situ Patenggang

Danau Situ patenggang

Hiruk pikuk perkotaan tidak akan terasa begitu sampai ke tempat ini. Suasana sejuk khas pegunungan sudah dapat dirasakan bahkan sebelum tiba ke danai Situ Patenggang ini.

Letaknya di tengah-tengah kebun teh, dan berada di ketinggian 1600mdpl. Karena itulah udara terasa sangat sejuk.

Setelah sampai di Situ Patenggang, Anda dapat memanfaatkan fasilitas umum untuk beristirahat. Anda juga bisa menyewa gazebo dan tikar untuk duduk dan lesehan di dekat danau, sambil menyantap makan siang bersama keluarga.

Anda juga bisa berkeliling danau dengan memanfaatkan akomodasi yang sudah disediakan oleh pengelola.

Diantaranya: Perahu, Sepeda air, dan perahu dayung. Untuk bisa menikmati fasilitas ini, Anda perlu merogoh kocek beberapa puluh ribu saja.

Rute menuju danau Situ Patenggang

Untuk dapat sampai ke lokasi, rasanya tidaklah sulit. Karena objek wisata ini mudah diakses dengan kendaraan pribadi. Medan yang dilalui juga sangat bagus.

Lewat Tol Kopo adalah jalan paling mudah untuk ditempuh apabila anda berasal dari luar kota. Setelah keluar tol Kopo, Anda bisa mengambil arah Ciwidey.

Rambu dan arah jalan dapat ditemui di banyak tempat. Jadi tidak perlu khawatir tersesat.

3. Kawah Putih Ciwidey

Kawah Putih Ciwidey

Tempat wisata yang satu ini memang merupakan salah satu tempat wisata di Bandung Selatan yang legendaris sehingga bisa dibilang sudah tidak trending.

Akan tetapi kurang sreg rasanya kalau tidak memasukannya ke daftar ini karena tempatnya memang sebagus itu!

Jaraknya hanya 7KM dari danau Situ Patenggang. Tidak terlalu jauh, hanya berkisar 15-20 menit saja.

Harga tiket masuk Kawah Putih adalah Rp27.000 ribu per orang. Sementara itu, parkir motor dikenakan biaya Rp6.000 dan mobil Rp11.000.

Pemandangan yang bisa didapatkan di Kawah Putih ini benar-benar out of this world, harus banget dikunjungi bila sedang berada di daerah Bandung Selatan.

Kapanpun Anda pergi ke sana, Anda akan tetap terpukau oleh pemandangannya karena walaupun berkabut dan hujan pun, Kawah Putih tetap memukau dan Instagramable.

4. Situ Cileunca

Situ Cileunca

Masih di Pangalengan, Situ Cileunca merupakan danau buatan dengan panorama yang indah. Dengan tiket masuk murah meriah sebesar Rp6.000 per orang, pengunjung dapat menikmati hamparan luas danau berwarna biru jernih.

Salah satu spot favorit orang-orang adalah jembatan cinta, di mana pengunjung bisa melihat pemandangan Situ secara keseluruhan.

Jika Anda bersedia untuk membayar lebih, di sini juga terdapat fasilitas seperti tur dengan perahu, rafting, dan masih banyak lagi.

Selain menjadi tempat wisata yang indah, danau ini juga mengandung banyak sejarah karena dibangun untuk mengalirkan air ke perkotaan Bandung.

Ada banyak cerita mengenai danau ini mulai dari legenda pembentukannya menggunakan penumbuk padi, cerita kapal yang karam, dsb.

5. Kawah Rengganis Ciwidey

Kawah rengganis ciwidey bandung selatan
Instagram: @wisatakawahrengganis

Masih bicara soal kawah, tapi bedanya kawah yang ini untuk berendam air panas!

Di Kawah Cibuni Rengganis, pengunjung dapat menghangatkan tubuh dengan berendam belerang sambil menikmati pemandangan pepohonan dan bukit.

Untuk pengalaman relaksasi tubuh dan pikiran ini, harganya hanya Rp5.000 per orang!

Dalam satu kawasan Kawah Rengganis, Anda dapat berendam di beberapa kolam: ada yang berbentuk hati, berbatu, terdapat aliran air panas, geyser, dsb.

6. Taman Langit Pangalengan

Wisata taman langit Bandung selatan
Instagram: @fahmiamirika

Sempat viral di media sosial, wisata yang satu ini memang instagrammable banget.

Berada di dataran tinggi, Taman Langit Pangalengan dibuat sedemikian rupa supaya pengunjung dapat dimanjakan dengan pemandangan langit 360 derajat.

Maksudnya adalah ke manapun mata memandang pasti menemukan view langit dan pegunungan yang indah.

Jika datang di akhir tahun sekitar bulan September-November, Anda akan benar-benar merasakan “taman langit” karena di bawah Anda akan ada samudera awan.

Jadi seperti berada di taman tapi rumputnya digantikan awan! Pengunjung dapat memasuki area wisata ini dengan membayar Rp10.000 per orang dan menyewa fasilitas camping dengan harga Rp25.000 per orang.

Tapi ingat, Anda yang hendak camping di sini, sebaiknya melakukan reservasi terlebih dahulu. Karena bisa jadi, kuota sudah cukup dan tidak ada lagi tenda yang tersedia.

7. Wayang Windu Panenjoan

Wisata Wayang Windu Panenjoan, Bandung Selatan
Instagram: @amazing_mytrip

Bagi orang kota, salah satu daya tarik terbesar dari tempat wisata di Bandung Selatan adalah hamparan kebun teh.

Tempat wisata ini berupa sky park, di mana Anda dapat bersantai menyegarkan mata menikmati hijau kebun teh.

Wayang Windu Panenjoan berada di Kebun Teh Kertamanah dan dikelola oleh warga lokal, jadi Anda dapat membantu perekonomian warga setempat dengan berkunjung ke situ.

Tiket masuknya juga murah yaitu Rp10.000 per orang, tarif parkir motor Rp3.000, dan parkir mobil Rp5.000.

8. Hutan Pinus Rahong

Hotan Pinus Rahong
instagram.com/zharnd/

Setelah membahas kebun teh, sekarang kita bahas hutan pinus. Ada banyak hal yang bisa dilakukan di hutan ini, mulai dari arung jeram sampai camping.

Namun tentunya Anda juga bisa datang semata untuk menikmati pemandangan hutan pinus alami ini.

Kawasan hutan pinus Rahong merupakan wanawisata dengan beragam pilihan wisata. Anda dapat memasuki Hutan Pinus dan Datar Pinus dengan harga Rp5.000 per orang.

Sementara itu, untuk memasuki Bukit Rahong, Wisata Alam Singkur, dan Wisata Kampung Singkur dikenakan biaya Rp10.000 per orang.

Tarif parkir motor adalah Rp5.000 dan mobil Rp10.000, sementara parkir inap dikenakan tarif Rp50.000.

9. Curug Siliwangi

Curug Siliwangi, Bandung selatan
https://www.instagram.com/jackxsparrow_/

Jawa Barat terkenal memiliki banyak curug atau yang dalam bahasa Indonesia berarti air terjun. Di Bandung Selatan, salah satu air terjun yang paling terkenal adalah Curug Siliwangi.

Harga tiket masuk Kawasan Curug Siliwangi adalah Rp10.000 per orang sementara tiket parkir seharga Rp2.000 untuk motor dan Rp5.000 untuk mobil.

Seperti wisata air terjun pada umumnya, untuk sampai ke Curug Siliwangi Anda harus berjalan cukup jauh melewati perbukitan hutan.

Jadi harus datang dengan kondisi fit dan siap-siap capek, ya. Akan tetapi rasa capek itu akan terbayarkan dengan pemandangan Curug Siliwangi.

Tidak hanya air terjunnya sendiri, di sekitar air terjun Anda juga akan melihat perbukitan dan kebun strawberi.

10. EmTe Highland Resort

EmTe Highlan Resort

Walaupun merupakan penginapan, tidak aneh bila EmTe Highland Resort disebut tempat wisata. Pertama-tama, penginapan ini cocok sekali untuk yang ingin berwisata menikmati pemandangan.

Selain menyuguhkan view pegunungan khas Ciwidey, villa ini juga langsung memberikan pemandangan danau.

Tidak hanya itu, ada banyak sekali aktivitas yang bisa dilakukan di sini, seperti naik perahu di danau, memetik stroberi, panahan, flying fox, paintball, ATV, dan masih banyak lagi.Anda dapat menginap di sini mulai dari Rp400 ribuan.

Walaupun secara sekilas Rp400.000 itu tidak murah, harga tersebut setimpal jika dibandingkan dengan beragam jenis akomodasi yang bisa didapatkan tanpa harus meninggalkan penginapan.

11. Gunung Artapela

Berwisata alam di bandung selatan, Gunung artapela
instagram.com/mftchd/

Bicara tempat wisata di Bandung Selatan kurang lengkap bila tidak menambahkan spot mendaki.

Gunung Artapela ini terkenal sebagai favorit para pendaki pemula loh, karena tidak begitu tinggi maupun terjal. Walau begitu, pemandangan yang akan didapatkan di atas sangat indah, bahkan pengunjung juga dapat melihat Danau Aul.

Tidak hanya pemandangan alam, beberapa titik dari gunung ini juga menyajikan night city view yang digemari anak muda.

Anda dapat menikmati pemandangan indah dari Gunung Artapela dengan membayar Rp5.000 per orang beserta Rp5.000 untuk parkir motor atau Rp15.000 untuk parkir mobil.

12. Kampung Cai Ranca Upas

Tempat wisata di bandung selatan yang murah dan bagus adalah ranca upas

Masih di daerah Ciwidey. Karena akses Tol melalui soreang, waktu tempuh ke daerah Ciwidey sangat terasa singkat.

Kawasan Ranca Upas berada di ketinggian 1700 MDPL.

Dengan ketinggian tersebut, tentu Anda akan merasakan hawa sejuk khas pegunungan. Kawasan ini tidak hanya menyajikan satu objek wisata saja.

Beberapa wisata yang bisa Anda nikmati di Ranca Upas adalah:

  • Camping di Smart Camp Area
  • Memberi makan rusa di penangkaran rusa
  • Pemandian air panas alami yang berasal dari sumber gunung api vulkanik.

Harga Tiket Masuk Ranca Upas

  • Harga tiket masuk : Rp 20.000/orang
  • Parkir motor : Rp 5000
  • Parkir mobil : Rp 10.000
  • Penitipan helm : Rp 2500/helm
  • Tiket masuk kolam renang : Rp 20.000/orang
  • Wortel 1 ikat (pakan rusa) : Rp 10.000
  • Kangkung 1 ikat (pakan rusa) : Rp 5000

13. Barusen Hills

Wisata Bandung selatan, Barusen Hills
https://www.instagram.com/barusenhillsciwidey/

Tempat wisata di Bandung Selatan selanjutnya yang wajib Anda kunjungi adalah Barusen Hills. Banyak objek wisata yang dapat dinikmati disini.

Bagi Anda yang berkunjung bersama keluarga, maka destinasi wisata yang satu ini sangat cocok. Terdapat villa, cottage, dan glamping dan camping.

14. Bukit Jamur

Bukit Jamur ranca bolang

Pada awalnya, wisata yang satu ini tidak terlalu dikenal. Karena hanya terdapat pohon-pohon yang dibentuk menyerupai jamur, dan banyak yang mengambil foto di sana.

Akhirnya menjadi salah satu tempat wisata yang viral dan dikunjungi banyak wisatawan.

15. Glamping Lakeside

Glamping lake side, salah satu tempat wisata di bandung selatana yang cocok untuk keluarga
instagram.com/explorekabupaten_bandung/

Masih di daerah Ranca Bali, Glamping yang satu ini lokasinya dekat dengan situ patenggang. Mungkin destinasi wisata yang satu ini tidak dapat tergolong murah.

Karena harga sewa glamping per malam mencapai 2 juta rupiah.

Namun untuk Anda yang datang dari luar kota, akan sangat memberikan kesan ketika menginap di glamping ini.

16. Situ Cisanti

Danau Situ Cisanti

Situ Cisanti berada di Kampung Pejaten. Dan dapat ditempuh dalam waktu dua jam dari pusat kota Bandung. Tergolong perjalan singkat untuk ukuran keluarga.

Nah, untuk masuk ke dalam, wisatawan hanya dikenakan tarif tiket sebesar Rp 10.000 per orang.

Sebagai tempat wisata di Bandung selatan yang masih tergolong baru, Situ Cisanti banyak belum tereksplor.

Sehingga belum ada pilihan wahana permainan sebagaimana lokasi wisata alam lainnya.

Namun, banyak spot foto yang memenuhi syarat instagramable untuk dipamerkan di akun sosial media. Temperature udara yang sejuk, juga menjadi ciri khas tempat ini.

Sangat cocok bagi Anda yang ingin melepas penat, sambil menyantap makan siang di Situ Cisanti.

17. Pemandian Air Panas Ciwalini

Pemandian air panas ciwalingi

Sebenarnya, tempat wisata di bandung selatan mayoritas dapat ditemui di Ciwidey. Salah satunya adalah pemandian air panas Ciwalini.

Pemandangan yang asri, ditambah dengan udara sejuk yang membuat suasana semakin menyenangkan.

Pemandian air panas ini adalah pilihan tepat bagi Anda yang ingin merilekskan otot-otot kaki.

Harga Tiket: Rp30.000 Jam Buka: 08.00 – 16.00 WIB No Telp: 022-859-20070 Alamat: Jl. Raya Ciwidey – Patengan Tenjolaya Ciwidey, Patengan, Rancabali.

18. Taman Kelinci

Taman kelinci, tempat wisata di bandung selatan

Tidak lengkap rasanya kalau Anda ke Bandung selatan bersama Anak-anak tanpa ke taman kelinci.

Untuk harga tiket masuk Taman Kelinci Ciwidey ini sangat terjangkau.

Hanya dengan 15.000/orang anda bisa menikmati berbagai fasilitas dan keseruan bermain bersama kelinci.

Biaya tersebut sudah termasuk 2 buah wortel berukuran besar yang nantinya bisa anda berikan kepada kelinci.

19. Kebun Strawbery

Petik strawbery di bandung selatan
https://www.instagram.com/abdillahhw/

Cobalah untuk mengunjungi kebun strawbery yang lokasinya masih di Ciwidey, Bandung selatan ini.

Untuk masuk ke lokasi kebun strawbery Anda tidak dikenakan biaya. Namun, bagi anda yang ingin memanen buah strawbery sebagai oleh-oleh, strawbery akan ditimbang dan dibayar sesuai yang sudah dipetik.

Kisaran harganya adalah 35 ribu hingga 50 ribu per kilo.

20. Glamping Legok Kondang Lodge

Glamour Camping, atau biasa disebut Glamping. adalah sebuah penginapan yang menawarkan sensasi berbeda dari penginapan-penginapan lain pada umumnya.

Anda seperti menginap di tempat kemah, namun dengan sensasi glamour. Semua fasilitas sudah disediakan oleh pengelola.

Harga penginapan Glamping Kondang Lodge ini berkisar 1-2 juta rupiah. Tergantung dengan kelas atau fasilitas yang ditawarkan.

Untuk bisa sampai ke tempat penginapan ini, maka Anda akan menempuh waktu sekitar 1 jam 23 menit dengan jarak yang ditempuh 50,5 km melalui Jl. Tol Soreang – Pasir Koja.

Setelah itu ambil arah menuju Jl. Raya Soreang-Ciwidey sampai ke Rancabali. Jika Anda sudah sampai ke Rancabali, maka teruskan menuju ke Jl. Raya Ciwidey – Patengan. Lurus saja sekitar 6 km kemudian belok kanan ke Jl. Legok Kondang.

SHARE:

Seorang traveller, penyuka dunia perhotelan dan pariwisata Indonesia. Ingin berbagi inspirasi melalui tulisan.

Tinggalkan komentar