15 Tempat Wisata di Ciwidey Terbaru yang Wajib Dikunjungi

Jawa Barat memang menjadi tempat tujuan wisata yang paling tepat. Hal ini karena Bandung menawarkan begitu banyak pilihan wisata yang layak dikunjungi. Salah satunya di daerah Ciwidey. Tempat wisata di Ciwidey sebetulnya merupakan kawasan pedesaan di Bandung Selatan yang sejuk dan masih asri.

Cocok sekali dijadikan sebagai pilihan wisata untuk keluarga maupun anak-anak.

Ciwidey juga dipenuhi dengan tempat wisata alam seperti perbukitan dan sawah. Tentunya akan memberikan pengalaman liburan tidak terlupakan.

Daftar Tempat Wisata di Ciwidey Paling Hits

Setelah menghabiskan weekday dengan bekerja, tentu kamu membutuhkan refreshing di akhir pekan. Tempat wisata yang berlokasi di Bandung Selatan ini punya beragam tempat menarik dan cocok untuk self healing.

Baca juga: 20 Tempat Wisata di Bandung Selatan yang Murah Meriah

Sebagai rekomendasi tempat menghabiskan weekendmu, maka sebaiknya mengunjungi Ciwidey. Ada begitu banyak pilihan tempat wisata menarik dan populer yang wajib dikunjungi.

1. Bukit Jamur

Bukit Jamur ranca bolang

Bukit Jamur menjadi salah satu wisata unik di Ciwidey yang mampu menyuguhkan nuansa liburan asyik. Ini bukan merupakan perkebunan jamur maupun wisata kulineran yang bernuansa serba jamur. Akan tetapi, tempat wisata ini benar-benar dipenuhi dengan pohon cemara yang berbentuk bak jamur.

Tidak sedikit orang yang berkunjung ke tempat wisata ini untuk berbagai macam keperluan fotografi.

Bahkan ada juga yang memanfaatkan Bukti Jamur untuk mengambil sesi foto prewedding. Hanya saja jalan menuju tempat wisata ini agak sedikit kurang mulus.

2. Kampung Cai Ranca Upas

Kampung Cai Ranca Upas

Ini adalah salah satu destinasi wisata hits terpopuler yang ada di Ciwidey. Banyak anak muda yang singgah kemari untuk berburu berbagai spot foto unik. Hal ini karena Kampung Rai Ranca Upas menyuguhkan pemandangan luar biasa menakjubkan.

Di lokasi ini juga terdapat bumi perkemahan, dimana dapat dengan mudah menemukan anak-anak yang menghabiskan waktu. Menariknya lagi, kamu juga bisa menemukan tempat penangkaran rusa. Jadi, tidak usah jauh-jauh ke kebun binatang untuk berjumpa dengan rusa.

3. Situ Patenggang

Tempat Wisata di Ciwidey Danau Situ Patenggang

Destinasi wisata di Ciwidey berikutnya adalah Situ Patenggang. Tempat wisata populer ini masih menyuguhkan pemandangan alami dengan bentangan danau biru yang luas. Pastinya mampu membuatmu melepaskan penat setelah semingguan lelah menghadapi rutinitas harian.

Agar kamu puas dalam menikmati pemandangan alam di Situ Patenggang, sebaiknya cobalah menggunakan perahu sewaan. Dengan harga terjangkau, kamu sudah bisa menikmati keindahan danau sembari asyik berfoto. Tidak perlu khawatir, sebab setiap perahu juga dilengkapi dengan pelampung.

4. Taman Kelinci (Happy Farm Ciwidey)

Tempat Wisata di Ciwidey cocok untuk anak anak
@susanherma

Saat ingin berkunjung ke tempat wisata bersama si kecil di Ciwidey, maka sebaiknya singgah ke Taman Kelinci Ciwidey.

Persis namanya, disini kamu bisa menemukan berbagai jenis kelinci dalam penangkaran. Bahkan kamu dan si kecil bisa dengan mudahnya berinteraksi dengan kelinci-kelinci tersebut.

Tidak hanya untuk anak-anak, kamu juga bisa menemukan berbagai spot foro yang menarik dan Instagramable. Check selengkapnya di akun Instagram Happy Farm Ciwidey.

Fasilitas tempat wisata di Ciwidey ini juga sangat lengkap. Mulai dari toilet bersih dan luas, tempat parkir memadai hingga berbagai macam vendor penjual makanan dan minuman yang terletak tidak jauh dari tempat wisata tersebut.

5. Sunan Ibu Sunrise Point

Tempat Wisata di Ciwidey
@tjieuw

Tepatnya di daerah Sugihmukti, kamu bisa menikmati pemandangan sunrise yang sangat mengagumkan mata.

Tempat wisata ini bernama Sunan Ibu Sunrise Point. Persis namanya, untuk menyaksikan sunrise disini maka kamu harus datang pagi-pagi sebelum matahari terbit.

Tidak perlu khawatir tempat wisata ini sudah ramai sejak pagi hari oleh pengunjung yang ingin sama-sama menikmati sunrise.

Lokasinya sangat mudah ditemukan dan diakses karena jalannya masih cukup luas dan bagus.

6. Palalangon Park

Tempat Wisata di Ciwidey
@akang_bandung

Tempat wisata di Ciwidey yang serba alam berikutnya dan layak kamu kunjungi adalah Palalangon Park. Tempat ini sangat cocok untuk kamu yang hobi menemukan spot warna-warni dengan pemandangan alam begitu indah.

Di tempat ini juga kamu bisa menemukan kebun bunga super cantik dan cerah.

Wajar sekali rasanya jika banyak muda-mudi yang singgah kemari untuk acara liburan asyik. Selain itu, fasilitas tempat wisata ini juga relatif lengkap.

Ada sejumlah bangku duduk yang bisa dijadikan tempat bersantai. Kemudian, jajaran food court tempat ini juga menyuguhkan berbagai menu lezat untuk dicicipi.

7. Kebun Tanaman Obat Sari Alam

Kebun Tanaman Obat Ciwidey

Tentu saja di perkotaan besar cukup seulit menemukan kebun yang dipenuhi dengan tanaman obat. Nah, jika kamu mau berlibur ke tempat wisata seperti ini maka bisa mengunjungi Kebun Tanaman Obat Sari Alam di Ciwidey, Pasirjambu.

Kamu dapat dengan leluasa menikmati pemandangan kebun yang kaya akan tanaman obat, rempah-rempah sampai berbagai macam jenis tanaman herbal yang bagus untuk kesehatan. Semuanya ditata rapi sehingga bisa dinikmati pemandangannya oleh pengunjung.

8. Kawah Putih Ciwidey

Wisata kawah putih Ciwidey

Ke Bandung belum lengkap tanpa mengunjungi Kawah Putih. Bisa dikatakan bahwa tempat wisata ini adalah tujuan nomor satu saat kamu berkunjung ke Ciwidey. Pemandangan alamnya begitu indah dan cocok dinikmati oleh siapapun.

Lokasi ini sangat direkomendasikan bagi kamu yang ingin mengambil banyak foto menarik sekaligus menghirup udara segar.

Wajar saja rasanya jika banyak orang yang berwisata kemari. Nah, jika kamu mau berwisata dengan tenang maka sebaiknya hindarilah berkunjung di hari liburan.

9. Kebun Petik Strawberry

Kebun petik Strawberry di Ciwidey bandung selatan

Berada di Rancabali membuat kebun ini begitu mudah ditemukan. Disini kamu bisa menemukan berhektar-hektar perkebunan strawberry dengan cita rasa manis yang tiada duanya. Tentu kamu akan sulit menemukan perkebunan serupa di tempat lainnya.

Kamu juga akan dimanjakan dengan indahnya pemandangan strawberry yang membentang luas sejauh mata memandang.

Kamu juga bisa menikmati fasilitas menarik yakni turun langsung ke perkebunan dan memetik sendiri buah tersebut untuk dibawa pulang ke rumah.

10. D’Riam Riverside Resort

Tempat Wisata di Ciwidey
@vinameilany

Jika kamu ingin menemukan tempat wisata seperti resort yang terletak tidak jauh dari pinggiran sungai, maka bisa memilih D’Riam Riverside Resort. Ini adalah resort mewah dengan fasilitas super lengkap di Soreang, Ciwidey.

Saat menginap di tempat ini, maka kamu akan merasakan kenyamanannya layaknya bermalam di hotel bintang 5. Di samping itu, juga terdapat pemandangan sungai alami yang dapat dilihat dengan sangat mudah dari kamar.

Bagi kamu yang suka mencari spot foto yang Instagramable, di sini wajib kamu cobain.

11. Kawah Rengganis

kawah Rengganis

Ini adalah tempat wisata di Ciwidey yang sangat direkomendasikan untuk wisatawan lokal maupun asing saat singgah ke Bandung. Tempat ini memiliki pemandangan alam yang sangat indah dan begitu menggoda mata.

Siapa saja yang singgah kemari tentunya akan takjub karena mampu melihat kawah asri yang cantik dan tiada duanya. Selain Kawah Putih, maka Kawah Rengganis juga menjadi tempat wisata wajib dikunjungi selama berada di Ciwidey.

12. Perkebunan Teh Rancabali

Tempat Wisata di Ciwidey, kebuh teh rancabali
@rifkihidayat12

Tidak seru rasanya singgah ke Ciwidey tanpa mampir ke perkebunan teh. Salah satunya yang berada di Rancabali. Pemandangan di perkebunan teh ini sangat mengagumkan dan spektakuler. Sungguh pemandangan yang tiada duanya.

Hawanya begitu sejuk sehingga mampu menarik perhatian berbagai pasang mata yang melihatnya. Tentuya udara yang bersih di tempat ini bisa membuatmu rileks dari penatnya aktivitas yang selama ini kamu lakukan di perkotaan.

13. Glamping Legok Kondang Lodge Ciwidey

Glamping LegoK Kondang Lodge

Ingin menyatu dengan alam, self healing, dan menjernihkan pikiran? Kamu mesti mencoba penginapan yang menusung konsep Camping Mewah ini.

Glamour Camping, atau biasa disebut Glamping. adalah sebuah penginapan yang menawarkan sensasi berbeda dari penginapan-penginapan lain pada umumnya.

Harga penginapan Glamping Kondang Lodge ini berkisar 1-2 juta rupiah. Tergantung dengan kelas atau fasilitas yang ditawarkan.

Untuk bisa sampai ke tempat penginapan ini, maka Anda akan menempuh waktu sekitar 1 jam 23 menit dengan jarak yang ditempuh 50,5 km melalui Jl. Tol Soreang – Pasir Koja.

Setelah itu ambil arah menuju Jl. Raya Soreang-Ciwidey sampai ke Rancabali. Jika Anda sudah sampai ke Rancabali, maka teruskan menuju ke Jl. Raya Ciwidey – Patengan. Lurus saja sekitar 6 km kemudian belok kanan ke Jl. Legok Kondang.

14. EmTe Highland Resort

Emte Highland Resort

Walaupun merupakan penginapan, tidak aneh bila EmTe Highland Resort disebut tempat wisata. Pertama-tama, penginapan ini cocok sekali untuk yang ingin berwisata menikmati pemandangan.

Selain menyuguhkan view pegunungan khas Ciwidey, villa ini juga langsung memberikan pemandangan danau.

Tidak hanya itu, ada banyak sekali aktivitas yang bisa dilakukan di sini, seperti naik perahu di danau, memetik stroberi, panahan, flying fox, paintball, ATV, dan masih banyak lagi.Anda dapat menginap di sini mulai dari Rp400 ribuan.

Walaupun secara sekilas Rp400.000 itu tidak murah, harga tersebut setimpal jika dibandingkan dengan beragam jenis akomodasi yang bisa didapatkan tanpa harus meninggalkan penginapan.

15. Pinisi Resto

Pinisi Resto salah satu tempat makan favorit di Ciwidey
@faajarkp

Desain restoran yang mirip dengan kapal Pinisi ini memang sedang trending dan hits. Sayang sekali kalau sudah sampai di Ciwidey namun tidak mencoba makan siang bersama disini.

Tempat makan ini sangat direkomendasikan untuk keluarga karena lokasinya yang luas serta hidangan lezatnya. Bagi para pecinta BBQ, cita rasa yang disuguhkan oleh tiada duanya lengkap dengan suasananya yang mengesankan.

Sembari makan, kamu juga bisamengabadikan momen ini lengkap dengan latar perkebunan teh yang asri.

Destinasi liburan satu ini tidak boleh Anda lewatkan dan pastikan melakukan reservasi terlebih dahulu.

Semua rekomendasi tempat wisata di Ciwidey tersebut tentu bisa memberikan ide terbaik bagi kamu. Apalagi yang masih bingung ingin mampir ke mana ketika berkunjung ke Bandung. Jangan lupa ajak serta orang-orang terdekatmu untuk menghabiskan waktu bersama.

SHARE:

Seorang traveller, penyuka dunia perhotelan dan pariwisata Indonesia. Ingin berbagi inspirasi melalui tulisan.

Tinggalkan komentar