Ada banyak istilah dalam perhotelan yang perlu diketahui oleh para hotelier yang bekerja di Industri Perhotelan, baik itu istilah khusus ataupun teknis yang menjadi bagian integral dari aktivitas di perhotelan.
Sebagaimana yang diketahui, bahwa industri perhotelan merupakan bisnis yang mencakup pengelolaan hotel, seperti operasional, manajemen, dan pelayanan tamu.
Dalam Industri Perhotelan melibatkan berbagai aspek seperti akomodasi, manajemen fasilitas, kebersihan, pemasaran, layanan pelanggan, makanan dan minuman.
Sehingga, tentu saja ada banyak istilah-istilah yang perlu diketahui bagi para hotelier. Lalu, apa saja istilah dalam perhotelan yang perlu diketahui?
Daftar ISI
- Istilah dalam Perhotelan yang Wajib Diketahui Hotelier
- 1. Reservasi
- 2. Check-In
- 3. Check-Out
- 4. Extra Charge
- 5. Extended Stay
- 6. Room Service
- 7. Front Office
- 8. Back Office
- 9. Single Bed
- 10. Double Bed
- 11. Twin Bed
- 12. Buffet
- 13. All You Can Eat
- 14. Early Check In
- 15. Room Rate
- 16. Room Status
- 17. Late Check Out
- 18. Fully Booked
- 19. Bar
- 20. Minibar
- 21. Standard Room
- 22. Superior Room
- 23. Deluxe Room
- 24. Suite Room
- 25. Family Room
- 26. Bell Boy
- 27. Extra Bed
- 28. Rate Plan
- 29. Contract Rate
- 30. Connecting Room
- 31. ETA
- 32. PAX
- 33. OTA
- 34. VHO
- 35. Amenitas
- 36. Concierge
- 37. High Season
- 38. Low Season
- 39. Direct Booking
- 40. Occupancy Rate
- 41. Guaranteed Reservation
- 42. Tentative Reservation
- 43. Overbooking
- 44. Rack Rate
- 45. Upselling
- 46. All-Inclusive
- 47. Turndown Service
- 48. Valet Parking
- 49. Booking Engine
- 50. Room Block
- 51. Complimentary
- 52. Conference Room
- 53. Corporate Rate
- 54. Pillow Menu
- 55. Buffet Breakfast
- 56. House Rules
Istilah dalam Perhotelan yang Wajib Diketahui Hotelier
Berikut adalah istilah dalam perhotelan dan artinya yang wajib diketahui bagi para hotelier:
1. Reservasi
Reservasi merupakan istilah dalam perhotelan yang merujuk pada proses pemesanan kamar atau layanan hotel.
2. Check-In
Check-In merupakan proses pendaftaran tamu di hotel sebelum mendapatkan kunci kamar hotel.
3. Check-Out
Check-out merupakan proses yang dilakukan tamu hotel sebelum meninggalkan hotel setelah menginap, termasuk pengeluaran barang, pengembalian kunci kamar, dan pembayaran tagihan atau bill.
4. Extra Charge
Extra Charge merupakan biaya tambahan yang perlu dibayar oleh tamu ketika menggunakan layanan tambahan dari hotel.
5. Extended Stay
Extended Stay merupakan istilah yang digunakan untuk tamu yang melakukan perpanjangan menginap.
6. Room Service
Room Service merupakan layanan tamu hotel yang mencakup pesanan makanan dan minuman.
7. Front Office
Front Office merupakan departemen hotel yang berhubungan langsung dengan pelanggan, seperti resepsionis, pramutamu, porter, dan lainnya.
8. Back Office
Back Office merupakan divisi di sebuah hotel yang tidak berhubungan langsung dengan tamu hotel, seperti Executive chef, staf dapur, sous chef, HRD, dan lainnya.
9. Single Bed
Single Bed merupakan bentuk tempat tidur di hotel yang dikhususkan untuk satu orang, biasanya memiliki ukuran Kasur 100 x 200 cm.
10. Double Bed
Double Bed merujuk pada ukuran tempat tidur yang lebih besar, biasanya memiliki ukuran sekitar 120 x 200 cm, 140 x 200 cm, atau 160 x 200 cm.
11. Twin Bed
Twin Bed merujuk pada dua tempat tidur single bed yang tersedia di dalam kamar hotel. Untuk ukuran Twin Bed biasanya sekitar 90 x 200 cm atau 100 x 200 cm.
12. Buffet
Buffet merupakan bentuk penyajian dalam bentuk buffet dengan berbagai pilihan makanan atau bisa disebut dengan prasmanan.
13. All You Can Eat
All You Can Eat merujuk pada jenis makanan dimana tamu hotel dapat memilih menu yang disediakan dan mengkonsumsi sepuasnya.
14. Early Check In
Early Check In merujuk pada tamu yang melakukan Check-in lebih awal sebelum waktu yang telah ditentukan.
15. Room Rate
Room Rate adalah harga yang harus dibayarkan tamu saat menginap di hotel.
16. Room Status
Room Status merujuk pada status kamar apakah berstatus terisi atau kosong.
17. Late Check Out
Late Check Out merujuk pada tamu yang telat melakukan Check out sesuai waktu yang telah ditentukan.
18. Fully Booked
Fully Booked merujuk pada status kamar hotel yang sudah penuh atau tidak ada kamar yang kosong.
19. Bar
Bar merupakan area santai yang berbentuk resto.
20. Minibar
Minibar merupakan kulkas kecil di kamar hotel yang berisi makanan ringan dan minuman.
21. Standard Room
Standard Room merujuk pada jenis kamar hotel standard yang artinya memiliki fasilitas standard dan harga yang paling rendah.
22. Superior Room
Superior Room merujuk pada ukuran ruangan yang lebih luas dari Standard Room.
23. Deluxe Room
Deluxe Room adalah jenis kamar hotel yang memiliki ukuran yang lebih luas dari Superior Room dan fasilitas yang lebih tinggi.
24. Suite Room
Suite Room merujuk pada jenis kamar yang memiliki ukuran kamar tidur yang lebih luas, atau bisa juga disebut jenis kamar yang paling mahal di hotel.
25. Family Room
Family Room merupakan tipe kamar yang disediakan untuk tamu yang ingin menginap bersama dua orang lebih, atau bisa juga disebut tipe kamar untuk keluarga.
26. Bell Boy
Bell Boy merupakan petugas hotel yang memiliki tugas membantu tamu membawakan barang bawannya sampai di kamar.
27. Extra Bed
Extra Bed merupakan tempat tidur tambahan yang dipesan oleh tamu jika kekurangan tempat tidur.
28. Rate Plan
Rate Plan merujuk pada harga sewa kamar yang tersedia pada hotel.
29. Contract Rate
Contract Rate merupakan harga kamar yang diberikan pihak hotel kepada tamu dengan mengacu pada syarat dan ketentuan tertentu.
30. Connecting Room
Connecting Room merujuk pada dua kamar hotel saling terhubung yang dihubungkan dengan pintu khusus ditengah ruangan kamar tersebut.
31. ETA
ETA (Estimated Time Arrival) merupakan perkiraan waktu kedatangan.
32. PAX
PAX merujuk pada jumlah orang yang bisa ditampung dalam satu kamar hotel.
33. OTA
OTA (Online Travel Agent) merupakan aplikasi atau situs web yang menyediakan layanan pembelian dan reservasi perjalanan wisata, termasuk juga reservasi hotel. Contohnya: Traveloka,Tiket.com, Agoda, dll.
34. VHO
VHO merujuk pada perusahaan yang tidak memiliki bangunan hotel tetapi dapat menjual berbagai kamar dengan cara bekerjasama kepada para penyedia akomodasi.
35. Amenitas
Amenitas merupakan fasilitas di luar akomodasi, seperti restoran, taman, fasilitas umum, dll.
36. Concierge
Concierge merupakan staf hotel yang bertugas memberikan informasi dan bantuan terhadap tamu terkait kebutuhan di luar hotel.
37. High Season
High Season merujuk pada hari dimana biasanya jumlah orang meningkat mengunjungi tempat berlibur, termasuk juga hotel. Ketika High Season, biasanya harga sewa kamar hotel juga mengalami kenaikan.
38. Low Season
Low Season merupakan kebalikan dari High Season, dimana jumlah tamu hotel tidak banyak dan biasanya harga sewa kamar hotel juga lebih murah.
39. Direct Booking
Direct Booking merupakan proses pemesanan kamar hotel yang dilakukan secara langsung dari hotel, baik melalui website resmi hotel ataupun melalui nomor telepon.
40. Occupancy Rate
Occupancy Rate persentase jumlah kamar hotel yang sudah ditempati tamu dengan seluruh kamar yang tersedia di hotel.
41. Guaranteed Reservation
Guaranteed Reservation merujuk pada reservasi kamar yang dilakukan dengan mengharuskan adanya jaminan pembayaran.
42. Tentative Reservation
Tentative Reservation merupakan proses booking yang tidak mesti harus memberikan jaminan pembayaran.
43. Overbooking
Overbooking merupakan keadaan dimana hotel menerima tamu melebihi jumlah kamar yang tersedia.
44. Rack Rate
Rack Rate merupakan harga kamar standard yang diberlakukan sebelum diberlakukannya diskon.
45. Upselling
Upselling merupakan strategis menawarkan fasilitas atau layanan kepada tamu untuk meningkatkan pengalaman menginap mereka dengan biaya tambahan.
46. All-Inclusive
All-Inclusive merujuk pada layanan hotel yang mencakup hidangan makanan dan minuman, serta aktivitas yang dipaketkan dalam satu harga.
47. Turndown Service
Turndown Service merupakan layanan perapian kamar dan persiapan tidur pada malam hari.
48. Valet Parking
Valet Parking merujuk pada layanan parkir yang disediakan hotel dengan biaya tambahan.
49. Booking Engine
Booking Engine merupakan platform yang memungkinkan tamu melakukan reservasi online melalui situs web hotel.
50. Room Block
Room Block merujuk pada kamar hotel yang dipesan untuk keperluan tertentu, misalnya acara pernikahan atau acara penting lainnya.
51. Complimentary
Complimentary mengacu pada layanan atau barang yang disediakan oleh hotel yang dapat digunakan secara gratis oleh tamu.
52. Conference Room
Conference Room merupakan fasilitas berupa ruangan khusus yang disediakan untuk pertemuan atau konferensi di dalam hotel.
53. Corporate Rate
Corporate Rate merupakan harga khusus yang ditawarkan kepada para tamu yang datang atas nama perusahaan.
54. Pillow Menu
Pillow Menu merupakan layanan yang disediakan oleh hotel dimana tamu bisa memilih jenis bantal yang mereka inginkan untuk kenyamanan saat tidur.
55. Buffet Breakfast
Buffet Breakfast merupakan menu sarapan yang disajikan dalam bentuk buffet atau prasmanan.
56. House Rules
House Rules merupakan aturan atau kebijakan hotel yang harus di patuhi oleh para tamu dan staf.
Jadi, itulah tadi beberapa istilah dalam perhotelan yang wajib diketahui ketika bekerja di Industri Perhotelan atau sebaga hotelier.
Selain dari beberapa istilah dalam perhotelan yang sudah disebutkan diatas, tentu masih ada istilah lainnya yang belum kami cantumkan. Kamu bisa mencari referensi lainnya untuk mengetahui beberapa istilah lainnya yang belum ada di artikel ini.