Teknologi untuk Meningkatkan Komunikasi dengan Tamu Hotel

Dalam perkembangan revolusi bisnis perhotelan, penting bagi tim manajemen agar turut menerapkan teknologi untuk meningkatkan komunikasi dengan tamu hotel.

Selama ini, tren teknologi di bidang hospitality cukup erat kaitannya dengan efisiensi dan produktivitas demi meningkatkan profit hotel.

Namun, ternyata penerapannya juga merambah aspek personalisasi untuk memenuhi kebutuhan tamu agar mendapat pengalaman terbaik selama menginap.

Nah, untuk mengetahui lebih lanjut, berikut penjelasan tentang beberapa teknologi untuk meningkatkan komunikasi dengan tamu hotel.

Alasan Penggunaan Teknologi untuk Meningkatkan Pengalaman Tamu

Sebelum membahas apa saja teknologi yang sedang tren, penting bagi hotel mengetahui apa saja alasan penggunaan teknologi untuk meningkatkan pengalaman tamu.

1. Efisiensi Waktu

Alasan penting penggunaan teknologi untuk meningkatkan pengalaman tamu berkaitan dengan efisiensi waktu dalam memberikan pelayanan.

Melalui teknologi di bidang perhotelan, setiap layanan yang ditawarkan bisa diberikan kepada tamu dengan segera karena waktu tunggu berkurang secara signifikan.

2. Pengalaman Personalisasi

Memberikan pengalaman personalisasi juga menjadi alasan lain dari penggunaan teknologi hotel melalui analisis preferensi dan pola perilaku tamu.

Dengan begitu, tamu akan merasa mendapat keistimewaan melebihi pelayanan standar hingga pengalaman menginap di hotel semakin berkesan.

3. Rasa Aman

Tidak dimungkiri jika pasca era pandemi bisnis perhotelan yang mulai kembali menggeliat ikut terpengaruh oleh kebiasaan minim kontak fisik.

Penerapan teknologi pun semakin dimaksimalkan demi meningkatkan pengalaman tamu, di antaranya melalui booking online, menu digital, akses keyless, hingga pembayaran cashless.

4. Peningkatan Kenyamanan

Pada akhirnya, alasan penggunaan teknologi demi meningkatkan pengalaman tamu juga mengarah pada terciptanya kenyamanan dalam berbagai aspek.

Mulai dari aplikasi dan portal online untuk reservasi, layanan check-in dan check-out, hingga saranan untuk meminta fasilitas maupun layanan tertentu.

Kenyamanan yang ditawarkan ini semakin meningkat karena kontrol atas kebutuhan tamu juga bisa diakses langsung secara mandiri.

5. Dukungan Layanan 24 Jam

Dengan adanya teknologi untuk meningkatkan pengalaman tamu, pihak hotel juga memaksimalkan pelayanan efektif melalui dukungan layanan 24 jam.

Salah satunya teknologi chatbot yang diprogram agar tamu bisa mendapatkan berbagai informasi dan menerima jawaban instan kapan saja.

6. Peningkatan Komunikasi

Alasan penting lain dari penggunaan teknologi untuk meningkatkan pengalaman tamu yaitu keperluan peningkatan komunikasi.

Keberadaan platform digital akan memudahkan tamu berkomunikasi dengan staf hotel, baik mencari informasi, meminta layanan, hingga memberikan ulasan.

Sistem komunikasi yang melek teknologi ini juga bisa membantu hotel mengatasi masalah dengan cepat demi memberikan kepuasan kepada semua tamu.

Teknologi untuk Meningkatkan Komunikasi dengan Tamu Hotel

Berikut ini beberapa teknologi untuk meningkatkan komunikasi dengan tamu hotel yang bisa digunakan untuk diterapkan secara maksimal.

1. Website dan Sistem Booking Engine

Teknologi berupa website dan sistem booking engine memang masih menjadi unggulan agar hotel bisa meningkatkan efektivitas komunikasi dengan tamu.

Penggunaan teknologi ini akan memudahkan tamu melakukan reservasi instan secara online lengkap dengan informasi harga, ketersediaan kamar, hingga fasilitas yang ditawarkan.

2. Chatbot Berbasis AI

Pemanfaatan teknologi untuk meningkatkan komunikasi dengan tamu juga bisa dilakukan melalui penggunaan chatbot berbasis AI.

Teknologi yang semakin populer ini dianggap mampu menjadi solusi yang efektif dan efisien dalam memenuhi kebutuhan tamu akan informasi layanan hotel maupun pertanyaan lainnya.

Dengan adanyan chatbot, tamu bisa mendapat jawaban instan tanpa harus menunggu kehadiran staf hotel yang umumnya hanya ada saat pada jam kerja normal.

3. Teknologi RFID

Beberapa hotel juga menggunakan teknologi RFID atau Radio Frequency Identification untuk berbagai keperluan tamu,

Mulai dari kunci kamar, keamanan barang, manajemen inventaris hingga memberikan layanan tambahan seperti pembersihan dan penyesuaian suhu kamar sesuai preferensi tamu.

Menariknya lagi, sistem kunci RFID juga terintegrasi dengan mudah pada Property Management System (PMS) yang membuat operasional hotel semakin efisien.

4. Internet of Things (IoT)

Teknologi Internet of Things (IoT) juga bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan komunikasi dengan tamu melalui sistem kunci kamar otomatis.

IoT memungkinkan adanya kontrol dalam penyesuaian pencahayaan kamar, suhu ruangan, dan akses hiburan melalui aplikasi maupun perangkat suara.

Dengan penerapan teknologi ini, jaminan atas kenyamanan tamu akan semakin meningkat karena memiliki kontrol ruangan sesuai keinginan.

5. Teknologi Augmented Reality (AR)

Teknologi lainnya untuk meningkatkan komunikasi tamu yaitu penggunaan Augmented Reality (AR) untuk tur virtual.

Belakangan ini cukup banyak hotel yang menerapkan teknologi AR demi memberikan pengalaman interaktif kepada tamu.

Melalui teknologi AR, tamu bisa melihat room tour hingga berbagai fasilitas hotel yang realistis melalui ponsel bahkan saat belum sampai di hotel.

Penerapan teknologi ini juga cukup efektif dalam mempengaruhi tamu membuat keputusan reservasi pasca melihat tur virtual hotel yang tampak nyata.

Itulah tadi penjelasan tentang beberapa teknologi untuk meningkatkan komunikasi dengan tamu hotel yang sudah kami rangkum sebagai gambaran umum.

Melalui informasi di atas, kamu bisa memahami apa saja teknologi terbaik yang dimanfaatkan hotel demi memberikan pengalaman berkesan bagi para tamu.

Aris Susanto

SEO Specialist di bidangnya. Mempunyai team yang punya pengalaman sebagai akademisi maupun praktisi.

Bagikan:

Tags:

Tinggalkan komentar