Bagi para pelaku bisnis hospitality, pasti sudah tidak asing lagi dengan apa itu PMS dan manfaatnya untuk perhotelan.
PMS atau Property Management System sering kali diterapkan untuk mendukung kinerja manajemen hotel dan menjadi upaya mendukung peningkatan pendapatan operasional.
Sebagai gambaran umum, simak pembahasan lebih lanjut tentang apa itu PMS dan manfaatnya untuk perhotelan berikut ini untuk memudahkan pemahaman.
Daftar ISI
Apa Itu PMS?
Property Management System (PMS) adalah aplikasi yang umum digunakan manajemen hotel untuk memudahkan kinerja serta meningkatkan operasional secara lebih efektif dan efisien.
Dalam praktik bisnis perhotelan, istilah PMS juga sering dikenal dengan sebutan HMS atau Hotel Management System.
Fitur-fitur yang ditawarkan PMS sendiri cukup berperan dalam membantu semua departemen yang ada di hotel, mulai dari Front Office, Housekeeping, hingga Accounting.
Peran PMS di Departemen Front Office berkaitan dengan sistem reservasi, sedangkan di Departemen Houskeeping dimanfaatkan untuk memaksimalkan pelayanan.
Sementara di Departemen Accounting, penggunaan fitur PMS mengarah pada keperluan pencatatan laporan keuangan operasional hotel.
Menariknya lagi, versi PMS yang lebih lengkap juga mendukung fitur POS (Point of Sales) untuk pencatatan penjualan hingga Store Room untuk pencatatan inventory.
Pihak hotel juga bisa memilih sistem yang digunakan, baik itu PMS berbasis cloud maupun server lokal yang memerlukan perangkat keras untuk aksesnya.
Manfaat PMS untuk Perhotelan
Ada beberapa manfaat PMS untuk perhotelan agar bisa mencapai tujuan kemudahan kinerja hotel, di antaranya sebagai berikut.
1. Meningkatkan Efektivitas dan Efisiensi
Manfaat utama penggunaan PMS untuk perhotelan berkaitan dengan upaya meningkatkan efektivitas dan efisiensi operasional hotel.
Bukan hanya peran dalam mengatur reservasi, tetapi juga mengelola sistem pelayanan untuk tamu, laporan keuangan, hingga integrasi antar departemen dalam hotel.
Dengan adanya manajemen operasional yang efektif dan efisien, hotel akan mampu menekan biaya ekstra serta memaksimalkan pendapatan dan profit bisnis.
2. Meningkatkan Pendapatan Operasional Hotel
Fitur-fitur yang ditawarkan PMS memungkinkan dukungan pada distribusi langkah pemasaran yang strategis dan pengelolaan inventaris hotel demi meningkatkan pendapatan operasional.
Hotel bisa menjalankan taktik penetapan harga berdasar ketersediaan inventarisasi hingga penjualan kamar semakin maksimal.
Jika tingkat okupansi meningkat, tentunya pendapatan operasional dari penjualan akan semakin besar dan profit bisnis semakin bertambah.
Terlebih dengan adanya dukungan fitur analisis data yang akurat, hotel bisa memprediksi tren dan perilaku tamu demi memaksimalkan strategi pemasaran yang tepat.
3. Memaksimalkan Kendali Bisnis
Dengan menggunakan PMS, hotel juga mendapat manfaat kontrol atas bisnis properti yang dijalankan secara lebih maksimal.
Teknologi PMS memungkinkan tim manajemen maupun owner untuk memantau operasional hotel kapan pun dan di mana pun.
Selain itu, kendali bisnis dengan PMS juga memungkinkan pengelolaan data tamu yang terpusat dalam satu sistem.
Keberadaan fitur ini akan memudahkan hotel saat membutuhkan pelacakan aktivitas tamu beserta riwayat pemesanannya.
4. Meminimalkan Risiko Human Error
Property Management System juga mendatangkan manfaat untuk meminimalkan risiko human error karena kinerjanya sudah menggunakan otomatisasi sistem.
Software dalam PMS memang dirancang untuk tugas administratif yang otomatis terintegrasi dengan sistem hotel serta saluran lain di Channel Manager.
Dengan begitu, potensi kesalahan yang dilakukan oleh petugas atau staf hotel bisa ditekan demi efisiensi kerja.
5. Pengelolaan Review Pelanggan
Manfaat selanjutnya dari PMS untuk bisnis hotel juga berkaitan dengan pengelolaan review pelanggan yang maksimal.
Bukan hanya bisa menjalin komunikasi transparan, fitur PMS yang terintegrasi dengan pelayanan hotel juga berpotensi menciptakan pengalaman positif bagi tamu.
Salah satunya dengan memaksimalkan penggunaan fitur yang memudahkan kebutuhan personalisasi tamu agar mendapat kepuasan dari pelayanan terbaik yang diberikan.
Dengan mengelola ulasan pelanggan, termasuk ulasan negatif dan penawaran solusi, calon tamu lain akan bisa melihat kinerja profesional hotel.
Sedangkan ulasan positif akan berpotensi menghadirkan loyalitas pelanggan dan ikut mempengaruhi keputusan calon tamu lainnya.
Demikianlah pembahasan lebih lanjut tentang apa itu PMS dan manfaatnya untuk perhotelan yang sudah kami rangkum untuk memudahkan pemahaman.
Melalui informasi di atas, kamu bisa semakin mengenal PMS dan manfaatnya untuk perhotelan, terlebih jika memang berkecimpung di bisnis hospitality.
Selain itu, kamu juga bisa menemukan berbagai istilah di bidang perhotelan lainnya untuk menambah wawasan.







Tinggalkan komentar