Jika bicara jabatan di hotel apa saja, tentunya ada cukup banyak profesi di dalamnya yang berperan dalam manajemen operasional hotel.
Jabatan-jabatan ini memilik tugas dan tanggung jawab masing-masing berdasar struktur organisasi hotel yang dibuat menyesuaikan kelas atau bintangnya.
Nah, sebagai gambaran umum, berikut ini pembahasan tentang jabatan di hotel apa saja yang penting dalam struktur organisasi hotel besar.
Jabatan di Hotel yang penting dalam Struktur Organisasi Hotel Besar
Ada beberapa jabatan di hotel yang penting dalam struktur organisasi hotel besar, antara lain sebagai berikut.
1. General Manager
Jabatan penting di hotel dalam struktur organisasi hotel bintang 4 dan bintang 5 yaitu General Manager yang menempati posisi sebagai pimpinan tertinggi.
Tugas General Manager sendiri tidak lepas dari tanggung jawab atas semua penyelenggaraan kegiatan operasional hotel dan pengawasan performa kerja karyawan di bawahnya.
2. Assistant General Manager
Selanjutnya, tetap di bawah General Manager ada jabatan Assistant General Manager yang juga memiliki peran penting dalam struktur organisasi hotel.
Seorang Assistant General Manager bertugas membantu General Manager dalam menjalankan seluruh tanggung jawab pengelolaan dan pengawasan.
Bahkan secara lebih spesifik, Asistant GM juga berperan dalam mengorganisir, mengatur, dan mengawasi operasional manajemen hotel untuk dipertanggungjawabkan kepada GM langsung.
3. Front Office
Front Office juga menjadi jabatan penting selanjutnya di hotel yang menempati posisi fungsionalis dalam struktur organisasi hotel.
Staf bagian Front Office memiliki tugas sebagai garda terdepan sekaligus ‘wajah’ bagi hotel dalam hal pelayanan yang berkaitan langsung dengan tamu.
Tanggung jawab pekerjaannya mulai dari mengelola pemesanan kamar sejak tamu check-in sampai check-out hingga melayani pemberian informasi dan bantuan jika dibutuhkan.
4. Housekeeping
Jabatan di hotel yang penting berikutnya yaitu Housekeeping yang juga selalu ada dalam struktur organisasi hotel mewah.
Staf atau petugas yang bekerja pada divisi ini memiliki tanggung jawab penting dalam menjaga kebersihan dan kerapian hotel, baik kamar tamu maupun area hotel lainnya.
5. Food Production
Staf Food Production merupakan jabatan di hotel yang menjalankan tugas untuk membuat makanan dan hidangan lainnya kepada tamu hotel di restoran.
6. F&B Service
Berbeda dengan Food Production yang membuat hidangan, jabatan di F&B Service hotel bertugas untuk menyajikan makanan yang sudah disiapkan.
Jadi, singkatnya F&B Service hanya menghidangkan makanan yang sudah disiapkan sebelumnya untuk diberikan kepada tamu.
7. F&B Manager
Baik F&B Service maupun Food Production akan bertanggung jawab pada F&B Manager yang bertugas untuk mengawasi dan mengontrol menu restoran hotel.
Lebih lanjut, seorang F&B Manager juga bertanggung jawab untuk mengatur perencanaan menu serta kontrol cost dan keamanan pangan.
8. Engineering
Engineering merupakan salah satu jabatan di hotel besar lainnya dalam struktur organisasi hotel dengan tugas memelihara dan memperbaiki semua fasilitas hotel.
Bukan hanya tugas maintenance gedung, Engineering juga peralatan elektronik hotel, dan lain sebagainya.
9. Human Resources Manager
Human Resources Manager menjadi jabatan penting di hotel dengan tugas utama mengatur sistem ketenagakerjaan dan mengelola SDM yang dimiliki hotel.
Dalam praktiknya, HR Manager juga bertanggung jawab atas perencanaan training SDM hingga pemeriksaan grooming dan standar pakaian.
10. Accounting & Finance Manager
Accounting & Finance Manager menjadi jabatan penting selanjutnya umum dibentuk dalam struktur organisasi hotel besar.
Tugas dan tanggung jawabnya berkaitan dengan pengelolaan keuangan hotel, mulai dari pencatatan pemasukan, pengeluaran, dan perincian biaya lainnya.
Meski begitu, umumnya hotel besar akan menggunakan software akuntansi khusus untuk menjalankan tugas kerja ini dan mempermudah pengelolaan laporan keuangan.
11. Sales & Marketing
Dalam struktur organisasi hotel besar, jabatan sebagai staf maupun Manajer divisi Sales & Marketing memiliki peran penting dalam hal penjualan dan pemasaran produk hotel.
Semua strategi penjualan dan pelaksanaannya menjadi tanggung jawab divisi ini demi mendukung upaya untuk meningkatkan pendapatan hotel.
12. Purchasing Manager
Purchasing Manager merupakan jabatan penting di sebuah hotel dalam hal mengelola tugas-tugas pembelian barang yang diperlukan oleh setiap departemen yang ada di hotel.
13. Security Manager
Jabatan terakhir yang penting dalam struktur organisasi hotel besar yaitu Security Manager yang bertanggung jawab menjaga keamanan seluruh area hotel.
Ruang lingkup kerja Security meliputi pengamanan bagi para karyawan, tamu, dan aset hotel demi menciptakan kondisi yang nyaman.
Demikianlah pembahasan tentang jabatan di hotel apa saja yang penting dalam struktur organisasi hotel besar yang kami rangkum sebagai gambaran umum.
Berdasar informasi tersebut, kamu akan lebih mudah memahami jabatan di hotel apa saja yang harus diketahui dalam menjalankan bisnis perhotelan.
Selain itu, kamu juga bisa mencari tahu berbagai jabatan di hotel lainnya, baik hotel besar, menengah, maupun kecil, untuk menambah wawasan di bidang hospitality.