7 Contoh Iklan Barang yang Menarik Beserta Gambarnya

Penawaran produk barang seringkali memanfaatkan iklan untuk tujuan tertentu. Berikut contoh iklan barang yang menarik diberbagai media.

Jenis iklan penawaran untuk barang tersebut umumnya bertujuan untuk memperkenalkan produk dan meningkatkan penjualan sekaligus mempertahankan loyalitas konsumen.

Walhasil, strategi promosi untuk iklan barang yang diterapkan juga semakin kreatif dan inovatif di tengah gencarnya persaingan dagang.

Jika kamu ingin mempelajari lebih lanjut, simak contoh iklan barang yang menarik dan penjelasannya berikut ini.

Cara Membuat Iklan Barang yang Efektif

Dalam praktiknya, tim kreatif yang membuat iklan barang seringkali menerapkan beragam strategi pemasaran yang dicantumkan dalam iklan untuk menarik minat konsumen.

Oleh sebab itu, penting untuk memperhatikan cara membuat iklan barang yang efektif berikut ini demi mencapai tujuan yang diharapkan tersebut.

1. Menentukan Tujuan Iklan

Cara pertama membuat iklan barang yang menarik bagi konsumen adalah dengan merencanakan strategi pemasaran yang tepat lewat penentuan tujuan iklan terlebih dahulu.

Apakah itu untuk memperkenalkan produk baru atau meningkatkan penjualan, hal ini penting dalam merancang teks iklan penawaran barang yang akan dicantumkan.

Langkah ini akan memaksimalkan pesan yang dibuat dalam iklan agar konsumen paham dan melakukan tindakan sesuai harapan iklan.

2. Kenali Target Pasar

Langkah membuat iklan barang selanjutnya yaitu mengenali target pasar, mulai dari gender, usia, hobi, pendidikan, hingga kelas ekonomi. Selain itu,

Informasi ini akan sangat membantu dalam memilih strategi promosi barang yang tepat dan relevan sesuai karakterisitik target pasar yang menjadi calon konsumen.

3. Gunakan Kalimat Yang Menarik dan Jelas

Dalam membuat iklan barang yang menarik, pastikan untuk menggunakan kalimat yang jelas, sederhana, dan tidak bertele-tele.

Sampaikan melalui kalimat persuasif yang membuat konsumen tertarik dan segera melakukan tindakan pembelian.

4. Tawarkan Promo

Menawarkan promo tertentu juga bisa menjai cara efektif membuat iklan barang yang pastinya akan menarik minat pembeli.

Misalnya, berikan diskon atau potongan harga, free gift, bundling harga, atau penawaran khusus lainnya untuk meningkatkan penjualan produk.

5. Maksimalkan Visual Iklan

Tidak dimungkiri bahwa visual iklan yang menarik akan memaksimalkan penawaran promo yang diberikan sebagai langkah pembuatan iklan barang yang efektif.

Umumnya, gambar produk dan ilustrasi unik yang digunakan bisa menjadi daya tarik utama dalam merepresentasikan barang dan menyampaikan pesan iklan secara tepat.

6. Buat Batasan Promo

Cara yang tidak kalah maksimal dalam membuat iklan barang berikutnya yaitu dengan membuat batasan promo yang ditawarkan kepada konsumen.

Langkah ini akan menjadi pendorong agar konsumen segera melakukan pembelian karena tidak ingin melewatkan promo tersebut.

Biasanya ada penggunaan diksi khas seperti “Stok Terbatas”, “Jangan Sampai Kehabisan”, “Hanya Hari Ini”, dan sejenisnya.

7. Pilih Media Iklan Yang Tepat

Memilih media iklan yang tepat akan menjadi langkah pembuatan iklan barang yang efektif karena platform beriklan erat kaitannya dengan target pasar.

Untuk menjangkau konsumen yang ditargetkan, media iklan memiliki peran penting masing-masing, apakah itu media cetak, elektronik, atau media online.

Sesuaikan pilihan media dengan karakteristik pasar, gaya bahasa, dam jangkauan target konsumen yang ingin dimaksimalkan demi mencapai tujuan iklan.

Contoh Iklan Barang yang Menarik

Setelah mengetahui cara-cara membuat iklan, contoh langsung dari iklan di berbagai media akan membantu memperjelas pemahaman.

Berikut ini referensi contoh iklan barang yang menarik lengkap dengan analisisnya.

1. Iklan Barang Produk Makanan

Iklan Barang Produk Makanan

Contoh iklan barang berupa produk makanan memang banyak menerapkan strategi pemasaran dengan tujuan yang bervariasi.

Dalam contoh di atas, brand awareness menjadi tujuan utama dimana diksi “Baru” dicantumkan tetap di gambar produknya.

Selain itu, slogan iklan “Dahsyat Rasanya!”dicantumkan sebagai headline yang langsung mencuri perhatian.

Visual iklan juga dilengkapi dengan gambar produk dalam versi kemasan dan ready to served yang menggugah selera pembaca.

2. Iklan Barang Produk Minuman

Iklan Barang Produk Minuman

Promo yang ditawarkan dalam contoh iklan barang dari produk minuman kopi instan di atas menerapkan hadiah eksklusif untuk pembelian di marketplace.

Tampaknya iklan ini ingin menjangkau konsumen online yang ‘hobi’ berbelanja melalui aplikasi belanja ternama.

Dalam contoh iklan dicantumkan jenis merchandise yang bisa didapatkan konsumen lengkap dengan syarat pembelian tertentu yang diberlakukan.

Selain itu, visual iklan juga menampilkan gambar produk dari berbagai varian rasa dan karakter kartun yang menjadi maskot produk tersebut.

3. Iklan Barang Produk Kebersihan

Iklan Barang Produk Kebersihan

Contoh iklan barang produk kebersihan kali ini menawarkan promo harga murah yang seringkali menjadi daya tarik efektif bagi konsumen.

Dalam visual iklan, gambar produk dalam berbagai varian aroma langsung menyantumkan harga pasti sebagai informasi valid.

Di samping promo harga murah, pesan iklan juga menyampaikan informasi terkait keunggulan produk melalui kalimat “Jadikan Lantai Higienis dan Wangi Tahan Lama”.

4. Iklan Barang dan Jasa

Iklan Barang dan Jasa

Tidak jarang juga ada contoh iklan barang dan jasa yang ‘berkolaborasi’ sebagai langkah promosi untuk menarik minat calon pembeli.

Seperti dalam contoh di atas, beberapa promo ditawarkan melalui dikon spesial lengkap dengan layanan pengiriman gratis.

Dua jenis promo dalam satu iklan tentu saja akan semakin memaksimalkan daya tarik bagi konsumen untuk segera melakukan pembelian.

5. Iklan Barang Elektronik

Iklan Barang Elektronik

Contoh iklan barang elektronik di atas menerapkan langkah promo menarik dengan berbagai strategi pemasaran produk yang khas.

Mulai dari strategi harga dengan diksi “Cuma Sejutaan” lengkap dengan detail harga pastinya, keunggulan produk, sampai slogan “Pasti Awesome” yang merepresentasikan produk.

Selain itu, contoh iklan ini juga menggaet brand ambassador dari kalangan public figure yang kemungkinan besar mampu mendongkrak penjualan produk.

6. Iklan Barang dalam Bahasa Inggris

Iklan Barang dalam Bahasa Inggris

Untuk memudahkan pemahaman promo yang ditawarkan, ada juga iklan yang menggunakan bahasa asing, seperti dalam contoh iklan barang dalam Bahasa Inggris di atas.

Barang berupa produk minuman kekinian dari merek ternama tersebut menggunakan penawaran eksklusif sebagai headline iklan.

Berkolaborasi dengan girl group populer asal Korea Selatan, “Blackpink Exclusive Cup Tomorrow” menjadi daya tarik utama yang menargetkan fans K-Pop.

Kalimat persuasif “Limited Edition” juga digunakan untuk mendorong pembelian meski ada informasi “Add IDR 100K Only” dalam iklan tersebut.

Artinya, konsumen harus rela merogoh kocek tambahan sebesar Rp 100.000 untuk mendapatkan cup eksklusif Blackpink tersebut.

Meski terkesan mahal, tetapi bagi target pasar akan menjadi hal yang wajar demi eksklusivitas yang akan didapat.

7. Iklan Barang Bahasa Jawa

iklan barang Bahasa Jawa

Dalam pemasaran produk barang berupa fashion item, promosi melalui iklan untuk menjangkau segmen pasar khusus juga bisa digunakan.

Salah satunya melalui contoh iklan barang Bahasa Jawa di atas yang menawarkan busana muslim untuk pasar lokal.

Sebenarnya keseluruhan iklan terbilang cukup simple karena hanya menyertakan foto dan varian produk, nama toko, serta alamat lengkap.

Namua, penggunaan bahasa Jawa dalam teks iklan menjadi daya tarik, termasuk keunggulan toko lewat kalimat “Akeh maceme lan reganipun boten awes”.

Artinya, “Banyak macamnya dan harganya tidak mahal” yang sifatnya persuasif untuk mendorong konsumen segera melakukan pembelian di toko tersebut.

Nah, itulah tadi beberapa contoh iklan barang yang menarik dan penjelasannya yang kami rangkum sebagai referensi.

Melalui penjelasan di atas, kamu bisa semakin memahami contoh iklan barang dan menerapkannya dalam iklan barang milikmu sendiri.

SHARE:

SEO Specialist di bidangnya. Mempunyai team yang punya pengalaman sebagai akademisi maupun praktisi.

Tinggalkan komentar

Konten dengan Hak Cipta Dilarang Copy-Paste