Apa itu complimentary? Biasanya istilah ini banyak digunakan dalam bisnis hospitality sebagai bentuk service khusus dari hotel untuk tamu.
Pada umumnya, bentuk complimentary hotel bisa berupa pemberian hadiah atau penggantian atas pelayanan tertentu dari pihak hotel secara gratis.
Nah, jika ingin mengetahui lebih lanjut, simak pembahasan berikut ini untuk mengenal apa itu complimentary hotel beserta jenis dan dampak pemberiannya.
Daftar ISI
Apa Itu Complimentary Hotel?
Apa itu complimentary? Complimentary hotel adalah layanan atau produk tertentu yang diberikan hotel untuk tamu yang menginap tanpa pungutan biaya tambahan.
Dalam industri perhotelan, complimentary bisa berupa hadiah atau penggantian layanan tertentu demi menjamin kepuasan tamu selama menginap di hotel.
Biasanya, beberapa complimentary di kamar hotel yang sengaja disediakan secara gratis, seperti akses WiFi, sarapan, air minum kemasan, hingga room service.
Hotel tertentu juga menyediakan complimentary khusus untuk tamu bisnis yang menyewa ruang konferensi berupa proyektor, air minum, serta buku catatan dan alat tulis.
Layanan ‘ekstra’ tersebut bersifat gratis di mana tamu tidak akan dikenakan biaya tambahan dalam billing karena sudah terhitung dalam harga paket.
Selain itu, complimentary hotel juga bisa berupa service tambahan untuk mengganti layanan yang dinilai mengecewakan tamu demi mempertahankan kepuasan.
Jenis Complimentary Hotel
Jenis complimentary hotel yang umum disediakan sebagai pelengkap service untuk menunjang kenyamanan dan kepuasan tamu, berikut beberapa di antaranya.
- Sarapan gratis, baik kontinental atau a la buffet di restoran hotel.
- Akses internet berkecepatan tinggi yang menunjang kebutuhan tamu untuk tetap terhubung maupun keperluan bekerja.
- Shuttle service untuk antar jemput dari dan ke bandara maupun tur ke tempat wisata terdekat.
- Parkir gratis untuk kendaraan tamu, baik itu mobil, sepeda motor, atau bus rombongan.
- Pusat kebugaran gratis yang disediakan untuk tamu selama menginap.
- Concierge service yang akan membantu tamu saat ingin merencanakan masa menginap dan rekomendasi layanan tertentu.
- Roop upgrade jika ada tamu yang ingin meningkatkan tipe kamar saat memesan secara langsung maupun sebagai hadiah loyalitas.
- Opsi early check-in dan late check-out sebagai upaya memberi waktu yang lebih banyak kepada tamu untuk menikmati masa menginap.
Pertimbangan Hotel dalam Pemberian Complimentary
Ada beberapa pertimbangan hotel dalam pemberian complimentary saat memutuskan siapa saja tamu yang mendapat layanan ini, yaitu sebagai berikut.
1. Hadiah Loyality
Hadiah loyality menjadi salah satu pertimbangan dalam pemberian complimentary hotel karena beberapa tamu memang menjadi anggota program loyalitas hotel.
Hotel berbintang menjadikan layanan membership ini beserta keunggulannya, termasuk pemberian complimentary, sebagai upaya membangun loyalitas tamu.
2. Kampanye Pemasaran
Menawarkan pemberian complimentary hotel terkadang juga menjadi kampanya pemasaran untuk mempromosikan hotel.
Dengan penawaran complimentary, pihak hotel berharap akan ada banyak calon tamu yang tertarik untuk melakukan reservasi dan meningkatkan visibilitas hotel.
3. Tamu VIP
Pertimbangan lain untuk pemberian complimentary tidak lepas dari faktor tamu VIP yang ingin dipuaskan dan dijaga loyalitasnya.
Tamu VIP yang dimaksud yaitu tamu dengan riwayat pengeluaran tinggi, tamu elite, hingga tamu dari kalangan selebriti.
4. Kebutuhan Tamu
Kebutuhan tamu secara khusus juga menjadi pertimbangan dalam pemberian complimentary hotel, seperti pilihan menu makanan tertentu hingga layanan room service.
Meski beberapa layanan complimentary di atas cukup umum diberikan hotel, tetapi ada juga hotel yang membuat kriteria sendiri.
Jadi, tidak heran jika complimentary hotel bisa berbeda-beda karena menyesuaikan kebijakan yang dibuat masing-masing.
Dampak Pemberian Complimentary Hotel
Dampak pemberian complimentary hotel sebagai bentuk layanan terbaik untuk tamu pada umumnya akan mempengaruhi pendapatan hotel secara langsung.
Sebagai alat pemasaran, ketersediaan complimentary yang menarik akan mendorong minat tamu dan meningkatkan visibilitas hotel.
Dalam hal ini, pemesanan kamar akan meningkat dan pendapatan hotel dari operasional kamar berbayar juga akan semakin tinggi.
Namun, dampak negatif terhadap pengeluaran operasional untuk pemenuhan complimentary juga akan mempengaruhi pendapatan hotel.
Dalam praktiknya, complimentary service tidak jarang menyasar tamu yang salah dan justru memperbesar biaya yang dikeluarkan untuk mendukung pemenuhan layanan ini.
Penawaran complimentary yang tidak tepat sasaran dan kurang strategis pada akhirnya hanya akan menambah biaya operasional tanpa ada peningkatan pendapatan sesuai tujuan.
Demikianlah pembahasan untuk mengenal apa itu complimentary hotel beserta jenis dan dampak pemberiannya yang sudah kami rangkum.
Melalui informasi di atas, kamu akan lebih mudah memahami apa itu complimentary dan menerapkannya dengan lebih tepat saat terjun di bisnis hospitality.
Selain itu, kamu juga bisa menemukan berbagai istilah di dunia perhotelan lainnya yang akan semakin memperluas wawasan.