Dalam bisnis hospitality, ada istilah overbooking yang sering kali menjadi kebijakan untuk memaksimalkan pendapatan dan menghindari kerugian operasional. Berikut akan dijelaskan lebih detail tentang apa itu Overbooking.
Meski begitu, tidak jarang overbooking juga menimbulkan dampak positif maupun negatif hingga perlu ada solusi untuk mengatasi situasi tersebut.
Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut ini pembahasan tentang pengertian overbooking di hotel beserta penyebab, dampak, dan solusinya.
Daftar ISI
Apa itu Overbooking?
Apa itu Overbooking? Overbooking adalah kondisi di mana hotel menerima reservasi yang melebihi available room atau kapasitas kamar yang dimiliki.
Meski cukup lazim terjadi, tetapi overbooking yang dilakukan tidak jarang menimbulkan masalah dan risiko ketidakpuasan tamu.
Alasan utama kebijakan ini biasanya diambil karena ketidakpastian reservasi tamu dan hotel memutuskan untuk menjual kamar pada tamu lainya.
Jika tidak terjadi pembatalan reservasi, artinya akan ada tamu yang tidak mendapat kamar meski sudah melakukan tahapan reservasi yang sah.
Namun, saat terjadi pembatalan atau bahkan no show, solusi overbooking hotel justru akan menguntungkan pihak manajemen karena bisa menjaga stabilitas pendapatan.
Penyebab Overbooking di Hotel
Penyebab overbooking di hotel bisa beragam, mulai dari ketidakpastian pembatalan reservasi tamu, ketidakhadiran tamu, hingga human error.
1. Ketidakpastian Pembatalan Reservasi
Penyebab utama overbooking di hotel yaitu ketidakpastian pembatalan reservasi tamu hingga manajemen memutuskan untuk menjual kembali kamar tersebut.
Kebijakan menerima lebih banyak reservasi ini dijadikan solusi untuk meminimalisir risiko kerugian hotel atas kemungkinan pembatalan.
2. Ketidahadiran Tamu
Ketidakhadiran tamu tanpa pemberitahuan atau no show juga menjadi penyebab lainnya dari overbooking di hotel.
Potensi keterlambatan atau bahkan pembatalan sepihak seolah memaksa pihak hotel untuk berpikir cepat dalam situasi ini agar tingkat okupansi kamar tetap stabil.
Biasanya, hotel akan memberlakukan kebijakan pendukung terkait pembatalan demi tetap bisa mengoptimalkan pendapatan dari kamar yang terjual.
3. Human Error Kesalahan Perhitungan
Human errror juga kerap menyebabkan overbooking di hotel karena staf yang bertugas melakukan kesalahan penghitungan.
Kesalahan ini biasanya berkaitan dengan penanganan sistem reservasi yang kurang akurat hingga ada kamar yang dipesan ganda atau melebihi kapasitas.
Dampak Overbooking di Hotel
Dampak overbooking di hotel bisa menimbulkan hasil yang positif maupun negatif hingga pihak manajemen hotel perlu mempertimbangkan pilihan ini dengan bijaksana.
1. Dampak Positif Overbooking
Ada beberapa dampak positif overbooking di mana hotel bisa mengoptimalkan pendapatan dari kamar yang tersedia.
Artinya, overbooking kamar hotel mampu memaksimalkan pendapatan operasional sekaligus menjaga tingkat okupansi hotel tetap tinggi meski terjadi pembatalan reservasi.
2. Dampak Negatif Overbooking
Sayangnya, dampak negatif overbooking juga ikut mengintai reputasi hotel saat tamu yang sudah memesan kamar sebelumnya merasa tidak puas dengan kebijakan tersebut.
Selain ada risiko muncul ulasan negatif, pihak hotel mungkin juga akan dituntut kompensasi pada tamu yang terdampak.
Walhasil, pihak hotel akan mengalami kerugian finansial akibat biaya tambahan yang muncul dari pemberian kompensasi tersebut.
Solusi Mengatasi Overbooking di Hotel
Solusi mengatasi overbooking di hotel antara lain penggunaan sistem berbasis teknologi, membuat kebijakan pembatalan, hingga strategi revenue management.
1. Penggunaan Sistem Berbasis Teknologi
Solusi overbooking di hotel diatasi dengan memaksimalkan penggunaan sistem berbasis teknologi, seperti penerapan Property Management System (PMS) dan channel manager.
PMS dan channel manager akan membantu pengelolaan inventaris kamar hotel yang lebih efisien karena sudah terintegrasi dengan kanal penjualan online seperti OTA.
Jadi, hotel tidak perlu melakukan update ketersediaan kamar secara manual hingga dapat meminimalisir terjadinya human error.
2. Membuat Kebijakan Pembatalan yang Jelas
Sebagai langkah antisipasi, pihak hotel juga bisa membuat kebijakan pembatalan yang jelas sebagai cara efektif mengatasi overbooking hotel.
Pasalnya, tidak jarang calon tamu melakukan pembatalan last-minute hingga hotel terjebak situasi underbooking atau terlalu banyak kamar yang kosong.
Salah satu kebijakan hotel yaitu pengaturan biaya pembatalan untuk pembatalan pemesanan kamar dalam waktu tertentu sebelum check-in demi mengamankan pendapatan.
3. Strategi Revenue Management
Revenue management yang merupakan strategi penetapan harga sesuai permintaan pasar yang fleksibel juga bisa dijadikan solusi mengatasi overbooking hotel.
Saat permintaan kamar atau reservasi sedang meningkat, hotel bisa memaksimalkan keuntungan dengan menaikkan harga.
Di sisi lain, saat permintaan kamar menurun, menawarkan diskon atau promosi lain yang menarik bisa menjadi solusi untuk mengoptimalkan pendapatan operasional hotel.
Itulah tadi pembahasan tentang apa itu overbooking di hotel beserta penyebab, dampak, dan solusinya yang sudah kami rangkum sebagai gambaran umum.
Berdasar penjelasan tersebut, kamu bisa lebih mudah memahami apa itu overbooking di hotel dan memanfaatkan informasi ini untuk menambah wawasan.