Bolehkah pesan Go Food di hotel? Pembahasan dalam artikel kali ini akan mengulas tentang aturan hotel terkait pemesanan makanan dari luar hotel via ojek online.
Saat menginap di hotel, umumnya sudah ada fasilitas yang menyediakan kebutuhan tamu, termasuk untuk makanan.
Mulai dari free breakfast sampai makan prasmanan di restoran hotel, setiap tamu berhak mendapatkan fasilitas ini demi kenyamanan dan kepuasan layanan selama menginap.
Namun, jika tidak sesuai selera atau sedang ingin mencoba kuliner lain, tamu hotel diberi kebebasan penuh untuk mengeksplor kuliner di luar hotel.
Lalu, bagaimanan dengan memesan makanan secara online melalui aplikasi seperti Go Food? Jika kamu penasaran bolehkah pesan Go Food di hotel, simak penjelasan berikut ini.
Daftar ISI
Bolehkah Pesan Go Food di Hotel?
Beberapa tamu yang menginap di hotel mungkin merasa penasaran tentang bolehkah pesan Go Food di hotel padahal ada fasilitas restoran yang disediakan.
Pertanyaan ini menimbulkan keraguan saat ada tamu hotel yang ingin memesan makanan dari luar melalui aplikasi ojek online seperti Go Food, Grab Food, atau Shopee Food.
Pasalnya, pihak hotel telah memiliki fasilitas restoran atau kafe sebagai bentuk pelayanan terbaik untuk memuaskan tamu-tamunya.
Bahkan, jika ada tamu yang repot atau malas turun ke restoran, pengelola hotel menyediakan in room dining selama 24 jam penuh andai ingin bersantap di dalam kamar.
Namun, bagaimana jika ingin memesan makanan dari luar? Apakah memesan Go Food di hotel tidak melanggar aturan atau malah ada larangan keras terkait hal ini?
Sebenarnya, hampir sebagian besar hotel memperbolehkan tamu yang sedang menginap untuk memesan makanan dari luar melalui jasa pesan antar makanan online.
Secara eksplisit tidak ada larangan yang menegaskan tamu tidak boleh memesan makanan dari luar hotel atau kewajiban untuk hanya boleh memesan makanan langsung dari hotel.
Hanya saja, ada penjelasan lebih lanjut terkait point pick up makanan dari luar hotel yang dipesan oleh tamu saat driver ojek online sudah datang.
Pesanan makanan secara online untuk tamu hotel, baik melalui GoFood, GrabFood atau Shopee Food, hanya boleh sampai main entrance dan dititipkan di pos security.
Selanjutnya, tamu harus mengambil sendiri pesanan makanannya di lobby area sebab driver ojek online tidak diperkenankan masuk ke dalam hotel apalagi sampai ke kamar tamu.
Pembatasan ini dibuat oleh pihak hotel untuk mengurangi kontak langsung dengan driver dan intensitas keluar masuk orang ke hotel demi alasan kesehatan serta keamanan bersama.
Aturan Membawa Makanan dari Luar Hotel
Meski diperbolehkan bagi tamu untuk memesan makanan via aplikasi ojek online, tetapi ada aturan dari pengelola hotel yang tetap wajib ditaati.
Berikut ini aturan membawa makanan dari luar hotel atau memesan makanan via GoFood, GrabFood dan Shopee Food yang wajib dipatuhi oleh tamu.
1. Konfirmasi pada Pihak Hotel Terlebih Dahulu
Jika ingin memesan makanan secara online atau membawa makanan dari luar hotel, ada baiknya untuk melakukan konfirmasi terlebih dahulu pada pihak hotel.
Terutama kepada resepsionis sebagai petugas di front office supaya mengetahui aktivitas ini dan nantinya dapat menghubungi tamu saat makanan yang dipesan sudah sampai.
2. Tamu Wajib Mengambil Makanannya Sendiri
Kebijakan hotel yang memperbolehkan tamu untuk memesan makanan secara online bukannya tanpa aturan.
Salah satunya, tamu wajib mengambil makanan yang dipesan sendiri di lobby hotel sebab driver ojek online hanya boleh mengantarkan makanan sampai main entrance untuk dititipkan di pos security
Batas antar ini diberlakukan di hampir semua hotel yang umumnya demi alasan keamanan dengan mengurangi aktivitas keluar masuk orang selain pengelola dan tamu hotel.
Sebab, dikhawatirkan ada oknum yang tidak bertanggung jawab melakukan tindakan kejahatan seperti pencurian yang harus diminimalisir.
3. Memperhatikan Jenis Makanan yang dibawa Masuk ke Hotel
Beberapa hotel juga memberlakukan aturan agar tamu memperhatikan jenis makanan yang dibawa masuk dari luar hotel.
Pasalnya, ada beberapa jenis makanan dengan bau menyengat yang berpotensi mengganggu kenyamanan tamu lain, seperti buah durian.
Hal ini menjadi pertimbangan mengingat tamu lain yang ada di hotel merasa tidak nyaman hingga mengajukan komplain kepada pihak hotel.
Jika hal ini terjadi, kemungkinan besar pihak hotel akan memberikan teguran demi kenyamanan umum bagi tamu-tamunya.
Itulah tadi informasi yang menjawab rasa penasaran bolehkah pesan Go Food di hotel yang banyak menimbulkan keraguan saat menginap di hotel.
Meski tidak ada kebijakan hotel yang melarang tamu-tamunya membawa atau memesan makanan dari luar, tetapi ada aturan yang tetap harus dipatuhi terkait point pick up.