10+ Contoh Iklan yang Menarik dan Cara Membuatnya

Apa kamu ingin bisa membuat iklan yang efektif? Perhatikan contoh iklan yang menarik dan cara membuatnya berikut ini.

Iklan merupakan salah satu strategi pemasaran produk, baik barang maupun jasa, untuk tujuan tertentu.

Umumnya, langkah ini dilakukan untuk meraih brand awareness dan brand loyality lewat penawaran yang diberikan melalui iklan.

Namun, ada hal-hal yang memengaruhi hasil pencapaian hingga bisa disebut menarik dan efektif.

Jika ingin memahami lebih lanjut, berikut beberapa contoh iklan yang menarik dan cara membuatnya.

Unsur-Unsur Dalam Iklan

Sudah menjadi rahasia umum jika pembuatan iklan ditujukan untuk menarik perhatian masyarakat.

Oleh karena itu, ada unsur-unsur dalam iklan yang wajib dipenuhi, diantaranya sebagai berikut.

1. Nama Produk

Unsur dari iklan yang utama adalah nama produk yang merupakan identitas agar dikenali konsumen. Dalam iklan, nama produk harus terlihat menonjol, baik tdari aspek visual, desain, hingga ukuran.

2. Gambar Yang Menarik

Unsur iklan selanjutnya yaitu gambar produk yang menarik untuk menambah nilai jual. Kamu bisa mengombinasikan gambar dengan teks agar pesan iklan tersampaikan dengan jelas.

3. Kalimat Iklan

Penggunaan kalimat deskriptif yang jelas dan terperinci menjadi unsur iklan selanjutnya yang tidak kalah penting. Gunakan bahasa iklan yang luwes, mudah dipahami, dan persuasif agar konsumen tertarik.

4. Keunggulan Produk

Ada juga unsur iklan lainnya yang menampilkan keunggulan produk barang atau jasa secara rinci. Biasanya hal ini dilakukan agar calon konsumen bisa memahami kelebihan dan kegunaan produk dengan jelas.

5. Harga Produk

Jika berupa barang, harga menjadi unsur penting dalam iklan berikutnya yang mendatangkan ketertarikan konsumen. Informasi ini akan menjadi penawaran menarik hingga konsumen terdorong untuk segera membeli.

6. Alamat Pengiklan

Unsur dalam iklan selanjutnya yaitu alamat pengiklan, seperti lokasi dan nomor telepon yang bisa dihubungi.

Hal ini penting untuk memudahkan calon konsumen yang ingin membeli produk atau memakai jasa yang diiklankan.

Cara Membuat Iklan yang Menarik

Agar iklan yang sudah memenuhi unsur-unsur terkait bisa menarik perhatian konsumen, perlu diterapkan cara pembuatan yang tepat.

Berikut beberapa cara membuat iklan yang menarik agar hasil yang didapat bisa maksimal.

1. Tentukan Tempat Penayangan Iklan

Cara pertama untuk membuat iklan yang menarik adalah menentukan tempat penayangan iklan. Langkah ini nantinya akan memengaruhi visualisasi iklan secara menyeluruh.

2. Pilih Bahasa yang Efektif

Penggunaan bahasa yang jelas dan mudah dimengerti menjadi tips membuat iklan menarik berikutnya.

Hindari penggunaan kalimat yang rumit atau bertele-tele agar pesan tersampaikan dengan jelas. Pastikan juga membuat tagline slogan yang eye catchy dan ‘menjual’.

3. Gunakan Ilustrasi yang Menarik

Pemilihan ilustrasi gambar yang tepat menjadi langkah membuat iklan yang menarik selanjutnya.

Gunakan gambar yang relevan, unik, dan memiliki nilai jual agar sesuai dengan produk sekalohus menarik minat konsumen.

4. Cantumkan Keunikan Produk

Langkah penting untuk membuat iklan yang menarik bisa dengan menyantumkan keunikan produk.

Buat iklan dengan berfokus pada keunggulan dan  alasan mengapa pelanggan harus memilih produk tersebut.

5. Tentukan Pilihan Media Beriklan

Memilih media yang tepat juga harus dipertimbangkan dengan baik dalam proses pembuatan iklan. Pasalnya, hal ini akan memengaruhi jangkauan target pasar dan karakteristiknya.

6. Berkolaborasi Dengan Pihak Tertentu

Cara lain membuat iklan yang menarik juga bisa dilakukan dengan langkah kolaborasi dengan pihak tertentu.

Diantaranya, public figure atau influencer agar dapat mendongkrak popularitas iklan sekaligus produk yang ditawarkan.

7. Perhatikan Detail Desain Iklan

Dalam membuat iklan yang menarik, penting untuk memperhatikan detail desain yang sesuai karakteristik produk.

Pilih font, gaya penulisan, dan kombinasi warna yang konsisen.

Perhatikan juga pembuatan storyboard dan angle jika iklan dibuat dalam bentuk video. 

8. Beri Call to Action yang Kuat

Cara pembuatan iklan yang menarik juga bisa dilakukan dengan Call to Action (CTA) yang kuat.

Langkah ini bertujuan untuk mengarahkan audiens pada tindakan yang diharapkan, yaitu membeli produk.

Contoh CTA antara lain “Pesan Sekarang,” “Dapatkan Penawaran Ini,” atau “Kunjungi Situs Web Kami” dengan gaya persuasif.

Contoh Iklan yang Menarik dari Merek Ternama

Setelah mengetahui cara pembuatannya, sekarang giliran melihat contoh yang sudah ada di sekitar kita.

Berikut ini beberapa contoh iklan yang menraik dari merek ternama.

1. Iklan Produk Mi Instan

Iklan produk mi instan

Contoh iklan produk makanan yang menarik datang dari Indomie yang kali ini berkolaborasi dengan public figur dari dunia olahraga.

Pemilihan brand ambassador tersebut makin relevan dengan slogan iklan “Siap Isi Semangatmu”.

Dalam iklan juga dilengkapi dengan visualisasi gambar produk dengan varian berbeda.

2. Iklan Produk Makanan Cepat Saji

Iklan produk makanan cepat saji

Berikutnya, ada contoh iklan yang menarik perhatian khalayak datang dari salah satu merek makanan cepat saji ternama berslogan “I’m Lovin It!”.

Kali ini merek tersebut berkolaborasi dengan boy group Korea, BTS dengan label produk BTS Meal.

Bisa diasumsikan gebrakan yang dilakukan McDonald menyasar target konsumen ARMY, sebutan untuk fans BTS.

3. Iklan Produk Minuman Karbonasi

Iklan produk minuman karbonasi

Selanjutnya, ada contoh iklan produk minuman karbonasi, Sprite yang sering muncul dalam berbagai versi.

Menariknya, setiap versi selalu berkesan dengan  mengedepankan tagline khas, seperti “Nyatanya Nyegerin” atau “No Bokis”.

Bahkan kemasan produknya sendiri juga terbilang ikonik, yaitu botol berwarna hijau transparan.

4. Iklan Produk Teh Kemasan

Iklan produk teh kemasan

Bicara iklan produk minuman teh, pasti akan langsung teringan dengan Teh Botol Sosro.

Selain merek ini merupaka pionir teh kemasan, slogan iklannya juga cukup legendaris.

“Apapun Makanannya, Minumnya Teh Botol Sosro” seolah mengajak konsumen untuk minum produk ini setiap saat.

5. Iklan Produk Kopi Instan

Iklan produk kopi instan

Produk kopi instan juga memiliki contoh iklan yang menarik dari merek Good Day.

Selain menawarkan varian rasa yang kekinian dalam iklan, slogan yang dipilih juga menarik.

“Karena Hidup Perlu Banyak Rasa” menjadi kalimat persuasif kepada konsumen jika minum kopi juga butuh variasi.

6. Iklan Produk Susu

Iklan produk susu

Contoh iklan yang menarik perhatian khalayak juga dimiliki oleh produk susu Ultra Milk.

Pada iklan di atas, Ultra Jaya mengedepankan tema perayaan 50 Tahun dengan slogan “Susu UHT No.1” dan “Menutrisi Negeri Sepenh Hati”.

Selain itu, visualisasi iklan juga mengajak konsumen untuk bernostalgia dengan perubahan kemasan dari tahun ke tahun.

7. Iklan Produk Snack

Iklan produk snack

Pada contoh iklan yang menarik dan unik dari produk snack Beng-beng di atas, konsepnya berupa saran konsumsi produk.

Bagian “Makan Langsung” dan “Makan Dingin” dibuat dalam versi berlawanan yang membuat konsumen penasaran.

8. Iklan Produk Es Krim

Iklan produk es krim

Iklan produk es krim dari merek Wall’s selalu berhasil mencuri perhatian konsumen.

Dalam contoh iklan produk yang menarik di atas, bahan produk dicantumkan melalui visualisasi gambar.

Tujuannya tentu saja untuk mendorong minat konsumen agar segera membeli produk tersebut.

9. Iklan Produk Kesehatan

Iklan produk kesehatan

Produk kesehatan dengan bahan herbal memang memiliki target pasar yang cukup luas. Tidak heran jika beberapa contoh iklan yang menarik juga mulai bermunculan.

Salah satunya datang dari produk Tolak Angin yang memiliki tagline ikonik “Orang Pintar Minum Tolak Angin”.

Beberapa versi iklannya memilih brand ambassador dengan image cerdas sebagai representasi produk.

10. Iklan Produk Kecantikan

Iklan produk kecantikan

Persaingan produk kecantikan yang semakin masif juga mendorong inovasi dalam pembuatan iklannya.

Salah satu contoh iklan yang menarik datang dari merek Scarlett yang terbilang ‘pemain baru’.

Kali ini Scarlett menggandeng aktor asal Korea selatan, Song Joong Ki sebagai brand ambassador.

Strategi ini juga mendorong tindakan konsumtif dari masyarakat, terutama penggemar drama Korea.

11. Iklan Produk Elektronik

Iklan produk elektronik

Contoh iklan produk elektronik dari Samsung di atas juga tidak kalah menarik dari berbagai aspek.

Mulai dari kalimat iklan “Cuma Sejutaan” dan “Pasti Awesome” sampai model iklan Al Ghazali yang cukup populer di kalangan anak muda.

Selain itu, tipe HP dan keunggulan produk dari sisi kamera serta kapasitas baterai juga dicantumkan.

12. Iklan Produk Fashion

Iklan produk fashion

Persaingan merek fashion dan perubahan tren yang cepat membuat perkembangan industri pakaian cepat.

Inovasi iklan yang dibuat sebagai strategi promosi juga tidak kalah bersaing, salah satunya contoh iklan produk pakaian di atas.

“New Promo”, “Pay 1 Get 3”, dan “Free Tshirt” menjadi daya tarik utama iklan tersebut.

13. Iklan Jasa Pengiriman

Iklan jasa pengiriman

Bicara pengiriman paket, jasa ekspedisi dari J&T tentu sudah tidak asing lagi bagi masyarakat.

Meski begitu, perusahaan tersebut tetap menjalankan promo melalui iklan, seperti dalan contoh iklan produk jasa di atas.

Satu hal yang menarik, headline “Dijamin Lebih Premium” seolah menjadi penegas bahwa J&T lebih unggul kompetitor.

Namun, kalimat tersebut juga menjelasakan tentang “Layanan Baru” yang diberikan kepada konsumen.

Melalui iklan, detail pesan yang relevan dengan judul juga dicantumkan, seperti garansi, jaminan asuransi, dan klaim.

14. Iklan Jasa Transportasi

Iklan jasa transportasi

Contoh iklan yang menarik dan unik selanjutnya datang dari produk layanan jasa transportasi Gojek.

Slogan “Jalan & Jajan Lebih Hemat” menjadi daya tarik utama dalam iklan yang membuat konsumen menaruh minat.

Ditambah lagi dengan promo berupa diskon 90% melalui kode voucher yang memang dibagikan pihak Gojek untuk pelanggan.

Nah, itulah 14 contoh iklan yang menarik dan cara membuatnya yang sudah kami rangkum demi memudahkan pemahaman. Dengan informasi tadi, membuat iklan yang menarik bukan lagi hal yang menyulitkan.

SHARE:

SEO Specialist di bidangnya. Mempunyai team yang punya pengalaman sebagai akademisi maupun praktisi.

Tinggalkan komentar

Konten dengan Hak Cipta Dilarang Copy-Paste