5 Contoh Pelayanan Prima di Hotel

Cukup banyak contoh pelayanan prima di hotel yang bisa kamu dapatkan saat menginap atau sekadar menggunakan dan menyewa fasilitas hotel.

Sebagai penyedia jasa layanan penginapan, sudah menjadi prosedur standar hotel untuk mengupayakan pelayanan terbaik demi kepuasan tamu-tamunya.

Bahkan layanan prima yang diberikan umumnya sudah mulai dirasakan tamu sejak tiba di hotel hingga check out.

Lalu, sebenarnya apa saja contoh pelayanan prima di hotel yang dapat memberikan kepuasan dan kenyamanan kepada tamu? Simak penjelasan berikut ini.

Mengapa Pelayanan Prima di Hotel Penting?

Setiap pelaku dalam industri perhotelan harus menyadari alasan mengapa pelayanan prima di hotel penting dan wajib diupayakan secara maksimal.

Hal ini dikarenakan pelayanan prima dari hotel untuk tamu-tamunya akan mendatangkan manfaat positif bagi bisnis perhotelan yang dijalankan.

Bahkan bisa dikatakan jika pelayanan prima akan menjadi pembeda antara hotel satu dengan lainnya hingga semakin menumbuhkan citra hotel di hadapan pelanggannya.

Misalnya, sambutan hangat kepada tamu yang baru saja tiba, keramahan staf Front Office, hingga pelayanan yang cepat tanggap untuk memenuhi semua kebutuhan tamu hotel.

Contoh dari pelayanan prima semacam ini akan meninggalkan kesan baik bagi tamu dan membuat mereka mempromosikan hotel melalui ulasan yang positif.

Tamu-tamu yang merasa puas dengan pelayanan prima yang diberikan hotel tidak akan ragu untuk melakukan reservasi kembali di lain waktu hingga menjadi pelanggan yang loyal.

Contoh Pelayanan Prima di Hotel

Berikut ini beberapa contoh pelayanan prima di hotel yang sering ditemui di berbagai hotel berbintang yang mengutamakan kepuasan pelanggan.

1. Pelayanan Prima dari Front Office

Front Office adalah wajah hotel hingga bisa dipastikan jika bentuk pelayanan prima di hotel yang pertama bermula dari staf yang bekerja di front desk.

Sebagai petugas hotel yang bersinggungan langsung dengan tamu, pelayanan prima dari Front Office menjadi prosedur standar demi membangun kesan pertama yang baik dari tamu.

Staf Front Office harus memiliki penampilan yang rapi, sopan, dan menarik serta mampu membangun komunikasi yang hangat dan penuh keramahtamahan dengan tamu.

Attitude wajib lainnya yang menjadi SOP petugas Front Office yaitu menyambut tamu hotel yang datang dengan ramah tanpa melupakan kalimat greeting dan perkenalan.

Staf front desk juga wajib memberikan informasi ketersediaan kamar lengkap dengan fasilitasnya secara detail serta membantu proses check in dengan teliti dan sabar.

Selain itu, bentuk pelayanan prima di Front Office yang penting lainnya juga meliputi etika untuk menjaga privasi tamu hotel yang menginap.

2. Pelayanan Prima dari Bell Boy

Contoh pelayanan prima selanjutnya di hotel yaitu pelayanan dari Bell Boy yang berperan membantu kebutuhan tamu untuk membawakan barang-barang dengan hati-hati.

Bell Boy harus siap sedia untuk segera memenuhi permintaan tamu hotel harus dan jangan sampai membuat tamu menunggu terlalu lama.

Pelayanan terbaik dari Bell Boy harus memastikan tamu hotel merasa puas dengan mengutamakan keperluan tamu alih-alih melayani demi mendapat tip.

3. Pelayanan Prima dari Customer Service Hotel

Pelayanan prima dari hotel yang dilakukan Customer Service juga menjadi poin penting yang akan meningkatkan keyakinan pelanggan untuk menginap di hotel.

Pasalnya, calon tamu sering meminta informasi lebih dulu mengenai keberadaan hotel, ketersediaan kamar, hingga fasilitas yang disediakan melalui Customer Service.

Untuk itu, penting bagi Customer Service hotel untuk memastikan pemberian pelayanan terbaik dan prima dalam menjelaskan dengan bahasa yang formal yang mudah dimengerti.

Dalam memberikan pemahaman tentang product knowledge, Customer Service juga harus menunjukkan sikap ramah dan pembawaan yang sopan.

4. Pelayanan Prima dari Housekeeping

Pelayanan prima dari Housekeeping menjadi contoh pelayanan terbaik di hotel yang juga wajib diutamakan untuk tamu-tamunya.

Di antaranya dengan memastikan kebersihan dan pemeliharaan kamar-kamar tamu yang rapi, bersih, dan layak huni di seluruh area hotel.

Selain itu, kebersihan linen dan seluruh area publik di hotel juga masuk daftar perhatian utama staf Housekeeping demi menjaga kenyamanan tamu selama menginap di hotel.

Staf Housekeeping juga wajib memberikan pelayanan prima pada berbagai macam fasilitas pelayanan kamar untuk tamu dengan cepat dan tepat.

5. Pelayanan Prima dari Food & Beverage

Kebutuhan tamu hotel bukan sekadar tempat menginap tetapi juga pelayanan kebutuhan makanan dan minuman.

Oleh karena itu, penting bagi staf di Food & Beverage Department untuk bertanggung jawab memberikan pelayanan prima di bidangnya.

Kebutuhan akan pelayanan makanan dan minuman yang dikelola secara profesional wajib diberikan, mulai dari menyiapkan sampai menyajikan makanan dan minuman.

Staf Food & Beverage Product (FBP) harus memberikan pelayanan terbaik dalam mengolah makanan dan minuman dengan standar yang baik.

Bukan hanya enak dan menarik dari aspek visual, tetapi juga memastikan bahan-bahan makanan dan kebersihannya terjamin.

Bidang FBP yang terbagi menjadi hot kitchen dan pastry and bakery ini bertugas menyediakan makanan utama dan makanan penutup untuk tamu hotel.

Sedangkan staf Food & Beverage Service (FBS) bertugas untuk menyajikan makanan dan minuman kepada tamu agar sampai dengan kondisi yang baik.

Keterampilan dalam menyajikan menu hotel ini juga meliputi pengetahuan tentang makanan yang disajikan hingga aturan pelayanan makanan.

Melalui komunikasi yang baik antara staf F&B dengan tamu hotel, informasi mengenai kebutuhan dan pantangan tamu pun bisa didapatkan demi memberikan kepuasan maksimal.

Demikianlah informasi mengenai beberapa contoh pelayanan prima di hotel yang harus diupayakan demi kepuasan dan kenyamanan tamu hotel.

Melalui penjelasan contoh pelayanan prima di hotel, kamu akan lebih memahami standar pelayanan setiap hotel apakah sudah tergolong prima atau belum.

SHARE:

SEO Specialist di bidangnya. Mempunyai team yang punya pengalaman sebagai akademisi maupun praktisi.

Tinggalkan komentar

Konten dengan Hak Cipta Dilarang Copy-Paste