Mengetahui tugas kerja dan mempertimbangkan nominal gaji cost control di hotel akan sangat penting jika kamu ingin membangun karier di bidang hospitality.
Bagi yang masih awam dengan profesi cost control di hotel, sederhananya bisa dipahami sebagai staf yang berperan dalam upaya pengendalian berbagai biaya di hotel.
Nah, untuk lebih jelasnya lagi, berikut ini pembahasan tentang pengertian, tugas, dan kisaran gaji cost control di hotel yang akan memudahkan pemahaman.
Daftar ISI
Apa Itu Cost Control di Hotel?
Cost Control di hotel adalah upaya untuk mengendalikan berbagai biaya di hotel, baik perencanaan, operasional, maupun pemasaran.
Sedangkan staf yang bertugas menjalankan aktivitas cost control di hotel disebut Cost Controller yang secara struktural berada di bawah Divisi Accounting & Finance sebuah hotel.
Serangkaian tugas tersebut bertujuan mengatur, mengawasi, dan mengoptimalkan semua biaya yang harus dikeluarkan hotel sudah sesuai dengan anggaran.
Mulai dari biaya untuk perencanaan anggaran, pemilihan supplier, pembelian barang, hingga evaluasi penggunaan sumber daya untuk operasional hotel.
Meski begitu, seorang Cost Controller juga harus mempertimbangkan semua pengendalian biaya tersebut tidak akan mengurangi kualitas pelayanan kepada tamu.
Oleh karena itu, Cost Controller hotel juga harus mampu membangun kerja sama yang baik dengan departemen lain di hotel demi meningkatkan margin keuntungan.
Tugas Cost Control di Hotel
Tugas Cost Control di hotel mencakup perencanaan anggaran, analisis biaya, pengelolaan inventaris, hingga evaluasi untuk meningkatkan efisiensi kinerja.
1. Perencanaan dan Pengawasan Anggaran
Tugas utama cost control di hotel melibatkan pengendalian dalam perencanaan anggaran dengan memperhitungkan semua biaya yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis hotel.
Bukan hanya biaya operasional yang menunjang rencana pemasaran dan penjualan, tetapi juga gaji karyawan dan biaya utilitas.
Kontrol terhadap keseluruhan anggaran ini akan dijadikan panduan pelaksanaan aktivitas harian hotel agar semua pengeluaran tetap sesuai dengan target finansial yang ditetapkan.
Selain itu, seorang Cost Controller hotel juga harus memastikan tidak ada pemborosan biaya dalam setiap pengeluaran hotel.
Oleh karenanya, pemeriksaan rutin atas pembayaran dan faktur penting juga harus diawasi melalui verifikasi yang disesuaikan dengan kebijakan hotel.
2. Analisis Biaya
Tugas terkait analisis biaya hotel juga menjadi tanggung jawab Cost Controller melalui peninjauan kembali semua kontrak dan pembelian.
Hal ini dilakukan agar hotel bisa mendapat manfaat yang maksimal dari semua biaya yang dikeluarkan untuk keperluan bisnis perhotelan.
Salah satunya dengan melakukan analisis terhadap tren pengeluaran untuk divisi Food & Beverage demi peluang mendapat kesepakatan harga yang terbaik dengan pemasok.
3. Pengelolaan Inventaris dan Pengadaan Barang
Cost Controller di hotel juga bertugas melakukan pengelolaan inventaris dan pengadaan barang demi ketersediaan fasilitas yang berkualitas dengan harga terbaik.
Dalam mengelola inventaris, Coct Control harus mampu mencegah kondisi kelebihan atau kekurangan stok yang berpotensi mengganggu operasional hotel.
Sementara untuk pengadaan barang, bukan hanya pembelian tetapi juga melibatkan peran negosiasi dengan supplier, pengecekan kualitas, dan pengaturan jadwal pengiriman.
4. Evaluasi
Tugas evaluasi dari Cost Control di hotel berupa penyajian laporan pengeluaran secara mendetail untuk mengecek efektivitas strategi bisnis yang dijalankan.
Selain itu, melalui laporan evaluasi ini, manajemen hotel juga bisa mengidentifikasi kebutuhan atas perbaikan atau penyesuaian strategi pengelolaan biaya dan anggaran hotel.
5. Bekerja Sama dengan Departemen Lain
Cost controller di hotel juga harus menjalankan tugas untuk bekerja sama dengan departemen lain demi memastikan semua kebijakan manajemen sudah dijalankan.
Sebagai koordinator, Cost Control hotel diharapkan bisa membangun keharmonisan dengan semua divisi demi efektivitas biaya operasional dan penggunaan sumber daya.
Kisaran Gaji Cost Control di Hotel
Kisaran gaji Cost Control di hotel pada umumnya mencapai rerata nominal Rp 5.200.000 per bulan yang dipengaruhi berbagai faktor.
Faktor yang mempengaruhi perbedaan gaji Cost Controller di antaranya dari lokasi hotel, kelas atau bintang, hingga pengalaman kerja yang dimiliki.
Aspek-aspek tersebut terbilang umum mengingat kemampuan finansial hotel dalam memberikan upah juga berbeda satu dengan lainnya.
Belum lagi jika di luar gaji pokok masih ada tambahan bonus dan tunjangan lainnya, tentu nominal gaji seorang Cost Control di hotel akan semakin bervariatif.
Demikianlah pembahasan tentang pengertian, tugas, dan kisaran gaji cost control di hotel yang sudah kami rangkum untuk memudahkan pemahaman.
Melalui informasi tersebut, kamu bisa mendapat gambaran umum gaji cost control di hotel saat mempertimbangkan melamar pekerjaan ini.
Selain itu, kamu juga bisa menemukan referensi gaji jabatan di hotel lainnya jika ingin membandingkan sistem pengupahan di bisnis hospitality.