10+ Iklan Kopi Yang Menarik dan Kalimat Promosinya

Beragam iklan kopi dari berbagai merek semakin mudah ditemukan. Beberapa contoh iklan kopi dan kalimat promosinya berikut ini bisa dijadikan referensi.

Kopi merupakan salah satu minuman yang difavoritkan banyak orang dan menjelma menjadi tren serta haya hidup.

Tidak heran jika produk kopi kemasan pun mulai melakukan inovasi di berbagai aspek untuk menarik minat konsumen.

Pasalnya, pangsa pasar produk yang luas dan persaingan dagang antar merek membuat langkah promosi melalui iklan semakin dimaksimalkan.

Jika ingin mempelajari lebih lanjut, berikut beberapa contoh iklan kopi dan penjelasannya untuk memudahkan pemahaman lebih lanjut.

Strategi Promosi Iklan Kopi

Dalam memaksimalkan tujuan iklan, ada strategi pemasaran tertentu melalui promosi produk yang perlu diterapkan.

Berikut ini beberapa strategi promosi iklan kopi yang umumnya digunakan untuk meningkatkan penjualan atau memperkenalkan produk.

1. Tetapkan Target Pasar Lebih Dulu

Strategi promosi pertama untuk iklan kopi umumnya dilakukan melalui riset pasar terkait target konsumen yang disasar.

Karena pangsa pasar kopi terbilang luas, penetapan ini akan memudahkan dalam penggunaan gaya iklan untuk disesuaikan dengan konsumen.

Misalnya, produk kopi kekinian biasanya menyasar konsumen anak muda hingga gaya bahasa dan konsep iklan pun harus relevan.

Dampaknya, calon konsumen akan lebih aware dengan iklan dan merasa penasaran dengan produk kopi yang ditawarkan.

2. Gunakan Kalimat Promo Yang Menarik

Setelah menentukan target konsumen, langkah promosi iklan kopi selanjutnya adalah dengan menggunakan kalimat promo yang menarik.

Melalui kalimat promo, konsumen akan memahami pesan yang ingin disampaikan dan menangkap harapan iklan tersebut.

Bahkan melalui kata-kata promosi yang menarik, akan ada kesan positif yang ditinggalkan hingga konsumen terus teringat dengan produk.

Misalnya, penggunaan tagline yang unik atau kalimat iklan dengan bahasa yang sefrekuensi dengan konsumen.

3. Sampaikan Keunggulan Produk

Strategi promosi iklan produk kopi juga bisa memanfaatkan keunggulan produk yang ditawarkan sebagai nilai jual.

Misalnya, sampaikan komposisi kopi yang berasal dari  olahan biji kopi asli, tanpa pemanis buatan, tanpa perasa sintetik, dan lain sebagainya.

Selain itu, langkah promosi juga bisa dilakukan dengan menyantumkan keunggulan terkait kemasan yang praktis atau rasa yang otentik.

4. Manfaatkan Media Sosial

Dewasa ini, iklan digital memang semakin masif digunakan untuk memperluas jangkauan pasar, terlebih konsumen muda.

Dengan menggunakan media sosial sebagai langkah promosi iklan kopi, penyebaran informasi akan semakin cepat.

Dampaknya, produk kopi yang ditawarkan bisa semakin dikenal dan konsumen akan tertarik untuk segera membeli.

5. Kolaborasi Dengan Influencer atau Public Figure

Langkah kolaborasi dengan influencer atau public figure juga bisa menjadi strategi promosi untuk iklan kopi berikutnya.

Cara ini akan mendorong fans dan followers untuk membeli produk yang diiklankan idolanya hingga penjualan bisa meningkat.

Selain itu, iklan yang menempatkan brand ambassador dari kalangan artis seringkali meninggalkan kesan positif bagi masyarakat.

6. Berikan Promo Spesial

Memberikan promo spesial juga bisa digunakan sebagai langkah promosi iklan kopi untuk meningkatkan penjualan.

Biasanya, daya tarik konsumen untuk membeli akan meningkat saat ada penawaran promo seperti diskon, buy 1 get 1, free gift, bundling produk, dan sejenisnya.

Dengan promosi semacam ini, bukan hanya meningkatkan penjualan tetapi juga membuka peluang meraih loyalitas konsumen.

Unsur Kalimat Iklan Kopi yang Perlu Diterapkan

Dalam strategi pemasaran iklan produk kopi, disebutkan jika kalimat iklan memiliki pengaruh yang besar untuk promosi produk.

Oleh karena itu, penting untuk memastikan unsur kalimat iklan produk kopi yang perlu diterapkan berikut ini dipenuhi demi memaksimalkan strategi pemasaran.

1. Deskriptif dan Persuasif

Unsur dalam kalimat iklan produk kopi harus memenuhi sifat deskriptif, yaitu dengan memberikan penjelasan yang jelas dan tidak bertele-tele.

Sedangkan kalimat persuasif digunakan untuk tujuan mempengaruhi da mendorong konsumen agar segera melakukan tindakan pembelian.

2. Attention dan Interest

Kalimat iklan produk kopi juga harus memperhatikan unsur attention dan interest dimana konsep penawaran dalam iklan bisa menarik perhatian konsumen.

Penggunaan unsur ini lewat kreativitas dan inovasi dalam iklan akan membuat konsumen menaruh minat dan segera membeli produk tersebut.

3. Desire dan Conviction

Unsur selanjutnya yang wajib dipenuhi dalam iklan produk kopi adalah desire dan conviction. Iklan harus bisa menggerakkan hati konsumen untuk bertindak sesuai harapan.

Selain itu, iklan juga wajib menyampaikan informasi riil agar konsumen menaruh kepercayaan pada produk kopi dan merek.

Contoh Iklan Kopi yang Menarik

Berikut ini beberapa contoh iklan kopi yang menarik untuk memudahkan pemahaman strategi promosi yang dijalankan berbagai merek kopi.

1. Iklan Kopi Good Day

iklan kopi Good Day

Sebagai salah satu merek kopi kemasan kekinian, Good Day juga memaksimalkan strategi pemasaran produknya melalui iklan.

Dalam contoh iklan produk kopi Good Day di atas, gambar dari varian produk yang dimiliki menjadi fokus utama poster iklan.

Konsumen dimanjakan dengan ilustrasi tersebut untuk tujuan informasi varian kopi yang memang disediakan untuk memenuhi selera pasar.

Selain itu, iklan juga memanfaatkan tagline unik sebagai nilai jual, yaitu “Karena Hidup Perlu Banyak Rasa”.

Tagline tersebut bukan hanya relevan dengan banyaknya varian rasa dari Good Day, tetapi juga relevan dengan ‘rasa’ dalam hidup.

2. Iklan Kopi Kapal Api

iklan kopi Kapal Api

Contoh iklan produk kopi Kapal Api di atas terbilang cukup komplet karena memberikan banyak informasi yang lengkap kepada konsumen.

Pertama, logo merek disertai tagline ikonik “Jelas Lebih Enak” dicantumkan lengkap dengan keunggulan produk “100% Biji Kopi Spesial”.

Selain itu, ada juga diksi “Awali Produktivitas dengan #NGOPIDIRUMAH” yang menjadi kalimat iklan persuasif.

Proses pembuatan dan komposisi produk juga disampaikan untuk meraih kepercayaan konsumen terkait kualitas produk.

Iklan juga menyantumkan nominal harga, alamat, serta contact person yang bisa dihubungi untuk memudahkan konsumen melalukan pemesanan.

3. Iklan Kopi Nescafe

iklan kopi Nescafe

Poster iklan produk kopi dari merek Nescafe juga menerapkan unsur penting dalam iklan meski secara visual cukup sederhana.

Fokus iklan ada pada gambar produk dalam dua kemasan berbeda yang bisa dipilih oleh konsumen saat akan membeli kopi.

Selain itu, pesan iklan “Bangkitkan semangat pagi dengan Nescafe” menjadi dorongan bagi konsumen untuk minum kopi setiap hari dengan Nescafe.

Tagline produk “Nikmati Detik Hidup Anda” juga dicantumkan bersama logo Halal untuk meraih kepercayaan konsumen.

4. Iklan Kopi TOP Coffee

iklan kopi TOP Coffee

Selanjutnya, ada contoh iklan kopi TOP Coffee yang menerapkan beberapa cara promosi produk untuk menarik minat konsumen.

Pertama, iklan memiliki tujuan brand awareness untuk memperkenalkan varian baru dengan memberikan label “BARU” pada gambar produk.

Kedua, penggunaan slogan juga semakin meningkatkan daya tarik karena meninggalkan kesan positif melalui kalimat “Bukan Kopi Hitam Biasa!” dan “Kopinya Orang Indonesia”.

Selain itu, ada juga strategi pemasaran dengan memberikan promo ‘beli 2 gratis 1’ untuk mendorong konsumen melakukan pembelian.

5. Iklan Kopi Luwak

iklan kopi Luwak

Konsep yang diterapkan dalam contoh iklan kopi luwak White Koffie memang sederhana karena hanya menyantumkan nama produk.

Meski begitu, ada nilai jual yang ‘mahal’ dari iklan di atas, yaitu pemilihan brand ambassador yang merupakan aktor Korea populer, Lee Min Ho.

Cara promosi ini akan menarik konsumen yang kemungkinan besar adalah fans aktor tersebut.

Selain itu, ada label “TOP Brand” di sudut poster iklan yang menjadi jaminan kepercayaan konsumen agar terus menjaga loyalitas.

6. Iklan Kopi ABC

iklan kopi ABC

Berikutnya, ada contoh iklan kopi ABC yang menerapkan variabel unsur iklan menarik dari sisi kemasan, tagline, dan harga.

Tagline “Kopi Susu Kekinian Siap Minum” yang relevan dengan kemasan produk dengan botol menjadi fokus utama iklan.

Di samping itu, diksi “BARU” juga menjadi informasi penting agar konsumen mengetahui varian baru dari kopi ABC.

Harga produk yang bersaing juga dicantumkan dalam iklan untuk menarik minat konsumen agar segera membeli.

Visual produk pun menampilkan dua pilihan rasa yang berbeda yang terbilang kekinian demi memenuhi selera pasar.

7. Iklan Kopi Torabika

iklan kopi Torabika

Contoh iklan produk kopi kali ini menampilkan unsur visual yang menarik melalui ilustrasi sensasi kelembutan.

Model iklan tampak seperti berbaring di awan untuk merepresentasikan kelembutan rasa kopi varian ‘Creamy Latte’ yang diiklankan.

Selain itu, slogan iklan kuga tidak kalan menarik dan menggelitik konsumen melalui diksi “Kopinya Lembut Bikin Good Mood”.

8. Iklan Kopi Kemasan Kaleng

iklan kopi kemasan kaleng

Contoh poster iklan kopi di atas memiliki unsur persuasif dan informatif yang tinggi melalui deskripsi pesan dalam iklan.

Menjelaskan slogan “Pilih Rasa Kopimu”, produk kopi ditawarkan dalam kemasan kaleng kekinian yang diklaim memiliki rasa ala cafe.

Varian rasa yang ditawarkan untuk memenuhi selera konsumen pun dijadikan visual iklan sebagai daya darik utama.

9. Iklan Kopi Sachet

iklan kopi sachet

Kopi dalam kemasan sachet memang cukup banya ditawarkan dan menguasai pasar dengan target konsumen yang luas.

Menariknya, contoh iklan kopi sachet di atas menawarkan visual yang menarik melalui ilustrasi seduhan kopi dari dua varian berbeda.

Tampaknya, iklan di atas ingin mendorong pemikiran konsumen jika produk kopi tersbut bisa disajikan ala cafe.

Pesan iklan “Kopi Pukul 7 Pagi dan 4 Sore” dan tagar “Kapal api Punya Cerita” menjadi kalimat promosi persuasif agar konsumen penasaran dan mencoba saran dalam iklan.

10. Iklan Kopi Kekinian

iklan kopi kekinian

Selain dari kopi instan dan produk kopi seduh, ada juga contoh iklan kopi kekinian yang memanfaatka peran media sosial untuk promosi.

Konsep diksi dalam promo tersebut juga unik, yaitu “Rayuan” yang merupakan akronim dari “Rabu yang Seru di Kenangan”.

Selain itu, iklan di atas juga menawarkan promo diskon 40% untuk menarik minat konsumen dengan syarat dan ketentuan yang diberlakukan.

11. Iklan Kopi dalam Bahasa Inggris

iklan kopi dalam Bahasa Inggris

Langkah promosi iklan kopi seringkali juga menggunakan Bahasa Inggris untuk memperluas jangkauan konsumen asing.

Dalam contoh iklan di atas, gambar produk dan nama varian rasa menjadi fokus utama yang dikemas dengan informasi menarik.

Kalimat iklan “A Delicious Mocha Coffe Drink Made That Comes In A Just-Right Bottle Size In Your Hand” menjelaskan rasa kopi yang enak hadir dalam kemasan botol yang praktis.

Iklan juga menyantumkan informasi teknologi pengemasan produk dan kesempurnaan campuran bahan kopi.

Itulah tadi beberapa contoh iklan kopi dan penjelasannya yang sudah kami rangkum untuk memudahkan pemahaman terkait promosi produk.

Informasi tadi bisa menjadi panduan untuk membuat iklan kopi versimu sendiri dengan menerapkan strategi promosi yang semakin inovatif.

SHARE:

SEO Specialist di bidangnya. Mempunyai team yang punya pengalaman sebagai akademisi maupun praktisi.

Tinggalkan komentar

Konten dengan Hak Cipta Dilarang Copy-Paste