9 Keutamaan Surat Al Mulk dan Kisah Keajaiban Surat Al Mulk

Setiap surat di dalam Al-Qur’an memiliki keistimewaan dan keutamaannya masing-masing. Termasuk juga surat Al Mulk. Tentunya ada beberapa keutamaan surat Al Mulk jika kita membacanya dengan rutin dan mengamalkannya. 

Berbagai keutamaan ini bisa kita peroleh selama istiqomah sekaligus mengamalkannya. Surat Al Mulk termasuk dalam kategori surat Makkiyah yang terdiri dari 30 ayat. 

Surat ini mengandung makna yang mendalam mengenai kekuasaan Allah dalam menciptakan dunia. Sangat banyak yang menganjurkan untuk membaca surat ini setiap hari. 

Khususnya saat sebelum tidur. Tidak hanya mendapatkan ketenangan hati, melainkan juga ada beberapa keutamaan lain ketika kita membaca surat Al Mulk ini. 

Keutamaan Surat Al Mulk

Kebiasaan membaca surat Al Mulk atau Tabarok akan membuatmu mendapatkan berbagai keutamaannya. Beberapa keutamaan dari surat yang menjadi awal dari Juz 29 ini adalah: 

1. Mendapatkan Ampunan Dosa

Salah satu yang bisa kita peroleh saat mengamalkan dan membaca surat Al Mulk secara istiqomah adalah memperoleh ampunan dosa. Hal ini sesuai dengan sabda Nabi Muhammad SAW dalam Abu Huroiroh: 

عن أبي هريرة، عن النبي صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قال: سورة من القرأن، ثلاثون اية؛ تَشْفَعُ لصاحبها حتى يُغْفَرَ له: تبارك الذي بيده الملك. (رواه أبو داود واللفظ له, والترمذي وغيرهما، وصححه ابن حبان والحاكم والذهبي، وحسنه الترمذي والألباني)ـ

“Ada surat dari Alqur’an yang terdiri dari 30 ayat, surat tersebut dapat memberikan syafa’at bagi ‘temannya’ (yakni orang yang banyak membacanya) sehingga orang tersebut diampuni dosanya, yaitu: Surat Tabarokalladi bi yadihil mulk“. (HR. Abu Dawud). 

Surat Al Mulk pun bisa menjadi penolong kita saat berada di akhirat kelak. Jadi sebisa mungkin kita harus mengamalkan dan membacanya secara kontinyu. Ini adalah salah satu keutamaan surat Al Mulk.

Baca juga: Doa Malam Lailatul Qadar dan Amalan di malam Lailatul Qadar, Yuk Amalkan!

2. Terhindar dari Siksa Kubur dan Siksa Neraka

Sebelum manusia mendapatkan keputusan untuk bertempat antara surga dan neraka, manusia akan mendapatkan ganjaran atas perbuatannya selama di dunia waktu berada di alam kubur. 

Ini merupakan pertanggung jawaban dari setiap insan terhadap perilakunya. Siksa kubur jelas begitu pedih. Apalagi bagi orang-orang yang masih belum menyiapkan amalannya. 

Salah satu amalan yang bisa menghindarkanmu dari siksa kubur yakni dengan rutin membaca serta mengamalkan surat Al-Mulk. 

Abdullah bin Mas’ud berkata:

“Barangsiapa membaca surat Tabarokalladi bi yadihil mulk setiap malam, maka Allah azza wajalla menghindarkannya dari azab kubur, dan dahulu kami (para sahabat) di saat Rasulullah SAW (masih hidup) menamainya ‘al-Mani’ah’ (penghindar/penghalang). 

Sungguh surat tersebut ada dalam Kitabullah, barangsiapa membacanya dalam suatu malam, maka ia telah banyak berbuat kebaikan.” (HR. Nasa’i)

Inilah salah satu keutamaan surat Al Mulk yang tidak bisa kita remehkan saat mengamalkan dan membacanya secara rutin. 

3. Menjauhkan Kita dari Maksiat

Sebenarnya waktu yang tepat untuk membaca surat Al Mulk bisa kapan saja. Baik itu pagi, siang, sore, maupun malam hari. Bahkan bisa lebih baik jika kita membacanya setiap hari. 

Membacanya setiap hari akan membuat kita mendapatkan sejumlah keutamaan surat Al Mulk. Termasuk juga dalam poin satu ini. Yap, membacanya dan mengamalkannya dengan rutin akan menjauhkanmu dari maksiat. 

Di dalam surat ini Allah menyebutkan bahwa orang yang taat pada-Nya merupakan orang yang akan tetap taat walaupun tidak ada orang lain yang melihat. Hal ini tercantum dalam firman Allah SWT berikut: 

“Mereka itu takut pada Allah di kesunyian ketika mereka tidak nampak di hadapan manusia lainnya. Mereka pun taat pada Allah dalam keadaan sembunyi-sembunyi. Tentu saja dalam keadaan terang-terangan, mereka pun lebih taat lagi pada Allah” ( QS Al Mulk: 12).

Intinya orang yang beriman itu taat kepada Allah kapanpun dan di manapun. Entah itu di kesunyian apalagi di keramaian. Ia takut bermaksiat kepada-Nya. 

Keutamaan surat Al Mulk satu ini tercermin dalam penjelasan Syaikh As Sa’adi: 

“Mereka takut pada Allah dalam setiap keadaan sampai-sampai pada keadaan yang tidak ada yang mengetahui amalan mereka kecuali Allah. Mereka tidak melakukan maksiat dalam kesunyian. Mereka pun tidak mengurangi ketaatan mereka ketika itu.”

Baca juga: Doa Ketika Mendengar Suara Burung di Malam Hari

4. Meningkatkan Derajat dan Menghapus Keburukan

Ingin tahu apa keutamaan dan khasiat surat Al Mulk ayat 14 beserta semua ayatnya? Salah satunya adalah meningkatkan derajat kita serta menghapus berbagai macam keburukan yang sebelumnya telah kita lakukan. 

Seorang Muslim yang dengan rutin dan istiqomah membaca surat Al Mulk, Allah SWT sudah menetapkan sebanyak 30 kebaikan, 30 ampunan, serta 30 derajat yang lebih tinggi untuk yang mengamalkannya. 

Dari Ibnu Abbas radhiyallahuanhu, Rasulullah SAW bersabda: 

“Bahwasanya aku tidak menjumpai di dalam kitab Allah suatu surat yang terdiri 30 ayat. Barangsiapa membacanya ketika akan tidur, maka dengan pembacaan itu Allah menetapkan 30 kebaikan baginya, dihapuskan 30 kejelekannya, ditingkatkan baginya 30 derajat, dan Allah mengutus seorang malaikat dari para malaikat untuk mengembangkan sayapnya untuknya dan menjaganya dari segala kejahatan hingga ia bangun. Surah ini dapat menolak siksa kubur dan mahsyar, yaitu Tabarakallazi bi yahdihil mulk.” (HR. Ad Dailami).

Ini tentu saja menjadi salah satu keutamaan surat Al Mulk yang bisa kita peroleh. 

5. Mendapatkan Pertolongan di Hari Kiamat

Tak ada satu orang pun yang tahu kapan kiamat datang. Sebagai muslim, hendaknya kita menyiapkan diri dan amalan terbaik agar ketika kiamat tiba, kita tidak akan mendapatkan penyesalan. 

Surat Al Mulk adalah salah satu amalan yang bisa kita lakukan. Tujuannya agar nanti mendapatkan syafaat ketika hari kiamat. Sebagaimana Hadits dari Abu Hurairah: 

“Bahwasannya satu surat dari kitab Allah yang isinya 30 ayat, dapat memberikan syafaat pada seseorang pada hari kiamat, mengeluarkannya dari neraka dan memasukkannya ke surga yaitu surat ‘Tabarak”‘. (HR. Abu Dawud dan At-Tirmidzi).

6. Disayang Rasulullah SAW

Keutamaan surat Al Mulk selanjutnya adalah mendapatkan kasih sayang Rasulullah SAW. Beliau akan sangat menyayangi semua umatnya, termasuk kita yang mengamalkan surat Al Mulk setiap hari. 

Ini pun bisa jadi surat yang membawa ketenangan hati untuk semua pembaca juga penghafalnya. Rasulullah bersabda: 

“Saya gemari supaya surat ini (Tabarakal lazi bi yadihil mulk ) terdapat di setiap hati orang mukmin.” (HR. Al Hakim).

7. Mendapatkan Pahala Berkali-Kali Lipat

Rajin membaca surat Al Mulk, maka kita akan mendapatkan pahala yang berlipat sampai 10 kali untuk siapapun yang Allah SWT kehendaki. 

Tidak hanya membaca surat Al Mulk saja, melainkan ketika membaca Al Qur’an, Allah akan memberi ganjaran. Tidak main-main, 1 huruf yang kita baca ada 10 ganjaran kebaikan yang kita peroleh. 

Ini tercantum dalam hadits: 

“Barangsiapa membaca satu huruf dari Kitab Allah (Alquran), maka baginya satu hasanah (kebaikan) dan satu hasanah itu sama dengan sepuluh kali lipatnya. Aku tidak mengatakan alif lam mim itu satu huruf, tetapi alif satu huruf, lam satu huruf dan mim satu huruf.” (HR at-Tirmidzi).

8. Jadi Lebih Bertawakal

Dalam surat ini tepatnya pada pada ayat ke-15 menjelaskan bahwa setiap orang termasuk kita akan jadi seorang Muslim yang jauh lebih bertawakal kepada-Nya. 

9. Mendapatkan Syafaat

Keutamaan Surat Al Mulk selanjutnya berdasarkan hadits riwayat Tirmidzi merupakan satu teks yang bisa menjelaskannya. Berdasarkan hadits ini, Rasulullah SAW bersabda: 

حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ بَشَّارٍ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ جَعْفَرٍ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ عَنْ قَتَادَةَ عَنْ عَبَّاسٍ الْجُشَمِىِّ عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ عَنِ النَّبِىِّ -صلى الله عليه وسلم- قَالَ إِنَّ سُورَةً مِنَ الْقُرْآنِ ثَلاَثُونَ آيَةً شَفَعَتْ لِرَجُلٍ حَتَّى غُفِرَ لَهُ وَهِىَ سُورَةُ تَبَارَكَ الَّذِى بِيَدِهِ الْمُلْكُ

Artinya: 

“Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Basysyar, telah menceritakan pada kami Muhammad bin Ja’far, telah menceritakan kepada kami Syu’bah, dari Qotadah, dari ‘Abbas Al Jusyamiy, dari Abu Hurairah, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda. Ada suatu surat dari al qur’an yang terdiri dari tiga puluh ayat dan dapat memberi syafa’at bagi yang membacanya, sampai dia diampuni, yaitu ‘Tabaarakalladzii biyadihil mulku (surat Al Mulk).”

Keajaiban Surat Al Mulk

Ada cukup banyak kisah keajaiban surat Al Mulk yang harus kita renungi. Mereka telah membaca dan istiqomah mengamalkan surat ini dalam kehidupannya sehari-hari. 

Pada suatu riwayat Anas ibnu Malik, Rasulullah SAW bersabda bahwa sungguh ada lelaki dari kalangan umat kalian yang meninggal dunia. Sedangkan, tidak ada sesuatupun dari Kitabullah yang ia hafal selain Tabarok (Al Mulk). 

Saat lelaki itu ada di dalam kubur, malaikat yang bertugas menanyakan nya datang. Surat Al Mulk ini akan menghalang-halanginya sehingga malaikat berkata: 

“Sesungguhnya engkau adalah salah satu dari Kitabullah, dan aku tidak suka membuatmu tidak senang, tetapi aku tidak mempunyai kuasa bagimu, bagi dia dan juga bagi diriku terhadap suatu kemudharatan dan juga suatu kemanfaatan. 

Jika engkau hendak membela orang ini, maka menghadaplah kepada Allah Swt. dan mintalah syafaat dari-Nya buat dia.”

“Maka surat itu berangkat menuju ke hadirat Allah Swt., lalu berkata memohon, “YaTuhanku, sesungguhnya si Fulan dengan sengaja memilihku di antara Kitab-Mu, lalu ia mempelajariku dan membacaku serta menghafalku. Maka apakah Engkau akan membakarnya dengan api, sedangkan aku berada di dalam rongganya? Jika Engkau hendak mengazabnya, maka hapuskanlah terlebih dahulu aku dari Kitab-Mu.”

Allah berfirman, “Aku lihat engkau marah.”

Surat itu menjawab, “Sudah seharusnya aku marah.” Maka Allah berfirman, “Sekarang pergilah kamu, sesungguhnya Aku telah menyerahkannya kepadamu dan Aku memberi izin kepadamu untuk memberi syafaat buatnya.”

Itulah sepotong kisah keajaiban dari Surat Al Mulk. Sekaligus, beberapa penjelasan mengenai keutamaan Surat Al Mulk yang bisa kita renungkan.

Share:

Reskia pernah menjabat sebagai Sekretaris Divisi Media Forum Silaturahim Studi Ekonomi Islam (FoSSEI) Sumbagsel tahun 2020. Ia senang berbagi pengetahuan yang ia peroleh. Because sharing is caring.

Leave a Comment