Program Afiliasi OTA untuk Hotel

Bagi kamu yang terlibat dalam bisnis hospitality, tentunya memanfaatkan program afiliasi OTA untuk hotel sudah cukup familiar.

OTA atau Online Travel Agent memang banyak digunakan hotel melalui kesepakatan kerja sama demi meningkatkan pendapatan dari penjualan kamar secara online.

Jika ingin mengetahui penjelasan lebih lanjut, berikut ini pembahasan tentang cara efektif meningkatkan penjualan kamar melalui program afiliasi OTA untuk hotel.

Cara Memaksimalkan Program Afiliasi OTA untuk Hotel

Ada beberapa cara memaksimalkan program afiliasi OTA untuk hotel agar bisa meningkatkan penjualan kamar yang cukup umum diterapkan dalam bisnis hospitality, yaitu sebagai berikut.

1. Bergabung dengan OTA yang Tepat

Cara pertama meningkatkan penjualan kamar melalui program afiliasi OTA untuk hotel yaitu bergabung dengan OTA yang tepat.

Mengingat cukup banyak platform OTA yang bisa dijadikan pihak ketiga dalam kesepakatan kerja sama, tentunya pemilihannya harus memperhatikan aspek tertentu.

Salah satunya dengan memilih OTA yang populer di kalangan wisatawan dan memiliki kredibilitas baik yang sesuai profil hotel.

Di Indonesia sendiri ada beberapa OTA besar yang cukup populer, sebut saja Traveloka, Tiket.com, Agoda, Booking.com dan masih banyak lagi lainnya.

Selain popularitas, penting juga bagi hotel untuk memperhatikan persyaratan dan kebijakan yang diberlakukan OTA untuk kesepakatan kerja sama, terutama terkait harga dan komisi.

Hal ini dikarenakan pihak hotel juga harus mempertimbangkan prospek pendapatan dengan pengeluaran biaya nantinya dari hasil kerja sama dengan OTA.

2. Memberikan Diskon Khusus

Sebagai upaya untuk mendukung program afiliasi OTA bagi hotel, menerapkan cara promosi dengan memberikan diskon khusus.

Penawaran promo eksklusif berupa diskon khusus ini akan mendorong konsumen untuk melakukan reservasi melalui mitra OTA.

Pada akhirnya, program afiliasi OTA ini akan menjadi data tarik tambahan bagi calon tamu hotel yang akan meningkatkan daya saing di antara kompetitor.

3. Optimalisasi Website dan Booking Engine Hotel

Langkah selanjutnya untuk memaksimalkan program afiliasi OTA demi meningkatkan penjualan kamar yaitu dengan optimalisasi website dan booking engine hotel.

Melalui situs web hotel yang diakses calon tamu, informasi tentang OTA yang terafiliasi juga bisa disampaikan.

Misalnya, dengan menampilkan logo OTA mana saja yang memang sudah bekerja sama di website resmi hotel.

Hal ini akan menambah kemudahan bagi calon tamu untuk melakukan reservasi online melalu perbandingan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan maupun anggaran.

Oleh karena itu, pihak hotel juga harus mulai membangun sistem reservasi yang memudahkan pelanggan melalui booking engine via website resmi hotel.

Selain kenyamanan dengan adanya pilihan reservasi online, pastikan juga untuk membangun sistem dalam situs web hotel yang responsif, informatif dan mudah untuk dipahami.

Selain itu, pastikan juga situs web hotel sudah didukung fitur sistem booking engine yang mudah dan terintegrasi dengan Property Management System (PMS).

Dengan mengoptimalkan website dan booking engine hotel, besar kemungkinan pendapatan hotel akan meningkat karena tingginya reservasi yang masuk.

Di samping itu, penggunaan website hotel juga bisa menjadi langkah antisipasi membengkaknya biaya tambahan yang muncul dari pembayaran komisi untuk OTA.

4. Analisis dan Pemantauan Kinerja

Terakhir, pihak hotel bisa menerapkan langkah untuk memaksimalkan program afiliasi OTA dengan melakukan analisis dan pemantauan kinerja.

Bukan sekadar membangun kesepakatan kerja sama, pihak hotel juga harus rutin memantau kinerja program afiliasi OTA.

Analisis data yang dibuat akan memberikan wawasan bagi hotel dalam mengenali program kampanye pemasaran mana yang paling efektif.

Selain itu, dari pemantauan kinerja program afiliasi OTA ini, pihak hotel juga bisa mengetahui tren perilaku para tamu terkait jenis kamar yang diminati dan cara reservasinya.

Melalui pemahaman yang optimal, manajemen hotel akan bisa memaksimalkan strategi penjualan terbaik demi meningkatkan pendapatan operasional hotel.

Demikianlah pembahasan tentang cara efektif meningkatkan penjualan kamar melalui program afiliasi OTA untuk hotel yang sudah kami rangkum agar memudahkan pemahaman.

Melalui informasi di atas, kamu bisa semakin mengenal program afiliasi OTA untuk hotel dan menerapkannya dalam menjalankan bisnis di bidang hospitality.

Selain itu, kamu juga bisa menemukan berbagai strategi pemasaran hotel lainnya untuk diterapkan sesuai kebutuhan dan kebijakan yang berlaku.

Aris Susanto

SEO Specialist di bidangnya. Mempunyai team yang punya pengalaman sebagai akademisi maupun praktisi.

Bagikan:

Tags:

Tinggalkan komentar