Pulau Peucang Ujung Kulon, Daya Tarik, Hingga Harga Trip Terbaru 2022!

Jika kamu ingin menikmati wisata alam dengan pesona yang masih alami, maka bisa coba pergi ke Pulau Peucang. Letaknya ada di ujung Pulau Jawa. Selain itu, tidak perlu khawatir mengenai biaya yang harus dikeluarkan jika ingin berwisata di pulau ini.

Hal itu karena masih tergolong cukup murah, baik itu tiket masuk maupun harga penginapannya. Kamu juga bisa melakukan banyak kegiatan wisata di pulau ini. Jadi, meskipun berlibur berhari-hari pun pasti tidak akan merasa bosan.

Oleh karena itu, tidak heran jika pulau ini menjadi tempat healing terbaik dan bisa mengunjunginya bersama keluarga atau teman. Dengan begitu pasti hari liburan akan terasa menyenangkan karena bisa menikmati keindahan alam bersama orang tersayang.

Info Lengkap Tentang Wisata Pulau Peucang

Wisata Pulau Peucang Ujung Kulon

Nama pulau ini diambil dari sejenis siput yang sering ditemukan di pantai Peucang. Siput tersebut sering mendapat sebutan Mata Peucang dari penduduk sekitar. Akan tetapi, jika diartikan dalam bahasa Sunda, maka peucang berarti kancil.

Sayangnya, di pulau ini tidak terdapat kancil sama sekali. Meskipun begitu, kamu tetap bisa menemukan berbagai satwa. Misalnya rusa, merak hijau, monyet ekor panjang, babi hutan, kijang, dan biawak.

Hutan di pulau ini juga termasuk salah satu ekosistem hutan hujan tropis dengan dataran rendah. Kemudian, jenis flora yang bisa ditemukan di kawasan ini berupa merbau, palahlar, bungur, cerlang, dan ki hujan.

Baca juga: Wisata Pulau Cangkir Banten: Cek Harga Tiket, Lokasi dan Fasilitas Terbaru

Selain itu, juga terdapat pohon ficus atau disebut ara pencekik. Tumbuhan tersebut termasuk golongan parasit yang melilit pada pohon lain. Biasanya, ketika Ara sudah dewasa, maka pohon inangnya akan mati.

Pesona pantai di pulau ini juga sangat indah karena menyajikan hamparan pasir putih serta laut hijau muda kebiru-biruan. Selain itu, juga ada sebuah air terjun yang berada di citerjun. Dengan adanya keindahan alam, satwa, flora, dan lainnya, tentu tidak ingin melewatkan untuk berlibur di pulau ini.

Dengan begitu, jadinya bisa menyaksikan sebagian dari keindahan alam yang ada di Indonesia. Namun, sebelum berlibur ke pulau ini m, kamu harus tahu dulu beberapa hal terkait wisata. Mulai dari rute, tiket, penginapan, dan lainnya.

1. Rute dan Cara ke Pulau Peucang

Rute dan Cara ke Pulau Peucang

Jika kamu berangkat dari Jakarta, maka membutuhkan kendaraan roda empat. Waktu tempuhnya bisa sampai 4 atau 5 jam menuju arah Pandeglang. Pulau Peucang sendiri berada di kawasan konservasi Taman Nasional Ujung Kulon.

Jika sudah sampai di Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang, maka bisa melanjutkan perjalanan dengan menyewa kapal kayu.

Selanjutnya, perjalanan laut dengan kapal kayu tersebut memerlukan waktu selama hampir dua setengah jam.

Untuk lebih detil kamu bisa baca biaya dan Open trip ke Pulau Peucang Ujung Kulon.

2. Tiket

Harga tiket masuk di pulau ini cukup bervariasi. bagi masyarakat lokal cukup membayar 5 ribu rupiah di waktu weekday. Sedangkan, pada hari weekend akan meningkat menjadi 7500  rupiah.

Sedangkan, untuk turis asing atau wisatawan Internasional, maka tarifnya akan lebih tinggi. Rinciannya di waktu weekday sebesar 150.000 dan saat weekend harus membayar dengan harga 225.000 rupiah.

3. Open Trip Pulau Peucang

Untuk kamu yang berminat berwisata ke Pulau Peucang dan penasaran dengan biayanya, maka berikut adalah salah satu vendor yang menyediakan Open trip ke Pulau Peucang berikut dengan biayanya.

START JAKARTA 700.000 /Pax

  • Start Cawang
  • Kebun jeruk
  • Slipi
  • Rest area karang tengah

START SERANG 650.000 /Pax

  • Indomaret Patung kemang/ Indomaret Ciceri Dkt carefour/ Palima
  • Pandeglang , Menes , Labuan

START SUMUR Dadap Langu 550.000 /Pax

DESTINASI :

  • Pulau Peucang
  • Treking Pohon Kiara
  • Snorkeling Ciapus & Suminoh
  • Cidaon (Savana Banteng & Hunting Sunset)
  • Sungai Cigenter (Canoing)
  • Pulau Badul

FASILITAS INCLUDE :

  • Transport Ac Jakarta -Sumur (PP)
  • Makan 5x
  • Traditional Boat
  • Air mineral
  • Life Jacket
  • Penginapan
  • Local Guide
  • Full Dokumentasi
  • Drone ( Tentatif)
  • Giant Floties
  • Asuransi TNUK
  • Pisang Goreng
  • Buah Semangka

EXCLUDE :
• Canoing (50.000/Orang)
• Alat snorkeling (50.000 /Orang)
• Alat Snorkeling + Sepatu Katak ( 80.000/Orang)
• Tips Abk, Koki & guide seikhlasnya

UPGRADE COTTAGE:
– Fauna 500.000/ kamar bisa untuk 3-6 orang
– Villa Nikki 1.855.000/ kamar untuk 2 orang
– Villa Angklung 2.087.000/ kamar untuk 5-6 orang

Contact Ujungkulontripofficial:

WhatsApp : 087851228646
Instagram : @ujungkulontripofficial

4. Penginapan

Villa Angklung di Pulau Peucang

Jika ingin berlibur beberapa hari di pulau ini, tentu harus menyewa tempat penginapan yang ada di sekitar Taman Nasional Ujung Kulon. Namun, jika ingin merasakan menginap pada pulau ini, maka bisa menyewa Villa Batik NIKKI Peucang Resort.

Villa ini menyajikan tempat menginap yang khas dan juga berbeda dari penginapan lainnya. Hal itu karena bahan yang digunakan terbuat dari bambu, batu alam, alang-alang, dan kayu. Meskipun terlihat sederhana, tetapi di dalamnya pasti bisa membuat kamu betah dan nyaman.

Selain itu, toiletnya pun sangat mendukung meskipun tetap bertemakan alam. Hal menarik jika menginap di villa ini, yaitu kamu akan berhadapan langsung dengan keindahan pantai. Harga menginap per malamnya ialah sekitar 1.600.000  rupiah. Harga tersebut untuk 2 orang dewasa.

Namun, jika ingin tempat penginapan yang lebih murah, maka bisa memilih penginapan yang lain di dekat villa tersebut. Fasilitas penginapan yang ada di pulau ini cukup lengkap. Diantaranya berupa berupa ketersediaan air yang cukup, kamar mandi, mushola, dan juga warung-warung kecil.

Kegiatan Wisata di Pulau Peucang

Ada banyak kegiatan wisata yang bisa kamu lakukan di pulau ini.  Jika ingin tahu apa saja, maka silakan baca penjelasan berikut.

1. Trekking Santai Menjelajahi Hutan

Karang Copong merupakan titik akhir pada perjalanan ke pulau ini. Umumnya harus berjalan kaki sejauh 2 km untuk bisa melewati hutan tersebut. Di sana kemungkinan kamu akan bertemu beberapa Hewan seperti rusa, kera, babi hutan, dan lainnya.

Setelah itu, baru bisa menemukan pemandangan pantai serta dihiasi dengan ombak laut lepas yang menghantam karang-karang besar. Aktivitas di pinggir pantai sangat indah karena karakter pasirnya yang sangat putih dan halus.

Selain itu, airnya juga jernih karena kealamiannya masih tetap terjaga. Dengan begitu, kamu  akan mudah menyaksikan segerombolan ikan dari atas dermaga, bahkan di tepi pantai pun juga dapat terlihat.

2. Memancing Ikan

Bagi sebagian besar kaum pria memancing kemungkinan memancing adalah salah satu hobinya. Dengan ribuan ikan yang bergerombol di pulau ini, tentu membuat diri tergoda untuk memancingnya.

Apalagi gerombolan ikan tersebut letaknya keberadaannya tidak jauh dari dermaga. Meskipun begitu, banyak pengunjung yang mengeluh karena sulit untuk mendapatkan ikan di sana. Meskipun sudah melemparkan umpan di tengah kerumunan ikan.

3. Menyambut Mentari Pagi

Jika berlibur di Pulau Peucang, maka jangan lupa untuk menyambut mentari pagi. Suasananya pasti akan sangat indah dan termasuk momen yang tidak boleh terlewatkan. Cahaya matahari akan muncul perlahan dari balik lautan dan pulau.

Tempat yang pas untuk menyaksikannya ialah di area dermaga. Kamu bisa sambil pergi jalan-jalan untuk menghirup udara pagi yang segar. Suasananya akan membuat hati damai dan pikiran tenang karena udara di sana bersih tanpa polusi.

4. Hunting Spot Foto

Kamera merupakan salah satu hal yang tidak boleh terlupakan ketika melakukan wisata. Terutama jika berkunjung di pulau ini. Mengingat ke kealamian dan keindahan alamnya yang sangat fantastis. Jadi, perlu mengabadikannya sebagai kenang-kenangan.

Pulau ini termasuk tempat yang tidak dihuni oleh penduduk. Oleh karena itu, keindahan alamnya masih tetap terjaga hingga di setiap sudutnya. Jadi, hanya interaksi dengan satwa liar yang berlalu belalang di sekitar pulau ini.

Meskipun begitu, kamu tidak perlu takut karena hewan tersebut tidak buas dan termasuk hidup di alam bebas pada habitat aslinya. Jadi, selama tidak mengganggu atau menyakitinya, maka hewan tersebut tidak akan marah dan menyerang manusia.

5. Snorkeling

Snorkeling di Pulau Peucang

Kegiatan menarik lainnya yang bisa kamu lakukan di pulau ini adalah snorkeling. Lautnya yang jernih dan biru tentu sangat menarik perhatian dan ingin menikmatinya langsung di bawah sana.

Namun, jika ingin melakukan snorkeling, sebaiknya meminta bantuan pada penjaga. Dengan begitu, akan tetap aman dan tidak merusak keindahan yang ada di sana.

6. Wisata Taman Nasional

Pulau ini masih satu wilayah dengan Taman Nasional Ujung Kulon. Jadi, sebagian besar wisata yang datang ke sini pasti juga akan mengunjungi Taman Nasional Ujung Kulon. Di sana ialah rumah bagi populasi badak bercula satu.

Hewan tersebut termasuk salah satu satwa langka yang ada di bumi. Oleh karena itu, keberadaannya sangat dijaga dan dibuat habitat yang aman seperti pada Taman Nasional ini. Selain itu, juga ada hewan lainnya yang menempati Taman Nasional Ujung Kulon.

Itulah ulasan mengenai Pulau Peucang yang tersaji keindahan alam secara alami. Sebisa mungkin ke-alamian tersebut harus tetap dijaga sampai seterusnya.

Dengan begitu, akan ada lebih banyak orang yang bisa melihat pemandangan indah dengan perpaduan pantai, hutan, satwa, dan flora.

SHARE:

Seorang lifestye enthusiast dan traveller Indonesia yang suka berbagi inspirasi melalui tulisan. Mari diskusi di kolom komentar ya...

Tinggalkan komentar