Kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan pemahaman terkait apa itu room service yang memang sering menjadi salah satu fasilitas yang diunggulkan saat menginap di hotel.
Biasanya, tamu akan meminta layanan room service jika membutuhkan makanan maupun minuman tanpa harus pergi ke restoran hotel.
Sebagai gambaran umum untuk memudahkan pemahaman, berikut ini penjelasan tentang room service yang meliputi pengertian, tugas, kelebihan, dan tata cara order.
Daftar ISI
Pengertian Room Service Hotel
Room service hotel adalah fasilitas yang secara khusus disediakan oleh pihak hotel di mana tamu bisa memesan makanan, minuman, maupun layanan tertentu ke kamar.
Layanan yang juga dikenal dengan istilah in room dining ini dimaksudkan untuk memberikan kemudahan bagi tamu dalam menikmati aktivitas bersantap yang lebih nyaman dan privat.
Tamu bisa memesan menu tertentu melalui telepon dan nantinya akan diantarkan ke kamar hingga tidak perlu meninggalkan ruangan atau restoran langsung.
Bukan hanya hotel, beberapa tipe penginapan lainnya seperti vila hingga resort juga memanjakan tamu-tamu mereka dengan layanan ini.
Meski terkesan sederhana, tetapi layanan ini juga bisa menjadi tolak ukur penilaian kualitas sebuah hotel.
Artinya, semakin tinggi kelas hotel, biasanya akan semakin baik pula kualitas pelayanan yang diberikan kepada tamu.
Sebagai gambaran, room service hotel bintang 5 tentunya memiliki kualitas yang relatif lebih memuaskan dibanding hotel dengan bintang 3 ke bawah.
Tugas Room Service Hotel
Tugas room service sendiri sebenarnya hampir mirip waiter/waitress yang ada di restoran di mana tamu akan mendapatkan penawaran makanan dan minuman untuk dipesan.
Namun, petugas hotel umumnya memberikan layanan tersebut selama 24 jam melalui telepon atau door knob menu yang memanjakan tamu.
Nantinya order taker atau petugas yang mengambil pesanan akan mencatat pesanan tersebut lalu menyiapkan dan mengantarkannya langsung ke kamar tamu.
Misalnya, ada tamu tidak ingin sarapan atau makan malam di restoran hotel bisa meminta layanan room untuk membawakan menu ke kamar.
Jadi, bisa dibilang layanan room service ini memungkinkan tamu mendapat kebutuhan konsumsi dari restoran hotel dengan mudah dari ruang privatnya.
Bahkan pilihan menu yang ditawarkan pun sama beragamnya dengan hidangan yang disajikan di restoran hotel untuk dipilih sesuai selera tamu.
Kelebihan Room Service Hotel
Kelebihan room service hotel yang penting untuk diketahui sebagai layanan unggulan yang memudahkan tamu antara lain sebagai berikut.
1. Memberi Kenyamanan, Kemudahan, dan Privasi
Kelebihan utama room service hotel yaitu memberikan kenyamanan, kemudahan, dan privasi kepada tamu untuk memesan serta menikmati hidangan tanpa harus keluar dari kamar.
Petugas juga memastikan tamu dilayani dengan profesional meski dilakukan melalui telepon dan tidak ada interaksi langsung saat order.
2. Tolak Ukur Layanan Hotel
Kelebihan layanan room service juga bisa menjadi tolak ukur layanan hotel atas kepuasan tamu hingga dijadikan acuan nilai tambah bagi calon tamu lainnya.
Nilai tambah atas layanan dan fasilitas dari hotel ini merupakan bentuk perhatian serta kepedulian hotel atas kenyamanan tamu yang menginap.
3. Efisiensi Waktu
Efisiensi waktu juga menjadi kelebihan dari room service hotel yang memungkinkan tamu dalam menghemat waktu serta energi saat ingin memesan makanan atau minuman.
Terlebih jika tamu yang menginap memiliki jadwal yang padat atau malah tidak leluasa datang ke restoran hotel, layanan ini terbilang cukup efektif dan hemat waktu.
4. Fleksibilitas Layanan
Kelebihan lainnya terlihat dari fleksibilitas layanan yang memudahkan tamu untuk memilih menu kapan saja selama 24 jam.
Staf yang bertanggung jawab menerima order menu via telepon akan menyesuaikan kebutuhan makan tamu tanpa terpengaruh jam operasional restoran.
Tata Cara Order
Terkait tata cara order room service untuk memesan makanan atau minuman, tamu hotel bisa menggunakan telepon dan door knob.
1. Via Telepon
Cara umum yang sering digunakan biasanya melalui telepon di mana pesanan tamu akan diterima dan dicatat oleh order taker terlebih dahulu.
Setelah itu, pesanan akan langsung dipersiapkan dan diantarkan ke kamar sesuai pilihan menu maupun waktu yang diminta oleh tamu.
2. Via Door Knob
Selain menelepon, tamu juga bisa memesan layanan melalui door knob dengan menulis orderan yang diinginkan pada menu list yang tersedia.
Biasanya, cara ini lebih sering digunakan saat tamu ingin memesan sarapan untuk diantarkan langsung ke kamar.
Hanya saja, permintaan pesanan tersebut harus menunggu diambil oleh petugas terlebih dahulu dan baru akan disajikan keesokan harinya pada waktu breakfast.
Demikianlah penjelasan tentang room service yang meliputi pengertian, tugas, kelebihan, dan tata cara order yang sudah kami rangkum.
Melalui informasi di atas, diharapkan muncul pemahaman terkait apa itu room service sebagai salah satu layanan yang bisa kamu manfaatkan saat menginap di hotel.