10 Rekomendasi Tempat Sarapan di Bandung yang Enak 2022

Sedang kebingungan mencari tempat sarapan di Bandung yang enak?  Jangan khawatir, Kamu bisa mencoba berbagai menu sarapanyang menarik berdasarkan rekomendasi di bawah ini.

Sarapan menjadi kewajiban bagi sebagian orang sebelum memulai aktivitas. Jika malas untuk memasak, membeli sarapan di warung makan dapat menjadi alternatif bagi Kamu.

Kamu bisa mencari tempat sarapan pagi terdekat yang sesuai dengan selera. Mulai dari yang tradisonal, legendaris, hingga modern yang wajib dicoba ketika berada di kota Bandung.

Tempat Sarapan Enak di Bandung

Berikut ini akan disajikan beberapa rekomendasi tempat makan favorit di Bandung. Tempat sarapan di Bandung yang enak ini sudah bisa didatangi pengunjung sejak fajar tiba. Dengan demikian, Kamu tidak akan terlambat untuk menyarap sebelum mulai beraktivitas.

Berikut adalah daftar tempat sarapan favorit yang bisa Kamu kunjungi di Bandung:

1. Lotek Kalipah Apo

Tempat sarapan pagi yang enak di Bandung yang bisa Kamu kunjungi pertama kali adalah Lotek Kalipah Apo.

Warung makan ini terletak di Jalan Kalipah Apo tepatnya Nomor 2. Jalan ini berada di Karanganyar, Kota Bandung.

Warung makan ini biasanya mulai ramai didatangi oleh pengunjung sejak pukul 09.00 WIB. Waktu tersebut memang kerap dijadikan sebagai waktu untuk menikmati sarapan pagi.

Beberapa stasiun TV hingga Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil juga sudah mencicipi tempat sarapan legendaris di Kota Bandung yang satu ini.

Menu yang khas yang bisa kamu coba tentu saja berbagai macam olahan sayuran, seperti lotek sayur mentah/matang, dan Gado-gado.

Kamu juga bisa mencoba menu lain yang lebih berat seperti Lontong Kari ayam, laksa ayam, nasi timbel, dan aneka minuman yang siap membuat pagimu lebih bersemangat.

Baca juga: 11 Rekomendasi Tempat Makan Dekat Stasiun Bandung Terenak

2. Kupat Tahu Gempol

Kupat Tahu Gempol sarapan legendaris di bandung

Jika Kamu mencari tempat sarapan pagi di Bandung yang buka lebih pagi, Kamu bisa mencoba Kupat Tahu Gempol. Kamu bisa mengunjungi warung makan pagi ini mulai pukul 06.00 WIB tepatnya di Jalan Gempol Kulon Nomor 53, Citarum. View (Google Maps)

Kupat Tahu Gempol ini juga sudah masuk karegori legendaris lho, dan sesuai namanya menawarkan menu makan pagi murah berupa kupat tahu.

Rasa kupat tahu ini cukup manis akibat taburan bumbu kacang. Sebagai pelengkap, kupat tahu ini juga ditambahkan kerupuk terasi.

Buat Kamu pecinta kupat tahu, maka Kamu wajib banget berkunjung ke warung yang satu in. Dijamin Kamu akan merasa ketagihan dan sering-sering menyarap di kupat tahu Gempol.

Baca juga: 10 Tempat Nongkrong di Bandung, Paling Kekinian dan Lagi Hits

3. Bubur Ayam Mang H.Oyo

Bubur Ayam Mang H.Oyo - Sarapan Pagi Legendaris di bandung

Salah satu menu favorit untuk sarapan pagi ialah bubur ayam. Salah satu warung makan yang bisa menjadi pilihan Kamu untuk menyarap ialah bubur ayam khas Bandung Mang H. Oyo.

Bubur yang ditawarkan di tempat ini bisa terbilang unik. Memiliki tekstur bubur yang kental, menjadikan bubur dari kedai ini tidak akan tumpah walaupun Kamu membalik mangkuknya.

Tidak hanya memiliki rasa yang lezat, beras untuk pembuatan bubur di warung ini juga dipanen sendiri dari sawah pemiliknya. Tentu saja lebih terpercaya dan aman bukan?

Jika Kamu tertarik, Kamu bisa mengunjungi warung bubur ayam ini sejak pukul 06.00 WIB. Lokasinya berada di Jl. Sulanjana Nomor 30, Tamansari, Kota Bandung.

4. Warung Kopi Purnama

Warung Kopi purnama Bandung

Buat Kamu yang mencari cafe sarapan di Bandung, maka rekomendasi paling tepat yakni Warung Kopi Purnama. Cafe ini berlokasi ini Jl  Alkateri no 22. Kamu bisa menyantap berbagai menu untuk sarapan Kamu.

Banyak yang menyatakan bahwa warung kopi ini menjadi tempat yang asik untuk sarapan baik sendiri, bersama teman, pasangan, ataupun bersama keluarga. Kamu pun bisa leluasa memiliki menu yang tersedia di cafe tersebut.

5. Restoran Braga Permai

Restoran Braga Permai

Tempat ini sangat cocok sebagai tempat untuk menyantap sarapan pagi di Braga Bandung. Jika Kamu tinggal di kawasan Braga Bandung maka wajib banget mencoba berbagai menu di Braga Permai.

Braga Permai sendiri telah menjadi restoran dan tempat sarapan di Bandung yang sangat legendaris sejak lama tepatnya dari tahun 1918 di kawasan Bandung. Posisi Braga Permai ini yakni di Jl. Braga Nomor 58.

Menu kamulan yang wajib Kamu cicipi yakni nasi goreng pagi-pagi, zuppa-zuppa ataupun french toast. Selain itu, Kamu juga bisa memilih berbagai menu lain mulai dari makanan Indonesia hingga mancanegara.

6. Mie Rica Kejaksaan

Mie Rica Kejaksaan tempat sarapan enak di Bandung

Selain Braga Permai, tempat sarapan di Bandung lainnya yang bisa Kamu coba di Braga ialah Mie Rica Kejaksaan. Lokasi tepatnya yakni di Jl Kejaksaan Nomor 7 Braga Bandung. Sesuai namanya, tentu saja warung ini menawarkan banyak varian mie.

Kamu bisa menyantap sarapan pagi berupa menu mie sejak pukul 08.00 WIB hingga sore yakni pukul 17.00 WIB. Variasi mie yang ditawarkan juga sangat beragam seperti mie cacing, mie ayam, ataupun mie udang goreng.

Tempat sarapan dengan menu mie ini menjadi favorit banyak pecinta mie di Bandung. Untuk yang tidak suka mie, ada pula menu bakso seperti bakso udang goreng dengan cita rasa yang tak kalah lezatnya.

7. Soto Ahri Bandung

Soto Ahri Bandung

Buat Kamu yang berniat mencari rekomendasi tempat sarapan di Bandung. Kamu bisa mencoba sarapan di Buah Batu Bandung, yakni di Kedai Soto Ahri. Soto Ahri ini memanglah soto yang legendaris dan sangat terkenal di Bandung.

Tak heran jika warung sarapan ini terus diburu oleh penikmat kuliner di kawasan Bandung. Menu yang ditawarkan di tempat ini ialah soto asli Garut dengan tampilan dan rasa yang menggugah selera.

Siapapun pasti merasa ketagihan untuk menyarap soto pagi di Kedai Soto Ahri ini. Untuk itu, bagi Kamu yang tertarik Kamu dapat mencoba mengunjungi lokasi kedainya di Jl. Buah Batu nomor 235.

8. Kue Balok Cihapit Mang Udju

Kue Balok Cihapit Mang Udju

Buat yang tidak suka makanan berat di pagi hari, maka kue Balok Cihapit ini bisa menjadi pilihan terbaik. Kue Balok Cihapit yang paling terkenal sebagai  tempat sarapan di Bandung yaitu milik Mang Udju.

Lagi-lagi, Gubernur Jawa Barat sudah mencoba dan mencicipinya langsung sebagai terstimoni lho.

Kedai ini memiliki adonan yang kental dimana tekstur kue balok terasa lembut dan tidak membuat seret. Hal inilah yang menjadi daya tarik pecinta kue balok karena berbeda dengan kue balok yang lainnya.

Dari penuturan sang pemilik, tekstur lembut dari kue balok tersebut disebabkan karena proses pembuatan yang berbeda. Adonan kue balok tidak dibuat dari campuran air, melainkan dari susu cair sehingga tak membuat seret.

Jika Kamu tertarik, Kamu bisa berkunjung di kedai ini mulai pagi hingga malam. Kamu bisa memilih berbagai varian rasa dan toping yang disediakan. Alamatnya berada di kawasan Pasar Cihapit, tepatnya Jl. Cihapit Bandung.

9. Warung Nasi Bu Eha

Sarapan Pagi di Bandung - Warung nasi Bu Eha

Rekomendasi tempat sarapan di Bandung selanjutnya yakni warung sunda bu Eha. Lokasinya di Pasar Cihapit, tepatnya Jl Cihapit No8A Bandung. Berbagai lauk yang ditawarkan di tempat ini sangat menggugah selera.

Kamu bisa mencoba masakan daging, rendang, kepala, pepes, ikan, ayam, perkedel kentang, dan berbagai olahan lainnya.

Jika hendak sarapan maka sebaiknya Kamu datang pagi-pagi. Biasanya makanan di warung ini telah ludes menjelang makan siang.

10. Nasi Kuning Sumur Bandung

Nasi Kuning Sumur bandung

Buat Kamu yang mencari tempat sarapan pagi di Setiabudi Bandung, maka nasi kuning Sumur Bandung bisa menjadi pilihan yang tepat. Tempat sarapan di Bandung ini menawarkan menu nasi kuning yang sangat nikmat.

Sudah laris sejak 1966, banyak penikmat kuliner yang sudah mencicipi sarapan di warung nasi kuning ini. Untuk itu, cita rasa nasi kuning ini pun dijamin membuat Kamu ketagihan.

Di warung ini Kamu bisa menyantap sarapan yang membuat Kamu kenyang dengan harga ramah di kantong. Alhasil, warungnya pun selalu ramai pembeli. Selain nasi kuning, Kamu bisa menambahkan berbagai lauk sebagai pelengkap.

Harga nasi kuning (termasuk bihun, sambal, kerupuk) + telur cincang + ati ampela = Rp 15.000.
kalau tanpa ati ampela dan sisa menunya seperti di atas harganya Rp 17.000.

Lauk tersebut seperti telur dadar, olahan bihun, ayam yang pedas, ataupun perkedel kentang. Lokasi tepatnya berada di Jalan Sumur Bandung Nomor 12 Bandung.

Nah, itulah 10 daftar tempat sarapan pagi di Bandungdengan berbagai menu menarik dan berbeda. Kamu bisa memilih menu yang Kamu inginkan untuk disantap di pagi hari, baik itu bubur, nasi kuning, mie, olahan daging, kue, dan berbagai menu sarapan lainnya.

Tentu saja tempat sarapan tersebut terdiri dari berbagai lokasi di Bandung. Baik yang terdekat ataupun jauh dari tempat tinggal Kamu, semuanya sangat rekomended untuk dicicipi. Tak ada salahnya kan mencoba pelesir kuliner pagi satu persatu?

Penutup

Sekian, rekomendasi mengenai tempat sarapan di Bandung yang bisa Kamu kunjungi sewaktu-waktu. Tempat makan tersebut selain enak juga memiliki harga yang terjangkau. Tak ada salahnya berburu kuliner pagi hari di kawasan Bandung sebelum mulai beraktivitas.

SHARE:

Seorang traveller, penyuka dunia perhotelan dan pariwisata Indonesia. Ingin berbagi inspirasi melalui tulisan.

Tinggalkan komentar