Mengenal Layanan Wake Up Call di Hotel Beserta Cara Pelayanannya

Beberapa hotel menyediakan layanan wake up call jika ada tamu yang membutuhkan bantuan untuk dibangunkan sesuai permintaan.

Layanan ini sendiri sebenarnya menjadi solusi ketiadaan jam di dalam kamar tamu sedangkan kebutuhan mengikuti jadwal ada kalanya harus tetap berjalan.

Meski sebagian besar tamu menginap untuk keperluan liburan, tetapi layanan membangunkan tamu hotel ini cukup membantu saat ada tujuan penting tertentu.

Nah, untuk mengetahui lebih lanjut, simak ulasan dalam artikel berikut untuk mengenal layanan wake up call di hotel dan cara pelayanannya.

Pengertian Wake Up Call di Hotel

Wake up call adalah layanan yang umumnya disediakan hotel untuk membangunkan tamu melalui panggilan telepon pada waktu tertentu sesuai permintaan yang diajukan.

Biasanya, tamu yang meminta layanan ini memiliki tujuan tertentu, terlebih jika menginap untuk keperluan perjalanan bisnis.

Tamu perjalanan bisnis, sering kali hanya tidak banyak memiliki waktu untuk beristirahat hingga layanan wake up call sangat mendukung kelancaran kegiatan bisnisnya.

Misalnya, untuk mengingatkan waktu rapat dan waktu check-out atau bahkan panggilan untuk mempersiapkan diri ke bandara agar tidak ketinggalan jadwal pesawat.

Bagi tamu dengan tujuan liburan pun juga tidak jarang membutuhkan layanan ini saat ingin diingatkan jadwal kegiatan tertentu agar tidak terlambat bangun.

Cara Pelayanan Wake Up Call di Hotel

Cara pelayanan wake up call di hotel secara umum terbagi menjadi dua, yaitu cara otomatis dan cara manual. Berikut ini penjelasan singkatnya.

1. Cara Otomatis

Cara pelayanan dari wake up call di hotel yang pertama bisa menggunakan cara otomatis di mana tamu mengatur waktunya sendiri untuk bangun sesuai jadwal yang diinginkan.

Biasanya, tamu bisa melakukan set up mandiri melalui telepon atau televisi yang tersedia di dalam kamar hotel masing-masing.

Di dalam kamar memang sudah tersedia nomor atau tombol khusus untuk digunakan sebagai panggilan bangun ini dan akan berbunyi otomatis sesuai waktu yang ditentukan.

2. Cara Manual

Cara manual yang banyak digunakan tamu untuk memanfaatkan layanan wake up call di hotel berupa permintaan bantuan melalui petugas Front Office.

Nantinya, Resepsionis akan membangunkan tamu sesuai waktu yang diminta lewat panggilan telepon ke kamar.

Jika menggunakan cara ini, tamu harus memberikan informasi nama hingga waktu bangun yang diinginkan untuk dicatat oleh staf Front Office dalam daily wake up call list.

Dalam praktiknya, ada langkah-langkah khusus untuk menangani pelayanan wake up call dengan cara manual, yaitu sebagai berikut.

  • Petugas Front Office akan melakukan prosedur greeting dengan memberikan salam dan menawarkan bantuan kepada tamu.
  • Untuk keperluan layanan wake up call, petugas akan mencatat semua data yang diperlukan dengan akurat.
  • Data tersebut meliputi nama tamu, nomer kamar, waktu yang diinginkan, hingga permintaan khusus jika ada.
  • Demi menghindari kesalahan, petugas akan mengulangi permintaan tamu tersebut.
  • Jika sudah selesai, petugas Front Office akan mengucapkan terima kasih dan memberi salam.
  • Setelah itu, petugas akan mencatat data tamu yang didapat ke dalam daily wake up call list.
  • Jika ada pergantian shift, akan ada serah terima daily wake up call list kepada rekan kerja yang baru.

Kendala Wake Up Call Hotel

Dalam melakukan prosedur pelayanannya, tidak jarang petugas Front Office akan menemui risiko kendala wake up call hotel, berikut beberapa di antaranya.

1. Tamu Tidak Menjawab Panggilan

Kendala utama dari layanan wake up call hotel yang sering terjadi adalah tamu yang tidak menjawab panggilan petugas.

Saat dibangunkan sesuai waktu yang diminta melalui telepon, terkadang tamu tidak merespons karena belum masih tidur.

2. Telepon Tidak Berfungsi Dengan Baik

Faktor teknis seperti telepon yang tidak berfungsi dengan baik juga menjadi kendala lainnya saat petugas Front Office hotel menjalankan prosedur wake up call.

Kondisi telepon kamar tamu yang mengalami masalah ini akan menghambat kinerja petugas hotel dalam melakukan panggilan tepat waktu.

3. Keadaan Telepon Tidak Tertutup Dengan Benar

Keadaan di mana telepon di kamar tamu tidak tertutup dengan benar juga menimbulkan kendala dalam menjalankan layanan wake up call hotel.

Hal ini terjadi saat tamu menelepon tetapi belum meletakkan gagang telepon dalam posisi yang benar hingga memicu nada sibuk.

Namun, biasanya pihak hotel akan segera melapor kepada Duty Manager dan segera mengutus petugas security atau Bellboy untuk membantu membangunkan tamu.

Itulah tadi ulasan untuk mengenal layanan wake up call di hotel dan cara pelayanannya yang sudah kami rangkum sebagai gambaran umum.

Melalui pemahaman tentang wake up call yang tepat, kamu bisa memanfaatkan layanan ini jika membutuhkan pengingat untuk jadwal di waktu tertentu sesuai permintaan.

Selain itu, kamu juga bisa menemukan berbagai fasilitas dan layanan di hotel lainnya yang disediakan untuk kenyamanan serta pengalaman positif tamu selama menginap di hotel.

SHARE:

SEO Specialist di bidangnya. Mempunyai team yang punya pengalaman sebagai akademisi maupun praktisi.

Tinggalkan komentar

Konten dengan Hak Cipta Dilarang Copy-Paste

Depo 25 Bonus 25

Slot Bet 200