0838 Nomor Apa? Operator Apa, Ini Jawabannya

Apakah kamu pernah mendapatkan chat WhatsApp, SMS, ataupun panggilan masuk dari nomor 0838? Lantas sebenarnya 0838 nomor apa dan berasal dari operator mana? Ini mungkin menjadi pertanyaan sederhana yang terlintas dalam pikiran saat kamu dihubungi oleh nomor yang tidak dikenal.

Tak dapat dipungkiri bahwa saat ini berbagai aktivitas dapat dilakukan dengan memanfaatkan perangkat teknologi. Hal tersebut dianggap lebih efisien dan nyaman dalam kehidupan sehari-hari. Salah satunya dengan melakukan komunikasi dengan perantara smartphone yang tentunya juga membutuhkan SIM Card sebagai salah satu sarananya.

Oleh sebab itulah mengetahui jenis kartu yang digunakan oleh orang lain yang lebih dahulu menghubungimu itu cukup penting, terutama bila kamu ingin memberikan respon balik kepadanya. Oleh sebab itulah kamu perlu mengetahui jawaban terkait nomor dengan awalan 0838 pada artikel ini secara tuntas!

0838 Nomor Apa?

Seperti yang diketahui bahwa smartphone menjadi produk teknologi yang paling menarik dan banyak digunakan. Selain menjadi alat komunikasi jarak jauh, smartphone juga telah memiliki banyak fungsi, termasuk untuk melakukan pekerjaan. Sedangkan setiap smartphone tentu membutuhkan kartu seluler yang memiliki kode digit angka tertentu.

Oleh sebab itulah setiap jaringan provider memiliki dan menetapkan awalan nomor telepon atau disebut juga sebagai kode prefix. Seperti yang telah diketahui, sejauh ini Indonesia mempunyai berbagai macam provider telekomunikasi seluler, mulai dari Indosat, XL Axiata, Smartfren, hingga Telkomsel.

Karena jumlah provider yang digunakan masyarakat bukan hanya satu jenis, membuat sebagian orang merasa bingung jika mendapatkan pesan atau telepon dari nomor yang tidak mereka kenali, misalnya dari awalan 0838. Tak heran mereka penasaran dengan nomor 0838 kartu apa sebenarnya.

0838 merupakan kode prefix yang akan menjadi pembeda antar provider. Pada umumnya nomor ponsel terdiri dari 11, 12, hingga 13 angka yang awalannya terdiri dari empat nomor pembuka atau kode prefix.

0838 Kartu Apa

0838 nomor apa? 0838 adalah kode prefix nomor kartu Axis dari XL Axiata. Dapat diketahui bahwa Axis sudah menjadi bagian dari provider XL Axiata sejak tahun 2014 silam.

Selain itu, Axis sendiri dikenal sebagai kartu seluler yang menawarkan tarif layanan yang sangat murah. Bahkan, Axis juga memberikan layanan berupa SMS gratis hingga ribuan ke sesama maupun semua operator. Inilah mengapa cukup penting mengetahui 0838 nomor apa serta berasal dari operator mana.

Kegunaan mengetahui hal tersebut yakni untuk menentukan keputusanmu saat hendak menghubungi nomor baru dengan awalan 0838. Sebab kamu perlu mempertimbangkan pulsa atau tarif yang akan dikeluarkan saat menjalin komunikasi dengan lain operator.

Menariknya, hingga saat ini nomor dengan awalan 0838 yakni milik kartu Axis ini masih saja memberikan banyak promo murah yang bisa dimanfaatkan oleh penggunanya. Seperti paket internet yang murah mulai dari paket sosial media, paket regular, hingga paket gaming. Selain itu ada pula paket SMS dan nelpon yang tak kalah ramah di kantong.

Kode Prefix Axis di Berbagai Daerah Indonesia

Kode PrefixAsal Daerah
08388 dan 08389Wilayah DKI Jakarta
083859, 083838, 083854, 083839, 083857, 083860, 083858Wilayah Surabaya
083881 dan 083883Wilayah Denpasar
083868 dan 083869Wilayah DI Yogyakarta
083866 dan 083864Wilayah Solo
0838619 dan 0838618Wilayah Pekalongan
0838618 dan 083861Wilayah Purwokerto
083853Wilayah Jember
083851Wilayah Blitar
083850 dan 083855Wilayah Madiun
083837Wilayah Pasuruan
083828, 083829, dan 083827Wilayah Bandung
083826Wilayah Tasikmalaya
083825Wilayah Sumedang
083818Wilayah Sukabumi
083817Wilayah Cianjur
083816Wilayah Purwakarta
083814Wilayah Karawang
083812Wilayah Serang
083819 dan 083810Wilayah Bogor

Cara Mengetahui Operator Nomor Ponsel

Apabila kamu merasa kesulitan untuk mengingat berbagai kode prefix dari beberapa provider, kamu juga bisa langsung melakukan pengecekan operator dari nomor yang ingin diketahui. Ini termasuk untuk menilik secara langsung 0838 nomor apa. Berikut ini beberapa hal yang dapat dilakukan.

  • Langkah pertama yakni dengan membuka aplikasi ecommerce, M-Banking, atau Dompet Digital yang kamu miliki
  • Kemudian pilih menu “Top up dan Tagihan”
  • Berikutnya pilih menu “Paket Data atau Pulsa”
  • Lantas masukkan empat digit pertama dari nomor ponsel (kode prefix) yang ingin dicek. Nantinya secara otomatis aplikasi yang kamu gunakan akan langsung memberikan informasi terkait operator apa yang digunakan oleh nomor tersebut.

Dengan beberapa langkah tersebut selain mengetahui 0838 itu nomor apa, kamu juga bisa mengecek nomor dari provider lainnya. Meskipun demikian, kamu tidak perlu sungguh-sungguh melakukan pembelian pulsa. Kamu hanya perlu mengetikkan kode prefix guna mengecek jenis operator yang digunakan.

Cara Dapat Bonus Kuota Axis yang Super Murah

Setelah tahu 0838 nomor apa, tak ada salahnya jika kamu juga mengetahui bagaimana cara untuk mendapatkan bonus kuota murah dari Axis. Sebagai pengguna kartu Axis tentunya kamu membutuhkan tarif yang murah, bukan? Sebab semakin murah harga paket yang kamu gunakan, maka kamu akan lebih mudah menghemat pengeluaran selama sebulan.

Bagi kamu yang ingin menggunakan kartu Axis, operator ini telah memberikan penawaran promo internet terbaik dan sangat murah setiap hari Rabu. Caranya sangat gampang, kamu hanya perlu mengetik kode *123888# dan temukan penawaran paling tepat sesuai kebutuhan.

Selain itu kamu juga bisa mendaftarkan Axis Rabu Rawit untuk memperoleh paket murah meriah lainnya yang telah ditawarkan. Selain dari hari Rabu, kamu bahkan tetap bisa mendapatkan penawaran murah lainnya di hari Jumat. Menarik sekali, bukan?

Sementara itu Axis juga mempunyai beberapa produk unggulan, termasuk paket internetnya yang juga dikenal dengan paket Bombastis dan paket IRIT. Seprti halnya Axis Owsem yakni promo paket internet yang sangat murah.

Ada pula AXISNet App di mana kamu bisa memanfaatkan fitur-fitur menarik dari Axis yang akan membuat harimu menjadi semakin seru dan ceria. Sedangkan paket BRONET 24 jam akan memberikan banyak pilihan seru untuk bisa internetan selama seharian.

Cara Cek Kuota Axis

Setelah mengetahui 0833 nomor apa, kamu juga dapat mengetahui kuota Axis yang dimiliki. Kamu bisa melakukannya melalui fitur panggilan USSD. Berikut beberapa langkah sederhana yang dapat kamu ikuti.

  • Langkah utama silakan buka menu panggilan di ponselmu
  • Kemudian tekan angka kombinasi dari *123#
  • Berikutnya silakan tekan “Call” atau “OK”
  • Lantas masukkan angka “7” sebagai pilihan untuk “MyInfo”
  • Setelah itu pilih angka “2” atau “3” untuk mengecek kuota pada menu “Info Paket”
  • Teruskan langkah dengan klik menu paket yang kamu gunakan
  • Selesai. Kamu akan langsung diberi informasi terkait sisa kuota Axis yang masih bisa kamu gunakan.

Cara Cek Nomor Axis Secara Pribadi

Setelah menemukan jawaban 0838 nomor kartu apa yang tak lain adalah Axis, kamu juga dapat mengetahui cara untuk mengecek nomor pribadimu. Namun, ini hanya berlaku bila kamu merupakan salah satu pengguna kartu Axis.

Ada beberapa opsi yang dapat kamu pilih, mulai dari dial up, menghubungi customer service Axis, melalui aplikasi AXISNet, melalui SMS atau telepon, hingga website resmi Axis. Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan.

1. Cara Cek Nomor Axis Lewat Customer Service

Mengetahui nomor hp 0838 kartu apa membuat kamu merasa tenang, bukan? Hal tersebut memang mudah dilakukan. Akan tetapi untuk mengetahui nomor Axis yang kamu gunakan, kamu bisa mengeceknya melalui customer service dengan mengikuti beberapa langkah berikut ini.

  • Langkah pertama yakni dengan menghubungi 838 atau 0838 8000 383
  • Kemudian silakan tanyakan nomor Axis yang kamu gunakan secara langsung kepada pihak customer service

Cukup dengan dua langkah kamu sudah bisa mengetahui nomor Axis milikmu. Akan tetapi perlu diingat bahwa untuk melakukan hal tersebut kamu akan dikenakan biaya sebesar Rp800 per panggilan.

2. Cara Cek Nomor Axis Lewat Diap Up

Ada dua opsi yang bisa kamu pilih untuk mengecek nomor Axis melalui dial up. Berikut cara beserta langkah-langkah mudahnya.

  • Pertama kamu hanya perlu membuka menu telepon
  • Kemudian silakan ketik *123*10# pada papan panggilan di ponselmu
  • Setelah itu pilih menu “My Info”
  • Berikutnya klik menu “Nomor 5”

Atau kamu juga bisa mengeceknya dengan langkah ini:

  • Langkah awal dengan membuka menu telepon sebagaimana biasanya
  • Berikutnya kamu dapat menekan nomor *123*7# pada dial ponselmu
  • Lantas pilih “Info Nomor”
  • Kemudian kamu akan langsung mengetahui respons operator dan nomor ponselmu akan tampil di layar.

3. Cara Cek Nomor Axis Lewat Aplikasi AXISNet

Tak cukup hanya mengetahui 0838 nomor apa, kamu pun perlu tahu cara mengecek nomor pribadi. Dengan begitu kamu juga bisa memberi tahu pengguna lain bila mereka menemukan kendala seperti lupa nomor telepon. Cara yag ketiga ini membutuhkan aplikasi dari Axis yakni AXISNet. Untuk mengetahui nomor milikmu silakan ikuti beberapa langkah berikut:

  • Pertama silakan install aplikasi MyAxis
  • Kemudian silakan buka aplikasi tersebut yang sudah terpasang di ponselmu
  • Berikutnya pada “Home” atau halaman awal kamu dapat melihat detail dari informasi nomor kamu termasuk sisa kuota yang dimiliki.

Penutup

Mulai sekarang cobalah untuk tetap tenang saat hendak merespons kemunculan nomor baru yang menghubungi kamu, baik melalui SMS, telepon, maupun pesan WhatsApp. Tetap pahami konteks yang kamu terima dari nomor tersebut untuk menghindari terjadinya hal-hal negatif yang tidak diinginkan.

Mengingat bahwa di Indonesia sendiri memiliki banyak jenis provider, tak ada salahnya bila kamu juga mengetahui atau mengingat kode prefix beberapa di antaranya. Sehingga kamu dapat memberikan informasi tersebut kepada orang lain yang juga membutuhkan.

Nah, sekarang rasa penasaran tentang 0838 nomor apa sudah terjawab dengan tuntas, bukan? Yang mana nomor tersebut merupakan awalan nomor atau kode prefix yang biasa digunakan oleh kartu seluler Axis dari XL Axiata. Dengan beragam keunggulan dan produk yang ditawarkan, kamu bisa menentukan respons yang akan diberikan saat dihubungi nomor tersebut.

SHARE:

SEO Specialist di bidangnya. Mempunyai team yang punya pengalaman sebagai akademisi maupun praktisi.

Tinggalkan komentar

Konten dengan Hak Cipta Dilarang Copy-Paste