Strategi online hotel
Image source : freepik.com

Strategi pemasaran online hotel sebenarnya mencakup sejumlah besar topik, keterampilan, dan teknik. Ini perlu diketahui oleh para pelaku bisnis perhotelan. Khususnya di era digital yang telah merubah cara orang memutuskan untuk menginap dimana. 

Pemasaran hotel yang efektif berarti calon tamu atau pelanggan akan terpengaruh oleh merek Anda di mana pun, terlepas dengan cara apa pun mereka memilih untuk meneliti, merencanakan, dan memesan hotel.

Jalur pemesanan hotel di era digital sangat luas. Ini bisa menjadi kesempatan, Anda hanya perlu lebih fokus pada teknik yang paling memungkinkan Anda coba tangkap di jaring Anda.

Artikel tentang strategi pemasaran hotel di era digital ini akan membantu Anda. Khususnya dalam menerapkan langkah-langkah strategis untuk menjangkau calon pelanggan secara online. 

Strategi Pemasaran Online Hotel di Era Digital 

Bagi banyak pemilik, digital marketing hotel adalah wilayah baru. Beberapa bahkan tidak mengenalnya. 

Mungkin saat ini, cara memasarkan hotel secara konvensional masih berlaku dalam beberapa kasus. Beberapa standar lama masih berlaku. Itu terkait pengalaman pengguna. Mencakup tentang kenyamanan dan sistem pelayanan. 

Namun, dunia digital telah mengubah perilaku konsumen dalam memutuskan kemana mereka akan menghabiskan uangnya.  Misalnya, milenial sekarang menguasai dua pertiga daya beli di dunia dan statistik terbaru menunjukkan bahwa, rata-rata mereka menghabiskan lebih dari lima jam per hari di media sosial. 

Dari fakta tersebut, hotel yang gagal memaksimalkan konten di Facebook, Instagram, dan platform sosial lainnya; praktis tidak terlihat. Itu artinya, akan kehilangan peluang penjualan. 

Untuk mendalami seluk-beluk yang mempengaruhi digital marketing hotel dan tindakan spesifik yang dapat diambil mari kita lihat lebih jauh.

Bagaimana pasar hotel saat ini?

Hotel yang dapat bertahan dan berkembang saat ini, adalah mereka yang memiliki strategi pemasaran digital yang mencakup semua poin dalam artikel ini. 

Jadi, jika Anda merasakan penjualan Anda mulai menurun, itu bukan berarti pasar sepi. Mungkin cara orang memesan hotel-lah yang telah berubah. Dan bisnis Anda mungkin tidak masuk dalam sistem baru tersebut.

Either way, ini bukan tentang kasus melakukan sedikit di sana-sini! Melainkan tentang membuat cetak biru pemasaran yang akan meningkatkan penjualan hotel Anda.

Jadi, pahami point-point utamanya lalu buat rencana yang sesuai dengan target pasar dan kondisi bisnis hotel Anda.

10 Tips Digital Marketing Hotel Untuk Meningkatkan Penjualan Secara Online

Mari kita mulai dari yang pertama dan paling utama;

hotel online strategi
Image Source : freepik.com

1. Anda memerlukan website yang luar biasa untuk mendukung strategi pemasaran digital hotel Anda

Banyak pengunjung yang menggunakan agoda.com, traveloka.com atau salah satu dari banyak mesin pemesanan lainnya untuk menemukan penawaran harga hotel terbaik.

Namun, Anda juga akan perlu mengetahui bahwa, banyak pengguna online kemudian akan mencari website hotel terkait untuk informasi lebih lanjut atau harga yang lebih baik untuk malam itu. Dan atau sesuatu yang lebih personal.

Melalui kondisi ini, Anda benar-benar membutuhkan website yang menarik untuk hasil terbaik. Dan website yang bagus sangat penting untuk segala bisnis di era digital. 

Mari kita lebih jauh manfaat website, sebagai alasan kuat mengapa Anda harus memilikinya; 

Lokasi

Melalui website, jelas memungkinkan Anda dapat menguraikan lokasi dan fitur-fitur di area hotel. Bukan hanya menjelaskan rute bagaimana seorang turis atau calon pelanggan dapat datang ke hotel Anda. Dalam kebanyakan kasus, rincian lokasi hotel yang jelas adalah cara pertama di mana sebuah hotel dapat membedakan dirinya dari kompetisi

Suara

Mesin pemesanan atau biasa disebut marketplace pada dasarnya bersifat umum. Sementara dengan memiliki website sendiri Anda memiliki kesempatan untuk berbicara langsung dengan pelanggan. Dengan kata lain, Anda dapat menampilkan hal-hal lebih personal atau menyampaikan informasi lengkap untuk “berbicara dalam bahasa mereka” dalam membangun hubungan emosional dengan pelanggan potensial.

Fitur

Mengapa pelanggan memilih hotel Anda bukan yang lain? Memiliki website khusus memungkinkan Anda untuk menguraikan fitur paling menarik yang membedakan Anda dari hotel lain mana pun. Seperti yang Anda ketahui, marketplace jarang meluangkan waktu untuk menyoroti aspek-aspek ini sebagaimana mestinya.

Pasar Pribadi

Mencari peluang penjualan di marketplace itu sangat bagus. Tapi perlu diketahui juga, itu artinya Anda bersaing di tengah samudera. Karena ada begitu banyak penjual yang berkompetisi di area tersebut. Jika Anda mampu menangkap beberapa pelanggan dari sana, ada baiknya Anda mendorong mereka melakukan transaksi melalui website Anda untuk pemesanan selanjutnya.

Ini menjauhkan pelanggan Anda dari pengaruh penawaran menarik kompetitor Anda di marketplace. Melalui website, Anda seperti membangun pasar pribadi tanpa saingan. Menjadi ikan besar di kolam jauh akan lebih baik dari pada berada di samudera yang luas diantara ikan-ikan besar lainnya. 

SEO

Optimalisasi mesin pencari sangat penting untuk kesuksesan jangka panjang. Ini adalah tentang cara menarik calon pelanggan secara gratis dari mesin pencari. Pemasaran hotel secara digital akan semakin bergantung pada upaya ini untuk menghasilkan informasi berharga bagi pengguna akhir. 

Dengan website sendiri, Anda dapat meningkatkan kata kunci dan tautan media sosial ke peringkat pencarian pemesanan dan seiring waktu, ini dapat mengurangi ketergantungan hotel pada marketplace tersebut.

2. Menghasilkan konten dalam jumlah besar di website hotel Anda

Konten marketing saat ini sangat populer dan memiliki kekuatan tersendiri, tetapi ada alasan bagus untuk fokus dalam pemasaran konten. Konten adalah cara terbaik untuk mengarahkan lalu lintas berkelanjutan ke website hotel.  

Membuat konten yang informatif dan mengedukasi calon pelanggan merupakan strategi yang paling efektif. Biasanya, ada dua bentuk konten yang sangat berpengaruh untuk pemasaran hotel, itu adalah – gambar dan deskripsi:

Gambar

Anda memerlukan fotografer profesional untuk website hotel. Gambar berkualitas tinggi menceritakan sebuah kisah dan fotografer profesional, tahu cara mengabadikan kisah ini di setiap bidikan.

Ketika Anda memikirkannya, gambar-gambar ini adalah wajah merek Anda dan setiap mesin pemesanan juga akan menggunakan foto-foto ini, sehingga masuk akal untuk meluangkan waktu, tenaga, dan uang untuk membuat kesan pertama yang tepat.

Deskripsi

Apakah sarapan hotel adalah jenis racikan legenda atau setiap kamar menawarkan pemandangan indah dari balkon, Anda perlu menyiarkan detail ini dengan keras dan jelas. Tempat tidur mewah, staf yang ramah, dan sauna adalah semua fitur yang mungkin Anda banggakan dan perlu dikomunikasikan kepada calon tamu.

Sederhananya, tamu Anda tidak akan tahu apa yang tidak Anda katakan kepada mereka dan fitur-fitur ini adalah apa yang kebanyakan orang pikirkan, ketika harus memilih opsi terbaik untuk masa inap mereka.

Gambar dan deskripsi adalah alat yang mewakili Anda berbicara secara digital dengan calon pelanggan Anda. Itu artinya, Anda perlu memastikan alat tersebut mampu memberi citra terbaik yang ingin Anda ingin, calon pelanggan tahu tentang hotel Anda. 

Untuk pemarasan tingkat lanjut, Anda juga boleh berpikir tentang membuat video untuk konten marketing Anda.

3. Mengelola semua ulasan & reputasi online

Seperti yang Anda ketahui, Tripadvisor telah mendapat sorotan dalam beberapa tahun terakhir karena ulasan palsu dan aktivitas yang agak jahat – untungnya mereka juga telah melakukan langkah khusus terhadap pelanggar. 

Namun, reputasi adalah segalanya di industri hotel dan ulasan online masih merupakan satu-satunya cara untuk menarik calon pelanggan baru. 

Jelas, ratusan ulasan bintang lima akan menghasilkan penjualan lebih baik. Namun perlu diingat bahwa, satu ulasan buruk juga dapat sangat merusak reputasi hotel.

Untuk alasan ini, penting untuk meminta ulasan positif dari pelanggan dan meninggalkan pengingat permintaan ini di setiap kesempatan. 

Anda juga perlu membagikan ulasan positif ini di media sosial dan meluangkan waktu untuk menanggapi dengan apresiasi atas ulasan tersebut. Untuk menunjukkan perhatian Anda.

Selanjutnya, menanggapi ulasan negatif sama pentingnya untuk manajemen reputasi online.  Artinya, ini adalah kesempatan Anda untuk meminta maaf dan memperbaiki diri, serta mengurangi kekhawatiran yang mungkin ditimbulkan oleh ulasan ini kepada tamu lain dimasa mendatang.

4. SEO untuk pemasaran online hotel yang patut diperjuangkan

SEO
Image Source : Freepik.com

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization. Ini adalah serangkaian upaya untuk meningkatkan potensi website Anda muncul di peringkat teratas mesin pencari. Tentunya dengan kata kunci yang menghubungkan Anda dengan calon pelanggan, saat mereka melakukan pencarian.

Perlu diingat bahwa, kecendrungan orang sebelum memesan hotel biasanya akan mencari informasi melalui internet. Dan ketika dalam proses tersebut mereka menemukan website Anda, itu artinya potensi yang sangat dekat dengan konversi. 

Digital marketing sangat bergantung pada SEO. Traffic organik atau lalu lintas yang di dapat gratis dari mesin pencari, cenderung memiliki nilai konversi tinggi. Bahkan jika dibandingkan dengan iklan. 

Karena, pengguna jenis ini telah memiliki minat atas kata kunci yang mereka ketik di kotak penelusuran. 

Contoh, saat pengguna mengetik kata kunci “hotel di dekat kantor kementerian agama” jelas dalam hal ini mereka memiliki minat untuk mencari tempat menginap di sekitar lokasi tersebut. Dan saat mereka menemukan website Anda dengan penawaran yang jelas dan menyakinkan, mereka akan menghubungi no contact Anda. 

Secara garis besar, praktik SEO dibagi menjadi dua kategori utama yakni; 

  • SEO On-page 
  • SEO Off-Page. 

SEO On-page adalah strategi SEO yang dapat dilakukan lebih cepat dan lebih mudah. Sementara SEO Off-page walau pun sulit, adalah cara paling efektif untuk mendapatkan daya tarik online. Mari kita lihat, gambaran dasar cara kerja 2 kategori SEO ini lebih dekat.

SEO On-page 

SEO On-page – biasa juga disebut SEO On-site mengacu. Dari istilah sudah jelas bahwa ini adalah tentang apa yang ada dalam situs Anda. 

SEO on-page merupakan upaya upaya untuk mengoptimalkan elemen website hotel untuk meningkatkan visibilitas online. Ini mencakup strategi ini untuk meningkatkan konten halaman, posting blog, gambar, hingga struktur navigasi website itu sendiri. 

Elemen selanjutnya yang tidak kalah penting adalah, strategi penentuan kata kunci yang tepat. Karena, ini dapat secara dramatis meningkatkan potensi traffic dari pencarian organik di mesin pencari. 

Bukankah, Anda ingin ditemukan oleh pengguna yang memiliki niat pencarian yang relevan dengan layanan hotel Anda. Cara riset kata kunci adalah strategi utama yang perlu Anda pelajari. Karena ini menyangkut seberapa banyak orang mencari dan frasa kata apa yang biasa digunakan. Hingga pada titik tingkat kesulitan berdasarkan situs apa saja yang telah mendapat peringkat untuk kata kunci tersebut. 

Jadi, Anda dapat menargetkan kata kunci yang paling memungkinkan untuk dilakukan. 

SEO Off-Page

SEO Off-page – atau bisa disebut SEO di luar situs. Ini adalah proses yang paling sering melibatkan pembuatan tautan (backlink) dari situs eksternal mengarah ke website hotel Anda. Juga mencakup sinyal sosial melalui proses berbagi link di media sosial. 

Perlu diketahui bahwa, kualitas dan kuantitas backlink merupakan faktor penting yang diperhitungkan mesin pencari dalam menentukan peringkat website. 

Artinya, semakin banyak website lain menautkan konten mereka ke situs Anda, itu akan menjadi sinyal yang dihitung oleh mesin pencari bahwa; website Anda populer dan penting. Sehingga layak untuk dipromosikan pada pengguna mereka dengan memberi peringkat teratas.

Begini gambarannya, Anda mungkin bisa menyewa web developer profesional untuk membuat website yang secara kualitas sama dengan trivago atau traveloka. Dan tentu, ada begitu banyak orang yang mampu membuat, bahkan lebih bagus dari itu. 

Namun, saat Anda menargetkan kata kunci yang sama dengan mereka, maka Anda akan kesulitan untuk mengungguli mereka. Jawabannya, mereka dianggap lebih populer dan memiliki otoritas tinggi terkait kata kunci tersebut. Itu dinilai dari jumlah dan kualitas tautan yang masuk ke situs mereka. 

Tautan, adalah pemain kunci dalam strategi SEO. Dan kabar baiknya, itu dapat Anda lakukan saat memiliki rencana untuk ikut berkompetisi mendapat jutaan traffic organik dari mesin pencari. 

Dalam hal ini, strategi guest posting, konten sponsor, atau menggunakan layanan Jasa Backlink dari perusahaan profesional adalah cara paling umum untuk memperolah backlink berkualitas dalam meningkatkan SEO Off-Page Anda.

Dan faktanya, halaman yang Anda baca saat ini adalah strategi link building yang digunakan oleh Garuda Website. Salah satu perusahaan layanan pengembangan web dan SEO melalui teknik Guest Posting, di situs ini. 

Selain bermanfaat meningkatkan potensi peringkat website di mesin pencari. Strategi link building yang baik, juga menjadi cara efektif untuk melakukan branding atau memperkenalkan bisnis Anda pada audiens secara luas. 

Setidaknya, sekarang Anda kenal dengan Garuda Website bukan? Anda ditunggu oleh tim SEO berpengalaman jika ingin konsultasi strategi marketing melalui SEO lebih jauh. (Ini strategi marketing melakui link building, hehehe)

5. Lokal SEO adalah fokus strategi marketing yang efektif di era digital

Bisnis apa pun yang memiliki lokasi fisik atau melayani area geografis tertentu jelas perlu untuk manfaatkan SEO lokal. Karena mesin pencari memprioritaskan hasil mesin pencarian berbasis lokal untuk kata kunci tertentu. Dan itu termasuk hotel. 

Itu artinya, saat orang mengetik kata kunci “hotel terdekat” di sekitar lokasi hotel Anda, maka seharusnya bisnis Anda muncul di bagian teratas. Itu juga termasuk peta Google.

SEO Local

SEO lokal tidak hanya mengoptimalkan gambar, deskripsi, tag, atau judul di website terkait lokasi hotel Anda. Karena ada lebih banyak lagi dari proses ini.

Anda perlu membangun eksistensi di direktori bisnis lokal. Misalnya, Yelp, Tripadvisor, dan website direktori bisnis lainnya. Anda dapat memulai upaya SEO lokal dengan mengoptimalkan dan meningkatkan detail pada situs direktori ini. 

Selain itu, Google Bisnisku semakin efektif dalam hal peringkat untuk kueri penelusuran lokal. Anda perlu memastikan setiap aspek profil dibuat lengkap untuk mendapat manfaat dari peluang ini.

Anda juga dapat fokus pada konten lokal dan membuat postingan atau video tentang aktivitas, acara, atau atraksi di area terdekat. Dengan cara ini, SEO lokal dapat membantu memberikan website hotel Anda rasa relevansi yang lebih besar untuk permintaan pencarian dan otoritas pada area bisnis Anda.

SEO Lokal adalah tentang bagaimana bisnis Anda muncul saat pencarian terkait dengan lokasi tertentu. Dan ini sedikit lebih mudah dari SEO umum. Karena bisnis Anda mendapat prioritas peringkat di untuk pencarian terkait wilayah Anda.

6. Promosi Hotel di media sosial

Banyak pemilik hotel lupa bahwa Facebook masih menjadi raja media sosial dan mesin utama untuk mendorong pemasaran digital, termasuk bisnis hotel.

Ulasan positif – Coba Anda lihat, bagian ulasan ditempatkan tepat di bagian atas halaman Facebook. Tapi sayangnya, banyak hotel tampaknya mengabaikan fitur ini secara maksimal. Walau pun Anda memiliki setumpuk ulasan di Tripadvisor atau di tempat lain, ulasan positif di bagian ini akan menanamkan keyakinan dan kepercayaan pada calon tamu.

Penjualan Facebook – Facebook sekarang memungkinkan pemilik bisnis untuk melakukan pemesanan dan bahkan pembayaran melalui platform mereka. Faktanya, Trivago baru-baru ini memberikan penghargaan kepada sebuah resor di Meksiko untuk kampanye media sosial mereka yang luar biasa. Dimana menghasilkan sejumlah besar pemesanan langsung melalui Facebook.

Twitter – Meskipun sering diabaikan; selain Instagram atau Facebook, Twitter adalah alat yang fantastis untuk menjangkau target pasar yang sangat spesifik. Trivago juga memberikan penghargaan kepada Cedar Manor di Inggris untuk bagaimana hotel ini berhasil mengarahkan begitu banyak lalu lintas dengan menggunakan tagar untuk menyoroti acara, berita, dan atraksi di area lokal.

Instagram – Tak perlu dikatakan lagi, Instagram menawarkan hotel kesempatan untuk menjangkau pasar yang sangat besar dan dengan gambar yang tepat, ini adalah cara lain yang jelas akan menunjukkan kualitas hotel yang tinggi.

Orang – Di sisi lain, media sosial adalah tentang orang-orang dan beberapa strategi pemasaran digital hotel terbaik adalah yang melibatkan staf dan orang-orang di belakang hotel. Bagaimanapun, cerita sangat efektif dalam konten marketing. Bercerita tentang staf adalah cara yang bagus untuk menciptakan hubungan yang bermakna antara hotel dan calon tamu.

7. Mendengarkan suara di media sosial

Mendengarkan suara publik mengacu pada strategi pemasaran digital hotel yang menggunakan pelacak dan alat untuk mengetahui bisnis Anda disebut secara online di media sosial. 

Tapi mengapa ini penting?

Mendengarkan apa yang dibicarakan orang secara online tentang bisnis hotel Anda; adalah kesempatan Anda untuk berinteraksi dengan tamu. Ini adalah cara yang bagus untuk menunjukkan kepada calon pelanggan masa depan, betapa Anda peduli. 

Namun, Anda tidak dapat menanggapi apa yang tidak Anda ketahui. Beberapa platform berikut dapat membantu bisnis mengetahui kapan orang-orang menyebut merek hotel Anda secara online; 

  • Hootsuite – Meskipun banyak orang menggunakan Hootsuite untuk mengotomatiskan posting media sosial, fitur pada dasboard alat ini juga berfungsi  untuk memeriksa penyebutan di Facebook, Instagram, Youtube, dan sebagian besar platform populer.
  • Curalate – Curalate adalah tentang meningkatkan proses penjualan untuk hotel. Platform ini memungkinkan Anda untuk menghubungkan konten media sosial ke website Anda, juga dapat memberi informasi penyebutan dalam prosesnya.
  • Sprout Social – Membentuk hubungan yang bermakna dengan tamu sangat penting bagi sebuah hotel. Sprout Social menawarkan banyak solusi yang dapat menunjukkan interaksi online yang berkaitan dengan merek bisnis.
  • Buzzsumo – BuzzSumo adalah alat pemantauan fantastis yang membantu Anda menemukan konten di media sosial yang berkaitan dengan hotel Anda. Mengetahi trend dari animo pengguna dalam berkomunikasi. Bahkan, Anda dapat memantau ketika nama domain atau tautan terkait website Anda yang muncul secara instan.

8. Cobalah Iklan Facebook’s Dynamic untuk hotel

Iklan Facebook masih jauh dari “mati” dan banyak bisnis memfokuskan sebagian besar anggaran pemasaran mereka di jalan ini. 

Faktanya, Wish sekarang menjadi salah satu toko e-commerce terbesar di dunia dengan lima juta pengguna dan platformnya, dibangun hampir seluruhnya menggunakan Iklan Facebook selama beberapa tahun terakhir.

Iklan Perjalanan adalah inisiatif baru yang memungkinkan hotel menampilkan iklan mereka di Facebook dan instagram kepada orang-orang yang kemungkinan besar akan bepergian.

Misalnya, jika pengguna menjelajahi hotel dan belum melakukan pemesanan, iklan wisata akan menempatkan hotel Anda di depannya untuk tanggal dan harga tertentu.

Sejauh digital marketing hotel berjalan, Iklan Dinamis Facebook tentu saja merupakan salah satu strategi paling menarik untuk menjangkau calon pelanggan di industri ini. 

9. Pemasaran email untuk hotel

Pemasaran email semakin penting dalam industri perhotelan dan ini terutama benar pada saat iklan dan pemasaran media sosial begitu umum. Pada saat yang sama, ini juga masih merupakan salah satu cara paling terjangkau untuk menjangkau audiens dan tidak memerlukan biaya di muka.

Namun, penting untuk mengambil pendekatan yang tepat dalam digital marketing hotel. 

Berikut adalah beberapa pertimbangan penting yang perlu diingat:

Segmentasi – Anda tidak dapat memulai promosi pemasaran email tanpa rencana yang kuat. Diantaranya, menentukan audiens Anda sangat penting. Ini untuk memastikan email Anda mendarat di tempat yang tepat. 

Dengan kata lain, Anda tidak bisa hanya mengirim email yang sama kepada semua orang dan mengharapkan kesuksesan. Database target Anda harus dibagi ke dalam kategori minat.

Menarik perhatian – Seharusnya tidak perlu dikatakan lagi, tetapi konten umum tidak memiliki tempat dalam pemasaran email. Anda perlu menggunakan penawaran, diskon, atau informasi tentang acara lokal untuk menarik perhatian pengguna ideal Anda. Intinya, harus ada nilai original dan unik dalam email agar memberi dampak yang baik.

Ini hanya beberapa hal yang perlu diingat. Tetapi pesan keseluruhan di sini adalah bahwa, pemasaran email efektif bila Anda mengambil pendekatan yang tepat. Jika tidak, email Anda dapat ditandai sebagai SPAM.

10. Aktifkan remarketing secara online

Remarketing atau Pemasaran ulang adalah proses yang membantu hotel terlibat dengan calon pelanggan yang mungkin telah mengunjungi website hotel dan mengabaikan pencarian mereka. 

Artinya, Anda dapat menggunakan strategi ini untuk membuat pengguna ini mengunjungi kembali website dan melakukan pembelian untuk kedua kalinya. 

Jika dipikir-pikir, ini sangat efektif karena Anda sudah tahu bahwa pengguna pada dasarnya telah siap melakukan pembelian. Hanya saja, mungkin mereka masih ragu.

Tapi bagaimana cara melakukannya? 

Layanan iklan remarketing hanya akan menargetkan pengguna sebelumnya. Untuk mengubah pikiran mereka. Mungkin Anda perlu memberi semacam diskon atau penawaran khusus untuk melibatkan kembali pelanggan tersebut.

Dalam hal ini, iklan Anda akan muncul di umpan berita pengguna dan menggoda mereka dengan penawaran yang menggoda juga. 

Sebagai aturan, penting bagi promosi jenis ini untuk menawarkan banyak nilai dan kata kunci yang tepat harus digunakan untuk menjangkau sebanyak mungkin pemirsa.

Kesimpulan

Seperti yang Anda lihat, strategi pemasaran hotel di era digital adalah topik yang luas. Tetapi tips di atas adalah beberapa strategi dan solusi paling praktis untuk maju dalam industri ini.

Meskipun beberapa metode memerlukan investasi finansial, sebagian besar proses ini bergantung pada pengetahuan atau pengalaman. Itu artinya, Anda harus memiliki rencana pemasaran yang solid. 

Baca Juga : Cara Menghitung Revpar