Cara Tarik Tunai DANA di Alfamart dan ATM, Terbaru 2023

Cara tarik tunai DANA sangat mudah dilakukan baik melalui Alfamart atau transfer langsung ke rekening bank lalu menariknya melalui ATM terdekat.

Agar bisa melakukan tarik tunai DANA lewat Alfamart atau lewat ATM diperlukan akun DANA Premium. Jika saat ini masih menggunakan akun DANA Basic, bisa langsung mengikuti cara upgrade DANA Premium.

Setelah berhasil upgrade ke DANA Premium, kamu bisa menikmati semua layanan pada aplikasi dompet digital DANA termasuk penarikan saldo.

Nah, bagi yang belum mengetahui cara tarik tunai DANA di Alfamart dan melalui ATM, berikut kami berikan panduannya secara lengkap yang dapat disimak pada artikel ini.

DANA Bisa Dicairkan Dimana Saja?

Untuk melakukan penarikan saldo DANA menjadi uang tunai dapat dilakukan melalui minimarket seperti Alfamart, Alfamidi, Dan+Dan, hingga Lawson.

Selain itu, penarikan saldo DANA juga bisa dilakukan melalui pegadaian atau dengan mengirimkan saldo ke rekening bank lalu menariknya menggunakan ATM.

Cara Tarik Tunai DANA di Alfamart

Bagaimana cara tarik tunai DANA ? Apakah DANA bisa tarik tunai di Alfamart? Jika kamu tinggal di kota yang terdapat minimarket Alfamart, maka penarikan saldo DANA dapat dilakukan melalui Alfamart terdekat.

Cara tarik tunai DANA di Alfamart sangat mudah, berikut langkah-langkahnya:

1. Buka aplikasi DANA

Langkah pertama buka aplikasi DANA yang sudah terinstall di smartphone, lalu login menggunakan akun DANA kamu. Pastikan juga koneksi internet pada smartphone stabil dan tidak ada gangguan.

2. Klik Menu Kirim

1. Klik Menu Kirim

Setelah berhasil membuka aplikasi DANA, pada tampilan awal akan muncul beberapa menu pilihan mulai dari isi saldo, pembayaran, hingga kirim saldo. Karena kita akan melakukan tarik tunai maka yang dipilih adalah menu Kirim.

3. Pilih Tarik Tunai

2. Pilih Tarik Tunai

Selanjutnya, akan muncul halaman kirim uang yang menampilkan beberapa menu seperti “Kirim ke Teman”, “Kirim ke Bank”, dan “Tarik Tunai”. Untuk melakukan penarikan saldo DANA di Alfamart pilih menu Tarik Tunai.

4. Pilih Alfamart

3. Pilih Alfamart

Pada halaman berikutnya muncul beberapa metode Kirim & Tarik Tunai saldo DANA yaitu via ATM dan via kasir outlet. Karena kita akan melakukan penarikan saldo DANA di Alfamart maka pilih Alfamart.

5. Klik Tarik Tunai

4. Pilih tarik tunai Alfamart

Setelah itu akan muncul pop up yang menampilkan dua menu pilihan yaitu “Tarik Tunai” dan “Kirim Tunai”. Pada langkah ini silahkan pilih Tarik Tunai.

6. Tampilkan Kode Token

5. Tampilkan Kode Token

Jika sudah klik Tarik Tunai, selanjutnya sistem akan menampilkan halaman untuk memperoleh ID DANA dan kode Token yang akan ditunjukkan pada kasir. Silahkan klik tombol Tampilkan Kode Token.

7. Masukkan Kode PIN DANA

6. Masukkan Kode PIN Dana

Apabila sudah menekan “Tampilkan Kode Token”, langkah selanjutnya masukkan kode PIN DANA kamu untuk melakukan verifikasi. Jika PIN yang dimasukkan sudah benar maka akan tampil kode Token yang terdiri 6 digit angka.

8. Tunjukkan ID DANA dan Kode Token

7. Informasikan Kode Token

Selanjutnya tunjukkan ID DANA dan Kode Token yang muncul pada layar smartphone kamu, serta sampaikan juga nominal saldo yang ingin kamu tarik.

Perlu diketahui bahwa untuk penarikan saldo pertama, limit tarik saldo sebesar Rp 250.000 (dua ratus lima puluh ribu rupiah), dan biaya transaksi gratis 3 kali setiap bulan.

9. Terima Uang Tunai dari Kasir Alfamart

Terakhir, proses tarik tunai akan dilakukan oleh kasir Alfamart dan tunggu hingga petugas/kasir memberikan uang tunai kepada kamu.

Biaya Tarik Tunai Dana di Alfamart

Dilansir dari halam help center DANA, bahwa biaya tarik tunai saldo DANA di Alfamart gratis 3 kali per bulannya. Jika kuota gratis tarik tunai saldo DANA di Alfamart sudah habis, maka akan dikenakan biaya sebesar Rp 3.000 per transaksi.

Untuk mendapatkan bebas biaya tarik tunai di Alfamart, maka dapat dilakukan pada bulan berikutnya karena kuota gratis tarik tunai akan direset setiap awal bulan.

Minimal Tarik Tunai Dana di Alfamart

Perlu kamu ketahui bahwa tarik tunai DANA di Alfamart berlaku batas minimal dan maksimal saldo yang bisa ditarik.

Minimal tarik tunai DANA di Alfamart yaitu sebesar Rp 50.000 (lima puluh ribu rupiah) karena hanya berlaku untuk kelipatan uang lima puluh ribu.

Artinya, jika kamu punya saldo DANA sebesar Rp 370.000 (tiga ratus tujuh puluh ribu rupiah), maka yang bisa ditarik hanya sebesar Rp 300.000 (tiga ratus ribu rupiah).

Sedangkan maksimal saldo DANA yang bisa ditarik di Alfamart yaitu sebesar Rp 1.000.000 (satu juta rupiah) untuk setiap transaksinya.

Adapun cara tarik tunai DANA lewat Pegadaian tidak jauh berbeda dengan tarik tunai di Alfamart. Pengguna hanya perlu memilih Pegadaian pada opsi via kasir outlet, lalu menunjukkan kode token ke outlet pegadaian.

Cara Tarik Tunai DANA di ATM BCA

Selain lewat outlet Alfamart dan Pegadaian, tarik tunai saldo DANA juga dapat dilakukan melalui ATM. Untuk saat ini, tarik tunai DANA lewat ATM baru tersedia untuk Bank BCA.

Adapun cara tarik tunai DANA di BCA, dapat disimak langkah-langkah berikut ini.

1. Buka Aplikasi DANA

Pertama buka aplikasi DANA lalu login menggunakan akun DANA kamu, pastikan juga jaringan internet tidak ada gangguan, gunakan paket data reguler atau WiFi.

2. Pilih Menu Kirim

Pada halaman beranda terdapat beberapa menu di bagian paling atas seperti menu Pindai, isi Saldo, Kirim, dan Minta. Karena kita ingin menarik saldo DANA lewat ATM, maka pilih menu Kirim.

3. Pilih menu Kirim & Tarik Tunai

Pada tampilan berikutnya muncul pilihan menu untuk mengirim saldo DANA seperti kirim ke Nomor Telepon, kirim ke Rekening Bank, Kirim ke Chat, dan Kirim & Tarik Tunai. Silahkan pilih menu Kirim & Tarik Tunai.

4. Pilih BCA Bank Central Asia

Selanjutnya akan tampil halaman kirim dan tarik tunai terdiri dari dua opsi yaitu melalui ATM dan kasir outlet. Karena kita ingin menarik saldo lewat ATM, maka kita pilih BCA Bank Central Asia.

5. Pilih Nominal Saldo

Pada halaman berikutnya, akan diminta untuk memilih nominal saldo yang ingin di tarik tunai. Jika ingin menentukan nominal sendiri, kamu bisa memilih Jumlah lainnya.

Perlu juga kamu ketahui bahwa biaya tarik tunai sebesar Rp 4.500 (empat ribu lima ratus), minimal tarik tunai yaitu sebesar Rp 100.000 (seratus ribu rupiah).

6. Konfirmasi Tarik Tunai

Selanjutnya kamu akan diminta untuk melakukan konfirmasi tarik tunai. Periksa kembali data pada detail pembayaran. Jika semua dirasa sudah benar, lanjut dengan klik tombol Konfirmasi.

Setelah menekan tombol Konfirmasi, lakukan konfirmasi kembali dengan memasukkan kode OTP yang dikirim via SMS ke nomor handphone DANA.

7. Masukkan ID DANA dan Kode Token

Langkah selanjutnya, kunjungi ATM BCA terdekat lalu pilih menu Transaksi Tanpa Kartu/Cardless Transaction, lalu masukkan Nomor Handphone atau ID Pelanggan yang ada di aplikasi DANA. Jika sudah, pilih Benar.

Kemudian masukkan 6 digit angka Kode Transaksi yang tertera pada layar, lalu pilih Benar. Setelah itu, tunggu proses tarik tunai dan ambil uang kamu dari mesin ATM.

Itulah cara tarik tunai DANA di Alfamart dan lewat ATM BCA tanpa menggunakan kartu. Selanjutnya tentukan pilihan sesuai cara yang kamu inginkan.

SHARE:

SEO Specialist di bidangnya. Mempunyai team yang punya pengalaman sebagai akademisi maupun praktisi.

Tinggalkan komentar

Konten dengan Hak Cipta Dilarang Copy-Paste