Yield Management Hotel: Pengertian, Fungsi & Contoh

Bisnis hotel menjadi salah satu bisnis yang memiliki peluang besar dan bisa mendatangkan keuntungan. Namun, sebagai pebisnis kamu juga perlu mempertimbangkan management business, salah satunya Yield Management Hotel.

Berakhirnya masa pandemi, membuat semua kegiatan masyarakat bisa kembali normal seperti semula. Terutama dalam hal perjalanan untuk urusan bisnis atau liburan yang semakin meningkat.

Hal ini memberikan peluang dan kesempatan bagi hotel untuk meningkatkan kualitas pelayanan yang dimilikinya. Yield management menjadi salah satu faktor terpenting sebagai faktor kesuksesan bisnis perhotelan.

Pengertian Yield Management Hotel

edvin johansson rlwE8f8anOc unsplash

Yield Management Hotel merupakan sebuah strategi untuk penetapan harga yang dinamis bagi kamar hotel pengunjung. Tujuannya untuk menghasilkan pendapatan maksimum meskipun memiliki stok kamar yang terbatas.

Manajemen startegi ini mengenai bagaimana perusahaan bisa menjual produk yang tepat dalam kurun waktu yang tepat kepada target konsumen yang tepat. Yield Management Hotel lebih banyak menekan pada teori jika semakin tinggi permintaan maka akan semakin tinggi atau mahal pula harga yang diberikan.

Yield Management Hotel juga tidak bisa dipisahkan dengan harga dan informasi, di mana pihak hotel harus bisa menyajikan harga yang berbeda dalam kurun waktu yang berbeda. Ditambah dengan kondisi kamar berbeda dan segmen fasilitas yang berbeda.

Strategi ini juga sangat berkaitan dengan persepsi dan harga yang dianut oleh konsumen. Sehingga pihak hotel tidak bisa seenaknya sendiri menaikan harga hotel, karena terdapat dua macam konsumen yaitu orang yang peka harga dan orang yang tidak peka harga.

Salah satu bentuk penerapan Yield Management Hotel pada masa pandemi yaitu ketika banyak hotel yang digunakan untuk ISOMAN. Pada masa pandemi, aktivitas masyarakat cenderung terbatas karena adanya social distancing.

Pihak hotel bisa memanfaatkan keadaan ini sesuai dengan kebutuhan ISOMAN masyarakat. Keadaan ekonomi masyarakat yang sedang sulit sehingga harga kamar hotel pun bisa diturunkan dengan beberapa ketentuan khusus.

Apa Pentingnya Penerapan Yield Management Hotel?

Beberapa alasan berikut ini bisa menjelaskan pentingnya penerapan Yield Management Hotel, yaitu sebagai berikut :

  • Sebagai pebisnis, kamu bisa memahami segmen dan kepekaan pelanggan terhadap harga dan melakukan penyesuaian dengan angka permintaan.
  • Sebagai analisis segmen yang berbeda ketika memutuskan untuk meningakykan tarif hunian hotel. Hal ini bisa membuat kamu menarik pelanggan yang tepat dalam waktu yang tepat pula.
  • Adanya Yield Management Hotel ini bisa memberikan perbandingan mengenai pendapatan yang dicapai dan potensi pendapatan maksimum.
  • Yield Management Hotel menjadi cara yang efektif dalam menghasilkan lebih banyak income dan inventaris.

Apa Syarat Penerapan Yield Management Hotel?

scott graham 5fNmWej4tAA unsplash

Meskipun pihak hotel bisa mengubah harga hotel semaunya kapan pun. Namun tetap ada persyaratan yang perlu diperhatikan, yaitu :

1. Penggunaan Sistem Pemesanan di Muka

Dalam sistem ini calon konsumen perlu memesan produk kamar terlebih dahulu, setelah itu pihak hotel bisa memperkirakan keseluruhan hal yang berkaitan denga pesanan. Sehingga akan mengurangi kekecewaan calon konsumen sebelum menikmati produk hotel.

2. Perubahan Angka Permintaan Hotel

Angka permintaan kamar hotel seringkali mengalami fluktuasi yang menyebabkan harga hotel bisa berubah-ubah. Penggunaan Yield Management Hotel akan sangat terasa dampaknya.

3. Biaya Marginal Penjualan yang Turun

Biaya marginal yang menjadi rendah akan membuat strategi Yield Management Hotel menjadi bergerak lebih optimal. Terutama apabila biaya yang dikenakan pada penjualan kamar hotel dikatakan rendah. Meskipun jumlah penjualannya bertambah relative sedikit namun tidak akan berimbas besar pada penambahan biaya pemasaran.

4. Produk Perishable

Dalam dunia perhotelan, ketahanan suatu kamar bisa dilihat dari perpektif waktu, sehingga apabila satu kamar tidak bisa terjual pada hari itu maka akan sulit terjual di hari berikutnya. Sehingga nilai kamar tersebut menjadi rendah.

5. Biaya Marginal Produksi Tinggi

Untuk biaya produksi hotel memang membutuhkan biaya yang tidak murah dan cenderung tinggi. Ditambah dengan biaya operasionalnya yang tidak bisa dihindari lagi.

Sehingga, pihak hotel harus bisa mengelompokan ke dalam biaya tetap atau pegeluaran konstan. Biaya tetap paling banyak tersalurkan pada aspek sumberdaya manusia dan pemeliharaan.

6. Pengkategorian Pasar

Yield Management Hotel bisa dilakukan dengan cara penerapan langkah pengkategorian pasar. Hotel harus memiliki target konsumen yang jelas sehingga bisa memutuskan harga yang sesuai kemampuan konsumen.

Misalnya, pada penerapan harga kamar untuk konsumen dengan tujuan penginapan karena keperluan bisnis, traveling, libur santai, dan keperluan lainnya.

Apa Saja Fungsi dan Keunggulan Yield Management Hotel?

paolo nicolello 2gOxKj594nM unsplash

Management hotel yang dianggap sebagai kunci kesuksesan bisnis perhotelan ini pasti memiliki fungsi dan keunggulan untuk kemajuan perusahaan. Strategi Yield Management Hotel memiliki sifat yang dinamis dan bisa menyesuaikan perkembangan jaman.

Yield Management Hotel bersifat sementara dan sangat bergantung pada lima faktor berikut ini, yaitu :

  • Calendar yaitu waktu konsumen bisa mengakses layanan tersebut.
  • Capacity yaitu berapa banyak layanan fasilitas yang diperoleh konsumen.
  • Consumer demand yaitu berapa banyak permintaan produk yang diajukan konsumen.
  • Cost yaitu harga yang dipatok untuk setiap konsumen.
  • Clock yaitu durasi layanan yang ditawarkan kepada konsumen.

Kegunaan paling besar yang bisa dirasakan oleh pebisnis dengan penerapan Yield Management Hotel adalah adanya kemampuan untuk memaksimalkan penjualan produk sesuai kapasitas. Perubahan ini memungkinkan kenaikan harga ketika persediaan terbatas.

Sementara ketika kapasitas produk tinggi namun permintaan rendah maka pihak hotel bisa menurunkan harga penjualan hotel. Adanya Yield Management Hotel memang sangat menguntungkan terutama untuk memudahkan penyesuaian perkembangan global.

Contoh Penerapan Yield Management Hotel

christiann koepke dQyS2pMYtok unsplash

Penerapan Yield Management Hotel memiliki tujuan untuk menghasilkan keuntungan sebesar – besarnya tanpa mengurangi kepuasan konsumen. Berikut ini contoh penerapan Yield Management Hotel yang bisa kamu ikuti, yaitu :

1. Penerapan Diskon Pelanggan

Penerapan diskon pelanggan bisa dilakukan dengan memberikan harga miring dengan syarat tertentu. Misalnya pihak hotel memberikan paket menginap murah dengan fasilitas tertentu jika menginap selama 3 hari berturut-turut.

Selain itu, pihak hotel juga bisa memberikan diskon yang berlaku pada waktu atau tanggal tertentu saja. Misalnya ketika malam tahun baru di tanggal 31 Desember hingga 1 Januari ataupun bisa dengan memanfaatkan hari libur nasional.

2. Penyesuaian Harga Pelanggan

Harga kamar hotel bisa berubah-ubah kapanpun pihak hotel ingin merubahnya, hal ini sesuai dengan prinsip Yield Management Hotel. Perubahan harga hotel ini karena menyesuaikan kebutuhan dan keadaan masyarakat.

Pada musim liburan, pihak hotel bisa menurunkan tarif kamar hotel ataupun menaikan harga kamar hotel. Sebaiknya, hindari untuk menaikan harga kamar hotel secara tiba – tiba di akhir pemesanan kamar calon konsumen karena bisa berimbas pada opini konsumen yang buruk.

Itulah informasi mengenai pengertian, fungsi, dan keunggulan dari penerapan Yield Management Hotel. Dalam pelaksanaan bisnis, penerapan strategi memang harus diperlukan untuk kelancaran keberlangsungan bisnis. Yield Management bagi hotel menjadi cara yang efektif dalam mendapatkan keuntungan maksimal tanpa menurunkan tingkat kepuasan konsumen.

SHARE:

Seorang penulis professional dan berpengalaman menulis konten di beberapa media online Indonesia. Menyukai Kopi dan Kamu!!

Tinggalkan komentar

Konten dengan Hak Cipta Dilarang Copy-Paste