Berbagai Macam Fasilitas yang Ada di Kamar Hotel Berdasarkan Kelasnya

Persiapan sebelum sebelum menginap bukan hanya mengenai barang-barang yang harus kamu bawa ketika mau bepergian. Terdapat hal penting yang tidak boleh dilupakan yakni pemeriksaan fasilitas yang ada di kamar hotel dan fungsinya.

Fasilitas Umum yang Ada Di Semua Hotel

Biaya dikeluarkan untuk melakukan reservasi disuatu hotel tidaklah murah, karena hanya dengan menghabiskan kurang dari 12 jam kamu bisa menghabiskan dana 150 ribuan sampai dengan 1 jutaan. Termasuk dalam kategori pemborosan.

Tentunya tidak ada yang mau menginap di tempat tanpa fasilitas yang memadai. Karena itu ada fasilitas-fasilitas umum yang harus kamu perhatikan saat reservasi hotel.

Layanan kamar biasanya akan dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas yang menarik. Kamu akan lebih baik mengetahui beberapa fasilitas berikut ini:

1. Fasilitas Pendingin Udara

Berlibur di tempat yang dingin maupun di tengah perkotaan tidak sepantasnya bila ada mengabaikan fasilitas pendingin udara yang tersedia di hotel.

Fasilitas umum yang bisa anda nikmati ketika bermalam di hotel adalah pending udara. Pendingin udara sudah banyak dimiliki oleh hotel dengan kelas bintang 3.

Tidak hanya berbintang 3 saja fasilitas pendingin udara juga sudah merata di berbagai hotel-hotel yang tersebar di seluruh Indonesia.

Mengenai penggunaannya akan lebih baik bila disesuaikan dengan tempat., sehingga kamu tidak akan merasa kedinginan ketika bermalam.

2. Kamar Mandi Dalam

Fasilitas hotel yang bisa kamu dapatkan adalah kamar mandi dalam ruangan. Fasilitas yang ada di dalam kamar hotel dan fungsinya ini memang sangatlah menentukan kenyamanan pengunjung.

Mendapatkan layanan kamar mandi didalam kamar ini bukan hanya membantu menjaga privasi pelanggan saja, tetapi juga membuat kenyamanan pelanggan yang lain tetap terjaga. Terdapat banyak jenis kamar mandi dalam yang biasanya disesuaikan dengan tipe kamar yang diambil oleh pelanggan.

Kalau kamu menginginkan kamar mandi yang ada fasilitas bathup yang bisa dimanfaatkan untuk berendam.

Tipe kamar yang seharusnya kamu pilih adalah kamar eksklusif yang biasanya disediakan di hotel dengan harga ratusan ribu sampai dengan jutaan.

3. Fasilitas Wastafel

Fasilitas wastafel estetik biasanya sudah tersedia di kamar hotel kelas menengah. Fasilitas ini bisa digunakan sebagai tempat mencuci muka ataupun gosok gigi sebelum kamu tidur.

Berbeda jenisnya dengan fasilitas wastafel yang terdapat di kelas megah, atau eksklusif di hotel berbintang 5.

Dimana fasilitas wastafel ini sudah dikombinasikan dengan fungsi lain dan biasanya letaknya berada di dekat pintu menuju kamar mandi.

4. Fasilitas Kunci Otomatis

Fasilitas yang lazim ditemui di hotel adalah fasilitas kunci otomatis. Kamu biasanya akan diberi sebuah kartu yang bentuknya hampir sama seperti KTP, di mana kartu ini akan berfungsi sebagai kunci ketika memasuki kamar hotel.

Terdapat sebuah kesepakatan yang biasanya sudah diberitahukan oleh pihak resepsionis kepada para pelanggan, ketika memberikan kunci otomatis ini.

Resepsionis akan memberitahu bahwa pelanggan yang menghilangkan kunci harus mengganti dengan biaya tertentu.

Dengan memperhatikan hal tersebut, kamu haruslah berhati-hati ketika menggunakan kunci ini. Bila kunci ater tinggal di dalam kamar, maka hal yang perlu kamu lakukan adalah menghubungi resepsionis untuk meminta kunci cadangan dan mengambil kunci yang sudah kamu tinggalkan.

5. Fasilitas Internet dan Hiburan Televisi

Fasilitas yang biasanya ditawarkan sebagai bonus ketika kamu menginap di kamar kelas menengah adalah layanan televisi dan internet. Layanan televisi ini, nantinya bisa kamu manfaatkan ketika tengah merasa bosan.

Menginap di hotel bukan hanya melibatkan orang yang datang dari wilayah yang sama. Melainkan bisa dari tempat yang berbeda.

Sehingga akan lebih baik bila kamu menghindari bertamu ke kamar sebelah yang tidak dikenal orangnya.

Alih-alih membuat akrab dengan menyapa tetangga di samping kamar, kamu justru bisa mengganggu tetangga sebelah yang sedang beristirahat.

Jadi memanfaatkan waktu dengan berselancar di dunia maya dan menikmati hiburan televisi adalah pilihan terbaik yang bisa kamu lakukan.

5 Fasilitas yang Ada Di Kamar Hotel dan Fungsinya, Bintang 4 – 5

Dalam dunia perhotelan, hotel berbintang lima memiliki kedudukan yang lebih tinggi dibandingkan dengan hotel lainnya.

Oleh karena itu fasilitas yang ada di kamar hotel dan fungsinya juga lengkap serta modern.

Bagi kamu yang belum tahu fasilitas-fasilitas yang terdapat dalam kamar hotel bintang 5 beserta fungsinya.

Berikut penjelasan mengenai 6 fasilitas serta fungsi yang terdapat dalam hotel bintang 5.

1. Resepsionis 24 Jam

Resepsionis 24 jam merupakan fasilitas yang harus ada dalam sebuah hotel berbintang 5. Untuk menjadi seorang resepsionis, kamu harus bisa menguasai beberapa bahasa asing untuk kemudahan dalam berkomunikasi dengan tamu hotel.

Setidaknya bahasa yang harus dikuasai oleh seorang resepsionis adalah bahasa Indonesia serta bahasa Inggris. Dengan adanya crew resepsionis yang selalu siaga 24 jam ini akan memberikan kemudahan dalam melakukan check in dan check out.

2. Pelayanan Prima

Hotel berbintang 5 juga memiliki pelayanan prima, hal tersebut bertujuan untuk memberikan kepuasan kepada para tamu.

Kamu akan menemui para pelayan dengan berbagai kategori. Beberapa diantarnya:

Dalam hotel bintang 5 juga terdapat fasilitas lainnya seperti kolam renang dan sarana rekreasi, tempat olahraga hingga restoran.

Terdapat juga sebuah lobi yang dapat digunakan untuk pertemuan keperluan bisnis.

Bagi para wanita juga bisa memanjakan diri ke pusat relaksasi atau spa yang terdapat di hotel. Ada juga bonus pemandangan bagus untuk para tamu yang menginap.

3. Hotel Berbintang 5 Memiliki Jumlah Kamar Minimum

Fasilitas yang ada di kamar hotel dan fungsinya wajib memenuhi standar yang ada di Indonesia. Hotel berbintang 5 memiliki ketersediaan kamar paling tidak 100 unit untuk tipe standar. Sedangkan ada 4 unit kamar untuk tipe suite minimum.

Setiap kamar yang terdapat dalam sebuah hotel haruslah memiliki tingkat kebersihan yang tinggi. Dalam setiap kamar hotel diwajibkan memiliki tinggi 2,6 meter serta memiliki pengatur suhu ruangan.

4. Dilengkapi dengan fasilitas parkir valet dan porter

Parkir valet serta porter merupakan fasilitas yang harus ada dalam sebuah hotel berbintang 5. Seorang porter sendiri memiliki tugas untuk membantu tamu dalam membawa barang bawaan ke kamar yang akan dipesan.

Selain itu, dengan adanya fasilitas parkir valet akan memberikan kenyamanan serta kemudahan dalam membawa mobil pribadi.

Dalam artian kamu cukup memberikan kunci mobil kepada petugas parkir valet dan nantinya mobil kamu akan diparkirkan dengan aman.

5. Berada pada Lokasi dan Lingkungan yang Strategis

Hal terakhir yang harus dimiliki oleh sebuah hotel berbintang 5 adalah lokasi strategis. Karena lokasi adalah hal yang penting dalam kemudahan menuju hotel.

Selain itu hotel juga harus terhindar dari gangguan binatang, hal bising serta gangguan luar lainnya.

Tidak heran jika dalam memesan kamar kamu harus membayar mahal, karena memang penginapan berbintang 5 ini memiliki fasilitas yang ada di kamar hotel dan fungsinya berkualitas premium.

Memanjakan kamu sebagai pelanggan dan pastinya akan membuat liburan menjadi menyenangkan.

SHARE:

Seorang traveller, penyuka dunia perhotelan dan pariwisata Indonesia. Ingin berbagi inspirasi melalui tulisan.

Tinggalkan komentar