Gaji General Cashier di hotel menjadi salah satu pertimbangan hingga profesi ini masih cukup banyak diminati, terlebih saat memutuskan berkerja di bidang hospitality.
Selain itu, jenjang kariernya juga terbilang menjanjikan meski tanggung jawab kerja yang dilakukan juga tidak mudah karena menuntut ketelitian dalam pengelolaan keuangan.
Nah, jika ingin mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan tentang pengertian, tugas, dan gaji General Cashier di hotel berikut ini.
Daftar ISI
Pengertian General Cashier di Hotel
General Cashier di hotel adalah profesi di bisnis hospitality yang bertanggung jawab melakukan pengelolaan kas masuk dan keluar serta transaksi keuangan sebuah hotel.
Biasanya, General Cashier berada di bawah Departemen Accounting & Finance dengan tugas pokok mengelola penerimaan dan pengeluaran kas hotel.
Secara lebih spesifik, penerimaan kas hotel yang dimaksud umumnya berasal dari hasil penjualan tunai dari semua layanan yang disediakan oleh hotel.
Selain itu, seorang General Cashier juga menjalankan tugas pengelolaan semua transaksi biaya dalam sebuah hotel yang terjadi selama periode waktu tertentu.
Dengan tuntutan kerja tersebut, tidak heran jika calon General Cashier di hotel dituntut memiliki keterampilan pengelolaan keuangan.
Mulai dari kemampuan hitungan yang baik hingga ketelitian melakukan transaksi keuangan serta kemampuan menjaga keamanan data keuangan.
Tugas General Cashier di Hotel
Tugas General Cashier di hotel meliputi tanggung jawab mengelola kas dan pengeluaran hotel, penerimaan pembayaran, hingga pembuatan laporan keuangan dan melakukan audit internal.
1. Mengelola Kas Harian dan Pengeluaran Lainnya
Tugas utama General Cashier di hotel yaitu mengelola kas harian dan pengeluaran hotel lainnya sesuai prosedur yang diberlakukan.
Mulai dari penghitungan, penyimpanan, dan pengeluaran uang tunai sesuai aturan hingga pengelolaan berbagai pengeluaran untuk pengadaan barang maupun biaya operasional rutin.
2. Menerima dan Melakukan Pembayaran
Selain itu, General Cashier juga bertugas menerima pembayaran dari tamu dan pelanggan hotel lainnya sejak pencatatan hingga pemrosesan pembayaran ke dalam sistem keuangan.
Di sisi lain, tugas untuk melakukan pembayaran kepada pemasok juga menjadi tanggung jawab General Cashier di hotel.
Semua transaksi keuangan hotel yang berkaitan dengan pengeluaran kas dan pengisian ulang dana kas harus ditangani dengan teliti.
Dalam menjalankan tugas-tugas ini, penting bagi General Cashier untuk memastikan penyimpanan bukti pembayaran dengan aman sebagai data pendukung pembuatan laporan.
3. Rekonsiliasi Laporan Keuangan
Tugas lain dari General Cashier di hotel juga berkaitan dengan rekonsiliasi laporan keuangan dengan menyiapkan dan memeriksa secara menyeluruh.
Dalam hal ini, saldo di jurnal umum, buku besar, dan laporan keuangan lainnya harus dipastikan sesuai dengan catatan keuangan.
4. Menjaga Keamanan Kas
Bukan hanya tugas pemrosesan pembayaran dan pengeluaran transaksi keuangan, seorang General Cashier juga harus mampu menjaga keamanan kas.
Bukan hanya keamanan uang tunai saat transaksi dengan pelanggan, tetapi juga bukti pembayaran dan aset lainnya di dalam kas.
5. Melakukan Audit Keuangan
Tugas melakukan audit keuangan oleh General Cashier hotel berkaitan dengan sistem internal departemen keuangan.
Nantinya, General Cashier harus mampu membantu proses audit keuangan dan memastikan semua transaksi keuangan hotel sudah sesuai dengan aturan dan prosedur yang berlaku.
Oleh karena itu, seorang General Cashier hotel harus mampu memahami seluruh kebijakan terkait prosedur keuangan dalam menjalankan tugas dengan baik.
Gaji General Cashier di Hotel
Gaji General Cashier di hotel sendiri sebenarnya cukup bervariasi dan dipengaruhi beberapa faktor penentu, seperti tingkatan jabatan dan pengalaman kerja.
Namun, rerata gaji yang diperoleh pada umumnya untuk level staf berkisar antara Rp 3.000.000 hingga Rp 7.000.000 per bulan.
Meski begitu, dengan pengalaman kerja yang banyak, tentunya pengaruh jenjang karier yang semakin tinggi juga akan meningkatkan pendapatan bulanan.
Untuk level Supervisor bisa mencapai Rp 7.000.000 – Rp 15.000.000 per bulan, sedangkan Manajer dan Senior Manager tembus angka Rp 15.000.000 hingga Rp 35.000.000 per bulan.
Kisaran gaji tersebut bisa saja berbeda antara hotel satu dan lainnya mengingat kemampuan finansial internal juga tidak sama.
Hotel berbintang dan hotel mewah tentunya juga memiliki standar gaji yang berbeda-beda, terlebih jika lokasinya berada di jota besar atau kota wisata populer.
Demikianlah penjelasan tentang pengertian, tugas, dan gaji General Cashier di hotel yang sudah kami rangkum untuk memudahkan pemahaman.
Melalui informasi tersebut, kamu bisa memperoleh gambaran umum gaji General Cashier di hotel saat mempertimbangkan untuk melamar pekerjaan ini.
Selain itu, kamu juga bisa mencari tahu informasi gaji profesi di hotel lainnya jika tertarik bekerja di bidang hospitality.







Tinggalkan komentar