Apa Itu Concierge Hotel Beserta Tugas dan Jenjang Kariernya

Jika kamu terlibat dalam bisnis hospitality pasti sudah memahami apa itu concierge yang memiliki peran penting dalam operasional hotel.

Concierge hotel memastikan tamu mendapat pengalaman terbaik saat menginap dengan mengupayakan pemenuhan semua kebutuhan, pertanyaan, maupun permintaan tamu.

Nah, jika ingin mengetahui lebih lanjut, berikut ini penjelasan tentang apa itu concierge hotel beserta tugas dan jenjang kariernya.

Apa itu Concierge Hotel

Apa itu concierge hotel? Concierge hotel adalah salah satu profesi di hotel yang secara umum menjalankan peran sebagai pusat informasi dan pusat bantuan.

Selain itu, concierge di hotel juga menangani penyambutan tamu, hingga permintaan antar jemput dan permintaan khusus tamu hotel lainnya.

Usut punya usut, istilah concierge pertama kali muncul pada abad pertengahan di Prancis yang berarti “Keeper of the Keys” atau “Penjaga Kunci”.

Penggunaan istilah tersebut berkaitan dengan tugas sebagai penjaga kunci kastil para bangsawan yang kini mengalami pergeseran peran dalam bisnis perhotelan.

Concierge tidak bertugas menyimpan dan memberikan kunci lagi, melainkan menjadi penghubung tamu hotel yang membutuhkan informasi atau bantuan tertentu.

Dalam perkembangannya, concierge tidak hanya merujuk pada petugas atau staf tetapi juga bisa mengarah pada departemen di hotel-hotel besar.

Meski begitu, ada juga hotel yang menempatkan concierge di Departemen Front Office mengingat tugasnya banyak berhubungan dengan tamu hotel secara langsung.

Tugas Concierge Hotel

Tugas concierge hotel secara umum adalah bertanggung jawab atas pemenuhan semua kebutuhan dan permintaan tamu hotel sejak check-in hingga check-out.

Namun, secara spesifik ada beberapa tugas lainnya yang menjadi kewajiban concierge hotel, yaitu sebagai berikut.

  • Menyambut tamu hotel sejak awal proses check-in.
  • Menjalankan peran sebagai kontak utama yang bisa dihubungi tamu hotel untuk mendapatkan informasi tertentu atau memerlukan bantuan.
  • Bertanggung jawab menangani barang bawaan tamu hotel sejak awal check-in hingga saat akan check-out.
  • Membantu tamu melakukan reservasi restoran, pemesanan paket tur, pengaturan kendaraan, hingga memberi rekomendasi wisata lokal.
  • Membantu tamu saat proses check-in dan check-out di jam-jam sibuk.
  • Mengatur penjemputan dan pengantaran tamu hotel sesuai permintaan.
  • Melakukan koordinasi moda transportasi untuk tamu hotel, seperti layanan antar-jemput, transfer bandara, hingga mobil sewaan maupun pilihan transportasi umum.
  • Memberikan informasi terkait panduan arah hingga katalog destinasi wisata.
  • Mengambil peran sebagai penghubung antara tamu dengan departemen lain di hotel, seperti Housekeeping jika membutuhkan layanan kebersihan dan kenyamanan kamar.
  • Memberikan pelayanan-pelayanan khusus lainnya yang dibutuhkan tamu hotel, seperti mengatur pengiriman bunga atau perayaan kejutan acara tertentu.
  • Menangani keluhan tamu dan masalah-masalah yang muncul serta mencari solusi terbaik yang dibutuhkan.

Jenjang Karier Concierge Hotel

Jenjang karier concierge hotel terbagi menjadi Concierge Staff, Assistant Chief Concierge, dan Chief Concierge dengan peran yang berbeda-beda.

1. Concierge Staff

Concierge Staff merupakan jenjang karier paling awal dari concierge di mana masih terbagi lagi dalam beberapa posisi, yaitu Doorman, Bellman, dan Airport Representative.

Doorman memiliki tugas yang berkaitan dengan penyambutan tamu sejak awal, mulai dari menyambut dengan hangat, membukakan pintu, hingga memberi informasi layanan hotel.

Sedangkan Bellman atau lebih dikenal dengan Bellboy bertugas menangani barang bawaan tamu hotel saat check-in, check-out, atau berpindah kamar. Selain

Untuk Airport Representative lebih fokus tugas menyiapkan kendaraan untuk penjemputan atau pengantaran tamu hotel, terutama dari bandara.

2. Assistant Chief Concierge

Jenjang karier dari concierge hotel berikutnya adalah Assisstant Chief Concierge yang berperan dalam operasional hotel, khususnya sebagai asisten bagi Chief Concierge.

Profesi ini juga menjadi kontak utama tamu hotel saat membutuhkan informasi atau meminta bantuan layanan hotel tertentu.

3. Chief Concierge

Chief Concierge menjadi jenjang karier tertinggi dalam bertugas sebagai concierge hotel sebagai leader dari tim concierge.

Tanggung jawab kerjanya berkaitan dengan koordinasi tugas-tugas operasional untuk staf di bawahannya.

Namun, tidak jarang seorang Chief Concierge juga akan memeriksa langsung laporan pelayanan barang bawaan dari tamu VIP hotel.

Itulah tadi penjelasan tentang apa itu concierge hotel beserta tugas dan jenjang kariernya yang sudah kami rangkum untuk memudahkan pemahaman.

Berdasar informasi tentang apa itu concierge hotel di atas, kamu akan memiliki gambaran umum dari profesi ini secara lebih mendalam.

Selain itu, kamu juga bisa mencari tahu berbagai istilah di dunia perhotelan lainnya untuk menambah wawasan, terutama jika ingin terjun di bisnis hospitality.

SHARE:

SEO Specialist di bidangnya. Mempunyai team yang punya pengalaman sebagai akademisi maupun praktisi.

Tinggalkan komentar

Konten dengan Hak Cipta Dilarang Copy-Paste