Bukit Bintang Jogja, Ulasan Lengkap Hingga Harga Tiket Masuk 2022

Bukit Bintang Jogja adalah salah satu destinasi wisata alam yang ditawarkan oleh Jogjakarta. Berada di sebelah timur Jogja antara Kabupaten Gunungkidul dengan Kabupaten Bantul, wisata satu ini akan menawarkan sensasi wisata alam yang berbeda bagi Anda.

Lokasi Bukit Bintang Jogja di Dusun Plesetan RT 5, Desa Srimulyo, Kecamatan Piyungan.

Memiliki harga tiket masuk Bukit Bintang Jogja yang sangat merakyat, serta termasuk wisata yang buka selama 24 jam, sungguh sangat sayang jika wisata ini dilewatkan begitu saja.

Daya Tarik Utama Bukit Bintang

Bukit Bintang Jogja, Ulasan Lengkap Hingga Harga Tiket Masuk

Anda yang belum pernah datang berkunjung ke wisata Bukit Bintang Jogja pasti akan bertanya-tanya apa sih daya tarik utama yang ditawarkan lokasi wisata ini?

Sesuai dengan namanya, wisata Bukit Bintang kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta ini memiliki lokasi yang berada di ketinggian sebuah bukit. Di sekelilingnya terhampar pegunungan seribu, dengan arah menghadap langsung kota Jogja di bagian barat.

Hal ini tentu saja membuat lokasi wisata menjadi sangat istimewa. Anda akan dapat menikmati keindahan alam sekaligus kesejukan udaranya. Apalagi semua itu dapat Anda rasakan dengan mencicipi berbagai hidangan khas Jawa Tengah yang dijajakan para pedagang.

Nama asli dari Bukit Bintang ini adalah Bukit Hargo Dumilah. Dulunya bukit ini hanyalah sebuah bukit biasa yang tak terlalu diperhatikan oleh para wisatawan meski lokasinya tepat berada di jalur utama wisata di kawasan Gunungkidul Jogja.

Bukit ini mulai berubah menjadi lokasi wisata ketika sedikit demi sedikit ada wisatawan yang berhenti dan singgah untuk beristirahat. Para wisatawan sambil menikmati pemandangan serta kesejukan alam pun mengambil foto dan mengunggahnya ke dalam media sosial.

Tak butuh waktu lama, keberadaan bukit Hargo Dumilah pun berubah menjadi lokasi wisata ketika semakin banyak wisatawan yang mampir dan para pedagang yang ikut menjajakan dagangannya.

Baca juga: 5 Tempat Dinner Romantis di Jogja Terbaik yang Wajib Kamu Coba

Harga Tiket Masuk Bukit Bintang Jogja

Untuk bisa menikmati malam yang syahdu dan romantis di Bukit Bintang ini pengunjung tidak dikenakan biaya alias gratis.

Namun perlu diketahui, Anda wajib membayar parker kendaraan kepada petugas parkir. Hal ini diperlukan guna mendukung upaya pemeliharaan tempat wisata yang berlokasi di daerah Gunung Kidul ini.

Retribusi/BiayaTarif
Tiket MasukGratis
Parkir Motor / Roda duaRp 2.000,00
Parkir Roda EmpatRp 5.000,00

Spot Foto Menarik

Bukit Bintang Jogja, Ulasan Lengkap Hingga Harga Tiket Masuk 2022

Tiket masuk dari wisata satu ini memang sangat murah jika dibandingkan dengan fasilitas yang disediakan. Terutama bagi para wisatawan yang suka sekali berfoto.

Dari sekian banyak aktivitas yang dapat dilakukan di lokasi wisata Bukit Bintang Jogja, sebagian besar pengunjung memang sangat senang menghabiskan banyak waktu untuk melakukan swafoto.

Di lokasi wisata tersebut, pihak pengelola sengaja menyediakan lokasi strategis yang banyak digunakan oleh para wisatawan mengambil berbagai foto menarik.

Di salah satu spot, pengelola juga menyediakan banyak deretan kursi-kursi dari beton yang akan dapat Anda gunakan untuk sekedar bersantai sambil menikmati gemerlap kota Jogja. Yang mana semua itu tentu saja tanpa ada pungutan biaya lagi.

Rute Menuju Ke Bukit Bintang

Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, maka rute untuk menuju ke Bukit Bintang adalah sebagai berikut:

  1. Jika Anda dari Malioboro, setelah keluar dari Kota Yogyakarta, ambil arah jalan yang menuju ke Wonosari.
  2. Terus saja mengikuti jalan tersebut hingga ada di kawasan Piyungan.
  3. Nanti setelah melewati kawasan Piyungan tersebut, Anda akan langsung melihat sebuah bukit yang berada tepat di pinggir jalan utama. Agar tak salah, ciri-cirinya adalah bukit tersebut berhadapan langsung dengan sebuah tebing.

Apabila Anda masih belum paham dan bingung, gunakan saja aplikasi gratis Google Map dari telepon seluler Anda. Dari aplikasi tersebut Anda akan dapat menemukan lokasi serta arahan yang jelas untuk menuju ke Bukit Bintang.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Bukit Bintang

Aktifitas yang bisa dilakukan di BUkit BIntang Jogja

Ada beberapa aktivitas yang akan dapat Anda lakukan saat berkunjung ke Bukit Bintang di Jogjakarta ini. Karena lokasi dan suasana yang mendukung, maka apapun aktivitas yang Anda pilih, baik dilakukan bersama pasangan, teman atau keluarga tercinta, semuanya tetap seru.

1. Menikmati Pemandangan Sekitar

Wisata bukti satu ini memang salah satu destinasi wisata Gunung Kidul yang menawarkan pemandangan alam dengan daya pikat tersendiri. Sensasi pemandangan yang berbeda tersebut terutama akan dapat Anda rasakan ketika berkunjung di malam hari.

Jika cuaca cerah, Anda akan dapat melihat gemerlap kota Jogja di malam hari dengan latar belakang langit luas yang penuh dengan bintang. Sungguh akan menjadi sebuah pengalaman wisata malam yang baru bagi Anda bersama keluarga atau teman.

2. Makan Malam Romantis

Ada banyak pilihan restoran Bukit Bintang Jogja yang dapat Anda pilih untuk menikmati momen makan malam bersama pasangan. Memiliki lokasi yang tak biasa serta pemandangan alam yang luar biasa akan membuat makan malam jadi terasa romantis.

3. Mengabadikan Momen

Bagi yang sangat suka mengunggah berbagai momen wisata di media sosial, maka di bukit ini Anda akan menemui banyak sekali spot foto menarik. Di sana Anda akan puas mengambil foto dengan latar belakang pemandangan yang menakjubkan.

4. Menikmati Kuliner Khas Jogja

Ingin menyantap kuliner Jogja dengan cara berbeda? Maka Anda wajib datang ke Bukit Bintang. Dengan banderol harga makanan Bukit Bintang Jogja yang sangat terjangkau, wisata kuliner Anda dijamin akan memuaskan.

Baca juga: 13 Pantai Pasir Putih Terbaik di Jogja! Pastikan Kamu Tahu

5. Menikmati Sunset di Bukit Bintang Gunung Kidul

Ingin menikmati sunset tapi takut terlalu malam untuk kembali ke hotel di kota Jogja? Jangan khawatir, bermalam saja di sekitar lokasi wisata. Anda akan dapat menemukan pilihan beberapa hotel Bukit Bintang Jogja yang cukup nyaman sebagai akomodasi.

6. Jelajah Alam di Bukit Bintang

Deskripsi Bukit Bintang Jogja yang kaya akan pemandangan alam di sekitarnya rasanya tak cukup jika hanya dinikmati pemandangannya saja. Anda dapat melakukan penjelajahan seru bersama teman atau keluarga di alam sekitarnya.

Di sana Anda dapat menantang keberanian diri dengan menjelajahi Goa Jomblang. Adrenalin Anda pasti akan terpompa saat harus turun ke dalam dasar gua yang mencapai kedalaman hingga 80 meter.

Tips Berkunjung ke Bukit Bintang Jogja

Agar momen berkunjung ke salah satu tempat wisata baru ini di Jogja ini semakin menyenangkan, ada baiknya Anda mengikuti tips berikut ini:

1. Waktu Berkunjung

Jika hendak berkunjung ke tempat ini, ada baiknya datang diwaktu senja meski tempat ini dibuka selama 24 Jam penuh. Sebab daya tarik utama tempat ini adalah pemandangan kota dari atas Bukit.

Tak hanya itu, beberapa warung biasanya memang buka pada pukul 15:00. Rasanya akan sangat tepat menikmati Sunset sambil menyantap jajanan yang ada.

2. Peralatan Kesehatan Darurat

Selain menikmati Sunset, tak jarang yang melanjutkannya dengan bersantai sambil menikmati kopi panas di Bukit yang indah ini.

Kabar buruknya, hembusan angin malam di puncak bukit ini bisa menimbulkan dampak yang kurang bagus bagi Kesehatan. Salah satunya adalah bahaya masuk Angin.

Untuk mengatasinya, pastikan kamu membawa Jaket dan Minyak Kayu Putih untuk mengurangi perut kembung dan meredakan gejala masuk Angin.

Kami merekomendasikan Minyak Kayu Putih Cineole sebagai perlengkapan yang masuk daftar wajib untuk dibawa ketika berkunjung ke Bukit Bintang Jogja.

Minyak Kayu Putih Cineole dipercaya dapat membantu menghangatkan tubuh, meredakan gejala masuk angin dan mengatasi perut kembung karena udara dingin.

Brand yang kami rekomendasikan adalah Minyak Kayu Putih Cineole Dragon.

Minyak kayu putih Cinole Dragon

Yang mana sudah diklaim memiliki 10 rahasia Kesehatan yakni:

10 Rahasia Kesehatan

  1. Mengandung Cinole 1,8 Yang Tinggi
  2. Lebih Higienis Dengan Design Yang Modern
  3. Aroma Lebih Menyegarkan
  4. Hangat Maksimal Dan Tahan Lama
  5. Mengandung Analgesic Yang Meredakan Pusing Dan Sakit Kepala
  6. Mengandung Karminatif Yang Membuat Perut Nyaman, Tidak Kembung Karena Udara Dingin
  7. Terdapat Kandungan Stimulan Yang Membuat Deep Sleep, Menghilangkan Capek
  8. Mengandung Expectorant, Menghilangkan Gangguan Pernapasan Dan Tenggorokan
  9. Mengandung Antiseptic Melindungi Dari Virus Dan Kuman
  10. Aromanya Bisa Dipakai Sebagai Healing Teraphy

Tertarik mencobanya? Caranya gampang kok, kamu bisa membelinya hanya dengan harga mulai dari Rp 6.500 saja. Kamu juga bisa beli langsung melalui Shopee di link berikut ini (Link Pembelian).

3 Destinasi Wisata yang Dekat Bukit Bintang

Pada saat Anda mengunjungi wisata satu ini, maka tak ada salahnya jika sekalian mampir ke beberapa lokasi wisata lain yang berdekatan. Ibarat sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui, rasanya tak ada salahnya Anda mengunjungi beberapa lokasi wisata berikut:

1. Gunung Ireng

Destinasi wisata lain yang juga berada di sekitar wisata Bukit Bintang Jogja adalah Gunung Ireng. Gunung Ireng ini memiliki ketinggian sekitar 200 M dari bawah permukaan laut, sehingga sangat ideal untuk dijadikan tempat berburu matahari terbit.

Di lokasi Gunung Ireng ini ada sebuah spot foto yang sangat menarik, dan menjadi spot foto incaran para wisatawan. Yaitu gubuk kayu yang berada tepat di ujung tebing. Lokasi ini sangat terkenal sehingga banyak juga digunakan sebagai spot foto prewedding.

Lokasi Gunung Ireng ini adalah di Ngrancahan, Pengkok, Patuk, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk dapat masuk ke lokasi, Anda hanya akan diminta mengeluarkan dana sebesar 5 ribu rupiah saja.

2. Hutan Pinus Pengger

Hutan Pinus Pengger merupakan lokasi wisata kedua yang letaknya berdekatan dengan lokasi wisata bukit bintang.

Seperti Bukit Bintang, lokasi wisata Hutan Pinus Pengger juga buka selama 24 jam penuh pada setiap harinya. Oleh karena itu para pengunjung diperbolehkan untuk mengunjunginya kapan saja, baik pagi, sore maupun malam hari.

Sebagaimana layaknya sebuah hutan pinus, maka kawasan Hutan Pinus Pengger juga menawarkan pemandangan alam yang sangat asri dengan udara yang sejuk di siang hari.

Sedangkan jika Anda berkunjung di malam hari, Anda akan menikmati lautan bintang yang sangat sayang untuk dilewatkan. Berlokasi di Jl. Dlingo-Patuk, Sendangsari, Terong, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, tiket masuk ke wisata ini hanya 5 ribu rupiah saja.

3. Taman Bunga Amarilis

Wisata lainnya yang berada di dekat lokasi Bukit Bintang Jogja adalah taman Bunga Amarilis. Dijamin mata Anda akan dimanjakan dengan pemandangan berupa hamparan bunga Amarilis berwarna oranye yang sangat menakjubkan.

Hanya saja taman bunga ini tak dapat ditemui setiap waktu, karena momen mekarnya bunga hanya berlangsung satu tahun sekali. Jadi tak heran jika lokasi wisata ini sangat ditunggu-tunggu oleh banyak para wisatawan.

Untuk lokasi persisnya ada di Ngasemayu, Salam, Patuk, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Asyiknya berkunjung ke taman ini, Anda tidak akan dikenakan biaya apapun alias gratis.

Nah jadi kapan Anda akan berkunjung ke Bukit Bintang Jogja?

SHARE:

Seorang traveller, penyuka dunia perhotelan dan pariwisata Indonesia. Ingin berbagi inspirasi melalui tulisan.

Tinggalkan komentar