9 Cara Mempromosikan Hotel Baru Agar Dikenal dan Laris

Perkembangan aspek pariwisata juga berdampak pada pembangunan hotel baru. Tidak heran jika para pelaku bisnis ini mulai mencari cara mempromosikan hotel baru mereka.

Hotel bukan lagi sekadar tempat menginap tetapi juga mulai menjangkau pemenuhan kebutuhan akomodasi wisatawan yang ingin berlibur ke destinasi wisata tertentu.

Walhasil, banyak hotel baru yang berkembang dengan penawaran fasilitas beragam dan tarif menginap yang kompetitif untuk menarik minat tamu setiap harinya.

Para pemilik usaha perhotelan pun mulai menerapkan beberapa cara ampuh mempromosikan hotel baru agar bisa meningkatkan okupansi hotel.

Cara Mempromosikan Hotel Baru

Dalam persaingan bisnis perhotelan, wajar saja jika para pelaku bisnisnya memikirkan berbagai langkah strategis untuk memperkenalkan hotel kepada calon konsumen.

Entah itu di momen peak season maupun low season, setiap cara akan selalu efektif untuk menarik minat konsumen melakukan reservasi atau sekadar langkah memperkenalkan hotel.

Berikut ini beberapa cara mempromosikan hotel baru demi menarik pengunjung untuk mencoba pengalaman menginap yang nyaman dan berkesan.

1. Manfaatkan Peran Website dengan Optimalisasi SEO

Umumnya, hotel memiliki website resmi yang digunakan untuk menampilkan berbagai informasi, mulai dari fasilitas, layanan, galeri foto hotel hingga cara reservasi.

Pemanfaatan peran website dengan SEO yang optimal akan menjadi cara efektif dalam mempromosikan hotel baru bahkan hotel lama sekalipun.

Keberadaan website akan menjadi salah satu strategi pemasaran digital dan sarana branding hotel yang efektif.

Terlebih lagi perkembangan dunia digital memudahkan calon tamu untuk menggali informasi tentang hotel hingga keberadaan website hotel cukup berperan penting.

2. Maksimalkan Promo di Media Sosial

Tidak dimungkiri jika media sosial juga memberikan dampak yang luar biasa dalam promosi produk, termasuk jasa penginapan.

Oleh karena itu, memaksimalkan promo di media sosial juga bisa menjadi cara memperkenalkan hotel baru kepada para pelancong.

Media sosial mampu menjadi sarana promosi strategis yang cepat dalam memasarkan okupansi hotel, baik melalui Instagram, Facebook, maupun YouTube.

Melalui platform media sosial ini, biasanya calon tamu hotel akan diarahkan untuk masuk ke akun official hotel atau website resmi hotel.

Beberapa hotel baru bahkan bisa memanfaatkan promosi berbayar di media sosial yang muncul saat calon pelanggan berselancar di dunia digital.

3. Buat Branding yang Unik

Branding yang unik juga berperan penting cara promosi hotel baru agar semakin efektif dan optimal serta membangun reputasi bisnis perhotelan.

Hal ini dikarenakan hampir sebagian besar wisatawan mencari hotel dengan citra yang baik dari segi fasilitas, harga, maupun pengalaman menginap yang ditawarkan.

Branding image ini akan membuat calon konsumen menangkap citra hotel yang ingin disampaikan secara konsisten.

Biasanya, branding yang ditampilkan berkaitan dengan konsep hotel yang ingin ditonjolkan, view yang dihadirkan, hingga target pasar yang ingin dijangkau.

4. Manfaatkan Google My Business Account

Cara promosi hotel baru berikutnya juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan Google My Business, tools Google yang digunakan untuk kebutuhan marketing.

Tools ini akan membantu calon konsumen menemukan hotel saat melakukan penelusuran dengan mengakses Google Maps atau Google Search.

Keterkaitan ini terjadi karena kebanyakan orang mencari hotel berdasarkan lokasi terdekat dan Google My Business mampu meningkatkan efektivitas kunjungan ke website hotel.

5. Mengaktifkan Email Marketing atau Milis

Strategi mempromosikan hotel baru dengan cepat dan efektif berikutnya yaitu dengan mengaktifkan email marketing atau milis.

Milis sendiri cukup populer sebagai layanan internet yang akan mengirimkan pesan kepada pelanggan melalui email yang terdaftar secara otomatis.

Pengaktifan milis cenderung mampu meningkatkan okupansi hotel pasca mengirimkan email berupa promo-promo dan diskon harga kamar kepada pelanggan yang telah terdaftar.

6. Bergabung dengan Online Travel Agent

Meski reservasi langsung lewat hotel tetap menawarkan kemudahan, tetapi perkembangan zaman mempermudah pemesanan kamar melalui Online Travel Agent atau OTA.

Oleh karena itu, bergabung dengan OTA juga menjadi cara ampuh untuk promosi hotel baru agar semakin laris demi meningkatkan okupansi hotel.

Kerja sama ini juga tetap menguntungkan pihak hotel meski OTA menawarkan room rate yang biasanya lebih murah dibanding reservasi di hotel langsung.

7. Kolaborasi dengan Influencer dan Travel Blogger

Membangun langkah kolaborasi dengan influencer dalam strategi marketing juga cukup ampuh dijadikan cara promosi hotel baru yang berpotensi meningkatkan okupansi hotel.

Strategi ini akan meningkatkan kunjungan website resmi hotel dari calon konsumen yang ditargetkan, terutama pengikut dari influencer tersebut.

Sederhananya, langkah promosi ini meminjam audiens mereka yang nantinya diharapkan memiliki ketertarikan untuk mencoba pengalaman menginap di hotel tersebut.

Selain influencer, mengundang travel blogger juga bisa dimanfaatkan sebagai langkah promosi hotel baru agar bisa dikenal luas oleh para pelancong lainnya.

Seorang travel blogger memiliki image positif dalam hal pengalaman bepergian dan menginap di berbagai jenis hotel.

Biasanya, travel blogger akan menceritakan pengalaman menginap mereka secara riil lengkap dengan kesesuaian fasilitas dan pelayanan yang diberikan hotel.

Tidak heran jika penilaian atau ulasan mereka pada hotel kerap menjadi pertimbangan para pelancong lain untuk mengikuti pilihan tersebut.

8. Membuat Event Promo Menarik

Cara berikutnya untuk mempromosikan hotel baru adalah dengan membuat event promo menarik di momen tertentu.

Misalnya, promo peak season seperti liburan sekolah, hari besar, dan akhir tahun hingga promo low season yang cenderung sepi pelanggan.

Bentuk promo paling efektif dan paling umum diberikan kepada calon tamu hotel yaitu memberikan potongan harga atau diskon room rate serta voucher menginap.

Namun, penting untuk diingat agar memperhitungkan langkah promo ini dengan optimal agar tidak menimbulkan kerugian bagi hotel.

9. Manfaatkan Virtual Tour

Cara lain mempromosikan hotel baru yang terbilang canggih dan mengikuti perkembangan teknologi digital adalah dengan memanfaatkan virtual tour.

Teknologi vitual tour atau VR ini memungkinkan calon konsumen untuk mendapatkan pengalaman langsung melihat hotel dari dekat.

Bukan lagi hanya membaca informasi yang disediakan melalui website atau media sosial, teknologi VR akan jauh lebih meyakinkan dan meninggalkan kesan nyata.

Para calon tamu hotel diajak untuk melihat kondisi hotel versi virtual yang menunjukkan detail kamar dan fasilitas yang akan didapat meski tidak berada di hotel langsung.

Pengalaman ini menjadi nilai jual dalam strategi promosi hotel untuk meyakinkan konsumen agar tidak ragu melakukan reservasi.

Nah, itulah tadi beberapa cara ampuh mempromosikan hotel baru yang bisa diterapkan sebagai strategi pemasaran terbaik untuk meningkatkan okupansi hotel.

Melalui cara mempromosikan hotel baru tadi, semua hotel memiliki kesempatan untuk ‘pamer’ kepada calon tamu yang sedang membutuhkan akomodasi selama liburan.

Selain upaya promosi, penting juga bagi hotel untuk mempertimbangkan langkah evaluasi berdasar ulasan dan masukan dari tamu yang menginap di hotel.

Evaluasi ini penting untuk memperbaiki kekurangan hotel, baik dari aspek fasilitas maupun pelayanan demi kenyamanan tamu lain berikutnya.

SHARE:

SEO Specialist di bidangnya. Mempunyai team yang punya pengalaman sebagai akademisi maupun praktisi.

Tinggalkan komentar

Konten dengan Hak Cipta Dilarang Copy-Paste