Tipe-Tipe Hotel

Tipe-Tipe Akomodasi – Hotel sudah menjadi suatu hal yang mudah dilihat jika kamu tinggal di kota – kota besar. Mulai dari hotel yang sangat terkenal dengan fasilitas mewahnya sampai dengan hotel yang hanya menyiapkan kamar saja.

Selain hotel, kamu yang sering jalan – jalan ke Bali pasti sudah familiar dengan resort atau villa yang ada di sepanjang wilayah Kuta, Ubud, Legian, dan daerah lainnya. Namun sejauh ini pernahkah kamu berpikir tentang perbedaan dari tipe-tipe akomodasi antara hotel, resort dan villa? Apa saja perbedaannya selain harga?

Penting nih untuk kamu ketahui perbedaan tipe-tipe akomodasi tersebut, apalagi untuk kamu yang nanti ingin berkarir di bidang perhotelan. Dengan tau karakteristik masing-masing tipe properti tersebut, kamu akan tau nantinya mau bekerja di tipe yang mana dan kira-kira prospek salary dan juga service charge nya gedean yang mana. Berikut ini penjelasan singkat secara general tentang jenis – jenis hotel lengkap dengan klasifikasinya untuk menjadi bahan pengetahuan tambahan buat kamu.

Baca Juga : Sejarah Industri Perhotelan

Jenis – jenis akomodasi :

1. Resort

Jenis penginapan satu ini mungkin akan lebih sering kamu temukan saat berada di kawasan wisata seperti pantai dan daerah bukit. Resort ini didirikan diatas tanah yang cukup luas. resort dirancang untuk lebih mengutamakan fasilitas rekreasi khusus para tamu yang menginap.

source:freeimages.com

Berbagai fasilitas sudah disediakan oleh pihak pengelola seperti adanya kolam renang, spa dan pijat refleksi dan juga lengkap dengan sarana outbond. Nilai tambah untuk resort adalah pemandangan alam yang sangat indah bisa kamu nikmati.

Untuk tamu yang tidak suka dengan kebisingan dan juga hiruk pikuk perkotaan, biasanya akan memilih resort untuk pilihan akomodasi mereka karena pada dasarnya sebagian besar resort jauh dari perkoataan. Soal tarif ? Untuk semalam di tipe ini mencapai jutaan hingga puluhan juta rupiah per malamnya, jadi kebayang kan berapa service charge yang kamu dapat kalau kamu bekerja di resort?

2. Villa

Source : agoda.com

Berbeda dengan resort, villa lebih memiliki value untuk mereka yang sangat concern dengan privacy. Misalnya, untuk yang sedang merayakan honeymoon, anniversary atau perayaan lain yang benar-benar memprioritaskan privacy di atas segalanya. Selain itu personal touch dari staff ke tamu sangat penting dan menjadi poin plus untuk villa itu sendiri.

Tapi tidak jarang juga kok, untuk liburan keluarga villa juga menjadi pilihan akomodasi mereka. Karena beberapa villa menyediakan lebih dari 2 kamar untuk 1 unitnya. Selain itu sebagian besar villa juga memiliki kolam renang pribadi di dalamnya. Lengkap kan?

3. Hotel

Source :idntimes.com

Hotel adalah akomodasi yang paling familiar di kalangan khalayak umum. Selain jumlahnya yang sangat banyak dan gampang di temui terutama di daerah perkotaan, dari sisi harga juga bisa di jangkau oleh berbagai aspek masyarakat.

Secara teori, hotel bisa bedakan atas klasifikasi sebagai berikut :

A. Hotel Bintang 1 (*)

Biasanya untuk standard hotel bintang satu ini hanya memiliki jumlah kamar dengan jumlah minimal ada 15 kamar dengan luas kamar idealnya sekitar 20 meter persegi. Biasanya hanya ada satu jenis kamar.

B. Hotel Bintang 2 (**)

Untuk hotel bintang dua ini memiliki jumlah kamar minimalnya 20 kamar dengan luas masing – masing kamar sekitar 22 meter persegi. Beberapa tambahan kamar suite dengan luas sekitar 44 meter persegi. Fasilitas yang disediakan seperti memiliki jaringan telepon dan TV di setiap kamarnya, dan juga restoran di dalamnya.

C. Hotel Bintang 3 (***)

Memiliki kapasitas kamar minimal 30 kamar dengan luas 24 meter persegi. Lengkap dengan kamar suite dan deluxe berukuran 48 meter persegi.

Fasilitas yang tersedia berupa, telepon dan TV, lengkap dengan AC, ada juga bar dan restoran. Selain itu beberapa hotel bintang biasanya sudah memiliki ballroom untuk keperluan MICE ( Meeting, Insentive, Convention , Exhibition ).

D. Hotel Bintang 4 (****)

Tersedia jumlah kamar minimal 50 hingga ratusan kamar dengan ukuran luasnya mulai 24 meter – 48 meter persegi. Untuk pilihan tipe kamar, hotel bintang menyediakan bisa sampai 5 pilihan sesuai dengan kebutuhan tamu.

Fasilitasnya hampir sama dengan hotel bintang tiga, namun biasanya ada tambahan fitnes centre di dalamnya untuk mendukung aktivitas olahraga tamu.

E. Hotel Bintang 5 (*****)

Memiliki jumlah kamar minimal 100 kamar dengan Fasilitas yang ditawarkan sangat lengkap sama halnya fasilitas yang ada di hotel bintang empat, ditambah dengan room servise 24 jam.

Biasanya yang membedakan dengan hotel bintang 4 adalah ammenities yang ada di setiap kamarnya. Ammenities adalah perlengkapan yang ada di masing-masing kamar seperti towels, soap, shampo dan lain – lain.

Jadi sekarang udah nggak bingung kan apa itu resort , villa atau hotel? Untuk kalian calon hotelier, basic knowledge ini penting untuk menentukan pilihan nanti akan memulai karir sebagai hotelier di tipe properti yang mana. Salam Hotelier…