Apa itu Resort? Pengertian, Jenis, Fasilitas dan Fungsinya [Lengkap]

Resort memang punya daya tarik tersendiri bagi wisatawan mancanegara maupun wisatawan local. Namun sudahkah kamu paham betul dengan apa yang dimaksud dengan resort?

Apakah sebuah resort dapat disamakan dengan hotel dan villa? Agar lebih memahami pengertian resort lebih baik dan detail mari simak artikel berikut. Jika hotel identik dengan penginapan, maka resort tidak selamanya demikian.

Secara garis besar, dalam artikel ini kita akan membahas:

  • Pengertian Resort
  • Fungsi Resort
  • Jenis-Jenis Resort
  • Fasilitas yang ada di Resort

Baiklah, mari kita lanjut ke pembahasan lebih detail mengenai pengertian resort.

Pengertian Resort

Resort adalah sebuah Kawasan yang dibuat secara khusus, dengan menambahkan banyak akomodasi dan sarana hiburan sebagai penunjang kegiatan wisata.

Sedangkan pengertian resort berdasarkan beberapa sumber buku, yaitu:

“Resort adalah sebuah jasa pariwisata yang di dalamnya minimal memiliki 5 fasilitas penunjang, yaitu: pelayanan makanan dan minuman, hiburan, outlet penjualan dan fasilitas rekreasi”

(O’Shannessy et al., 2001:5)

“Resort adalah tempat menginap dimana terdapat fasilitas khusus untuk bersantai dan berolahraga seperti tennis, golf, spa, tracking, dan jogging. Bagian concierge berpengalaman dan mengetahui betul lingkungan resort, bila ada tamu yang hitch-hiking berkeliling sambil menikmati keindahan alam resort ini.”

Pendit (1999).

Pengertian resort  adalah sebuah tempat yang banyak dijumpai pada daerah tujuan yang tidak lagi diperuntukan bagi orang-orang yang singgah untuk sementara. Resort didesain untuk para wisatawan yang berekreasi.

Resort ini dapat berupa resort yang sederhana dan sampai resort mewah, dan dapat mengakomodir berbagai kebutuhan mulai dari keluarga bahkan sampai kebutuhan bisnis.

Resort biasanya berada pada tempat- tempat yang dilatar belakangi oleh keadaan alam pantai, atau di lokasi dimana fasilitas seprti lapangan golf dan lapangan tenis disediakan.

Coltmant (1895:95)

Fungsi Resort

Secara umum, fungsi resort adalah sebagai tempat berwisata yang dibuat untuk memudahkan pengunjung. Karena dilengkapi dengan berbagai akomodasi dan fasilitas penunjang.

Saat ini, tidak sedikit yang memanfaatkan resort sebagai tempat melakukan meeting perusahaan, acara pernikahan mewah dan acara sejenis lainnya.

Namun, secara khusus sebuah resort memiliki fungsi sebagai berikut:

  • Fungsi resort bagi pengguna adalah tempat berwisata yang menawarkan paket komplit. Tidak hanya menawarkan pemandangan yang indah, namun menyediakan banyak fasilitas yang dapat dinikmati saat berekreasi.
  • Bagi pemerintah, fungsi resort adalah sumber pendapatan daerah dan negara.

Resort juga berfungsi sebagai sarana yang membantu terbukanya lapangan pekerjaan. Karena akan ada banyak industri yang mendapatkan manfaat.

Seperti, transportasi, hiburan, kuliner, dan cinderamata.

Jenis-Jenis Resort

Jenis-Jenis Resort

Resort sendiri memiliki banyak jenis, dan dapat diklasifikasikan kedalam beberapa kategori berdasarkan letak dan fasilitasnya.

1. Mountain Resort Hotel

Seperti Namanya, resort ini berada di lingkungan pegunungan. Pemandangan indah khas pegunungan adalah pemikat utama untuk menarik pengunjung dan wisatawan.

Fasilitas yang ditawarkan tentu berkaitan dengan kegiatan outdoor khas daerah pegunungan. Seperti hiking track, dan outbond.

Tidak hanya itu, masih masing room sudah disediakan kolam renang yang pemandangannya langsung menghadap pegunungan hijau nan asri.

2. Health Resort and Spa

Jenis resort yang satu ini sengaja dibuat di daerah yang menenangkan jiwa dan pikiran. Tidak terlalu dekat dengan tempat wisata pada umumnya.

Karena resort jenis ini menawarkan fasilitas meditasi, refleksi dan spa.

3. Beach Resort

Jenis resort yang satu ini, terletak di daerah pantai. Memanfaatkan potensi keindahan alam dan panorama pantai untuk menggaet pengunjung.

Wisatawan akan dapat langsung mendapatkan akses menuju pantai selepas membuka pintu hotel. Menarik sekali bukan?

4. Marina Resort

Pasti kamu tidak asing dengan kata marina. Jenis resort yang satu ini terletak di daerah Pelabuhan laut (marina).

Namun tak jarang beach resort dan marina tidak memiliki perbedaan. Karena view dan lokasinya yang tidak jauh berbeda.

Satu hal sederhana yang membedakan keduanya adalah, marina resort biasanya menyediakan akomodasi speed boat, ataupun yatch untuk di sewa.

Klasifikasi Resort

Berdasaran keputusan dirjen pariwisata No.14/U/11/88 tentang pelaksanaan ketentuan usaha dan penggolongan resort.

Dapat dijelaskan pada klasifikasi standar di bawah ini:

  • Resort bintang satu : minimal 20 kamar
  • Resort bintang dua : minimal 20 kamar
  • Resort bintang tiga : minimal 30 kamar
  • Resort bintang empat : minimal 50 kamar
  • Resort bintang lima : minimal 100 kamar
  • Resort bintang lima + diamond. Resort dengan kualitas lebih baik dari resort bintang lima.

Fasilitas Resort

Sebuah resort yang memenuhi standar, tentu memiliki fasilitas utama dan penunjang. Untuk fasilitas utama atau umum ini adalah fasilitas yang dapat dinikmati oleh semua pengunjung dan pelanggan.

Sedangkan fasilitas penunjang digolongkan berdasarkan pilihat paket yang disewa oleh pengunjung.

Fasilitas umum yang wajib dimiliki sebuah resort adalah sebagai berikut:

1. Area Parkir

Area parkir yang berada di wilayah lobby resort. Area parkir harus bisa menampung kendaraan pengunjung ketika kondisi maksimal.

2. Lobby Resort

Ruangan yang dibuat khusus untuk menerima tamu. Disinilah pengunjung dan front office menyelesaikan proses administrasi. Mulai dari checkin hingga checkout.

3. Resort Room

Kamar adalah fasilitas utama yang wajib dimiliki oleh sebuah resort.

Berbagai time kamar resort juga dapat dipilih oleh pengunjung. Contoh-contoh kamar yang ada di sebuah resort dapat di kategorikan sebagai berikut:

  • Single Room – Kamar tamu ekonomis yang dilengkapi dengan satu tempat tidur, untuk satu orang tamu.
  • Twin Room – Jenis kamar ekonomi, namun dilengkapi dengan dua tempat tidur, untuk dua orang pengunjung.
  • Triple Room – Jenis kamar ekonomi yang dilengkapi dengan 2 tempat tidur double jenis quenn. Dapat digunakan untuk tiga orang tamu.
  • Superior – Jenis kamar tamu yang cukup mewah, dilengkapi dengan satu atau double, queen, atau double bed. Cukup untuk dua orang tamu
  • Suite room – Jenis kamar yang dikategorikan mewah. Dilengkapi dengan beberapa ruangan lain seperti dapur, living room, dan kamar dengan king bed.
  • President suite room – Kamar resort paling mewah dan lengkap. Semua fasilitas mewah dapat ditemukan disana. Terdiri banya ruangan, dan opsi view paling bagus.

4. Restoran Resort

Karena resort biasanya lokasinya agak jauh dengan pemukiman, maka resort wajib menyediakan restoran yang menjual makanan dan minuman.

Berbagai macam makanan dan minuman disediakan. Mulai dari citarasa lokal, Japan, hingga western cuisine.

5. Banquet Room

Tidak jarang para pebisnis memanfaatkan resort untuk melakukan agenda kantor. Seperti rapat tahunan dan sejenisnya. Untuk itulah resort menyediakan meeting room atau lebih biasa dikenal dengan banquet room.

4. Fasilitas Penunjang

Berbagai macam fasilitas penunjang disediakan oleh sebuah resort. Baik untuk para pekerja (Hotelier) dan para tamu.

Untuk para pekerja biasanya meliputi loker, ruang ganti, dapur, dan staff office.

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan singkat mengenai pengertian resort, jeni-jenis resort dan fasilitas-fasilitasnya.

Semoga menjawab apa yang sedang kamu cari. Bagi kamu yang ingin berkunjung ke sebuah resort, semoga

SHARE:

Seorang traveller, penyuka dunia perhotelan dan pariwisata Indonesia. Ingin berbagi inspirasi melalui tulisan.

Tinggalkan komentar