hotelier-adalah
source: hirum.com.au

Hotelier – Apakah kamu adalah salah satu orang yang punya impian untuk berkarir di hotel? Sering membayangkan bisa bekerja di hotel mewah, setiap hari berpenampilan rapi, wangi , bisa ngobrol langsung sama bule-bule dari berbagai belahan dunia.

Sekaligus dapat gaji dan service charge yang tinggi? Itu semua bukan hal yang mustahil. Bisa terjadi kalau memang kamu akan memilih hotel sebagai tempatmu berkarir nanti.

Menjadi seorang hotelier adalah pekerjaan yang menyenangkan dan bisa di bilang gampang-gampang susah. Pasti ada suka dukanya dan enak ga enaknya. Tapi kalau kamu memang merasa punya ketertarikan dengan dunia perhotelan dan passion yang kuat untuk hal tersebut, sekarang waktunya kamu perjuangkan !

Tentunya sebelum itu, yang kamu harus tau adalah bekerja di hotel itu berbeda dengan bekerja di industri yang lain pada umumnya. Kalau kamu pernah menginap di sebuah hotel, coba deh perhatikan gimana ramahnya mereka, murah senyumnya dan cara mereka berkomunikasi ke para tamu. Terasa hangat kan?

Ya, menjadi seorang hotelier adalah wajib memiliki semua soft skill tersebut. Untuk kamu yang mungkin lupa soft skill adalah kemampuan non-teknis yang secara alami ada pada diri seseorang.

Baca Juga : Suwamana Wahyu Putra. Lulusan SMA Yang Kini Menjadi Chief Operating Officer.

Contohnya komunikasi, kepemimpinan dan sosialisasi. Soft skill menyangkut hal yang tidak dipelajari di sekolah ataupun kuliah. Bisa di pelajari tapi biasanya butuh waktu yang tidak sebentar.

Yuk kita bahas beberapa soft skill yang harus kamu miliki ketika bekerja di dunia perhotelan :

1. Costumer Service Skill

Ini paling wahid, paling penting dan skill yang wajib kamu punya. Kita sebagai hotelier harus ingat  bahwa  kelangsungan hidup dari sebuah hotel adalah tergantung dari volume kedatangan tamu-tamu untuk menginap ditempat kita. Dari uang-uang yang mereka bayarkan untuk sewa kamar, makan di restaurant dan service lainnya.

Gaji dan service charge kita juga bersumber dari sana. Jadi wajib costumer service skill kamu miliki untuk memberikan pelayan yang maksimal untuk mereka. Costumer service yang baik adalah bisa memahami kebutuhan dan mampu memberikan pengalaman yang berkesan pada mereka sehingga loyalitas tamu akan terbentuk dengan sendirinya mengikuti itu semua.

2. Communication Skill

Dalam bisnis perhotelan dan pariwisata, setiap hari kamu akan kontak langsung dengan orang-orang dari berbagai negara, berbagai latar belakang dengan stratata sosial yang berbeda juga.

Tentunya cara kita berkomunikasi dengan orang-orang tersebut juga tidak akan sama. Ini akan berkaitan dengan budaya dan behaviour mereka, jadi wajib untuk kamu pelajari hal tersebut untuk mendapat komunikasi yang “nyambung” dengan para tamu nanti. Cukup menantang ya?

3. Flexibility skill

Dibandingkan dengan profesi lain kerja di hotel umumnya ada 3 shift pembagian kerja seperti shift pagi, siang dan malam. Sudah pasti akan sekali dua kali  menuntut karyawan untuk bekerja dengan jam kerja yang tidak biasa contohnya dari jam 11 malam- 7 pagi.

Kerja di akhir pekan juga akan jadi hal yang biasa buat kamu. Artinya, momen Thanks God Its Friday ( TGIF ) kemungkinan ga berlaku nanti kedepannya. Belum lagi sewaktu – waktu ada perubahan schedule mendadak  mau ga mau harus di ambil ketika ada temen satu departemen yang tiba-tiba ga bisa masuk kerja. Dengan demikian, fleksibilitas mindset sangat penting untuk kamu tanamkan dari sekarang dalam pikiranmu.

4. Organization Skill

Mengingat kebutuhan untuk melakukan banyak tugas dan menanggapi permintaan yang tiba-tiba, kemampuan untuk berorganisasi dan mengorganisir itu semua sangat penting kamu miliki. Ingat, di hotel itu banyak departemen yang terlibat untuk memberikan pelayanan yang maksimal ke tamu.

Misal ketika kamu nanti bertugas di receptionis dan tiba-tiba ada permintaan atau laporan ada sesuatu yang tidak beres di kamar kamu harus dengan sigap mengorganisir hal tersebut ke departemen lain bersangkutan seperti housekeeping atau engineering.

5. Multitasking Skill

Mengerjakan beberapa hal secara bersamaan dengan tidak mengurangi kualitas hasilnya memang tidak mudah. Tapi ini wajib kamu kuasai juga nanti ketika kamu bekerja di hotel. Pada dasarnya antara kerjaan satu dengan kerjaan lainnya di hotel itu berkaitan kok.

Jadi jangan ngeluh kalau tiba-tiba nanti kamu lagi sibuk tapi tetep disuruh bantuin kerjaan yang sebenarnya bukan jobdesk pekerjaanmu.

Secara umum itulah beberapa softskill yang wajib kamu miliki untuk menjadi seorang hotelier yang dicintai oleh para tamu nanti. Dari kelima tersebut, kira-kira yang paling kamu banget yang mana? Salam Hotelier !