Pengertian Motel dan Perbedaannya dengan Hotel

Ketika menonton sebuah film barat, tentu kita pernah melihat bangunan dengan tulisan Motel. Namun penasarankah kamu dengan apa itu Motel? Apa motel adalah sebuah hotel?

Untuk itu ada baiknya kita telaah sedikit lebih dalam, mengenai pengertian masing-masing dan berikut dengan perbedaannya.

Supaya kemudian hari tidak bingung dan salah persepsi lagi.

Apa itu hotel?

Untuk lebih mudah, mari kita kutip pengertian Hotel menurut wikipedia berikut ini.

Hotel berasal dari kata hostel, konon diambil dari bahasa Prancis kuno. Bangunan publik ini sudah disebut-sebut sejak akhir abad ke-17. Maknanya kira-kira, “tempat penampungan buat pendatang” atau bisa juga “bangunan penyedia pondokan dan makanan untuk umum”. Jadi, pada mulanya hotel memang diciptakan untuk meladeni masyarakat.

Wikipedia

Nah dari sana dapat kita simpulkan hotel adalah sebuah bangunan yang sengaja dibuat untuk seorang pendatang atau saat ini lebih dikenal dengan wisatawan.

Selain itu, seiring perkembangnnya, hotel memiliki fasilitas dan layanan hospitality yang di klasidikasikan berdasarkan kelas dan jenisnya.

Ada banyak departemen hotel yang bekerja dalam sebuah hotel. Dan depatemen inilah yang menjadi perbedaan Hotel dan Motel.

  • Food and beverage service
  • Room attendant ( House keeping ) service
  • Concierge
  • Laundry or dry cleaning service
  • Use of furniture or fixtures
  • Bell and Door attendant service
  • Conference and Banqueting
  • Business centre dan lainnya.

Struktur organisasi dan manajemen hotel biasanya lebih kompleks dibanding dengan motel.

Apa itu Motel?

Istilah motel adalah singkatan dari Motor hoTel. Ini adalah fasilitas penginapan yang terutama melayani tamu yang datang dengan mobil.

Motel awalnya sering menyediakan tempat parkir di dekat kamar tamu, tetapi itu telah berubah dalam beberapa tahun terakhir karena pemilik motel dan pemilik waralaba menjadi lebih sadar akan keamanan tamu.

Motel mungkin terletak di lokasi mana pun, tetapi biasanya ditemukan di daerah pinggiran kota atau pinggir jalan.

Mereka menjadi sangat sukses di tahun 1950-an dan 1960-an dengan pengembangan sistem jalan raya antar negara bagian di AS.

Banyak motel adalah bangunan bertingkat dua atau rendah yang terletak di dekat jalan raya utama. Area kolam dengan semak belukar, pohon, dan taman bermain anak-anak dll.

Jadi bisa dikatakan Motel ini mirip dengan rest area untuk para pengendara mobil. Karena lokasinya yang berada di pinggir jalan raya.

SHARE:

Seorang traveller, penyuka dunia perhotelan dan pariwisata Indonesia. Ingin berbagi inspirasi melalui tulisan.

Tinggalkan komentar