Tugas HRD di Hotel
Human Resources Departement

HRD hotel adalah salah satu pekerjaan yang di minati oleh banyak orang. Seperti yang kita tau HRD adalah sebuah divisi vital di sebuah organisasi atau perusahaan yang bertanggung jawab tentang pengelolaan sumber daya manusia.

Seorang HR memliki fungsi untuk melakukan pemeliharaan, peningkatan, dan menganalisa kinerja masing-masing karyawan untuk mencapai goal dari perusaan tersebut.

Sama halnya di dunia perhotelan seorang HR memliki tanggung jawab untuk memastikan setiap staff bisa memberikan service yang berkualitas untuk setiap tamu yang datang dan bisa berkontribusi yang maksimal untuk hotel tersebut.

Job Description HRD

Menurut I Nyoman Gede Widiana, S.Sos, M.Si selaku Director of Human Resource Capella Ubud, Bali (#1 Hotel and Resort di Indonesia, #1 Hotel and Resort di Asia dan #1 Hotel and Resort di Dunia  oleh Travel + Leisure), secara umum lingkup kerja departemen HR di hotel bisa di bagi menjadi 4 bagian diantaranya Recruitment, Retention, Training & General Affair.

1.Recruitment

Ini adalah fase awal dari proses bagaimana calon karyawan tersebut bisa bergabung pada sebuah organisasi. Pak Widi begitu beliau biasanya di sapa mengatakan fase paling penting bagi HRD untuk mencari right man to the right place. Kenapa paling penting ? Karena kalau salah rekrut orang dampak untuk organisasi dalam hal ini hotel akan besar.

Mulai dari dimana iklan job vacancy di pasang, menyeleksi lamaran-lamaran yang masuk yang kemudian bisa mengikuti online assesment seperti psikologi test, English test, dan hard skill test lainnya yang berkaitan dengan posisi yang di lamar.

Tahapan-tahapan tersebut tentunya akan butuh waktu yang tidak sebentar sampai akhirnya kandidat bisa melanjutkan ke tahap interview dan contracting sebagai tanda kandidat secara resmi masuk menjadi bagian dari perusaan tersebut.

2.Retention

Retention adalah bagaimana usaha sebuah perusahaan untuk tetap mempertahankan karyawan-karyawan berkualitas untuk tetap loyal di suatu perusahaan. Meminimalisir turnover staff adalah salah satu bagian dari key performance indikator (KPI) dari HR Departemen.

Jadi ketika proses dealing dengan kandidat, kompensasi dan benefit harus benar-benar di jelaskan dengan details serta bagaimana career path nya jika bekerja disana. Selain itu yang tidak kalah penting appresiasi untuk mereka-mereka yang sudah berkontribusi secara maksimal juga wajib di berikan.

BACA JUGA : HOTELIER WAJIB PUNYA SKILLS INI !

3.Training & Development

Pak Widi yang sudah terjun di dunia human resources dari tahun 1999 menambahkan program training di dunia perhotelan itu sangat penting. Hotel adalah bisnis jasa jadi basic-basic training tentang bagaimana memberikan service yang excellent ke setiap tamu yang datang itu wajib di ikuti. Selain itu program training dan development di hotel tentunya akan memberikan pengaruh besar untuk perkembangan karir setiap karyawan.

4.General Affair

Nah untuk fungsi HR yang satu ini berkaitan dengan external relation seperti disnaker, BPJS dan institusi pemerintahan lainnya. Selain itu juga menjadi person in charge untuk hotel dengan masyarakat di area sekitar juga menjadi salah satu tanggung jawab HR departemen.

Pak Widi sendiri sampai saat ini sudah 21 tahun berkarir di HR Department dari Training Manager sampai Director of Human Resource sekarang. Di Capella Ubud, untuk menjalankan fungsi HR secara maksimal beliau di bantu oleh seorang HR Coordinator dan Chief Security.

Menurutnya , jadi HRD hotel itu adalah pekerjanyaan yang menyenangkan karena bisa menyelami karakter orang dengan behaviour yang beda-beda. Selain itu juga kadang-kadang jadi tempat curhat karyawan.

Jadi udah tau kan tugas HRD di hotel apa saja?