50+ Macam Macam Profesi Pekerjaan dan Tugasnya (Lengkap)

Di dunia ini ada macam macam profesi pekerjaan. Mulai yang sudah umum dikenal hinggal yang jarang dikenal di Indonesia.

Karena harus diakui, pengetahuan akan profesi pekerjaan di Indonesia masih tergolong kurang. Biasanya pengetahuan soal profesi hanya sebatas tenaga pendidik dan tidak jauh dari hal-hal yang berseragam. Seperti tentara, polisi, dan pegawai negeri sipil.

Sebelum lanjut ke pokok bahasan, kamu perlu mengetahui terlebih dahulu perbedaan antara Profesi dan Pekerjaan.

Profesi vs Pekerjaan

Dalam praktiknya, banyak sekali orang yang salah persepsi. Tidak hanya itu, bahkan kerap kali di anggap sama oleh kebanyakan masyarakat.

Mari kita sedikit ulas apa saja bedanya.

PerbedaanProfesiPekerjaan
KeahlianMembutuhkan keahlian yang mendalam dan khususTidak membutuhkan keahlian spesifik
Jenjang PendidikanMemiliki syarat jenjang pendidikan tertentu. Contoh: DokterTidak membutuhkan jenjang pendidikan
Status SosialMemiliki status sosial di pandangan masyarakatTidak memliki status sosial di mata masyarakat
Keterikatan dengan AturanProfesi punya keterikatan dengan aturan dan kode etikLebih leluasa dan fleksibel
Lingkup KerjaLingkup kerja spesifikLingkup kerja sangat luas

Nah kira-kira itulah perbedaan antara profesi dan pekerjaan. Selanjutnya mari kita ulik macam macam profesi pekerjaan yang ada di Indonesia dan dunia.

Macam Macam Profesi Pekerjaan dalam Dunia Teknik

1. Insinyur Mesin

Insinyur Mesin

Untuk menjadi seorang insinyur mesin yang perlu dilakukan adalah kuliah dengan jurusan Teknik Mesin. Nantinya seorang insinyur mesin bertugas dan bekerja pada sebuah pabrik.

Merekalah yang mendesain dan menjalankan proses produksi massal sebuah pabrik. Seorang Insinyur Mesin juga bisa menjadi seorang konsultan dan desainer mekanikal.

2. Arsitek

Macam Macam Profesi Pekerjaan dalam Dunia Teknik

Seorang Arsitek adalah orang yang berprofesi sebagai seniman teknik. Ia biasanya bertugas mendesain sebuah bangunan.

Tidak hanya mendesain, namun Seorang arsitek tahu persis bagaimana memanfaatkan luas lahan, dan teknik pencahayaan yang baik.

Untuk bisa menjadi seorang arsitek, kamu mesti kuliah di jurusan Teknik Arsitek.

3. Insinyur Sipil

Insinyur Sipil adalah perpanjangan dari Arsitek. Jika arsitek mendesain maka insinyur sipil bertugas sebagai eksekutor.

Mereka yang akan memikirkan dan mewujudkan apa yang sudah di desain oleh para Arsitek. Agar bisa berprofesi sebagai Insinyur sipil, kamu wajib kuliah teknik sipil ya.

4. Insinyur Elektro

Insinyru elektro adalah orang yang ahli dalam bidang kelistrikan. Baik itu arus kuat dan arus lemah.

Pada praktiknya, seorang Insinyur elektro bertugas untuk mendesain jaringan listrik, dan turut serta mengatur instalasi listrik dalam skala besar. Contoh: Pegawai PLN.

5. Insinyur Perminyakan

Sesuai dengan namanya, Insinyur perminyakan bertugas dalam bidang perminyakan. Mulai dari hulu ke hilir. Misal pengerboran on shore dan off shore di bawah laut. Contohnya, pegawai pertamina.

6. Insinyur Pertambangan

Insinyur Pertambangan

Insinyur pertambangan bertugas dalam proses penambangan massal yang dilakukan oleh sebuah korporasi. Misal tambang batu bara, tambang emas, tambang Nikel, dan tambang batu kapur.

7. Geologist

Seorang geologis bertugas dalam melakukan pemetaan potensi-potensi baru pada sumber daya alam. Misalnya, mencari potensi batubara di suatu daerah.

8. Insinyur Penerbangan

Insinyur penerbangan, adalah salah satu profesi yang pernah di lakukan oleh Presiden kita BJ. Habibie. Mendesain pesawat, melakukan perawatan dan inovasi di industri penerbangan.

9. Insinyur Metalurgi

Baru mendengarnya? Metalurgi adalah teknik perpaduan bahan-bahan metal yang lebih spesifik. Biasanya diperlukan dalam dunia indistri seperti pabrik baja, nikel, aluminium dan sejenisnya.

10. Underwater Welder

Jika seorang tukang las sudah biasa ditemui, maka Under welder sebaliknya. Tukang las bawah laut ini memerlukan beragam sertifikasi sebelum bisa melakukan jenis pekerjaan ini.

Seperti: sertifikat penyelam, dan sertifikat las bawah laut dan teknik-tekniknya. Profesi ini bukanlah profesi biasa, karena gaji Under water welder bisa mencapai milyaran per tahunnya.

11. Insinyur Kimia

Insinyur kimia adalah profesi yang bertugas untuk melakukan banyak riset kimia. Tidak hanya itu, tugas lainnya adalah merancang, membuat dan mengoptimalkan peralatan yang digunakan dalam Industri kimia.

Contoh tempat kerjanya adalah: Pabrik pupuk, Pabrik etanol, betadhine, Pabrik sampo dan bisa juga ke pertamina.

12. Insinyur Nuklir

Jangan membayangkan Insinyur nuklir tugasnya membuat bom nuklir. Layaknya sejarah perang jepang dan Amerika. Insinyur nuklir bertugas dalam riset dan implementasi nuklir dalam alternatif energi.

Contoh pembangkit listrik tenaga nuklir, dan kapal selam yang menggunakan Nuklir sebagai bahan bakarnya. Atau seperti China yang mengembangkan matahari buatan melalui tenaga nuklir.

13. Insinyur Mekatronika

Seiring perkembangan jaman, saat ini ada profesi baru yaitu Insinyur mekatronika. Mekatronika adalah perpaduan antara teknik mesin dan elektronik.

Tugasnya adalah melakukan pengembangan dan implementasi teknologi robotik dalam dunia Industri. 

14. Insinyur Pemrograman

Profesi Programmer

Biasa disebut dengan programmer, ahli dalam membuat aplikasi web, mobile dan pc. Saat ini pekerjaan ini sedang naik daun. Seiring dengan berkembangnya minat masyarakat dalam berbisnis secara online.

Macam-macam Profesi dalam Dunia Kesehatan

Profesi dalam bidang kesehatan

15. Dokter

Dokter adalah orang yang ahli dalam kesehatan dan proses penyembuhan manusia dan hewan (dokter hewan).

Saat ini sedang populer dokter bedah kecantikan atau bedah plastik. Dunia kedokteran juga semakin canggih dan maju.

16. Perawat

Perawat adalah suatu profesi yang di fokuskan pada perawatan individu, keluarga dan komunitas yang bertanggung jawab dalam peningkatan kesehatan, pencegahan penyakit serta pelayanan terhadap pasien

17. Bidan

Bidan adalah seseorang yang telah mengikuti program pendidikan bidan yang diakui di negaranya dan telah lulus dari pendidikan tersebut, serta memenuhi kualifikasi untuk didaftarkan dan atau memiliki izin yang sah untuk melakukan praktik bidan.

Bertugas untuk membantu persalinan, melakukan pengecekan kehamilan dan masih banyak lagi.

18. Apoteker

Apoteker merupakan gelar profesi bagi seseorang yang telah menempuh pendidikan profesi apoteker dan mengucapkan sumpah jabatan apoteker.

Bisanya bertugas dalam meracik obat berdarkan resep yang di rekomendasikan dokter.

19. Fisioterapis

Fisioterapis adalah profesi yang memberikan tindakan rehabilitasi untuk menghindari atau meminimalkan keterbatasan fisik akibat cedera atau penyakit. Sering dijumpai dalam berbagai pertandingan olah raga.

Macam macam Profesi Pekerjaan dalam Dunia Pendidikan

Profesi tenaga pendidik

20. Guru

Guru adalah merujuk sebagai pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik.

21. Dosen

Dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Jadi Tugas dosen tidak hanya mengajar mahasiswa, namun ada poin pengabdian masyarakat.

Jenis-Jenis Pekerjaan dalam Dunia Ekonomi

Akuntan

22. Akuntan

Akuntan adalah sebutan dan gelar profesional yang diberikan kepada seorang sarjana yang telah menempuh pendidikan di fakultas ekonomi jurusan akuntansi pada suatu universitas atau perguruan tinggi dan telah lulus Pendidikan Profesi Akuntansi.

Tugas Akuntan adalah seseorang yang memonitor dan mencatat alur keuangan yang ada pada perusahaan atau organisasi.

23. Analis Keuangan

Analis Keuangan adalah seseorang yang melakukan analisis-analisis kuantitatif tentang informasi yang mempengaruhi program investasi lembaga publik atau swasta.

24. Konsultan Keuangan

Konsultan keuangan merupakan seorang yang ahli dalam bidang keuangan yang menyediakan jasa untuk membuat keputusan dan berbagai solusi kepada client yang berhubungan dengan jasa keuangan.

25. Analis Riset Pasar

Analisis Riset Pasar dan Spesialis Pemasaran adalah seseorang yang meneliti dan menganalisa kondisi pasar lokal, regional, maupun nasional, atau mengumpulkan informasi untuk menentukan potensi penjualan dari produk atau layanan, atau membuat kampanye pemasaran.

26. Konsultan Pajak

Seorang penasihat pajak atau konsultan pajak adalah orang dengan pelatihan lanjutan dan pengetahuan tentang hukum pajak.

Layanan penasihat pajak biasanya dipertahankan untuk meminimalkan perpajakan sambil tetap mematuhi hukum dalam situasi keuangan yang rumit.

27. Sekretaris

Sekretaris adalah sebuah profesi administratif yang bersifat asisten/mendukung. Gelar ini merujuk kepada sebuah pekerja kantor yang tugasnya ialah melaksanakan perkerjaan rutin, tugas-tugas administratif, atau tugas-tugas pribadi/langsung dari atasannya

Macam-macam Profesi Pekerjaan dalam Dunia Seni dan Olah Raga

Sutradara

27. Sutradara

Orang yang bertugas mengatur jalannya shooting film, video clip dan sejenisnya ini salah satu profesi yang masih jarang di anggap serius oleh sebagian masyarakat.

Untuk menjadi sutradara, kamu mesti kuliah di jurusan perfilman. Salah satu sutradara top di Indonesia adalah Hanung Bramantyo.

29. Aktor/Aktris

Pemeran, juga sering disebut sebagai aktor atau aktris, adalah orang yang memainkan peran tertentu dalam suatu aksi panggung, acara televisi, atau film.

30. Atlet

Atlet atau olahragawan adalah seseorang yang mahir dalam olahraga dan bentuk lain dari latihan fisik. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, atlet adalah olahragawan, terutama yang mengikuti perlombaan atau pertandingan

31. Pelukis

Dalam dunia seni, pelukis adalah orang yang menciptakan karya seni dua dimensi berupa lukisan. Selain pelukis, istilah yang pernah populer sebagai padanan kata ini adalah ahli gambar.

32. Penulis

Penulis adalah sebutan bagi orang yang melakukan pekerjaan menulis. Sebutan penulis juga diberikan kepada orang yang menciptakan suatu karya tulis.

Saat ini banyak jenis profesi penulis, seperti: Penulis lepas, Content writer, novelist, copy writer, dan Ghost writer.

33. Penyanyi

Penyanyi adalah seseorang yang membawakan sebuah lagu dengan cara mengeluarkan nada melodis melalui suara dari mulutnya baik dengan iringan musik maupun tidak.

Penyanyi dapat berprofesi sebagai penampil tunggal, maupun tergabung dalam grup, seperti paduan suara, ensembel, orkestra, akapela.

34. Komposer

Komponis, atau komposer adalah orang yang menciptakan hasil karya musik. Istilah komponis mengacu kepada orang yang menulis komposisi musik instrumental maupun vokal dalam format solo, duo, trio, kuartet, kuintet, dst sampai dengan orkestra dan meneruskan kepada orang lain untuk memainkannya.

35. Jurnalis

Wartawan atau jurnalis atau pewarta adalah seseorang yang melakukan kegiatan jurnalistik atau orang yang secara teratur menuliskan berita dan tulisannya dikirimkan/dimuat di media massa secara teratur.

36. Desainer Grafis

Desain grafis atau rancang grafis adalah proses komunikasi menggunakan elemen visual, seperti tipografi, fotografi, serta ilustrasi yang dimaksudkan untuk menciptakan persepsi akan suatu pesan yang disampaikan.

Bidang ini melibatkan proses komunikasi visual dan desain komunikasi.

37. Tour guide

Pramuwisata disebut juga Pemandu Wisata atau Tour Guide dalam Bahasa Inggris. Di Indonesia, secara nasional telah dibentuk organisasi yang mewadahi profesi ini, yaitu Himpunan Pramuwisata Indonesia atau HPI.

Organisasi ini telah memiliki jaringan ke seluruh provinsi di Indonesia. Bertugas sebagai pemandu wisata sebuah rombongan yang secara formal dan non formal berkunjung ke Indonesia.

Macam-macam Profesi Pekerjaan dalam Bidang Keamanan

Tentara adalah salah satu dari macam macam profesi pekerjaan

38. Tentara

Tentara sebagai alat pertahanan negara, berfungsi sebagai;. penangkal terhadap setiap bentuk ancaman militer dan ancaman bersenjata dari luar dan dalam negeri

39. Polisi

Polisi adalah suatu pranata umum sipil yang menjaga ketertiban, keamanan, dan penegakan hukum di seluruh wilayah negara.

Kepolisian adalah salah satu lembaga penting yang memainkan tugas utama sebagai penjaga keamanan, ketertiban dan penegakan hukum, sehingga lembaga kepolisian ada di seluruh negara berdaulat.

40. Sekuriti

Satuan Pengamanan atau disingkat Satpam adalah satuan atau kelompok petugas yang dibentuk oleh instansi/badan usaha untuk melaksanakan pengamanan dalam rangka menyelenggarakan keamanan swakarsa di lingkungan kerjanya

Jenis-Jenis Pekerjaan di Industri Hospitality

macam macam profesi pekerjaan

41. Waiter & Waitress

Pelayan pria / wanita  ialah orang yang bekerja di restoran, bar, maupun kafe untuk melayani pengunjung yang datang.

Pekerjaan ini termasuk dalam sektor jasa dan pelayanan, atau biasa disebut dengan industri hospitality.

Pelayan mencatat pesanan pengunjung dan kemudian membawa makanan atau minuman ke meja pemesan.

42. Chef

Koki atau juru masak adalah orang yang menyiapkan makanan untuk disantap. Istilah ini kadang merujuk pada chef, walaupun kedua istilah ini secara profesional tidak dapat disamakan.

43. Butler

Kepala pelayan atau Butler di Dunia Barat dan terutama di Britania Raya dan bekas jajahannya adalah pelayan senior dalam sebuah rumah tangga.

44. Steward

Steward merupakan pelayanan atau jabatan seseorang yang mengurusi alat-alat dapur di restaurant dan hotel.

45. Housekeeper

Seorang pengurus rumah tangga, adalah individu yang bertanggung jawab atas pengawasan staf kebersihan rumah. Pengurus rumah juga dapat melakukan tugas pembersihan sendiri. Namun dalam praktiknya, House keeper bertugas di industri perhotelan.

46. Bartender

Bartender adalah orang yang meracik dan menyajikan minuman beralkohol untuk tamu di konter bar.

Minuman beralkohol yang disajikan antara lain koktail, anggur, likeur, dan bir. Tempat-tempat minum seperti pub, tavern, dan kelab malam juga sering mempekerjakan pramutama bar.

Macam Macam Profesi Pekerjaan Dibidang Hukum

macam macam profesi pekerjaan

47. Pengacara

Pengacara, advokat atau kuasa hukum adalah kata benda, subjek. Dalam praktik dikenal juga dengan istilah Konsultan Hukum.

Dapat berarti seseorang yang melakukan atau memberikan nasihat dan pembelaan “mewakili” bagi orang lain yang berhubungan dengan penyelesaian suatu kasus hukum.

48. Hakim

Hakim adalah pejabat yang memimpin persidangan. Istilah “hakim” sendiri berasal dari kata Arab حكم yang berarti “aturan, peraturan, kekuasaan, pemerintah”.

Ia yang memutuskan hukuman bagi pihak yang dituntut. Hakim harus dihormati di ruang pengadilan dan pelanggaran akan hal ini dapat menyebabkan hukuman

49. Jaksa

Jaksa adalah pegawai pemerintah dalam bidang hukum yang bertugas menyampaikan dakwaan atau tuduhan di dalam proses pengadilan terhadap orang yang diduga telah melanggar hukum.

50. Staf Legal

Melakukan tugas kesekretariatan menggunakan terminologi, prosedur, dan dokumen hukum. Menyiapkan dokumen dan korespondensi hukum, seperti surat panggilan, keluhan, isyarat, dan panggilan dari pengadilan.

51. Notaris

Notaris adalah sebuah sebutan profesi untuk seseorang yang telah mendapatkan pendidikan hukum yang dilisensi oleh pemerintah untuk melakukan hal-hal hukum, khususnya sebagai saksi penandatanganan pada dokumen. Bentuk profesi notaris berbeda-beda tergantung pada sistem hukum.

52. HRD

Human Resource Departement adalah orang yang bertugas mengurusi sumber daya manusia di sebuah korporasi. Beberapa tugasnya adalah perekrutan pegawai, mengurusi hak-hak karyawan dan sebagainya.


Demikianlah artikel mengenai macam macam profesi pekerjaan yang ada di Indoensia dan dunia. terlepas dari yang disebutkan di atas, masih banyak puluhan bahkan ratusan profesi yang menuntut keahlian.

Semoga bermanfaat….

SHARE:

Seorang traveller, penyuka dunia perhotelan dan pariwisata Indonesia. Ingin berbagi inspirasi melalui tulisan.

Tinggalkan komentar