Tugas Chef
source – freepik.com

Tugas Chef dan Mitos Keliru Soal Chef- Menjadi seorang chef sudah tentu menjadi impian terbesar bagi beberapa orang. Apalagi saat ini belakangan salah satu ajang pencarian khusus di bidang chef banyak di gemari penonton di Indonesia.

Menggunakan apron dan bisa masak berbagai menu makanan sepertinya akan menjadi sesuatu yang menarik. Tapi apakah memang menjadi chef seindah acara-acara di TV?

Menjadi chef yang handal memang tidak segampang dan seindah acara-acara reality show di TV. Profesi ini membutuhkan dedikasi tinggi untuk mengimplementasikan prakteknya di dunia kerja.

Menjadi seorang chef harus benar-benar mempelajari teknik dasar dalam memasak, paham dengan budaya kerja di dapur dan yang tidak kalah penting harus kreatif menciptakan ide-ide baru pada setiap menu yang dia sajikan.

Tugas Chef

Tidak terkecuali di hotel, chef adalah ikon restaurant dari sebuah hotel. Representasi dari menu-menu yang di sajikan dalam menu list yang di baca tamu. Dibalik itu semua secara umum tugas chef di hotel adalah sebagai berikut :

Menu Planning dan Food Cost

  • Membeli produk local yang segar dan layak dan seminim mungkin tetapi dapat diganti secara regular periodic untuk memastikan kebutuhan tamu  dalam mendapatkan berbacam variasi item makanan
  • Mengamati perencanaan menu dan berpikir untuk mengolah produk yang tidak terkonsumsi secara seksama dengan dilandasi kebersihan dan kelayakan makanan tersebut.
  • Memeriksa kembali menu, menganalisa resep dan dapat memperkirakan makanan, biaya-biaya sumberdaya manusia dan memberikan harga jual yang tepat.
  • Menentukan pngaturan porsi makanan agar biaya dapat terkontrol.
  • Dapat melihat dan mencoba produk yang layak dikarenakan kebutuhan pasar dalam menentukan harga dan produk.
  • Menjaga tingkat produksi keuntungan berdasarkan perkiraan.

Food Preparation dan Production

  1. Bertanggung jawab terhadap perencanaan tahunan bisnis F&B, tujuan pelaksanaan divisi kitchen yang mempunyai efek tehadap tujuan bisnis serta kebutuhan sumberdaya manusianya. 
  2. Memastikan kebutuhan resep secara akurat, melakukan perubahan sesuai dengan kebutuhan, dan spesifikasi bahan-bahan.
  1. Secara seksama dapat memilih hanya makanan  layak dan segar yang dapat disiapkan.
  2. Mengontrol setiap cook dan menugaskan mereka dalam berhemat dan melakukan pengolahan makanan dengan waktu yang tepat.
  3. Membantu menganalisa dan mengamati aktifitas dan persaingan restoran, bar, banquet di hotel lain.
  4. Mengamati pengolahan penyiapan makanan dam pengolahan masak, ukuran porsi yang telah ditentukan dan hiasan penunjangnya serta memastikan makanan disiapkan dengan prosedur yang telah ditentukan.
  5. Sangat sensitive terhadap kualitas rasa makanan dan minuman diseluruh outlet dan mengikuti permintaan pasar juga secara kualitas kritikal. 
  6. Dapat memperkirakan kebutuhan konsumsi makanan, bahan-bahan pokok dan permintaan barang
  7. Merencanakan sajian kusus dan mengembangkan resep yang baru.
  8. Menjaga tingkat kebersihan, selalu mencapai nutrisi serta sanitasi yang ditentukan.
  9. Bertanggung jawab penuh terhadap seluruh pengolahan makanan di kitchen.
  10. Membantu tim menejemen disetiap outlet ( Manager  retoran & bar serta manager banquet) dalam menyiapkan dan menjalankan perencanaan strategi penjualan.
  11. Memeriksa barang-barang / bahan-bahan pokok yang masuk, serta memastikan jumlah yang masuk sesuai yang dipesan, dan memindahkan bahan tersebut ke setiap dapur yang membutuhkan. Kehilangan dan penyusutun harus terkontrol.
  12. Memastikan secara konsisten seluruh kualitas standar makanan yang diolah dan item mengacu kepada standar resep.
  13. Memelihara dan menjaga hubungan yang baik terhadap tamu dan dapat menangani keluhan, permintaan dan keinginan tamu terhadap makanan, minuman dan pelayanan.
  14. Meluangkan waktu di outlet F&B (pada saat sibuk) untuk memastikan operasional dalam keadaan baik dan staff menjalankan pelayanan dengan baik. Berinteraksi kepada tamu untuk memastikan setiap kepuasannya.
  15. Menyiapkan dan secara teratur dapat mencatat biaya-biaya yang keluar di departement F&B dan bekerjasama dengan F&B manager untuk memastikan perubahan target yang lebih serta menurunkan biaya – biaya.
  16. Mengamati dan mengatur penghitungan barang-banrang F&B yang hilang dan rusak  melalui Chief Steward.Dan mengambil tindakan secepatnya untuk menekan angka kehilangan barang-barang F&B.

Cukup banyak bukan tugas chef? Selain itu banyak juga mitos-mitos soal chef yang beredar di masyarakat yang bisa di katakan mungkin tidak 100 % benar. Apa saja?

Mitos Keliru Soal Chef

tugas chef
source-freepik.com

Tugas Chef adalah Memasak

Chef berasal dari bahasa Perancis yang berarti kepala. Nah dari kata ini sebenarnya tugas chef sejatinya bukan memasak. Tetapi sebagai seorang kepala di dapur. Memimpin dan mengarahkan semua tim kitchen.

Seperti yang kita bahas di atas , chef tugasnya bukan sepenuhnya memasak tetapi lebih ke strategi dan controlling di departemen kitchen.

Chef Bisa Masak Semua Makanan

Siapa yang berpikiran seperti ini? Padahal sama dengan dokter, chef juga ada spesialisasinya. Kita tahu seorang chef lihai dalam makanan western seperti steak, pasta dan lain-lain. Tapi bisa saja chef yang jago masak makanan Perancis tidak ahli dalam masakan Jepang. Ingat, ada spesialisasinya lhoo.

Semua Yang Memasak Adalah Chef

Nah ini juga sering salah kaprah. Sekali lagi tugas chef adalah sebagai leader di kitchen, chef hanya masak pas momen tertentu saja. Jadi jika di kitchen kamu melihat ada orang wara wiri berseragam putih, itu ga semuanya executive chef ya. Bisa saja sous chef, chef de partie, cook, dll. Ini akan kita bahas di materi selanjutnya.

Gaji Chef

Dikutip dari cekaja.com, Henry Bloem selaku Presiden Indonesian Chef Association( ICA) mengatakan  untuk executive chef gaji chef di bedakan atas 2 hal yaitu :

  1. Untuk Expatriat  di kisaran USD 50.000 – 60.000 atau 650juta-780juta rupiah/tahun
  2. Untuk Lokal sekitar USD 30.000 – 35.000 atau sekitar 390juta-455juta rupiah/tahun

Cukup fantastis bukan? Makin berminat jadi Chef?

Baca Juga : Apa Tugas Storekeeper di Hotel? Simak Yuk !