Store keeper adalah
source – freepik.com

Store keeper adalah salah satu bagian dari divisi akunting yang secara umum tugas dan tanggung jawabnya adalah berkaitan dengan stok barang dan persediaan yang ada di general store.

Storekeeper bertanggung jawab atas penyimpanan semua pembelian dan mengeluarkan permintaan penyimpanan kepada department yang meminta sesuai dengan system standard yang berlaku. 

Peran store keeper dalam lancarnya operasional hotel sangat penting, karena disini store keeper harus benar-benar memastikan item-item yang di perlukan setiap departemen tetap ada dan tidak boleh sampai kosong. Disinilah seorang store keeper dituntut untuk memiliki skill manajemen persediaan yang kuat.

Apa itu Manajemen Persediaan?

Manajemen persediaan adalah bagaimana strategi untuk menjaga dan mengatur persediaan atau stok yang dimiliki perusahaan. Jadi dari mulai memperoleh persediaan, menyimpan sampai persediaan tersebut diolah atau di manfaatkan.

Persediaan atau stok yang di maksud bisa beraneka ragam seperti bahan baku, bahan pembantu, barang dalam proses, barang jadi dan sebagainya. Jika stok terlalu banyak, maka biaya penyimpanan semakin tinggi, jika kurang bisa menghambat kelancaran operasional hotel.

Ditambah lagi perusahaan harus menghadapi kemungkinan ketidakpastian yang biasa terjadi. Contoh, ketidakpastian demand, waktu pemesanan sampai pasokan dari supplier. Jadi inilah yang dimaksudkan penting sekali kenapa seorang store keeper adalah orang yang mampu menguasai manajemen persediaan / inventory ini.

Baca Juga : Purchasing Staff : Apa Saja Tugas dan Berapa Gajinya ?

Tugas Store Keeper Di Hotel

Jadi berdasarkan uraian di atas secara umum ini dia beberapa tugas seorang store keeper di industri perhotelan :

  • Memastikan bahwa kualitas dari barang yang diterima sesuai dengan standard yang diminta sebelum disimpan
  • Mengecek bahwa tidak adanya kerusakan atau cacat atas barang yang diterima sebelum disimpan
  • Memeriksa jumlah barang segar dan barang mudah rusak sebelum disimpan
  • Memeriksa jumlah semua barang yang diterima sesuai dengan surat perintah pembelian, surat jalan sebelum disimpan
  • Menyimpan barang-barang sesuai dengan standard prosedur yang diberikan
  • Mengisi kartu persediaan  untuk barang yang diterima dan dikeluarkan  sesuai dengan prosedur
  • Membuat permintaan pembelian untuk pemesanan ulang terhadap barang-barang sesuai dengan prosedur persediaan cadangan  dan minimum level prosedur.
  • Menjaga masa berlakunya barang yang ada pada standard level persediaan (masa berlaku)
  • Tetap memelihara kebersihan gudang sesuai dengan standard dan prosedur.
  • Menjaga gudang barang-barang sesuai dengan standard prosedur yang berlaku.
  • Secara berkala melakukan perhitungan  ulang terhadap barang-barang sesuai dengan kartu persediaan / penyimpanan yang lengkap
  • Melakukan perhitungan fisik persediaan barang sesuai dengan prosedur yang berlaku
  • Membantu tugas-tugas bagian penerimaan dan perhitungan persediaan bulanan 
  • Bekerjasama dengan bagian penerimaan dan pembelian dalam menindak lanjuti pemesanan
  • Tegas dan konsisten dalam mengimplementasikan system accounting dan procedure penyimpanan di gudang
  • Menjaga kebersihan lokasi gudang dan  seluruh area hotel sesuai dengan standard kebersihan dan kesehatan.
  • Harus selalu berhubungan dengan supervisor dalam pelaksaan kordinasi dan hubungan kerja yang lancar
  • Berhubungan dengan pemasok atau supplier dan memastikan agar tetap menjadi nama baik hotel dalam setiap perbuatan

Baca Juga : Pengertian dan Cara Menghitung Revpar