Ini Dia Bocoran Gaji Kerja di Hotel, Lengkap Semua Posisi

Perekonomian sekarang membuat kebutuhan semakin berkembang. Orang cenderung bersifat hati-hati dengan uangnya, posisi seseorang yang mempengaruhi gaji kerja di hotel. Semakin tinggi jabatannya, maka gajinya juga akan semakin besar.

Susunan kepemimpinan hotel jauh berbeda dengan perusahaan yang bergerak di bidang makanan atau IT.

Kamu yang mau melamar kerja di hotel harus tahu gajinya, cukup dengan melihat detail kontrak yang ditawarkan. Berikut ini gambaran gaji di hotel dari jabatan tingkat atas ke paling rendah.

Faktor yang Mempengaruhi Gaji Kerja Di Hotel          

Gambaran umum pekerjaan di hotel sama seperti asisten rumah tangga, khusus yang ada di rumah-rumah mewah.

Ada bagian-bagian yang ditangani oleh orang terpilih, sedangkan untuk pekerjaan yang umum dilakukan oleh karyawan kelas bawah.

Besarnya gaji yang diterima di hotel dipengaruhi oleh beberapa faktor. Contohnya saja, pangkat hotel tempat kamu bekerja.

Hotel berbintang lima dengan berbintang tiga menawarkan layanan kamar yang sama dengan harga berbeda.

Gaji karyawan disini juga berbeda, semakin tinggi pangkat hotelnya gajinya juga akan semakin besar.

Selain dilihat dari pangkat hotel, faktor yang mempengaruhi besarnya gaji seseorang di hotel adalah sasaran penghujung.

Turis luar negeri membayar menggunakan mata uang asing dengan nilai tukar yang tinggi. Hotel dengan pembayaran menggunakan dollar berbeda dengan hotel yang menawarkan gaji berbentuk rupiah.

Selain berpengaruh di gaji, tip yang diberikan pengunjung juga akan bertambah besar kalau mata uang yang dipakai adalah dollar.

Kamu bisa mendapatkan keuntungan yang jauh lebih besar melalui tip yang diberikan pengunjung, anggap saka tip ini sebagai bonus dari pelayanan yang diberikan.

Jabatan Di Hotel dan Besar Gajinya

Di tahun 2021 ini, bisnis penginapan mengalami penurunan omset, disebabkan oleh larangan kunjungan bagi turis asing.

Penurunan omset ini akan membaik di tahun 2022. Gaji yang ditawarkan di setiap hotel kurang lebih sama, berikut ini gambaran kasar gaji kerja di hotel.

1. Gaji Reservation

Bekerja di bagian reservasi membutuhkan kecerdasan dalam menganalisis data.

Pengunjung yang melakukan pemesanan harus mendapatkan pendataan sesuai dengan jadwal pesanannya. Pemesanan online mempermudah tugas dalam reservasi.

Bagian reservasi akan berpengaruh terhadap pelayanan utama pelanggan. Kalau seorang reservation teledor maka rating hotel akan menurun.

Seorang reservation mendapatkan gaji sekitar Rp. 3.100.000 untuk jenis hotel berbintang tiga dan Rp. 5.200.000 di hotel berbintang empat.

Peraturan hotel juga menjadi aspek dalam menentukan nominal gaji.

Kalau ratingnya bagus, kebanyakan peraturannya juga ketat.

2. Gaji Waiters & Waitress

Waiters dan Waitress pada umumnya bertugas mencatat, mengantarkan serta melayani tamu. Selain itu, waitress juga bertanggung jawab atas laporan keluhan dan pemesanan tamu.

Kebanyakan waitress akan bekerja di bagian restoran dan diperbolehkan mengakses kamar tamu bila ada pesanan makanan

Gaji karyawan hotel terutama waitress ini cukup bervariasi. Gaji tersebut diberikan berdasarkan tugas serta tanggung jawab karyawan hotel waitress.

Biasanya dimulai dari Rp. 2.000.00,00 sampai RP. 4.000.000,00, lokasi juga akan menentukan tingkat pendapatan seseorang.]

Namun, dalam beberapa kasus, pelanggan sering memberikan tips yang apabila dikumpulkan, jumlahnya melebihi gaji bulanan.

Jika kamu berminat menjadi seorang waitress bisa mendaftar dengan kemudahan. Syarat yang dibutuhkan tidak terlalu banyak.

Cukup memiliki pendidikan minimal sma dan berumur kurang dari 45 tahun, sedangkan syarat-syarat lainya akan disesuaikan dengan kebutuhan hotel.

2. Gaji Manajer Hotel

Tugas serta tanggung jawab karyawan hotel khususnya manajer hotel memiliki peran penting. Hal tersebut karena seorang manajer hotel memiliki pengaruh yang besar pada sebuah perusahaan. Pencapaian hotel akan dipengaruhi kinerja manajer.

Gaji kerja di hotel untuk seorang manajer hotel kisaran 6 juta sampai 8,5 juta.

Gaji karyawan hotel khususnya manajer hotel berbeda disetiap wilayah sesuai dengan aturan perusahaan.

Menjabat sebagai manajer harus didukung dengan background pendidikan yang baik dan berpengalaman.

3. Gaji Sales Executive

Hotel pastinya selalu membutuhkan promosi untuk memajukan bisnisnya. Untuk itu tugas serta tanggung jawab karyawan hotel seperti sales executive ialah melakukan promosi terhadap masyarakat.

Sales akan menghabiskan waktu lebih banyak berada di luar hotel, sedangkan tugasnya sendiri bisa dipermudah dengan melakukan kerjasama dengan pihak travel. Kamu yang malas bekerja dengan duduk saja bisa mencoba posisi sales executive.

Besaran gaji karyawan hotel sales executive ini bervariasi mulai dari 3,5 juta sampai 5 juta rupiah. Menjadi sales executive harus memiliki kualifikasi seperti memiliki kemampuan berbahasa indonesia dengan baik serta komunikasi yang baik.

Kalau pada zaman seorang sales harus berkeliling untuk menawarkan layanan penginapan kepada pelanggan. Zaman sekarang sendiri semakin dipermudah dengan adanya media sosial. Seperti instagram, facebook dan twitter yang memungkinkan melakukan promosi tanpa harus ke sana ke mari.

Peluang kamu yang memiliki followers banyak untuk bergabung menjadi sales eksekutif juga semakin terbuka lebar. Karena di era digital pemasaran melalui internet jauh lebih efektif, apabila menggunakan media cetak maupun media-media lainnya. Pastinya juga memerlukan biaya yang banyak.

4. Gaji Housekeeper

Kebersihan dalam sebuah hotel merupakan hal utama yang harus dijaga untuk memberikan kenyamanan kepada tamu.

Maka dari itu tugas serta tanggung jawab karyawan hotel cleaning service adalah melakukan perawatan terhadap ruangan dan membersihkan bagian-bagian hotel.

Seorang cleaning service akan melakukan pembersihan mulai dari gedung hotel sampai kamar hotel.

Gaji karyawan hotel cleaning service kisaran 2 juta sampai 3 juta rupiah setiap bulannya. Gaji ini akan meningkat bila pengunjung memberikan bonus berupa tip.

5. Juru Masak Hotel / Chef

Peran seorang karyawan hotel seperti juru masak sangat penting karena menyajikan makanan atau hidangan kepada para tamu.

Seorang juru masak akan bekerja bersama tim untuk mengolah bahan mentah menjadi hidangan yang lezat.

Mengenai gaji kerja di hotel bagi seorang juru masak beragam mulai dari 3 juta sampai 5 juta rupiah.

Bercita-cita menjadi seorang juru masak harus memiliki pengalaman memasak selain itu sudah ahli dalam menggunakan bahan makanan.

6. Front Office Crew

Tugas serta tanggung jawab karyawan hotel khususnya front office crew adalah melayani serta membantu tamu hotel. Seorang front office crew juga melakukan input data check in serta check out para tamu.

Pengunjung hotel yang merasa bingung dalam menemukan kamar bisa meminta bantuan ke karyawan front office crew.

Gaji karyawan hotel front office crew adalah kisaran 2,5 juta sampai 3,2 juta rupiah.

7. Personal Butler

Peran seorang karyawan hotel personal butler adalah VIP asisten yang melayani tamu hotel. Tamu hotel yang akan dilayani oleh seorang personal butler ini merupakan tamu yang memesan kamar mahal serta mewah.

Selain itu gaji karyawan hotel personal butler berkisar dari 2,5 juta sampai dengan 3 juta rupiah. Tingginya UMR suatu tempat akan membantu dalam mendapatkan gaji yang tinggi, dengan begitu pastikan bekerja di tempat yang tepat.

Pada umumnya gaji kerja di hotel bervariasi disesuaikan dengan tugas serta aktivitas yang dilakukan.

Kamu yang baru saja lulus dari perguruan tinggi perhotelan dan pariwisata ataupun dari sekolah menengah harus mengetahui posisi mana yang bisa dilamar, tanpa mengabaikan gaji yang ditawarkan.

FAQ

Kerja di Hotel harus kuliah Jurusan Apa?

Sebagai informasi, untuk bekerja di hotel kamu bisa mengambil jurusan pariwisata dan perhotelan. Untuk lebih lengkap, kamu bisa membaca referensi ini.

10 Universitas di Indonesia yang ada Jurusan Perhotelan dan Pariwisatanya

Apakah Lulusan SMA bisa Kerja di Hotel?

Semua lulusan bisa bekerja di hotel. Bahkan ketika kamu lulusan SMA sekalipun. Berikut ini adalah kisah sukses, seseorang yang menjadi COO (Chief Operating Officer) sebuah hotel, meski ia hanya lulusan SMA.

Suwamana Wahyu Putra: Lulusan SMA Yang Kini Menjadi Chief Operating Officer

SHARE:

Seorang traveller, penyuka dunia perhotelan dan pariwisata Indonesia. Ingin berbagi inspirasi melalui tulisan.

Tinggalkan komentar