guest relation officer adalah
source – freepik.com

Guest Relation Officer adalah bagian dari team front office yang langsung berhubungan dengan tamu. Keberadaan seorang guest relation ini sangat berpengaruh atas kualitas pelayanan di sebuah hotel.

Jadi biasanya secara spesifik seorang GRO ini bertugas membangun hubungan kerja sesuai standard perusahaan antara hotel dengan tamu contohnya bertemu dan menyapa tamu, memenuhi permintaan tamu, dan mengatasi permasalahan tamu sesuai dengan standard prosedur hotel yang sudah di tetapkan.

Guest Relation Officer bertanggung jawab untuk membantu dan memberikan pelayanan yang terbaik kepada tamu dan  bekerja sama dengan semua divisi di sebuah hotel.

Penampilan

Menjadi seorang GRO, penampilan adalah hal wajib yang harus di perhatikan. Uniform yang lengkap dengan nametag ini menjadi satu kesatuan pokok yang tidak bisa di tolerir.

Untuk GRO wanita, gunakanlah perhiasan yang simple dan tidak berlebihan, Tetap simple, elegan dan professional. Begitupun juga untuk GRO pria, pastikan semuanya rapi dan merepresentasikan dari kualitas hotel tersebut.

Satu lagi hal yang paling penting adalah karena seorang GRO ini sering berbicara dengan tamu, pastikan selalu menjaga nafas agar tetap fresh.

Jobdesk Guest Relation Officer

  • Guest Relation Officer harus selalu berada di lobby dalam keadaan siap untuk menyapa, membantu dan mengantar tamu.
  • Memastikan semua tamu dilayani dengan cara yang sama tanpa terkecuali
  • Memiliki pengetahuan yang luas tentang informasi hotel, informasi kota dan menjaga hubungan baik dengan pihak luar yang dapat membantu  serta mendukung kegiatan hotel. Menata database relasi untuk memudahkan pelayanan terhadap tamu. 
  • Mengantar tamu untuk melihat kamar dan melakukan penjualan kamar serta fasilitas lainnya.
  • Membantu front desk bell attendants dalam menangani kedatangan dan keberangkatan tamu group
  • Menyambut, meyapa dan mengantar tamu juga mencatat semua komentar dan langsung menyerahkannya kepada General Manager.
  • Menata, mengatur dan memastikan semua persiapan sebelum tamu VIP datang
  • Mengatur database histori tamu dalam system untuk keterangan masa datang.
  • Menyapa dan menemui tamu yang menginap jangka panjang (long stay guest), mengumpulkan semua komentar lisan atau tulisan dan menindaklanjutinya. Memastikan semua pelayanan diberikan dengan baik.
  • Memberikan perhatian khusus untuk tamu yang berulang tahun dengan mengirimkan kartu ucapan selamat, kue atau perhatian khusus dari manajemen

Guest Relation Officer adalah orang yang akan menjadi perantara tamu untuk menangkap sebuah kesan pertama di sebuah hotel. Jadi untuk menjadi seorang guest relation, ini catatan penting harus kamu ingat.

Baca Juga : Status Kamar Hotel