status kamar hotel

Status Kamar Hotel -Banyak orang bilang, kerja di hotel itu enak ya? Pakai jas, dasi, handle orang-orang penting dan service chargenya tinggi. Memang mindset seperti itu masih melekat di pikiran masyarakat umum. Padahal ketika terjun langsung di dunia perhotelan, tidak seindah bayangan tersebut. 

Sama halnya bekerja di industri lain, ada banyak hal yang harus kita pelajari dan pahami sebelum terjun ke lapangan. Mulai dari sistem, budaya kerja,dan khususnya di hotel yang paling penting untuk kita tahu di awal adalah status-status kamar.

Ini sangat penting karena status kamar ini akan berkaitan dengan tindakan apa yang akan di lakukan terhadap kamar tersebut.

Status Kamar Hotel

Status kamar hotel adalah tanda yang di gunakan untuk memudahkan team operasional untuk mengidentifikasi tindakan apa yang harus di terapkan untuk kamar tersebut.

Status kamar ini akan muncul di property management system (PMS) dan bisa dilihat oleh semua team di hotel tersebut. Berikut ini adalah beberapa status kamar yang umum kita temui ketika kita bertugas di hotel. Untuk kamu yang baru mempelajari tentang perhotelan, bisa catat ini ya:

  • Vacant Clean

Kamar dalam keadaan kosong dan sudah bersih

  • Vacant Dirty

Kamar dalam keadaan kosong tapi masih dalam keadaan kotor

  • Vacant Ready

Kamar sudah bersih dan siap untuk di jual

  • Occupied Clean

Kamar sudah terisi tamu dan sudah dibersihkan oleh room attendantd

  • Occupied Dirty

Kamar sudah terisi tamu tapi team room attendant belum membersihkannya

  • DND ( Do Not Disturb )

Tamu dalam kamar tersebut tidak ingin di ganggu

Baca Juga : Prosedur Penangan Kamar DND

  • OS ( Out of Service )

Kamar dalam perbaikan

  • OO ( Out of Order )

Kamar dalam perbaikan dan biasanya berlangsung lama. Kerusakan mungkin terjadi cukup serius untuk kamar ini dan membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Dalam kondisi OO biasanya akan mengurangi availability

  • EA ( Expected Arrival )

List nama-nama tamu yang akan check in dan sudah berisi nomor kamar

  • ED ( Expected Departure )

List nama-nama tamu yang akan check out di hari tersebut

  • Check in (C/I)

Tamu yang sudah tiba di hotel dan melengkapi semua administrasi sebelum masuk kamar

  • Check Out (C/O)

Tamu yang sudah melunasi semua pembayaran dan sudah meninggalkan hotel

  • DU ( Day Use )

Tamu yang check in  di satu kamar tapi akan check out di hari itu juga sebelum night audit di jalankan

  • SO ( Sleep out )

Tamu yang sudah memesan kamar tapi tidak tidur di kamar tersebut

  • COMP (Compliment)

Tamu yang stay tapi tidak dikenakan biaya kamar (Free). Ini biasanya tamu-tamu dari media untuk kebutuhan marketing, tamu dari owner hotel atau keluarga owner.

  • WIG (Walk in guest)

Kamar yang ditempati oleh tamu yang langsung datang ke hotel dan booking di hari itu juga. Dengan kata lain tanpa melakukan reservasi di awal.

  • VIP (Very Important Person)

Artinya dalam kamar ini di isi oleh seseorang yang cukup penting atau fublic figure. Contohnya Pejabat, Artis, dan lain-lain. Dibutuhkan pelayanan yang special juga untuk handle tamu yang ada di kamar dengan sign VIP.

  • HU ( House Use )

Kamar yang ditempati oleh staff hotel

Itulah beberapa status kamar hotel yang secara umum sering di gunakan. Tentunya dengan tau istilah-istilah tersebut pihak housekeeping dan juga front office akan lebih gampang untuk melakukan threatment selanjutnya.