room-attendant
source : freepik.com

Room attendant merupakan salah satu bagian dari housekeeping departement di hotel. Secara umum, tanggung jawab seorang room attendant adalah seputar kebersihan kamar yang ada di sebuah property. Lalu apakah hanya sebatas kebersihan kamar sajakah ? Mari kita ulas.

Pengertian Room Attendant

Room attendant atau petugas kamar adalah sebuah divisi yang secara spesifik ditugaskan untuk membersihkan dan menjaga kamar-kamar tamu sesuai standar dan memberikan pelayanan terbaik terhadap tamu-tamu yang menginap. 

Tentunya kebersihan kamar merupakan hal vital yang sangat mempengaruhi kualitas menginap tamu. Bagus tidaknya keadaan kamar akan mempengaruhi pengalaman si tamu dan berpengaruh langsung pada kepuasan tamu hotel tersebut selama mereka tinggal.

Pekerjaan dari petugas kamar bisa dibilang cukup susah karena complain yang datang dari tamu begitu banyak hubunganya dengan kamar. Selain itu baik atau buruknya kualitas kebersihan kamar hotel bergantung dari kualitas petugas kamar hotel itu. 

Selain soal kebersihan kamar, Room attendant juga bertanggung jawab penuh pada ketersediaan amenities didalamnya. 

Baca Juga : Prosedur Penanganan Kamar DND ( Do Not Disturb )

Prosedur Kerja Room Attendant

Prosedur kerja room attendant dalam pelaksanaan make-up room mencakup beberapa faktor seperti : 

Grooming dan Attitude

Setiap room attendant harus menjaga penampilan diri mereka dari ujung atas sampai bawah. Karena dengan penampilan menarik seorang petugas kamar akan memberi kesan-kesan yang positif dan bisa saja mempengaruhi mood tamu. 

Dengan berpenampilan baik dan rapi, tamu akan merasa dihargai dan terjalin hubungan yang lebih akrab antara keduanya. Jadi, seorang room attendant harus menjaga penampilannya setiap saat selama bekerja. 

Guest Amenities

Disamping itu, room attendant harus mengawasi kerapian dan kelengkapan guest supplies yang ada di kamar. Untuk hal ini mereka biasanya menggunakan alat yang di sebut trolley cart. 

Alat ini sebagai semacam trolley  yang dipakai room attendant untuk membawa perlengkapan dan peralatan yang diperlukan di saat penerapan make-up room. Kelengkapan amenities dikamar juga merupakan hal penting yang harus mereka perhatikan. 

Pembersihan Kotoran dan Debu

Dalam pembersihan kotoran dan debu di kamar, petugas kamar harus cermat saat melakukan striping dan dusting. Dusting adalah membersihkan debu yang berada di furniture, sedangkan striping adalah mengeluarkan linen seperti bed sheet, towel, sampah dan perlengkapan room servis yang berada di dalam kamar. 

Sebelum tempat tidur ditata dengan linen yang bersih, linen yang telah digunakan harus dibuka satu-satu dengan baik. Setiap buka linen dari tempat tidur harus dikibaskan untuk melihat ada bintik atau tidak serta rusak nya linen. 

Dalam pembersihan kamar (make-up room), hal khusus yang dilakukan petugas kamar adalah making bed yakni membereskan tempat tidur dengan lengkap hingga tempat tidur kelihatan rapi dan menarik. 

Pembersihan Kamar Mandi

Selanjutnya, membersihkan kamar mandi (cleaning bathroom) dan melengkapi towel serta amenities. Inilah yang biasanya menjadi sub terakhir yang dilakukan petugas kamar dan saat mengakhiri kerja biasanya akan ada  rechecking, atau mengecek kembali hasil kerja yang sudah dituntaskan serta menyemprotkan pewangi untuk pengharum ruangan. 

Pada step ini para petugas kamar mengecek ulang kamar yang sudah dibersihkan supaya kamar itu sesuai dengan prosedur kerja.

Room Attendant Job Description

  • Membersihkan dan menjaga kamar-kamar tamu sesuai standar yang sudah ditetapkan oleh hotel
  • Mengecek status kamar
  • Membersihkan dan merapikan kamar tamu yang terisi, kamar yang tamunya akan keluar sesuai standar hotel, seperti :  Membereskan tempat tidur, mengganti sprei dan sarung bantal, ganti  penutup ranjang, selimut, dan pelapis ranjang (jika perlu), membersihkan gelas, membersihkan kamar mandi dan ganti handuk, menambah supplies dan amenities, Kosongkan dan bersihkan asbak dan tempat sampah, Menyapu dan mengpel lantai dan membersihkan teras
  • Memastikan semua fasilitas kamar bekerja dgn baik
  • Melaporkan dan mengembalikan barang hilang/temuan ke supervisor segera
  • Membuat laporan akhir status kamar
  • Membantu supervsior dalam penghitungan linen kamar dan supplies