Menenal Room Attendant Hotel Berikut Tugas dan Tanggung Jawabnya

Room attendant merupakan salah satu bagian dari housekeeping departement di hotel. Secara umum, tanggung jawab seorang room attendant adalah seputar kebersihan kamar yang ada di sebuah property.

Lalu apakah hanya sebatas kebersihan kamar sajakah ?

Mari kita bahas selengkapnya di artikel berikut ini.

Apa itu Room Attendant?

Room attendant atau petugas kamar adalah sebuah divisi yang secara spesifik ditugaskan untuk membersihkan dan menjaga kamar-kamar tamu hotel sesuai standar.

Tidak hanya itu, room attendant juga wajib memberikan pelayanan terbaik terhadap tamu-tamu yang menginap. 

Tentunya kebersihan kamar merupakan hal vital yang sangat mempengaruhi kualitas menginap tamu.

Bagus tidaknya keadaan kamar akan mempengaruhi pengalaman si tamu dan berpengaruh langsung pada kepuasan tamu hotel tersebut selama mereka tinggal.

Pekerjaan dari petugas kamar bisa dibilang cukup susah karena complain yang datang dari tamu begitu banyak hubunganya dengan kamar.

Selain itu baik atau buruknya kualitas kebersihan kamar hotel bergantung dari kualitas petugas kamar hotel itu. 

Selain soal kebersihan kamar, Room attendant juga bertanggung jawab penuh pada ketersediaan amenities didalamnya. 

Baca Juga : Prosedur Penanganan Kamar DND ( Do Not Disturb )

Prosedur Kerja Room Attendant

Prosedur kerja room attendant dalam pelaksanaan make-up room mencakup beberapa faktor seperti : 

1. Grooming dan Attitude

Setiap room attendant harus menjaga penampilan diri mereka dari ujung atas sampai bawah.

Karena dengan penampilan menarik seorang petugas kamar akan memberi kesan-kesan yang positif dan bisa saja mempengaruhi mood tamu. 

Dengan berpenampilan baik dan rapi, tamu akan merasa dihargai dan terjalin hubungan yang lebih akrab antara keduanya.

Jadi, seorang room attendant harus menjaga penampilannya setiap saat selama bekerja. 

2. Guest Amenities

Disamping itu, room attendant harus mengawasi kerapian dan kelengkapan guest supplies yang ada di kamar. Untuk hal ini mereka biasanya menggunakan alat yang di sebut trolley cart. 

Alat ini sebagai semacam trolley  yang dipakai room attendant untuk membawa perlengkapan dan peralatan yang diperlukan di saat penerapan make-up room.

Kelengkapan amenities dikamar juga merupakan hal penting yang harus mereka perhatikan. 

3. Pembersihan Kotoran dan Debu

Dalam pembersihan kotoran dan debu di kamar, petugas kamar harus cermat saat melakukan striping dan dusting.

Dusting adalah membersihkan debu yang berada di furniture, sedangkan striping adalah mengeluarkan linen seperti bed sheet, towel, sampah dan perlengkapan room servis yang berada di dalam kamar. 

Sebelum tempat tidur ditata dengan linen yang bersih, linen yang telah digunakan harus dibuka satu-satu dengan baik.

Setiap buka linen dari tempat tidur harus dikibaskan untuk melihat ada bintik atau tidak serta rusak nya linen.

Dalam pembersihan kamar (make-up room), hal khusus yang dilakukan petugas kamar adalah making bed yakni membereskan tempat tidur dengan lengkap hingga tempat tidur kelihatan rapi dan menarik.

Prosedur making bed yang dilakukan oleh room attendant harus sesuai standar yang ditetapkan hotel. 

4. Pembersihan Kamar Mandi

Selanjutnya, yang menjadi salah satu prosedur kerja Room Attendant adalah membersihkan kamar mandi (cleaning bathroom) dan melengkapi towel serta amenities. Dalam praktiknya, room attendant sudah harus paham dasar-dasar cleaning supplies.

Inilah yang biasanya menjadi sub terakhir yang dilakukan petugas kamar dan saat mengakhiri kerja biasanya akan ada re-checking, atau mengecek kembali hasil kerja yang sudah dituntaskan serta menyemprotkan pewangi untuk pengharum ruangan. 

Pada step ini para petugas kamar mengecek ulang kamar yang sudah dibersihkan supaya kamar itu sesuai dengan prosedur kerja.

Tugas dan Tanggung Jawab Room Attendant

Menjadi seorang room attendant pastinya di tuntut untuk mampu mengerjakan semua tugas dan tanggung jawab yang diberikan diantaranya adalah:

1. Guest Relations

Seorang room attendant juga punya tugas sebagai guest relations. Artinya seorang room attendant harus ramah terhadap semua tamu yang menginap.

Mulai dari menyapa, bersikap ramah, dan memberikan kesan yang hangat agar tamu merasa nyaman seperti berada di lingkungan rumah sendiri.

2. Guest Safety

Guest safety artinya adalah tugas dan kewajiban room attendant terkait keamanan tamu dan barang bawaan.

  1. Wajib menjaga kenyamanan dan keamanan tamu selama menginap di hotel
  2. Tugas selanjutnya adalah melakukan pemeriksaan kamar yang akan di tempati tamu baik sebelum maupun sesudah
  3. Memeriksa secara visual apakah kamar tamu sudah rapi dan bersih
  4. Bertanggung jawab untuk melaporkan ketidakwajaran yang ditemui di kamar tamu kepada housekeeping supervisor
  5. Melakukan kordinasi dan kerja sama dengan section lain dalam melakukan pemeliharaan kamar hotel. (Misalnya ke bagian engineering)

3. Membersihkan Ruang Kamar

Berkaitan dengan membersihkan kamar, seorang room attendant di hotel punya beberapa tugas pokok yakni:

  1. Bertugas untuk menjaga kebersihan ruang kamar tidur yang akan di tempati oleh tamu,
  2. Melakukan pembersihan kamar dimulai dari bagian terjauh dari pintu menuju ke arah pintu secara runtut
  3. Membersihkan permukaan peralatan yang ada di kamar seperti meja, kursi, lembari, pintu, televise, tempat tidur, dll
  4. Melakukan proses making bed sesuai SOP
  5. Membersihkan lantai kamar menggunakan vacuum cleaner dan cleaning supplies sesuai standar.

4. Membersihkan Kamar Mandi

Bagian kamar yang juga harus dibersihkan adalah kamar mandi. Bagian ini cukup vital karena apabila kamar mandi kotor maka tamu bisa merasa tidak nyaman.

  1. Selama proses pembersihan, room attendant wajib menggunakan sarung tangan ketika membersihkan kamar mandi
  2. Membersihkan wastafel dan kaca dimulai dari bagian atas menuju bawah
  3. Membersihkan bathtub, shower stails dan saluran pembuangan
  4. Mengganti semua amenities toiletries dengan yang baru
  5. Memastikan lantai kamar mandi tidak dalam kondisi basah (menggenang)

5. Tugas Administratif

Selain menjalankan tugas dalam hal membersihkan kamar tamu, ada pula tugas administratif lain seperti:

  1. Melakukan pergantian shiff tiap pagi dan sore secara terjadwal
  2. Melakukan serah terima tugas (overhandle) antar shiff atas pengawasan supervisor.
  3. Wajib mengisi report harian sebelum meninggalkan tugasnya

Melakukan pengendalian biaya operasional dengan tetap mengutamakan kualitas.

Secara singkat, dapat disimpulkan bawah Room Attendant adalah petugas hotel yang bekerja di bawah departemen Housekeeping.

Yang tugas-tugasnya adalah memastikan room dalam kondisi Vacant Ready.

SHARE:

Seorang lifestye enthusiast dan traveller Indonesia yang suka berbagi inspirasi melalui tulisan. Mari diskusi di kolom komentar ya...

Tinggalkan komentar

Konten dengan Hak Cipta Dilarang Copy-Paste